Bagaimana Cara Kerja Teamviewer? Cari Tahu Informasinya Disini!

Bagaimana Cara Kerja Teamviewer Cari Tahu Informasinya Disini!

Di sebuah perusahaan besar ataupun yang memiliki jaringan yang cukup luas, penggunaan teamviewer seringkali digunakan untuk mengakses komputer maupun hp dalam jarak jauh. Hal ini tentunya lebih memudahkan setiap karyawan untuk saling terhubung dengan baik. Namun bagaimana sebenarnya cara kerja teamviewer ini?

Dan apa saja fungsi dan kelebihan dari salah satu perangkat lunak (software) buatan Jerman ini hingga belum bisa tergantikan dengan software sejenis lainnya?

Anda bisa mengetahui jawabannya dengan menyimak sejumlah informasi penting berikut ini.

Fungsi Teamviewer

Jika sebelum ditemukannya teamviewer, Anda mungkin saja hanya menggunakan komputer/PC milik Anda untuk penggunaan pribadi saja.

Namun sejak ditemukannya software buatan Jerman tersebut, tepatnya di  tahun 2005 lalu, setiap komputer bisa diakses secara bersamaan, yang dihubungkan dengan jaringan internet.

Dalam arti, dengan bantuan teamviewer, setiap komputer dalam sebuah perusahaan bisa saling terhubung satu sama lain.

Sehingga setiap karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut bisa bekerja sama, meskipun menggunakan komputer yang berbeda.

Dengan perannya tersebut, memungkinkan televiewer menjadi salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

Khususnya bagi perusahaan besar yang memang memiliki banyak cabang dan koneksi, yang memungkinkan perusahaan tersebut memerlukan akses lebih untuk memantau setiap komputer yang ada dalam perusahaan tersebut.

Namun pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai cara kerja teamviewer ini? dan mengapa software tersebut bisa digunakan untuk mengakses beberapa komputer dalam waktu yang bersamaan?

Untuk mencari tahu mengenai hal itu, memang ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai fungsi dari software yang satu ini. Dimana fungsi dan kelebihan dari teamviewer ini antara lain:

1. Sebagai Pengendali Jarak Jauh (Remote Control)

Fungsi utama dari teamviewer sebenarnya adalah sebagai pengendali jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan istilah remote control.

Dimana sebagai pimpinan perusahaan, ataupun staf yang berwenang dalam operasional perusahaan, Anda berhak memantau kinerja karyawan lainnya dengan hanya menggunakan 1 komputer.

Adapun caranya yaitu dengan memasukkan nomor ID ke komputer tersebut, kemudian klik opsi hubungkan ke mitra.

Dengan demikian, Anda sudah bisa mengakses komputer yang ada dalam perusahaan tersebut, meskipun dilakukan dalam jarak jauh.

2. Melakukan Transfer File dengan Cepat

Selain sebagai pengendali jarak jauh (remote control), teamviewer juga berfungsi untuk melakukan transfer file antar komputer dalam skala cepat.

Proses transfer file ini juga sebenarnya masih berkaitan dengan cara kerja teamviewer itu sendiri.

Dimana Anda perlu melakukan drag and drop pada file yang akan ditransfer, dan tidak membutuhkan waktu yang lama, file  tersebut bisa terkirim/ditransfer ke komputer lainnya dengan  sangat cepat.

3. Memudahkan dalam Proses Meeting

Seperti diketahui, dalam setiap acara meeting, beberapa karyawan membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan presentasi.

Dimana saat presentasi tersebut, karyawan tersebut memerlukan data/informasi yang disimpan dalam sebuah komputer.

Dengan adanya teamviewer, yang didukung dengan cara kerja teamviewer yang serba cepat, memungkinkan setiap data yang dipresentasikan karyawan tersebut bisa dilihat dengan mudah oleh peserta meeting lainnya.

Bukan hanya itu saja, dalam beberapa kesempatan, pemimpin perusahaan mungkin saja menginginkan untuk melakukan meeting secara mendadak.

Sehingga dirinya tidak sempat memberitahukan karyawan lainnya untuk berkumpul di ruang meeting saat itu juga.

Namun dengan bantuan teamviewer, meeting tersebut bisa dilakukan dengan mudah, tanpa harus meninggalkan tempatnya masing-masing.

Untuk proses meeting ini, pemimpin perusahaan cukup mengklik opsi pertemuan instan. Sementara peserta rapat hanya tinggal memasukkan nomor ID, untuk bergabung ke acara meeting tersebut.

4. Bisa Melakukan Chatting dan Panggilan

Fungsi lainnya dari teamviewer yaitu setiap penggunanya memiliki akses untuk melakukan chatting maupun panggilan ke pengguna teamviewer lainnya. Khususnya yang berada dalam jaringan internet yang sama.

Dengan fungsinya tersebut, memungkinkan cara kerja teamviewer ini hampir mirip dengan cara kerja dari beberapa sosial media, seperti Instagram, Facebook, dan yang lainnya.

Inilah Cara Kerja Teamviewer yang Perlu Diketahui!

Sebagai pengendali jarak jauh (remote control), tentunya Anda mulai bertanya-tanya, mengenai bagaimana cara kerja dari teamviewer ini, bukan?

Secara umum, cara kerja dari software pengendali jarak jauh yang satu ini akan melalui beberapa tahapan, yang meliputi:

1. Memastikan Internet Bisa Terkoneksi dengan Baik

Cara kerja pertama dari teamviewer ini yaitu memastikan bahwa jaringan internet yang digunakan bisa terkoneksi dengan baik dan cepat. Hal ini dikarenakan, teamviewer tidak bisa digunakan dengan baik, bilamana tidak ada koneksi internet.

Dengan kata lain, adanya jaringan internet secara tidak langsung akan mempengaruhi cara kerja dari teamviewer itu sendiri.

Dimana semakin cepat koneksi/jaringan internet yang tersedia, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menggunakan software tersebut.

2. Memastikan Pengguna Memiliki Nomor ID ataupun Password Teamviewer

Setelah memastikan jaringan internet bisa terkoneksi dengan baik, maka cara kerja teamviewer selanjutnya yaitu memastikan setiap pengguna teamviewer memiliki nomor ID (password) masing-masing.

Dimana nomor ID (password) tersebut digunakan untuk mengakses komputer yang menggunakan teamviewer, sekaligus untuk memantau kinerja dari komputer lainnya, yang menggunakan teamviewer dan jaringan internet yang sama.

Oleh karena itu, sangat penting kiranya bagi setiap karyawan untuk mengingat nomor ID (password) masing-masing.

Karena selain untuk mengakses komputer dan terhubung dengan komputer lainnya, nomor ID ini juga seringkali dibutuhkan untuk melakukan transfer data maupun untuk bergabung dalam sebuah acara/forum meeting perusahaan.

3. Memastikan Pengguna Memilih Opsi yang Dibutuhkan pada Teamviewer

Sekedar informasi, pada software teamviewer, Anda biasanya akan menemukan 3 opsi yang berbeda, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Misalnya opsi remote support untuk memantau komputer yang lainnya, opsi transfer file untuk melakukan transfer/mengirimkan file ke komputer lainnya, dan opsi presentation untuk memulai acara meeting.

Untuk itu, pastikan Anda telah memilih dan mengklik opsi yang benar dari ketiga opsi tersebut, yang memang tengah Anda butuhkan saat itu.

Hal ini dilakukan tentunya agar teamviewer bisa Anda akses dan Anda gunakan dengan cepat dan mudah.

4. Memastikan Pengguna Menge-klik Opsi “Connect to Partner”

Meskipun cara kerja teamviewer yang satu ini menentukan sejauh mana teamviewer tersebut bisa terkoneksi dengan baik.

Namun tak jarang, masih banyak pengguna yang belum memahami hal ini, dan malah justru mengabaikannya.

Namun perlu diketahui, bahwa untuk menggunakan teamviewer ini, sebelumnya Anda perlu menge-klik opsi connect to partner.

Barulah setiap komputer yang ada dalam perusahaan bisa terhubung antara satu dan yang lainnya, yang memungkinkan setiap karyawan bisa bekerjasama dengan baik.

Selain sejumlah tahapan tersebut, cara kerja teamviewer ini juga sebenarnya dilakukan dengan menggunakan elemen augmented reality.

Dimana teamviewer ini tidak hanya menawarkan fitur antarmuka (interface) pada satu aplikasi saja. Namun juga bisa dilakukan dengan aplikasi lainnya. Seperti Microsoft salah satunya.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar