Cara Membuat Layanan Live Chat Pada WordPress dengan Mudah

Cara Membuat Live Chat Pada Wordpress dengan Mudah

Layanan live chat di situs web seringkali dianggap sebagai kemewahan.

Kini, berkat dukungan kemajuan teknologi dan intensitas kebutuhan layanan pelanggan yang bisa diakses dari ponsel, laptop, atau tablet, adanya layanan live chat semakin dibutuhkan.

Sekitar 87 persen website yang beredar telah menggunakan layanan live chat.

Penggunaan fitur live chat dianggap sebagai cara jitu untuk meningkatkan angka penjualan dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Secara sederhana, lichat merupakan layanan berbasis teknologi yang memudahkan proses komunikasi antara dua orang atau lebih dalam satu platform digital.

Layanan live chat bisa Anda gunakan untuk menjalin komunikasi secara praktis tanpa harus menunggu lama untuk mendapatkan balasan.

Sebuah bisnis yang memiliki website pribadi biasanya menyediakan fitur live chat di situs mereka untuk mewadahi pelanggan yang ingin mengajukan pertanyaan, komplain, atau menawarkan kerjasama.

Meski setiap bisnis memiliki alamat email atau nomor perusahaan yang bisa dihubungi kapan saja, namun cara tersebut seringkali dianggap kurang efektif.

Oleh karena itulah, fitur live chat hadir agar proses komunikasi bisa berjalan dengan cepat dan efisien.

Manfaat Fitur Live Chat Pada Bisnis

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, masih banyak manfaat menggunakan fitur live chat untuk situs web Anda.

Berikut manfaat menggunakan fitur live chat:

1. Meningkatkan kredibilitas usaha

Adanya fitur live chat pada bisnis menunjukan keseriusan Anda dalam memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan.

Hal ini akan mempengaruhi trust atau kepercayaan pelanggan terhadap bisnis yang Anda jalankan, terutama untuk bisnis yang masih tergolong baru yang belum banyak mendapatkan testimoni untuk meyakinkan konsumen.

2. Meningkatkan angka penjualan

Adanya fitur live chat juga membantu Anda meningkatkan angka penjualan.

Beberapa calon konsumen biasanya masih merasa ragu untuk melakukan pembelian sebuah produk.

Nah, fitur live chat bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal tersebut. Customer service yang bertugas bisa memberikan informasi mengenai kelebihan produk sehingga calon konsumen lebih yakin untuk membelinya.

Dengan begitu, angka penjualan pun bisa meningkat.

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Survei yang dilakukan e-Digital Customer Service Benchmark membuktikan bahwa tingkat kepuasan pelanggan paling banyak dimiliki oleh bisnis yang menggunakan fitur live chat dalam situsnya.

Hal ini dikarenakan pelanggan sangat menyukai kepraktisan. Nah, adanya fitur live chat membantu menghadirkan kepraktisan untuk calon konsumen.

Baca Juga : Pelanggan Adalah

4. Meminimalisir Pain Point Pelanggan

Pain point adalah istilah yang digunakan untuk merujuk masalah yang sering dihadapi pelanggan dan dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis.

Untuk mengetahui pokok permasalahan yang sering dihadapi pelanggan, Anda perlu melakukan identifikasi secara mendetail agar bisa memberikan solusi tepat untuk permasalahan yang dihadapi konsumen.

Hanya menggunakan email atau telepon sebagai media komunikasi akan membuat pelanggan sulit untuk terhubung pada bisnis Anda.

Dengan fitur live chat, konsumen akan lebih mudah menjangkau dan menyampaikan masalah secara efisien dan detail.

5. Memberikan nilai lebih pada bisnis

Meski banyak bisnis yang sudah memiliki website pribadi untuk memasarkan produk, namun hanya sebagian kecil yang menggunakan fitur live chat.

Padahal, fitur live chat sangat krusial untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan.

Dengan menggunakan fitur live chat, Anda akan memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh competitor.

Terlebih lagi jika layanan live chat Anda terbuka selama 24 jam sehingga pelanggan bisa menghubunginya kapan saja.

6. Menekan biaya operasional

Penggunaan fitur live chat tidak memerlukan banyak biaya operasional. Hal ini berbeda dengan penggunaan kontak service melalui telepon yang memerlukan biaya listrik.

Selain itu, menggunakan fitur live chat juga membantu meningkatkan efisiensi kerja karyawan karena setiap karyawan bisa menangani beberapa chat sekaligus tanpa harus terganggu.

Jika menggunakan telepon, satu karyawan hanya bisa menangani satu pelanggan saja.

Cara Membuat Layanan Live Chat di WordPress

Salah satu aplikasi sumber terbuka yang paling banyak digunakan untuk membuat blog adalah WordPress.

WordPress juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan website Anda, salah satunya fitur live chat. Berikut cara memasang fitur live chat pada WordPress:

1). Cara pertama untuk membuat live chat di WordPress adalah login ke akun WordPress menggunakan password dan username yang telah Anda miliki.

Cara Membuat Live Chat di WordPress

2). Setelah login, pilih menu Plugin di bagian dashboard lalu beralih ke “Add New”. Setelah itu, cari plugin live chat yang ingin Anda install. Salah satu plugin live chat yang paling banyak digunakan di WordPress adalah WP Live chat Support atau 3CX Live Chat. Cari plugin tersebut lalu klik “Instal Now” dan “Activate”.

3). Setelah plugin aktif, lakukan konfigurasi plugin. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih menu “Live Chat” kemudian pilih “Setting”. Setelah itu, sistem akan langsung membawa Anda ke General Setting. Pilih channel mana saja yang akan Anda pergunakan untuk live chat kemudian klik “Next”. Setelah itu, masukan nama, alamat dan email agent yang akan membalas chat lalu klik “Next”.

4). Pilih warna tampilan live chat dan klik “Next. Kemudian tunggu beberapa saat hingga live chat berhasil dibuat.

5). Kemudian lakukan pengaturan tambahan dengan klik menu “Live Chat” pada dashboard kemudian pilih “Setting”. Pada tahap ini, Anda bisa memilih apa saja yang harus diinput pengguna saat memulai chatting. Anda juga bisa mengaktifkan live chat pada ponsel, mengaktifkan notifikasi saat ada pesan masuk, dan sejenisnya.

6). Untuk membuat pengunjung nyaman, Anda bisa melakukan kofigurasi pada chat box. Konfirgurasi bisa dilakukan dengan memilih menu setting pada bagian “live Chat”. Setelah itu, plih tab “Chat Box”. Kemudian Anda bisa mengantifkan pop-up otomatis, mengaktifkan posisi chat box, menampilkan nama agent dan melakukan berbagai pengaturan lainnya untuk membuat pengunjung nyaman.

7). Setelah mengatur tampilan live chat, Anda bisa mulai memantau dan membalas pesan yang masuk. WP Live Chat Support akan otomatis terpasang pada website setelah Anda mengaktifkannya. Jadi, Anda bisa langsung menerima pesan dari pengunjung. Untuk membalas pesan, Anda hanya perlu klik menu “Live Chat”, kemudian pilih chat yang ada pada daftar, lalu klik tombol “join chat”. Kemudian secara otomatis sistem akan menampilkan halaman pop-up yang bisa Anda gunakan untuk membalas chat pengunjung website Anda.

Aplikasi live chat gratis

Ada banyak aplikasi live chat yang bisa Anda tambahkan secara gratis pada website Anda.

Aplikasi gratis tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Berikut fitur live chat yang bisa Anda gunakan secara gratis:

1. Tawk.to

Tawk.to adalah aplikasi live chat yang bisa membantu Anda untuk melakukan monitoring dan mengobrol dengan pengunjung situs Anda secara gratis.

Dengan Tawk.to, Anda juga bisa melihat bagaimana perilaku pengunjung web Anda dan melihat halaman apa saja yang mereka kunjungi.

Anda juga bisa mendapatkan data penting terkait kebiasaan pengunjung, mengetahui lokasi mereka, kapan mereka kembali berkunjung, dan berbagai fitur lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan website Anda.

2. WP Chat Blazzer

WP ChatBlazer adalah plugin yang bisa digunakan untuk chatting di halaman WordPress.

Dengan WP ChatBlazer, Anda bisa membuat chat room sendiri di website untuk berinteraksi dengan audiens.

ChatBlazer juga memiliki interface yang mudah digunakan sehingga pengguna bisa mengirim pesan instan, melakukan video chat, dan berbagi semua jenis media file.

3. Flexy Talk

Flexy Talk adalah plugin live chat yang memunkinkan kita untuk chatinng denganpengunjung situs dan Facebook fans.

Kita bisa menggunakan fitur ini dari perangkat apapun, termasuk ponsel dan tablet.

Flexy Talk juga memunkinkan kita untuk membuat akun gratis dan melakukan chatting tanpa batas dengan pengunjung.

4. Acobot Live Chat

Acobot Live Chat adalah fitur live chat yang bisa bekerja otomatis untuk menyapa setiap pengunjung situs Anda.

Plugin ini juga menampilkan chat widget pada website Anda sekaligus menangkap alamat email atau nomor telepon.

Fitur ini juga bisa menjawab pertanyaan dan mengatasi masalah tersebut. Acobot live chat bekerja selama 24 jam penuh untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli.

5. WGChat

WGChat merupakan fitur live chat yang lengkap. Anda bisa menemukan beragam fitur seperti laporan statistic, logchat, sampai salam pembuka otomatis.

Aplikasi WGChat juga bisa diintegrasikan dengan Facebook dan Google Hangout.

6. Chat

Chat adalah fitur live chat yang menyajikan du acara chatting di website.

Pertama, kita bisa membuat sesi live chat sendiri lalu berinteraksi dengan pengunjung untyk meningkatkan penjualan.

Kedua. Anda bisa melakukan chatting dengan bantuan pihak ketiga seperti JavaScript atau kode lainnya.

Fitur live chat ini juga memungkinkan kita untuk menambahkan jendela wide-chat pada bagian sudut bawah website.

Kita juga bisa menambahkan chatting pasa setiap postingan website dan langsung menjawab pertanyaan yang diajukan.

7. Key Reply

Key Repply merupakan penyedia fitur live chat yang sangat mudah di pasang. Anda hanya perlu melakukan register, lalu memilih tampilan chat dan menempel script ke website Anda.

Setelah melakukan langkah di atas, Anda bisa langsung terkoneksi dengan konsumen melalui fitur tersebut.

8. LiveZilla

LiveZilla adalah platform live chat dengan fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan.

Pengguna bisa melakukan penilaian setelah sesi chat berakhir dan melakukan review maupun melihat log chat sebelumnya.

Saat offline, LiveZilla juga menampilkan informasi contact agar pelanggan bisa mengirim email kepada Anda.

9. Video Chat Plugin

Video chat adalah fitur live chat yang sangat fleksibel dan mendukung penggunaan rooms, moderator, video chat, dan pesan pribadi.

Video Chat Plugin juga kompatibel dengan plugin BuddyPress dan bisa secara otomatis menambahkan avatar pada profil pengguna chat. Plugin ini juga mudah diinstal dan kompatibel dengan berbagai mesin pencari.

10. Banckle Chat

Banckle chat adalah plugin WordPress yang mudah disesuaikan dan ekonomis untuk live chat. Selain memberikan dukungan ke pelanggan. Anda juga bisa memantau aktivitas pengunjung sekaligus melakukan tracking.

Anda juga bisa melihat informasi demografis dan teknis pengunjung. Plugin ini juga mudah dikonfigurasi dan diintegrasikan.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar