11+ Cara Membuat Konten Viral yang Perlu Diperhatikan

11+ Cara Membuat Konten Viral yang Perlu Diperhatikan
11+ Cara Membuat Konten Viral yang Perlu Diperhatikan

Tahukah Anda Cara Membuat Konten Viral? Viral adalah kata yang paling sering didengar dan disebutkan sekarang ini. Seperti kasus yang viral, orang yang sedang viral, desa yang viral, film yang viral, series yang sedang viral, dan juga hal lainnya yang semuanya viral.

Hal yang bisa menjadi viral sendiri bisa dalam artian banyak hal baik sesuatu yang menarik, positif, dan juga negatif.

Karena mengejar viral tersebut, banyak orang yang menggunakan cara membuat konten viral yang tidak mengindahkan isi atau pesan konten misalnya.

Sehingga hanya perlu dibicarakan oleh banyak orang saja dan tidak peduli apabila konten yang dibuatnya mempunyai dampak negatif atau terkenal karena sesuatu yang tidak disukai oleh banyak orang.

Apa itu Viral?

Pengertian viral adalah sebagai sesuatu yang cepat dikenal dan menyebar ke banyak Orang. Konten atau sesuatu yang dibuat tersebut yang dilemparkan ke internet bisa menari perhatian banyak orang.

Sehingga hal tersebut membuatnya banyak dibicarakan atau sedang viral. Dari mana seseorang mengetahui bahkan konten tersebut viral?

Dari data tentunya bisa untuk mendapatkan jawaban tersebut. Misalnya bagi pengguna Tiktok maka konten tersebut akan dilihat di FYP, di Youtube dari video yang sedang trending, dan di Twitter adalah yang sedang dibicarakan banyak orang sehingga menjadi Trending Topic.

Konten atau sesuatu yang cepat menyebar secara luas tersebut bisa dikenal sebagai konten yang viral.

Manfaat Konten Yang Viral

Manfaat Konten Yang Viral
Manfaat Konten Yang Viral

Ada banyak sekali hal yang bisa didapatkan ketika sesuatu sedang viral, baik itu hujatan, keuntungan, dan juga pujian. Apabila konten yang sedang viral merupakan hal yang negatif, bisa jadi akan menerima hujatan dari banyak orang.

Sedangkan apabila viral karena sesuatu hal yang positif maka akan mendapatkan pujian bahkan akan membantu dan memberikan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan apabila produk viral maka akan membuatnya lebih laku dan dicari di pasaran, sehingga bisa memberikan keuntungan yang bisa didapatkan.

Oleh karena itulah tidak heran apabila banyak orang yang menginginkan untuk membuat konten yang viral. Cara membuat konten viral juga banyak dicari walaupun pada akhirnya justru tidak mempunyai hasil yang diinginkan.

Sesuatu yang viral juga kadang merupakan hal yang tidak disangka-sangka dan biasanya hanya merupakan kebetulan semata.

Akan tetapi walaupun begitu, tidak dipungkiri bahwa konten yang viral baik yang disukai atau dibenci oleh banyak orang akan bisa memberikan keuntungan.

Seperti exposure atau brand awareness yang memberikan banyak manfaat dan keuntungan baik secara nama maupun finansial yang bisa didapatkan. Bagi konten viral tersebut bisa mendapatkan berbagai manfaat seperti keuntungan berikut ini:

1. Meningkatkan pengunjung

Manfaat pertama mengapa orang membuat konten viral dan apabila konten yang sudah dilempar tersebut bisa mendapatkan perhatian banyak orang adalah karena bisa meningkatkan pengunjung.

Apabila sesuatu yang viral maka bisa langsung untuk membuat trafik naik. karena hal yang viral tersebut membuat orang lain menjadi penasaran.

Sehingga akan meningkatkan trafik secara drastis karena banyak orang yang melakukan pengecekan pada sumber konten yang sedan viral tersebut.

Hal tersebut bisa membuat pengunjung meningkat, sehingga membuat trafik naik baik dari jumlah views, share, dan juga like yang didapatkan.

2. Meningkatkan konversi

Banyak yang menggunakan cara membuat konten viral juga bertujuan untuk meningkatkan konversi atau penjualan dari produk atau barang yang ditawarkan.

Untuk membuat orang tertarik tersebut sangat susah sehingga membutuhkan promosi yang bagus. Hal tersebut membuat banyak produk yang ditawarkan dengan promosi yang menarik dan unik, sehingga bisa mendapatkan banyak orang.

Salah satunya juga bisa dengan membuat konten yang viral sehingga akan bisa meningkatkan trafik seperti keuntungan di atas.

Apabila pengunjung naik tersebut juga bis untuk menjual lebih banyak produk. List building bisa meningkat karena konten yang viral tersebut mendapatkan banyak pengunjung dan perhatian dari banyak orang.

Sehingga dengan konten yang viral tersebut akan bermanfaat untuk membuat penjualan atau list building mengalami kenaikan.

3. Menghemat dana

Keuntungan selanjutnya dari konten yang viral adalah bisa menghemat dana atau low cost. Pengeluaran dari produk juga perlu diperhatikan sehingga membantu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar apabila bisa untuk menekan biaya pengeluarannya.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memotong spending out atau dana yang dikeluarkan adalah dengan membuat konten yang bisa dijangkau lebih banyak orang tetapi tidak membutuhkan dana besar.

Promosi digital dengan membuat konten viral tersebut merupakan salah satu cara yang bisa dimanfaatkan untuk memotong anggaran pengeluaran tersebut sehingga mendapatkan keuntungan lebih besar.

4. Meningkatkan brand awareness

Membuat konten yang viral juga mempunyai keunggulan karena bisa membantu membuat brand awareness yang meningkat. Untuk bisa didengar oleh banyak orang, maka Anda perlu untuk dilihat terlebih dahulu.

Sehingga brand awareness di mana banyak orang yang mengenal brand Anda sangat penting untuk digapai, sehingga hal tersebut juga bisa meningkatkan keuntungan yang didapatkan.

Brand awareness tersebut bisa dibantu dengan membuat konten viral sehingga banyak orang yang akan langsung nyantol dengan produk yang ditawarkan karena mempunyai konten yang sering lewat atau promosi yang unik.

5. Leader opinion

Manfaat terakhir ketika mempunyai konten viral bagi bisnis yang dipunyai adalah dapat membuat atau memimpin opini ke banyak orang.

Baca Juga : Masalah Bisnis Online Beberapa Kesalahan Ini Sering Dilakukan

Konten viral tersebut tentunya akan memberikan pesan yang diinginkan. Baik itu produk yang dipasarkan, kritik tertentu, dan juga hal lainnya yang bisa menimbulkan opini di masyarakat luas.

Sehingga apabila ingin membuat konten yang viral penting untuk memperhatikan konten dan isinya karena bisa menciptakan atau menggiring opini di masyarakat.

Cara Membuat Konten Viral

Cara Membuat Konten Viral
Cara Membuat Konten Viral

Walaupun setelah melemparkan konten internet tidak bisa diprediksi respon yang akan didapatkan dari masyarakat luas.

Akan tetapi setiap orang maupun brand tetap mencoba untuk membuat konten yang bisa di menarik perhatian oleh orang banyak.

Oleh karena itulah saat akan membuat konten tersebut tidak dibuat secara sembarangan, tetapi harus dengan penuh perhitungan. Seperti beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat suatu konten bisa menjadi viral adalah sebagai berikut ini:

1. Membuat judul yang menarik

Langkah pertama sebagai cara membuat konten viral yang bisa digunakan adalah dengan membuat judul yang menarik.

Banyak orang yang membuat konten dengan click baik karena juga memahami situasi bahwa tidak banyak orang yang meluangkan waktunya untuk membaca atau menonton video satu full, tetapi hanya melihat sekilas dari judulnya saja.

Oleh karena itulah banyak yang membuat konten yang diberikan judul menarik sehingga bisa membuat orang tertarik untuk membaca atau menonton secara keseluruhan dari judul tersebut.

Saat ingin membuat judul tersebut bisa dengan memanfaatkan angka yang bisa menarik klik, mengajukan pertanyaan, buat judul yang singkat, dan gunakan kata kunci yang tepat sehingga membuat judul dari konten yang bisa viral.

2. Membuat konten yang singkat dan jelas

Hal selanjutnya  adalah dengan membuat konten yang tidak perlu panjang dan bertele-tele. Tetapi pastikan konten yang dibuat adalah konten yang singkat dan jelas.

Pastikan untuk membuat konten yang mempunyai cerita yang tetap terarah dan tidak kehilangan di tengah-tengah. Karena hal tersebut sangat penting sehingga membuat orang tidak bosan untuk membaca atau menonton konten tersebut.

Buatlah konten yang pendek sehingga mudah dibagikan dan membuat orang lain juga bisa tertarik untuk menonton atau membaca konten tersebut.

3. Membuat gambar yang bagus

Saat membuat konten, penting untuk memberikan tambahan visual atau gambar yang bagus. Pemasaran viral juga akan dipengaruhi oleh visual yang diberikan pada video atau berita yang ditulis.

Dengan membubuhkan gambar tersebut juga bisa memberikan visualisasi dari pesan yang ingin disampaikan pada konten tersebut.

Sehingga sisihkan gambar dengan tepat baik di header, bawah judul, dan juga berbagai tempat lainnya dengan efektif. Gambar yang diberikan juga tidak hanya menarik tetapi pastikan yang relevan dengan konten yang dibuat.

4. Membagikan konten

Cara membuat konten viral selanjutnya yang bisa diperhatikan adalah dengan membagikan konten. Ketika menonton video misalnya banyak yang berpesan agar video yang sudah ditonton untuk dibagikan, sehingga bisa membuat lebih banyak penonton dari video yang dibagikan tersebut.

Dengan konten yang dibagikan atau di share tersebut juga bisa dijadikan sebagai promosi yang lebih mudah dan mencapai banyak orang apabila banyak yang membagikan konten tersebut.

Sehingga dengan banyak yang mengetahui konten tersebut juga akan membuat suatu konten menjadi viral. Terutama apabila konten yang dibuat mempunyai muatan yang menarik, sehingga hal tersebut bisa untuk membuatnya lebih mudah viral.

5. Membuat konten yang menarik

Hal paling penting untuk membuat konten bisa menjadi viral tentunya dengan membuat konten yang menarik. Mulai dari konten yang enak untuk dipandang, relevan dengan banyak orang, dan juga bisa memberikan hiburan.

Saat membuat video di Youtube misalnya, gambar yang dipilih untuk thumbnail juga akan mempengaruhi orang untuk menontonnya. Oleh karena itulah pastikan untuk membuat thumbnail yang menarik dan enak dipandang.

6. Membuat konten yang mudah diakses

Hal lainnya adalah dari konten yang mudah diakses. Pastikan untuk membuat konten yang bisa diakses di berbagai platform.

Misalnya konten tersebut tidak hanya ditaruh di satu sosial media yang sedang ngetrend saja. Karena bisa jadi banyak orang juga tidak menggunakan sosial media tersebut.

Oleh karena itulah buatlah akun di berbagai sosial media yang bisa membuatnya memberikan akses konten yang Anda buat dengan banyak orang yang bisa melihatnya.

7. Membuat konten yang bisa membangkitkan emosi

Saat akan membuat konten yang bisa viral, perhatikan muatan konten tersebut. Di mana konten yang menampilkan dan bisa membangkitkan emosi tentunya akan bisa menarik perhatian oleh banyak orang.

Sehingga sisipkan cerita yang bisa membuat orang tertarik dan terasa relevan. Hal tersebut akan memudahkan dari konten tersebut bisa connect dengan banyak orang.

Apabila konten tersebut untuk menjual produk, maka dengan membangun hubungan emosional dengan audience juga bisa membuatnya menjadi pembeli yang loyal.

8. Membuat konten yang mempunyai referensi terpercaya

Cara membuat konten viral selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa konten mempunyai referensi yang terpercaya.

Saat membuat konten juga harus yang bertanggung jawab, terutama apabila ingin memberikan berita atau edukasi pada masyarakat luas.

Pastikan sumber yang dipunyai bisa dipercaya dan sebaiknya bandingkan beberapa sumber sehingga membuat referensi yang dipunyai juga berimbang dan dapat dipercaya.

9. Membuat konten di waktu yang tepat

Saat membuat konten juga perlu untuk melihat waktunya untuk mengeluarkan konten tersebut. Agar bisa lebih relate dan relevan dengan jaman, Anda bisa untuk mencoba melihat trend yang sedang berlangsung.

Sehingga hal tersebut akan menjadikan konten yang dibuat bisa dimengerti oleh orang banyak dan memanfaatkan momen dari sesuatu yang sedang hype atau digemari oleh orang.

10. Membuat konten yang interaktif

Langkah selanjutnya adalah dengan mencoba untuk membuat konten yang interaktif.

Apabila menggunakan saran dan kritik dari konsumen akan membuat produk makin disukai dan menjadi pilihan ketika akan memilih produk tersebut.

Selain itu konten tanya jawab juga banyak digemari karena pembaca atau penonton berasa diajak berkomunikasi.

Cara membuat konten viral ini bisa dimanfaatkan sehingga juga akan tercipta hubungan emosional antara pembuat konten dan penikmat konten.

Hal tersebut bisa membuat konten yang akan dibuat selalu ditunggu-tunggu dan sudah mempunyai massa yang setia untuk menaikkan trafik dari konten yang dibuat.

11. Membuat konten yang menarik dari awal

Cara membuat konten viral terakhir yang bisa diperhatikan adalah dengan memastikan bahwa Anda membuat konten yang menarik dari awal.

Seperti di drama Korea, episode 1 atau 2 tidak akan pernah jelek dan merupakan budget paling besar yang dikeluarkan. Karena seseorang akan langsung untuk memutuskan untuk memotong drama tersebut apabila ceritanya sudah tidak menarik di awal.

Sama halnya dengan konten, maka perlu untuk membuat konten yang sudah menarik dari awal agar tidak membuat diskip oleh penonton atau pembaca.

Konten yang dikejar tidak hanya viral saja, tetapi juga penting konsistensi hasil yang bagus. Karena banyak konten yang tidak sengaja viral kemudian tidak akan mempunyai trafik yang setinggi dari konten yang pernah viral.

Oleh karena itulah ketika sudah viral, maka usahakan untuk mempertahankan penonton atau audience yang dipunyai.

Beberapa langkah yang bisa digunakan untuk memaksimalkan setiap konten yang dibuat agar mendapatkan banyak perhatian adalah:

  • Pertama adalah dengan mengenai platform dan audiens dengan baik. Sehingga bisa memberikan yang audience inginkan.
  • Selanjutnya pastikan untuk menguasai topik dari konten yang akan disajikan atau dilempar ke media sosial tersebut.
  • Pastikan untuk selalu terbuka pada perubahan sehingga lebih mudah untuk beradaptasi.
  • Jangan lupa lakukan kolaborasi dan juga aktif di berbagai platform sehingga bisa mengetahui trend.

Berbagai cara membuat konten viral seperti di atas bisa dicoba untuk membuat konten yang dihasilkan akan bisa menarik perhatian orang banyak.

Penting sekali persiapan hingga pengerjaan konten yang bisa menarik banyak orang mulai dari mengikuti trend, pastikan mempunyai muatan yang positif, dan juga tidak perlu panjang tetapi singkat dan bisa membangun ikatan emosional pada penonton. Hal tersebut dan konsistensi bisa membantu untuk membuat konten viral dengan trafik tinggi.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.