Bisnis yang sukses adalah bisnis yang mampu mempertahankan para pelanggan sambal tetap mendapatkan para pelanggan baru.
Pemilik bisnis perlu mempelajari dan menerapkan berbagai cara mempertahankan pelanggan demi mengembangkan dan memajukan bisnisnya.
Ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh agar calon pembeli tertarik untuk mencoba atau mulai menggunakan produk yang ditawarkan dan agar pembeli yang sudah mencoba tertarik untuk kembali lagi dan tidak berpindah ke perusahaan lain. Pelajari caranya di bawah ini.
Cara Mempertahankan Pelanggan Agar Kembali Lagi
Pembeli yang sudah pernah memakai produk Anda belum tentu akan membeli atau memakai produk yang sama lagi.
Hal ini karena ada banyak sekali produk serupa yang ditawarkan oleh para pebisnis yang lainnya.
Bagaimana agar pembeli Anda tetap loyal pada perusahaan dan produk Anda?
1. Sediakan produk yang lebih unggul
Langkah pertama dalam mempertahankan kesetiaan pelanggan adalah dengan menyediakan produk yang mengungguli produk dari para kompetitor Anda.
Produk yang lebih unggul dibandingkan dengan produk para kompetitor tidak hanya membuat pelanggan menjadi setia.
Produk yang unggul akan membuat calon pembeli tertarik untuk menjadi pelanggan baru.
Nah, produk yang unggul wajib menjadi salah satu perhatian awal sejak Anda mulai menjalankan usaha.
Sebagus apapun jasa atau layanan yang Anda berikan, jika produk kurang unggul, pelanggan bisa jadi berpindah hati.
Cari tahu berbagai produk serupa yang ditawarkan oleh para kompetitor kemudian usahakan untuk menciptakan produk yang berbeda dan lebih istimewa dibandingkan produk perusahaan lain.
2. Sediakan sarana komunikasi lengkap
Cara mempertahankan pelanggan berikutnya adalah menyediakan sarana komunikasi lengkap untuk para pelanggan Anda.
Saat ini, era digital memungkinkan konsumen untuk berbelanja dengan lebih praktis secara online. Anda juga harus menggunakan berbagai jenis platform.
Gunakan situs web, media sosial, marketplace, dan berbagai platform lain yang bisa menjangkau segala jenis pengguna internet.
Pastikan pelanggan Anda mendapatkan kemudahan akses dalam berkomunikasi. Sediakan layanan komunikasi seperti email, telepon, dan live chat.
Coba juga social media marketing yang mengandalkan berbagai jenis platform seperti TikTok, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya agar pelanggan bisa berkomunikasi dengan nyaman.
3. Gunakan email marketing
Selain memasarkan layanan atau produk Anda dengan menggunakan berbagai platform media sosial, Anda juga bisa melakukan pemasaran atau marketing dengan menggunakan email.
Hal ini sangat bermanfaat dalam menjaga hubungan baik dengan para pelanggan Anda.
Gunakan email untuk mengirimkan berbagai update terbaru atau penawaran spesial dari produk atau brand yang Anda miliki.
Agar pelanggan tertarik untuk mendapatkan penawaran dari email, gunakan promosi menarik seperti potongan harga khusus jika pelanggan mau mendaftarkan email.
Marketing menggunakan email masih sering digunakan oleh berbagai perusahaan, baik yang sudah berskala besar maupun yang masih berskala kecil.
4. Ciptakan program kesetiaan
Istilah keren program ini adalah loyalty program dengan tujuan untuk menghargai para pelanggan yang tetap setia pada perusahaan dan produk Anda.
Program yang sangat menarik ini juga bisa membuat para pembeli tertarik untuk menjadi pelanggan setia Anda.
Tawarkan program keanggotaan atau membership dengan berbagai keuntungan yang lebih bervariasi daripada sekedar membeli tanpa menjadi member atau anggota.
Dengan melakukan ini, Anda juga secara tidak langsung sedang melakukan branding.
Hasilnya, bisnis atau brand Anda pun akan lebih dikenal oleh banyak orang, apalagi setelah banyak pembeli tertarik untuk ikut program keanggotaan yang Anda tawarkan.
5. Melakukan follow up
Cara mempertahankan pelanggan yang kelima adalah dengan melakukan follow up.
Cara yang satu ini memungkinkan para pembeli untuk kembali dan melakukan pembelian lagi di kemudian hari. Tanyakan sejauh apa kepuasan para pelanggan dan apa saja yang harus Anda perbaiki.
Bisa jadi pelanggan akan memberikan masukan mengenai layanan maupun produk yang tersedia.
Anda peru siap menerima saran maupun kritik yang diberikan oleh para pelanggan kemudian gunakan seluruh informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk.
Pelajari juga digital marketing metric sehingga Anda akan semakin terbantu dalam mempertahankan dan bahkan meningkatkan jumlah pelanggan setia.
6. Memberikan kesan baik para konsumen
Salah satu hal penting yang wajib Anda ingat adalah: konsumen akan selalu ingat pada bisnis yang berkesan di hatinya.
Bagaimana Anda bisa memberikan kesan yang baik sehingga konsumen bisa selalu teringat pada perusahaan atau bisnis Anda saat membutuhkan sesuatu?
- Sediakan tampilan visual yang sangat menarik pada email bisnis, situs web, atau media sosial Anda.
- Pastikan situs web Anda mempunyai kecepatan loading yang bagus dan tinggi sehingga para pengunjung situs web tidak akan bosan menunggu dan berpindah ke situs web yang lainnya.
- Situs web Anda juga harus responsif, mobile friendly, dan user friendly sehingga bisa diakses melalui platform apapun dengan lebih mudah dan nyaman.
Situs web yang Anda gunakan untuk membuat para pengunjung tertarik untuk membeli harus mempunyai kecepatan loading tinggi karena proses loading yang lambat akan membuat pelanggan malas dan mencari bisnis lain yang kecepatan loading situs webnya jauh lebih bagus.
7. Kirimkan pesan secara pribadi
Cara mempertahankan pelanggan lain yang wajib Anda coba adalah mengirimkan pesan kepada setiap pelanggan secara pribadi.
Memang, cara ini termasuk merepotkan, tapi hasil yang akan Anda dapatkan akan sebanding dengan jerih payah Anda. Banyak perusahaan besar melakukan cara ini.
Simpan data pelanggan Anda dalam sistem sehingga nantinya Anda bisa menggunakan data tersebut sebagai rujukan ketika akan mengirimkan SMS atau email yang mempromosikan produk tertentu.
Pesan personal juga bisa dikirimkan untuk mengingatkan pembeli agar kembali belanja produk dari brand Anda.
Gunakan momen personal setiap pelanggan misalnya memberikan diskon khusus saat pelanggan berulang tahun, hal ini bisa membuat pelanggan merasa istimewa.
8. Tawarkan kemudahan dalam bertransaksi
Tawarkan kemudahan sehingga para pelanggan Anda bisa bertransaksi dengan lebih nyaman, baik saat belanja secara konvensional atau secara online.
Salah satu hal yang bisa dipertimbangkan adalah menggunakan metode pembayaran pay later yang telah digunakan oleh banyak pelanggan.
Sediakan metode pembayaran yang cukup bervariasi dan sering digunakan oleh para pelanggan.
Untuk transaksi konvensional, tawarkan layanan yang cukup lengkap, seperti layanan door to door, layanan delivery, dan lain sebagainya.
Persaingan akan semakin ketat. Tapi kalau para pelanggan bisa bertransaksi dengan lebih mudah dan nyaman bersama perusahaan Anda, mereka tidak akan beralih ke perusahaan yang lain.
9. Tingkatkan kinerja para karyawan
Cara mempertahankan pelanggan yang sangat penting adalah meningkatkan kinerja para karyawan.
Karyawan merupakan cerminan perusahaan dan brand. Anda perlu menunjukkan bahwa semua orang di balik brand yang bagus adalah orang-orang yang baik juga.
Sediakan pelatihan pada karyawan tentang bagaimana caranya menjadi customer service yang baik.
Karyawan juga perlu memahami bagaimana caranya agar bisa bekerja dengan lebih profesional.
Pelatihan karyawan sangat penting untuk dilakukan karena nantinya karyawan akan menghadapi berbagai macam pelanggan dengan karakter serta latar belakang yang bervariasi.
Karyawan yang sudah terlatih akan mampu menyediakan layanan yang bagus dan membuat pelanggan betah.
10. Saling menguntungkan
Tujuan utama bisnis Anda adalah mencari sebanyak mungkin keuntungan. Tapi Anda harus mampu meraih keuntungan secara berkelanjutan.
Agar tujuan ini bisa tercapai, Anda perlu memikirkan bagaimana caranya memberikan keuntungan pada pelanggan.
Pembeli dan penjual saling membutuhkan satu sama lain. Hubungan yang baik antara keduanya juga harus terjaga. Jika pembeli merasa diuntungkan, mereka akan tertarik untuk kembali lagi.
Apa saja contoh keuntungan yang bisa diberikan pada pelanggan?
Keuntungan untuk pelanggan bisa berbentuk apa saja, bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan atau minat pelanggan.
Contohnya adalah memberikan bonus hadiah pada pembelian kesekian.
11. Menyediakan komunitas khusus untuk pelanggan
Komunitas khusus untuk pelanggan memungkinkan banyak orang dengan minat yang sama bisa bertemu dalam suatu wadah dan saling bertukar pikiran.
Anda juga bisa mengajak para pembeli bergabung dalam sebuah grup yang isinya adalah para pelanggan setia Anda.
Cara ini bisa membantu Anda membangun kesetiaan para pelanggan dan mendorong para pelanggan agar ikut loyal atau setia dengan produk yang Anda sediakan.
Dengan melakukan cara ini, Anda bisa mengetahui apa saja yang diharapkan oleh setiap pelanggan dan berusaha memenuhi keinginan para pelanggan.
Dengan begitu, bisnis Anda bisa semakin maju dan pelanggan pun tidak akan mencari penyedia yang lainnya.
12. Gunakan social proof
Cara mempertahankan pelanggan yang berikutnya adalah menggunakan social proof.
Para pembeli biasanya akan melakukan riset secara online terlebih dahulu sebelum akhirnya memilih suatu layanan atau produk.
Itulah sebabnya banyak bisnis menampilkan testimoni yang positif dari para pelanggan.
Testimoni positif dari para pembeli bisa ditampilkan di situs web atau berbagai channel lainnya.
Tujuan dari testimoni ini adalah membuat calon pembeli atau target pasar mempercayai produk yang ditawarkan oleh perusahaan atau brand tersebut.
Anda juga sebaiknya mempersiapkan strategi pemasaran media sosial yang tepat sehingga perusahaan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
13. Sediakan diskon menarik
Setiap pembeli sangat menyukai kata diskon. Biasanya, pembeli akan cenderung membeli dari perusahaan yang menambahkan kata diskon pada produk atau layanan yang dijualnya.
Tawarkan diskon atau potongan harga pada beberapa produk tertentu.
Atau sediakan diskon atau potongan harga pada momen tertentu, seperti misalnya menjelang hari libur atau pada tanggal yang mendekati pembayaran gaji.
Diskon pada produk yang tepat dan pada waktu yang tepat bisa membuat para pembeli tergerak untuk membeli.
Para pelanggan yang mengetahui harga asli produk itupun akan tahu perbedaan harganya sehingga akan tertarik untuk membeli lagi dan menunggu promo lain yang akan muncul.
14. Gunakan fitur wishlist
Fitur unik yang sering ada di berbagai marketplace adalah fitur wishlist. Jenis fitur ini merupakan salah satu cara mempertahankan pelanggan yang sangat efektif.
Fitur wishlist memungkinkan pelanggan untuk menyimpan berbagai favorit agar bisa dibeli setiap saat tanpa harus mencari-cari lagi.
Fitur ini juga akan sangat membantu perusahaan memasarkan produk secara personal. Biasanya, data dari wishlist pelanggan akan tersimpan dalam CRM atau Customer Relationship Management.
Data yang tersimpan ini nantinya bisa Anda gunakan untuk mengirimkan pemberitahuan mengenai potongan harga, ketersediaan barang, dan berbagai informasi menarik lain yang berhubungan dengan produk yang diinginkan oleh para pembeli atau pelanggan.
Baca Juga : Cara Memaksimalkan Customer Engagement
15. Selalu minta pembeli untuk memberikan review
Review dan feedback dari para pelanggan bisa menjadi salah satu sarana untuk mencari tahu seberapa puas para pelanggan Anda dengan berbagai layanan atau produk yang Anda sediakan.
Kalau review dan feedback yang didapatkan cukup bagus, maka bukan berarti Anda bisa bersantai-santai.
Gunakan feedback yang bagus sebagai salah satu tantangan untuk mempertahankan kualitas layanan atau produk Anda. Bagaimana kalau review atau feedbacknya negatif?
Maka yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mencari cara yang terbaik untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk Anda.
Sehingga nantinya perusahaan bisa menyediakan segala sesuatu yang sangat dibutuhkan dan dicari oleh para pelanggan.
16. Berikan respon pada review dan feedback
Merespon review serta feedback dari para pelanggan merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan.
Cara ini tidak boleh Anda lewatkan sama sekali. Dengan memberikan respon, pelanggan bisa merasa bahwa Anda memperhatikan dan menghargai mereka.
Pelanggan pun akan mengetahui bahwa perusahaan Anda akan melaksanakan sesuatu yang nantinya berdampak pada pengalaman dan tingkat kepuasaan mereka saat berbelanja.
Saat ini, pelanggan bisa memberikan feedback pada review yang ditinggalkan oleh para pelanggan.
Gunakan fitur ini untuk memberikan respon. Para calon pelanggan baru pun akan melihat bahwa layanan Anda jauh lebih baik sehingga mereka bisa jadi akan tergerak untuk menjadi pelanggan Anda.
17. Jangan lupakan dunia nyata
Saking banyaknya orang yang berbelanja secara online, banyak bisnis melupakan networking atau jaringan di dunia nyata.
Padahal salah satu cara mempertahankan pelanggan yang cukup efektif adalah membangun hubungan baik menggunakan cara tradisional.
Saat bertemu dengan seseorang, Anda akan membentuk suatu jaringan yang lebih luas.
Jadi jangan hanya menyediakan layanan yang baik di dunia maya saja, tapi sediakan juga layanan yang baik saat bertemu dengan pelanggan di dunia nyata.
Salah satu metode pemasaran yang sangat efektif adalah dari mulut ke mulut. Kalau Anda mampu mempertahankan satu pelanggan, pelanggan tersebut bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli.
18. Cari dan temukan rekan bisnis
Istilah keren untuk metode ini adalah kolaborasi. Anda pasti sudah sering melihat dua perusahaan berbeda yang bekerjasama untuk menjual produk mereka.
Misalnya ada penjual baju brand lokal yang bekerja sama dengan penjual sepatu brand lokal.
Cara ini sangat efektif untuk memperluas target pasar. Nantinya, para pelanggan dari perusahaan lain yang bekerja sama dengan Anda akan ikut melirik produk yang Anda sediakan.
Kolaborasi ini membuat pembeli Anda yang merupakan pelanggan perusahaan lain tertarik untuk menjadi pelanggan setia
Anda karena mengetahui bahwa dua brand favoritnya bergabung menjadi satu, meskipun hanya untuk sementara waktu saja.
19. Adakan giveaway
Giveaway sudah menjadi salah satu senjata yang sangat ampuh untuk membuat banyak orang semakin tertarik dengan suatu produk.
Orang yang tadinya belum pernah membeli dari Anda akan melihat bahwa perusahaan Anda bisa dipercaya karena memberikan hadiah pada pelanggannya.
Cara ini sangat efektif untuk membuat para pembeli yang masih baru tertarik untuk menjadi pelanggan tetap dengan harapan suatu saat nanti bisa memenangkan giveaway dari perusahaan Anda.
Masih banyak cara mempertahankan pelanggan yang lainnya. Coba terapkan 19 cara di atas agar para pembeli Anda berubah menjadi pelanggan paling setia dan tidak berpindah ke perusahaan yang lainnya.