19 Aplikasi Stok Barang Terbaik untuk Online Shop/Perusahaan

Aplikasi Stok Barang

Suatu bisnis yang menjual produk pasti memiliki stok atau persediaan barang untuk penjualan. Jumlah produk tersebut harus dipantau secara berkala agar mencukupi permintaan penjualan. Hadirnya aplikasi stok barang di era serba digital seperti sekarang sangat membantu untuk memantau stok barang.

Kini sudah banyak aplikasi untuk mengatur stok barang gratis maupun berbayar yang digunakan oleh para pelaku usaha. Di antara berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan, Anda harus menggunakan aplikasi terbaik.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Terbaik untuk Bisnis

Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan dengan aman, yaitu:

1. Inventory Management

Inventory Management

Inventory Manajemen merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Zoho Corporation untuk membantu mengelola dan mengontrol stok barang.

Aplikasi Inventory Management juga dapat digunakan untuk melacak inventaris dan memenuhi pesanan konsumen.

Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah membantu melacak keberadaan produk dari supplier, sehingga Anda bisa mengetahui keberadaan produk atau bahan baku yang sudah dipesan kepada supplier. Inventory Management juga memiliki fitur untuk membantu urusan pajak usaha.

Gunakan fitur di dalam aplikasi Inventory Management untuk mendapatkan informasi penjualan. Informasi penjualan tersebut akan ditampilkan dengan sederhana, tetapi tetap detail dan mudah dipahami atau dianalisis.

Fitur yang dimiliki Inventory Management sangat lengkap untuk membantu pengelolaan stok barang.

Memangnya apa saja fitur yang dimiliki software ini? Jika penasaran, maka berikut ini fitur-fitur di dalam Inventory Management, yaitu:

  • Contact Management (Mengelola kontak partner bisnis)
  • Items (Menambah dan menghapus stok barang)
  • Tax Compliance (Membantu mengurus pajak usaha)
  • Multiple Warehouse Management
  • Order Fulfillment
  • Invoice & Payments (Membuat invoice, mengecek pembayaran dari konsumen)
  • Multi Currency Transactions
  • Transfer Order
  • Quick Sales Insights (Memantau hasil penjualan dengan cepat)

Baca Juga : Apa Itu Conflict of Interest?

2. Stock and Inventory Simple

Stock and Inventory Simple

Apakah Anda ingin mengatur stok barang dagangan dengan efektif dan efisien? Gunakan saja aplikasi Stok and Inventory Simple.

Aplikasi stok barang dan penjualan yang satu ini sangat cocok digunakan untuk mengelola barang di toko atau usaha skala kecil.

Selain itu, aplikasi Stock and Inventory Simple juga memiliki banyak fungsi/ kegunaan lainnya, yaitu:

  • Membantu proses input data barang dengan mudah
  • Menambahkan foto atau gambar sebagai bentuk visualisasi item
  • Mengatur produk ke dalam folder tertentu
  • Memindai barcode barang agar pekerjaan semakin cepat
  • Mendata penjualan dan pembelian
  • Melacak pemasok/ supplier
  • Melacak pelanggan
  • Mengatur kuantitas atau jumlah minimum barang
  • Memberi notifikasi ketika stok barang di bawah batas minimum
  • Mencetak data stok barang dalam bentuk PDF dengan template
  • Membuat laporan dan menghitung laba, margin, serta markup
  • Ekspor atau impor file ke dalam bentuk Excel
  • Menggunakan Google Drive untuk pertukaran dan pencadangan data

Stock and Inventory Simple termasuk aplikasi yang memiliki fitur mudah digunakan, sehingga aplikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja.

3. Smart Inventory System

Smart Inventory System

Smart Inventory System merupakan aplikasi stok barang bisnis yang tersedia dalam bentuk mobile di smartphone. Selain itu, ada juga aplikasi Smart Inventory System berbasis web, sehingga bisa diakses menggunakan laptop/ komputer dengan mudah.

Selain memiliki tampilan desain sederhana, aplikasi Smart Inventory System juga mudah digunakan oleh siapa saja. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur untuk membantu mengelola stok barang/ produk usaha.

Salah satu fitur unggulan Smart Inventory System adalah fitur sistem barcode untuk memindai barcode atau QR code produk.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur lainnya untuk mencetak tag harga. Smart Inventory System juga digunakan untuk memeriksa ketersediaan stok barang.

File manajemen persediaan atau stok barang akan disusun ke dalam folder-folder tertentu secara berurutan dan terperinci. Semua data dalam file manajemen stok barang akan dijamin keamanannya dan tidak akan hilang karena dicadangkan ke dalam bentuk cloud.

Jika tertarik menggunakannya, maka Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Smart Inventory System dan mendaftar menggunakan akun media sosial. Sangat mudah, bukan?

4. Myne Sales & Inventory Manager

Myne Sales _ Inventory Manager

Seperti namanya, Myne Sales & Inventory Manager merupakan software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola inventaris atau stok produk sekaligus mengelola penjualan.

Aplikasi praktis dengan dua fungsi utama tersebut memang cocok dimiliki oleh para pelaku bisnis.

Myne Sales & Inventory Manager memiliki delapan fitur utama di dalamnya. Apa saja fitur tersebut? Berikut ini beberapa fitur di dalam aplikasi Myne Sales & Inventory Manager, yaitu:

  • Customer Base
  • Product Registration
  • Services Register
  • Sales Record
  • Sales Management
  • Monthly Sales Chart
  • Sales Chart by Product
  • Sales by Service Graph

Kelebihan menarik dari aplikasi Myne Sales & Inventory Manager mampu menampilkan data dalam bentuk diagram atau grafik

. Tentu saja data yang disajikan dalam bentuk diagram atau grafik akan membuat Anda lebih mudah memahami penjualan maupun stok barang.

Sebagai aplikasi yang fokus pada pengelolaan inventaris atau stok barang, Myne Sales & Inventory Manager juga dapat memberikan notifikasi jika jumlah stok barang akan habis atau berada di bawah batas minimal.

Aplikasi Myne Sales & Inventory Manager juga dapat digunakan untuk membuat laporan bulanan usaha. Laporan tersebut akan memuat data yang lengkap dan terperinci tentang penjualan maupun stok barang.

5. Stock and Inventory Management

Stock and Inventory Management

Stock and Inventory Management adalah aplikasi yang diciptakan dan dikembangkan oleh Magnetic Lab.

Aplikasi Myne Sales & Inventory Manager dibuat dengan sistem manajemen ringkas untuk mengelola stok dan inventaris produk dengan mudah dan praktis.

Secara umum aplikasi Myne Sales & Inventory Manager memiliki empat fitur atau fungsi utama, yaitu:

  • Memindai barcode barang
  • Membuat pie chart atau grafik lingkaran untuk menunjukkan data penjualan dalam satu periode
  • Mencari atau melacak barang dengan cepat dan mudah
  • Menghitung jumlah pembelian dalam satu periode waktu

Seluruh data penjualan dan inventaris produk dalam Myne Sales & Inventory Manager terjamin keamanannya. Semua data Myne Sales & Inventory Manager juga dapat disimpan dan di-export dalam bentuk Excel atau PDF.

Jika sudah memiliki Myne Sales & Inventory Manager ini, maka sebaiknya jangan lupa untuk melakukan update. Versi terbaru Myne Sales & Inventory Manager memiliki fitur tambahan berupa minor buge resolved.

6. Stock Controller – Inventories

Stock Controller Inventories

Bagaimana cara mengatur stok barang? Salah satu cara untuk mengatur stok barang adalah menggunakan aplikasi bernama Stock Controller yang dikembangkan oleh XNR Sisbi.

Selain mudah digunakan, Anda juga bisa mengakses data di aplikasi stok barang ini secara online maupun offline.

Stock Controller tidak hanya dapat diakses secara mobile melalui smartphone, tetapi aplikasi untuk mengatur stok barang tersebut juga dapat diakses melalui website di laptop/ komputer. Hal ini karena semua data yang ada Stock Controller dicadangkan dalam cloud.

Kemudahan dalam mengakses data Stock Controller akan membuat Anda bisa memantau stok barang kapan saja dan di mana saja sesuai keperluan.

Aplikasi ini juga bisa menampilkan statistik data stok barang dalam bentuk grafik yang bagus dan mudah dipahami.

7. Box Hero – Manajemen Inventaris

Box Hero Manajemen Inventaris

Manajemen inventaris yang dilakukan secara manual dan terlalu kompleks pasti akan melelahkan jika dilakukan terus menerus.

Namun, kini Anda bisa memanfaatkan aplikasi baru bernama Box Hero untuk membuat aktivitas manajemen inventaris lebih mudah dan praktis.

Pengelolaan inventaris menggunakan aplikasi Box Hero dapat dilakukan oleh satu orang saja.

Namun, ada juga fitur yang memungkinkan pengelolaan inventaris Box Hero dilakukan atau diakses oleh lebih dari satu pengguna. Kerja tim inventory pun akan lebih mudah dan terorganisir dengan baik.

Aplikasi Box Hero yang diakses secara mobile dapat memanfaatkan kamera di ponsel untuk memindai barcode barang. Selain diakses secara mobile, Box Hero juga dapat diakses melalui komputer atau laptop.

Berikut ini tiga fitur atau fungsi aplikasi Box Hero lainnya untuk membantu inventaris produk bisnis, yaitu:

  • Registrasi Barang: Registrasi penyesuaian barang, cetak kode bar, dan registrasi foto barang
  • Stok Masuk atau Keluar: Pemindai smartphone, sisipkan stok masuk/ keluar, dan riwayat transparan
  • Analisis Data Inventaris: Smart analisis, alarm stok rendah, dan kuantitas lalu

8. Sortly – Inventory Simplified

Sortly Inventory Simplified

Rekomendasi aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk mengelola persediaan barang adalah Sortly.

Mengelola dan mengatur stok barang menggunakan aplikasi stok barang Sortly sangat praktis dilakukan karena dapat diakses secara mobile melalui smartphone.

Namun, pengguna juga tetap bisa menggunakan Sortly melalui laptop atau komputer. Hal ini karena Sortly didukung dengan layanan versi web.

Kelebihan dari aplikasi Sortly adalah memudahkan pengguna untuk menjelajahi stok berdasarkan foto, Selain itu, data stok barang juga dapat dikelompokkan berdasarkan kondisi barang, lokasi, pelanggan, dan berbagai kategori lainnya.

Shortly mampu berfungsi untuk memindai kode barang. Selain itu, aplikasi ini juga sangat efektif untuk mencetak label QR code. Proses check-in dan check-out barang juga bisa dipantau setiap saat menggunakan aplikasi Sortly.

Selain tersimpan dengan aman, semua data stok barang di aplikasi Sortly juga bisa diunduh dalam berbagai format dokumen. Sementara itu, data yang tidak sengaja terhapus juga bisa dipulihkan kembali menggunakan fitur di aplikasi Sortly.

Keunggulan aplikasi Sortly lainnya adalah bisa diakses dan digunakan untuk mengolah stok barang dalam keadaan offline.

Baca Juga: Cek! Ini 10 Aplikasi Pembuat Logo Online Terbaik 2024

9. Inventory Keeper

Inventory Keeper

Anda juga bisa menggunakan aplikasi bernama Inventory Keeper untuk membantu mengolah maupun mengontrol semua transaksi yang berkaitan dengan stok barang dagangan.

Tampilan desain aplikasi Inventory Keeper memang terlihat simple, tetapi fiturnya tetap lengkap dan bermanfaat.

Para pemilik usaha bisa melakukan analisis penjualan dengan aplikasi ini. Inventory Keeper akan memberikan informasi data produk yang memiliki nilai penjualan tertinggi, sehingga pemilik usaha harus selalu menjaga agar stok produk tersebut tetap aman.

Selain itu, aplikasi Inventory Keeper juga memiliki beragam fungsi lainnya, yaitu:

  • Menyediakan daftar produk lengkap yang dapat dikategorikan berdasarkan kategori khusus/ tertentu
  • Bisa digunakan untuk menambah foto produk
  • Memiliki tampilan detail dengan tombol cepat untuk pembaharuan stok produk
  • Dapat digunakan untuk membuat laporan stok produk secara keseluruhan maupun laporan stok setiap jenis produk
  • Memberikan informasi catatan transaksi yang membandingkan stok produk terbaru dengan data periode waktu sebelumnya
  • Memiliki fitur untuk pengaturan berbagai mata uang

Pengguna baru tidak perlu kerepotan mempelajari fitur Inventory Keeper dalam waktu lama karena aplikasi ini menyediakan tutorial cepat untuk menggunakannya.

10. Warehouse Management

Warehouse Management

Microsoft Corporation menciptakan dan mengembangkan aplikasi untuk membantu pengelolaan warehouse / gudang. Aplikasi tersebut bernama Warehouse Management yang juga bisa digunakan untuk memantau stok barang.

Aplikasi Warehouse Management yang dapat digunakan secara mobile melalui smartphone tentu saja memberikan kemudahan bagi para pekerja gudang dalam mengerjakan tugasnya. Stok barang di gudang pun dapat dipantau setiap saat dengan data yang selalu update.

Berikut ini kegunaan lainnya dari Warehouse Management yang menjadi keunggulan aplikasi ini, yaitu:

  • Membantu input barang yang akan menjadi stok gudang dengan cepat
  • Lebih ergonomis
  • Fitur dapat digunakan dengan area sentuhan besar, sehingga tetap dapat digunakan dengan mudah walaupun pekerja menggunakan sarung tangan
  • Dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi untuk setiap prose
  • Dapat digunakan untuk melakukan verifikasi pemilihan produk

Kelebihan lainnya dari aplikasi Warehouse Management adalah memiliki tampilan desain dengan warna kontras. Tujuannya adalah agar pengguna mampu melihat teks di dalam aplikasi dengan jelas meskipun layar perangkat kotor.

11. InFlow Cloud

InFlow Cloud

InFlow Cloud juga merupakan salah satu contoh aplikasi stok barang yang layak digunakan untuk membantu kegiatan operasional suatu bisnis.

Aplikasi InFlow Cloud dapat digunakan untuk mengelola dan mengontrol stok produk di tempat penyimpanan.

Selain itu, aplikasi InFlow Cloud juga bisa berguna untuk mengelola pesanan yang masuk. Ketika stok barang mulai menipis karena penjualan tinggi, maka InFlow Cloud bisa digunakan untuk membuat PO baru.

InFlow Cloud dilengkapi dengan daftar produk berupa katalog. Anda bisa menambahkan gambar dan deskripsi dalam katalog tersebut. Katalog produk dalam InFlow Cloud nantinya juga akan membantu proses pengelolaan stok barang.

Fungsi lainnya dari aplikasi InFlow Cloud adalah membuat faktur pesanan dengan mudah dan cepat. Faktur tersebut nantinya dapat dikirim melalui e-mail langsung dari aplikasi InFlow Cloud.

Ketika menemukan barang yang rusak, maka Anda harus update jumlah stok produk. Proses penyesuaian stok karena produk rusak tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui fitur di dalam InFlow Cloud.

12. Jubelio WMS

Jubelio WMS

Aplikasi stok barang Android bernama Jubelio WMS juga bisa menjadi pilihan tepat untuk digunakan dalam mengelola stok barang.

Fungsi utama aplikasi ini adalah mempermudah proses penerimaan, penyimpanan, pengambilan, hingga penerimaan barang melalui satu sistem aplikasi.

Fitur utama dari Jubelio adalah membantu pengaturan persediaan barang secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur yang membantu proses penjualan. Jubelio WMS bahkan terhubung dengan berbagai marketplace.

13. Inventory & Barcode Scanner

Inventory _ Barcode Scanner

Fungsi utama aplikasi Inventory & Barcode Scanner adalah memindai barcode produk. Selain itu, aplikasi Inventory & Barcode Scanner ternyata juga dapat digunakan untuk membantu mengelola dan mengontrol persediaan stok barang atau inventaris.

Anda dapat menggunakan aplikasi Inventory & Barcode Scanner dalam memindai barcode barang secara otomatis untuk keperluan pengelolaan inventori. Fungi lainnya dari Inventory & Barcode Scanner adalah melacak produk inventaris dengan cepat dan praktis.

Semua data di dalam aplikasi Inventory & Barcode Scanner dapat disimpan, disalin, dan dibagikan melalui Dropbox maupun Google Drive. Meskipun demikian, semua data dalam Inventory & Barcode Scanner tetap dijamin keamanannya.

Jadi, jika ingin menggunakan aplikasi stok barang yang aman dan bisa melindungi data, maka sebaiknya gunakan saja aplikasi Inventory & Barcode Scanner.

14. EStock – Stock Manager, Invento

EStock Stock Manager, Invento

EStock merupakan salah satu aplikasi stok barang sederhana yang dikembangkan oleh MS International. Aplikasi EStock dapat diperoleh secara gratis oleh siapa saja yang membutuhkannya. Desain dan tampilan EStock terlihat ringkas dan sederhana, sehingga mudah digunakan.

Anda bisa menggunakan EStock untuk menambah atau mengurangi transaksi produk. Inventori atau stok produk juga dapat dilengkapi dengan informasi yang detail, seperti nama, identitas, tingkat pembelian, deskripsi, dan informasi lainnya.

Apa saja fungsi dan kegunaan dari aplikasi EStock? Berikut ini fungsi atau kegunaan EStock yang lebih lengkap, yaitu:

  • Mengelola stok dan inventaris barang/ produk
  • Menambah, menghapus, dan memperbarui detail produk
  • Melihat ringkasan stok masuk, keluar, dan dalam persediaan
  • Terdapat fitur untuk memindai barcode maupun QR produk
  • Menunjukkan notifikasi daftar produk yang memiliki stok rendah
  • Fitur pencarian dan filter produk yang memudahkan

Semua data yang ada di dalam aplikasi EStock dapat diunduh dalam format dokumen tertentu, seperti Excel maupun PDF. Selain itu, aplikasi EStock juga dapat membantu membuat laporan persediaan yang bisa langsung diunduh.

15. Stock Count – Stock Take Opname

Stock Count Stock Take Opname

Anda juga bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi Stock Count sebagai aplikasi stok barang untuk membantu mengelola dan mengontrol stok barang.

Secara lebih spesifik, aplikasi Stock Count dapat digunakan untuk membantu menghitung dan mengecek kondisi stok barang dengan lebih efektif dan efisien.

Artinya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Stock Count untuk proses Stock Opname (SO) barang dalam periode waktu tertentu baik itu, harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.

Aplikasi Stock Count memang dilengkapi dengan fitur scan atau pindai barcode. Gunakan kamera pada ponsel untuk menggunakan fitur Barcode Scanner dari aplikasi Stock Count.

Kelebihan aplikasi Stock Count adalah dapat digunakan untuk import maupun export data CSV dari ERP mana saja. Misalnya, SAP Business One, SAP S/4 Hana, Microsoft Dynamic Ax, Oracle App, Netsuite, Microsoft Dynamic Nav, dan Xero.

Jika digunakan dengan optimal, maka aplikasi Stock Count dapat menghasilkan hasil Stock Opname (SO) yang akurat.

Hasil tersebut juga bisa membuat pengelolaan dan kontrol stok barang dalam bisnis lebih akurat, sehingga memberikan keuntungan bagi bisnis yang dijalani.

16. Moka Manajemen Stok

Moka Manajemen Stok

Moka Manajemen Stok juga merupakan salah satu aplikasi stok barang yang direkomendasikan untuk digunakan dalam mengelola bisnis. Fungsi utama dari aplikasi Moka adalah mengatur persediaan barang.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat pesanan penjualan online/ offline dan memeriksa riwayat transaksi yang telah dilakukan sebelumnya. Pembayaran dari penjualan produk juga dapat dikelola melalui aplikasi Moka.

17. Household Register

Household Register

Selain tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, aplikasi stok barang juga tersedia dalam basis web, sehingga bisa diakses melalui komputer atau laptop. Salah satu aplikasi untuk mengatur stok produk melalui PC bernama Household Register.

Household Register dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan oleh siapa saja. Salah satu kegunaan fitur di Household Register adalah menggabungkan berbagai macam stok barang berdasarkan kategori produknya.

Pengguna juga bisa memanfaatkan Household Register untuk memberi label produk yang akan dijual maupun disimpan.

18. Fishbowl

Fishbowl

Aplikasi Fishbowl dapat digunakan untuk membantu mengelola stok barang dengan detail dan akurat. Aplikasi Fishbowl memiliki fitur unggulan dengan bisa meriset produk yang paling dicari atau disukai oleh para konsumen.

Pada umumnya, aplikasi Fishbowl paling sering digunakan oleh para pemilik bisnis restoran, tempat makan, maupun pertokoan.

Aplikasi Fishbowl berbasis web, sehingga bisa diakses menggunakan komputer ataupun laptop kapan saja dan di mana saja.

19. Jurnal

Jurnal

Aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk mengontrol dan mengelola stok barang adalah Jurnal. Meskipun berbasis sistem website, aplikasi Jurnal juga bisa digunakan melalui smartphone untuk membantu pengelolaan stok barang dagangan.

Fitur yang ada di aplikasi Jurnal sangat lengkap dan bermanfaat. Misalnya, pengontrolan semua data persediaan, melakukan pembukuan, penjualan barang, perhitungan detail, mengetahui barang paling populer, penyesuaian stok barang, dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan aplikasi Jurnal untuk membantu pengaturan stok barang dalam menjalankan bisnis dengan berlangganan. Namun, sebelum itu, aplikasi Jurnal juga menyediakan layanan untuk mencoba fitur di dalamnya secara gratis. Menarik, bukan?

Jika tertarik menggunakan aplikasi Jurnal, maka Anda bisa langsung berlangganan untuk periode waktu tertentu. Harga langganan aplikasi Jurnal juga cukup terjangkau dan ekonomis.

Aplikasi untuk mengelola stok barang dengan semua fitur yang dimilikinya tentu saja memberikan berbagai kemudahan bagi para pebisnis.

Stok barang / produk dapat dikelola dan dikontrol dengan baik, sehingga bisnis pun berjalan lancar serta bisa memenuhi permintaan konsumen terhadap produk berkualitas.

Namun, untuk mendapatkan semua keuntungan dan manfaat tersebut, Anda harus menggunakan aplikasi stok barang terbaik dengan fitur yang lengkap.

Tidak hanya itu, pastikan juga bahwa aplikasi yang digunakan untuk mengatur keuangan bersifat user friendly atau mudah digunakan siapa saja.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar