8 Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang, Patut Dicoba

8 Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang

Menulis adalah salah satu cara yang bisa menghasilkan uang secara online. Saat ini banyak aplikasi yang menawarkan kesempatan bagi para penulis untuk memonetisasi karya mereka.

Baik itu dalam bentuk artikel, cerita pendek, review produk, atau konten-konten lainnya.

Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut, penulis bisa lebih mudah untuk menemukan peluang dalam mendapatkan penghasilan dari karya tulisannya.

Aplikasi Menulis yang Menghasilkan Uang

Berikut ini adalah aplikasi menulis yang cukup populer dan bisa menghasilkan uang. Ayo kita bahas satu per satu:

1. Medium

Medium adalah platform penerbitan online yang memungkinkan penulis untuk mempublikasikan artikel, esai, cerita, dan berbagai jenis tulisan lainnya.

Salah satu keunggulan Medium adalah model monetisasi yang mereka tawarkan kepada penulis.

Medium memiliki program Partner Program di mana penulis bisa mendapatkan penghasilan berdasarkan seberapa banyak pembaca yang membaca artikel mereka.

Pembaca yang berlangganan Medium membayar biaya langganan bulanan, dan sebagian dari uang itu didistribusikan kepada penulis berdasarkan seberapa banyak waktu yang pembaca habiskan membaca tulisan mereka.

Oleh karena itu, semakin menarik dan berkualitas tulisan Anda, semakin besar potensi penghasilan Anda di Medium.

2. Wattpad

Wattpad adalah platform yang sangat populer di kalangan penulis dan pembaca cerita fiksi.

Di Wattpad, penulis dapat mempublikasikan cerita mereka secara gratis dan langsung diakses oleh jutaan pembaca di seluruh dunia.

Sistem komentar dan voting yang ada memungkinkan penulis untuk berinteraksi dengan pembaca dan membangun basis penggemar yang loyal.

Meskipun Wattpad pada dasarnya gratis, ada beberapa cara untuk menghasilkan uang melalui platform ini.

Misalnya, beberapa penulis di Wattpad mendapatkan kesepakatan penerbitan dengan perusahaan penerbitan tradisional setelah karya mereka mendapatkan popularitas yang cukup besar di Wattpad.

Selain itu, Wattpad juga memiliki program Wattpad Paid Stories di mana pembaca dapat membayar untuk mengakses cerita tertentu. Bagian dari pendapatan dari program ini akan diberikan kepada penulis.

3. Upwork

Upwork adalah platform freelance yang menyediakan berbagai jenis pekerjaan, termasuk pekerjaan menulis.

Di Upwork, penulis dapat mencari proyek-proyek menulis seperti penulisan artikel, penulisan konten web, penulisan naskah, dan banyak lagi.

Cara kerja Upwork adalah dengan memberi penawaran pada proyek-proyek yang tersedia atau dengan membuat profil dan menunggu klien yang tertarik menghubungi Anda.

Penghasilan di Upwork bisa bervariasi tergantung pada jenis proyek, tingkat keahlian, dan pengalaman.

Banyak penulis yang sukses secara finansial di Upwork dengan membangun reputasi yang baik dan mempertahankan hubungan yang baik dengan klien mereka.

4. Fiverr

Fiverr adalah platform online lainnya yang memungkinkan freelancer menawarkan jasa mereka kepada klien di seluruh dunia. Meskipun namanya “Fiverr,” tidak semua layanan di platform ini dihargai $5.

Di Fiverr, penulis dapat menawarkan berbagai layanan menulis seperti penulisan artikel, pembuatan konten web, penulisan kreatif, dan sebagainya.

Penulis dapat menetapkan harga untuk layanan mereka sendiri dan menambahkan layanan tambahan dengan harga yang lebih tinggi.

Fiverr juga memiliki fitur rating dan ulasan yang memungkinkan freelancer untuk membangun reputasi mereka.

Semakin baik reputasi Anda, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan klien dan proyek yang menguntungkan.

5. Patreon

Patreon adalah platform yang memungkinkan para kreator konten untuk memonetisasi karya-karya mereka dengan cara mendapatkan dukungan finansial dari para penggemar mereka.

Hal ini berbeda dari platform lain karena lebih berfokus pada dukungan berkelanjutan daripada pembayaran langsung untuk konten spesifik.

Para penulis dapat membuat halaman Patreon di mana mereka dapat membagikan konten eksklusif kepada para penggemar yang berlangganan dengan membayar biaya bulanan atau per karya.

Konten yang dibagikan bisa berupa tulisan, cerita, bab dari novel yang sedang ditulis, atau bahkan akses ke proses kreatif seperti draft-draft awal.

Para penggemar yang berlangganan dapat memberikan dukungan finansial dalam bentuk langganan bulanan atau memberikan sumbangan satu kali.

Patreon juga memberikan fleksibilitas bagi para kreator untuk menetapkan berbagai tingkat langganan dan imbalan yang berbeda sesuai dengan preferensi mereka.

6. Vocal Media

Vocal Media adalah platform yang menawarkan kesempatan kepada penulis untuk menghasilkan uang melalui berbagai cara, termasuk program pembayaran dan kompetisi.

Para penulis dapat mempublikasikan artikel, cerita pendek, puisi, dan konten kreatif lainnya di Vocal. Vocal menawarkan dua program pembayaran utama: Vocal+ dan Vocal Partner Program.

Program Vocal+ memungkinkan penulis untuk menghasilkan uang melalui pembacaan berlangganan dan tontonan konten, sementara Vocal Partner Program memberikan kesempatan kepada penulis untuk memperoleh penghasilan berdasarkan performa konten mereka.

Vocal juga sering mengadakan kompetisi menulis dengan hadiah uang tunai dan imbalan lainnya untuk menarik lebih banyak penulis ke platform mereka.

7. HubPages

HubPages adalah platform menulis online yang memungkinkan penulis untuk mempublikasikan artikel-artikel informatif dan informatif di berbagai topik.

Pengguna HubPages dapat menghasilkan uang melalui program iklan seperti Google AdSense, Program Amazon Associates, dan Program HubPages Earnings.

Ketika pengunjung membaca artikel yang dipublikasikan di HubPages, penghasilan dari iklan yang ditampilkan di halaman artikel tersebut akan dibagi antara HubPages dan penulis.

Semakin banyak trafik yang ditarik oleh artikel, semakin besar potensi penghasilan bagi penulis.

HubPages juga memberikan kesempatan kepada penulis untuk mendapatkan pendapatan tambahan melalui penjualan produk afiliasi dan pemasaran konten mereka di media sosial dan platform online lainnya.

8. iWriter

iWriter adalah platform yang mempertemukan penulis dengan klien yang membutuhkan konten tulisan untuk situs web, blog, atau proyek lainnya.

Di iWriter, penulis dapat mendaftar sebagai penulis lepas dan menawarkan jasa penulisan artikel, konten web, ulasan produk, dan lainnya kepada klien yang membutuhkan.

Prosesnya sederhana: klien menempatkan pesanan untuk konten yang mereka perlukan, dan penulis dapat memilih untuk menulis artikel tersebut.

Penulis akan dibayar berdasarkan tingkat keahlian mereka dan kualitas konten yang mereka hasilkan.

iWriter menyediakan berbagai tingkatan penulis, mulai dari tingkat pemula hingga tingkat elite, yang memungkinkan penulis untuk meningkatkan pendapatan mereka seiring berjalannya waktu dan meningkatkan reputasi mereka di platform.

Dengan adanya platform-platform di atas, para penulis memiliki banyak pilihan untuk mendapatkan penghasilan dari karya tulis mereka.

Mulai dari platform yang memungkinkan penulis menerima bayaran berdasarkan pembacaan hingga platform yang mempertemukan penulis dengan klien-klien potensial.

Bagi para penulis yang ingin menghasilkan uang dari tulisan mereka, memanfaatkan aplikasi-aplikasi di atas dapat menjadi pilihan yang tepat.

Semakin kreatif dan konsisten penulis dalam menciptakan karya-karya berkualitas, semakin besar pula peluang mereka untuk mendapatkan penghasilan yang memuaskan dari dunia tulis-menulis.

Dengan demikian, para penulis dapat lebih baik memanfaatkan teknologi dan platform-platform modern untuk mendapatkan penghasilan dari karya tulis mereka.

Dengan konsistensi, kerja keras, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, para penulis dapat mencapai kesuksesan dalam menghasilkan uang dari menulis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para penulis yang ingin memanfaatkan aplikasi menulis yang menghasilkan uang sebagai sumber penghasilan mereka dalam dunia tulis-menulis.

Baca Juga : Apa itu Freelancer? Ini Penjelasan dan Contohnya

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.