8 Cara Membangun Sense of Belonging Karyawan di Tempat Kerja

Sense of Belonging

Sense of belonging memiliki peranan yang penting dalam kehidupan, termasuk di dunia kerja. Sebab hal ini berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia akan kondisi psikologis serta kesehatan fisik dari seseorang. Sehingga mengetahui cara membangun sense of belonging menjadi penting.

Bagi perusahaan sense of belonging merupakan hal yang sudah tidak asing lagi. Karena tanpa adanya hal tersebut maka hubungan yang terjadi antara karyawan dengan perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Maka dari itu pemahaman yang baik mengenai konsep ini sangat penting bagi karyawan dan perusahaan.

Dalam hal ini perusahaan memberikan peranan penting di dalamnya, karena merupakan pihak pemberi kerja dan yang memiliki kuasa dalam menciptakan budaya perusahaan.

Pengertian Sense of Belonging

Pengertian Sense of Belonging

Pengertian dari sense of belonging yaitu sebuah perasaan yang timbul karena adanya rasa memiliki terhadap suatu hal, yang terdapat di dalam diri seseorang.

Jadi jenis perasaan ini bisa mengacu kepada sebuah perasaan aman, diterima, nyaman, dikenali, didukung dan diperhatikan.

Kehadiran dari sense of belonging ini biasanya berkaitan dengan suatu organisasi atau kelompok, dimana anggota di dalamnya memiliki perasaan yang membuatnya terikat dalam kelompok tersebut.

Maka dari itu sense of belonging menjadi salah satu perasaan yang sudah menjadi kebutuhan dasar yang harus dimiliki oleh manusia. Pasalnya perasaan ini bisa menjadi pondasi utama dalam pembentukan identitas diri.

Sehingga bisa mendorong seseorang agar bisa memiliki motivasi untuk turut berpartisipasi ke dalam sebuah kelompok tertentu. Setiap manusia pasti mempunyai kebutuhan berupa rasa untuk saling memiliki.

Rasa tersebut bisa diperoleh dari penerimaan yang dilakukan oleh orang lain, dalam hal ini termasuk dalam lingkungan pertemanan, keluarga bahkan dalam dunia kerja.

Sense of belonging ini bisa menjadi kunci untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi, karena bisa menjadi sebuah penggerak bagi anggotanya agar mempunyai etos kerja yang tinggi, bisa bekerja kreatif, maksimal, profesional serta mendorong tingkat produktivitas kerja.

Sehingga mengetahui cara membangun sense of belonging menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Apa itu Pengalaman Kerja?

Cara Membangun Sense of Belonging di Tempat Kerja

Pemahaman yang baik mengenai keberagaman di dalam tempat kerja masih belum cukup untuk bisa menciptakan lingkungan kerja yang sehat. Dibutuhkan rasa memiliki atau sense of belonging terhadap perusahaan yang kuat.

Dengan demikian maka karyawan akan lebih memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaanya serta selalu dilakukan dengan sepenuh hati.

Masing-masing orang membutuhkan sebuah rasa untuk diterima, didengar, dilibatkan, serta menjadi bagian dari sebuah tim.

Sense of belongin yang tulus bisa mendorong seorang karyawan untuk selalu berperan dan terlibat dengan semua urusan yang berkaitan dengan perusahaan.

Sense of belonging atau rasa memiliki merupakan suatu rasa yang terdapat di dalam diri yang bisa ditumbuhkan sendiri, ataupun dengan melibatkan diri terhadap berbagai program yang ada dalam perusahaan.

Jadi setiap karyawan bisa membangun rasa tersebut di tempat kerja, agar setiap pekerjaan yang dilakukan terasa lebih menyenangkan.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan agar sense of belonging bisa hadir di dalam tempat kerja.

1. Menetapkan tujuan bersama di tempat kerja

Menetapkan tujuan bersama di tempat kerja

Apabila memiliki sebuah purpose atau tujuan tertentu dalam sebuah pekerjaan, maka rutinitas yang dilakukan selama ini bukan lagi hanya sekedar untuk datang bekerja kemudian pulang ke rumah.

Apalagi jika perusahaan tempat bekerja bisa mendukung tujuan tersebut, maka bisa menjadi pemicu yang bisa menyebabkan munculnya sebuah perasaan yang menunjukan keterikatan dengan nilai serta visi dari perusahaan

Hal ini menjadi langkah awal yang bisa dilakukan sebagai cara membangun sense of belonging di tempat kerja. Menetapkan tujuan bersama bisa mendorong karyawan untuk berkontribusi nyata terhadap perusahaan.

Hal tersebut dikarenakan adanya sebuah perasaan merasa diterima dengan baik dalam tim atau organisasi tersebut.

Namun hal yang perlu dicatat bahwa, tujuan dari tim harus bisa selaras dengan budaya dari perusahaan secara keseluruhan. Sehingga kontribusi yang dilakukan bisa efektif dalam mencapai tujuan perusahaan yang akan dicapai.

2. Membangun kepercayaan

Membangun kepercayaan

Keberhasilan dari hubungan yang terjadi dengan rekan kerja bisa disebabkan oleh sebuah kepercayaan.

Apabila tidak memiliki rasa saling mempercayai antara satu dengan lainnya dalam sebuah tim, maka proses komunikasi di dalamnya tidak bisa berjalan efektif.

Kepercayaan ini bisa terbentuk lebih cepat jika melakukan pendekatan, dengan melihat perspektif yang berbeda kepada semua orang yang terdapat dalam tim. Sehingga bisa tercapai sebuah kepercayaan afektif.

Maka dari itu penting sekali untuk meluangkan waktu agar bisa mengenal lebih dalam mengenai rekan kerja dalam tim, memahami tentang minat, latar belakang ataupun keterampilan yang dimiliki.

Selain itu juga harus bisa memberikan rasa hormat, perhatian dan kehangatan. Karena hal tersebut bisa menjadi cara membangun sense of belonging.

Kategori dari kepercayaan yang terdapat di dalam tempat kerja biasanya terbagi menjadi 2, yaitu ada kognitif dan afektif. Jadi kepercayaan kognitif merupakan tahap pertama untuk membangun sebuah hubungan yang kuat.

Dalam hal ini kepercayaan ini bisa membantu untuk meyakinkan kepada sesama rekan kerja, bahwa perusahaan tempatnya bekerja mampu bekerjasama dalam menyelesaikan tugas.

Sedangkan kepercayaan afektif yaitu komponen yang bisa membangun sebuah hubungan yang bisa lebih dalam dan tahan lama.

Untuk membangun kepercayaan ini maka membutuhkan sebuah pengertian yang lebih besar antara satu dengan lainnya.

3. Sebisa mungkin hindari self-isolation

Sebisa mungkin hindari self-isolation

Self-isolation atau menutup diri merupakan hal yang harus dihindari agar bisa meningkatkan self-belonging di tempat kerja.

Apabila di dalam tempat kerja merasa tidak dilibatkan dalam sebuah tim, maka bisa mengambil inisiatif lebih dulu agar masalah tersebut bisa diatasi.

Jangan sampai kondisi tersebut diperparah dengan menjauhi rekan kerja lainnya, karena nantinya justru malah bisa menghambat pekerjaan yang dilakukan.

Cara yang bisa dilakukan yaitu bertanya secara baik baik kepada rekan lainnya yang terdapat di dalam tim. Jika tidak kunjung mendapatkan solusi, maka bisa dengan mengajak diskusi kepada atasan ataupun orang yang dipercaya di kantor.

4. Menerima perbedaan

Menerima perbedaan

Cara membangun sense of belonging yaitu bisa dengan melatih diri sendiri untuk bisa berpikiran terbuka, sehingga bisa membantu dalam menerima berbagai perbedaan yang ada.

Terlebih lagi jika di dalam tempat kerja banyak SDM yang berasal dari latar belakang berbeda.

Dengan menerima perbedaan yang ada, maka secara tidak langsung bisa meningkatkan sense of belong atau rasa memiliki dengan sesama rekan kerja lainnya.

5. Saling berbagi minat dan passion

Saling berbagi minat dan passion

Di dalam sebuah organisasi pasti terdapat sebuah perkumpulan orang-orang dengan minat ataupun passion yang sama.

Contohnya yaitu apabila senang dengan olahraga futsal, maka bisa mengajak rekan lainnya yang memiliki ketertarikan yang sama untuk bermain setelah pulang kerja. Dengan hal tersebut maka bisa menjadi sebuah cara membangun sense of belonging.

Karena kedekatan antar sesama rekan kerja bisa terjalin dengan baik, sehingga akan tumbuh perasaan saling memiliki dan menjadi bagian dari sebuah tim dalam organisasi.

6. Proaktif untuk mengikuti berbagai program yang ada

Proaktif untuk mengikuti berbagai program yang ada

Di dalam perusahaan biasanya akan ada berbagai program rutin, berupa sebuah acara kantor yang bertujuan untuk meningkatkan kedekatan antar rekan kerja lainnya.

Maka dari itu, ini menjadi sebuah kesempatan yang bisa dilakukan sebagai cara membangun sense of belonging di tempat kerja.

Sebelumnya pahami terlebih dahulu mengenai tujuan yang ingin dicapai oleh tim dan perusahaan, kemudian coba untuk mengintegrasikan tujuan tersebut ke dalam pekerjaan yang dilakukan.

Selain bisa menghadirkan sebuah hubungan yang profesional, dengan mengikuti program ini juga bisa membangun sebuah pertemanan serta lingkungan kantor yang sehat.

Karena lingkungan yang mendukung maka bisa membantu meningkatkan kinerja.

7. Melakukan penilaian secara rutin

Melakukan penilaian secara rutin

Melakukan perbaikan secara menyeluruh mengenai segala aspek dalam bisnis bisa dilakukan dengan mengadakan penilaian kerja secara rutin, serta melakukan analisis terhadap aspek-aspek yang perlu ditingkatkan.

Cara yang bisa dilakukan yaitu bisa dengan melakukan penilaian mengenai kinerja dari karyawan secara rutin.

Pada saat melakukan penilaian maka semua pihak bisa memberikan sebuah masukan dan saran yang membangun, agar karyawan tersebut bisa memperbaiki kinerjanya.

8. Memberikan apresiasi

Memberikan apresiasi

Memberikan sebuah apresiasi atas kerja keras yang sudah dilakukan oleh karyawan juga bisa menjadi salah satu cara membangun sense of belonging.

Karena kontribusi dari karyawan bagi kesuksesan perusahaan juga memainkan peranan yang penting.

Apresiasi ini bisa berupa pemberian bonus atau hanya sekedar sebuah ucapan sederhana yang bisa menggugah karyawan.

Hal tersebut bisa membuat karyawan merasa diakui atas keberhasilan yang sudah dicapai, sehingga akan menambah semangat dalam bekerja.

Manfaat Membangun Sense of Belonging di Tempat Kerja

Manfaat Membangun Sense of Belonging di Tempat Kerja

Sense belonging merupakan bentuk dari emosi yang mengekspresikan mengenai jiwa dari seseorang. Berdasarkan penjelasan dari pengertiannya, maka sudah diketahui bahwa rasa tersebut dalam diri seseorang bisa memberikan dampak positif.

Berikut ini merupakan uraian mengenai manfaat yang didapatkan apabila bisa menerapkan cara membangun sense of belonging dengan tepat, dalam dunia kerja.

1. Membentuk dan meningkatkan motivasi kerja

Hadirnya rasa memiliki atau sense of belonging bisa mempengaruhi motivasi, kebahagiaan serta kesehatan seseorang.

Apabila sudah ada rasa nyaman pada saat menjadi bagian dalam sebuah perusahaan, maka pekerjaan yang dilakukan bisa lebih dinikmati.

Karenanya motivasi dalam bekerja juga akan meningkat, serta selalu menikmati setiap proses yang dilakukan. Maka dari itu agar motivasi dalam bekerja bisa tetap terjaga dengan baik perlu mengetahui dan melaksanakan cara membangun sense of belonging.

2. Membantu dalam meningkatkan etos kerja

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa orang yang mempunyai sense of belonging bisa membantu dalam meningkatkan motivasi.

Sehingga bisa terus belajar untuk mengembangkan dirinya. Salah satu bentuk pengembangan diri yang dilakukan yaitu bisa produktif dalam pekerjaan.

Rasa memiliki juga bisa menjadi pendorong bagi seseorang untuk terus bekerja secara kreatif, maksimal serta profesional.

Hal ini yang membuat membangun sense of belonging bisa memberikan manfaat untuk mengembangkan serta meningkatkan etos kerja

3. Membentuk perilaku yang positif

Orang yang memiliki rasa memiliki dan mengetahui cara membangun sense of belonging, mempunyai kecenderungan merasa terikat, rasa kepedulian kepada orang lain, rasa empati yang tinggi dan motivasi yang kuat untuk terus memberdayakan serta mengembangkan dirinya sendiri.

Hal tersebut disebabkan karena seseorang yang memiliki rasa memiliki bisa mencerminkan perlakukan dari orang lain disekitarnya.

Contohnya yaitu akan selalu memperhatikan dirinya, menerima dirinya, membuat sebuah perasaan menjadi nyaman dan aman, dan lain sebagainya.

4. Bisa membuat bahagia serta mengurangi terjadi resiko kesehatan

Secara keseluruhan sense of belonging mampu untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan seseorang. Rasa ini tentu bisa mengurangi terjadinya berbagai jenis resiko akan gangguan kesehatan mental.

Contohnya yaitu berupa keputusasaan, kecemasan dalam lingkungan sosial, kesepian, depresi, bahkan hingga rasa ingin melakukan bunuh diri.

5. Sense of belonging bisa membentuk citra perusahaan dan loyalitas

Sense of belonging bisa memberikan kesan seseorang terhadap suatu perusahaan menjadi berubah.

Contohnya yaitu kesan awal seseorang yang baru bergabung ke sebuah perusahaan yaitu biasa saja, karena hanya sekedar untuk mencapai tujuan yang sifatnya pribadi.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka yang pada awalnya sekedar transaksional saja karena hanya untuk bekerja dan mendapat penghasilan untuk hidup, berubah menjadi sebuah rasa yang menunjukkan keterikatan dengan perusahaan tersebut.

Perubahan tersebut bisa terjadi karena adanya rasa nyaman dengan lingkungan tempat kerjanya, merasa aman hidup dalam bagian perusahaan tersebut, serta merasa diterima oleh rekan kerja yang lainnya.

Hal-hal tersebutlah yang bisa menumbuhkan sense of belonging, dimana perusahaan sudah dianggap menjadi bagian yang melekat di dalam dirinya.

Sehingga semua urusan yang menyangkut dengan perusahaan juga sama pentingnya dengan urusan pribadinya.

Maka dari itu dengan mengetahui cara membangun sense of belonging, maka bisa membantu untuk menumbuhkan loyalitas dan rasa percaya terhadap perusahaan.

6. Meningkatkan employee engagement

Employee engagement merupakan tingkat antusiasme dari seorang karyawan terhadap pekerjaan yang dilakukan di tempat kerjanya.

Apabila memiliki sense of belonging terhadap yang sedang dikerjakan, maka rasa antusias terhadap pekerjaan yang dilakukan meningkat.

Sehingga hasil pekerjaan yang dilakukan bisa lebih optimal. Semua pekerjaan yang dilakukan bisa diselesaikan dengan baik. Maka dari itu penting sekali mengetahui cara membangun sense of belonging di tempat kerja.

7. Menciptakan sebuah lingkungan kerja yang sehat

Ketika bisa menerapkan cara membangung sense of belonging dalam tempat kerja, maka bisa menciptakan sebuah lingkungan kerja yang sehat. Sehingga orang-orang yang bekerja di dalamnya juga bisa lebih nyaman.

Karena ketika semua orang di dalamnya saling bisa menerima antara satu sama lain, maka menciptakan sebuah suasana kerja yang terasa lebih menyenangkan dan ramah.

Berbeda jika di dalam tempat kerja terdapat seorang karyawan yang merasa tidak dianggap menjadi bagian dari tim tersebut atau dikucilkan.

Hal tersebut tentu bisa menjadi pemicu, yang menumbuhkan lingkungan dan budaya kerja yang toxic apabila dibiarkan saja.

8. Hasil dari kolaborasi tim yang dilakukan lebih efektif

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi teamwork dalam sebuah kelompok yaitu hadirnya sense of belonging, terutama dalam hal untuk meningkatkan efektivitas ketika melakukan kolaborasi di dalam tim.

Ketika memiliki rasa keterikatan dalam sebuah tim dan sudah menjadi bagian di dalamnya, maka pekerjaan yang dilakukan akan dikerjakan dengan sepenuh hati agar bisa menghasilkan yang terbaik.

Kehadiran sense of belonging dalam tempat kerja bisa memberikan banyak manfaat. Maka dari itu mengetahui cara membangun sense of belonging menjadi hal yang sangat penting.

Banyak manfaat yang diperoleh apabila memiliki sense of belonging, salah satunya yaitu bisa membantu meningkatkan produktivitas para karyawan, dengan demikian maka bisa berpengaruh terhadap kemajuan suatu perusahaan.

Baca Juga: 14 Cara Membangun Mindset Positif Bisnis/Entrepreneur

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar