10 Cara Menghindari Email Spam untuk Diterapkan Pengguna

10 Cara Menghindari Email Spam untuk Diterapkan Pengguna

Cara menghindari email spam pastinya menjadi informasi penting bagi pengguna. Secara khusus bagi Anda yang akrab berhubungan dengan layanan tersebut.

Hal ini akan memberikan banyak sekali kerugian bagi pengguna. Salah satunya adalah kotak pesan sering penuh.

Sebab hal tersebut biasa dikirimkan secara otomatis bahkan dari beberapa platform maupun orang, yang tidak dikenali.

Tentunya hal ini menjadi salah satu aktivitas cukup wajar. Namun tidak jarang pada beberapa momen akan mengganggu kenyamanan. Sehingga membutuhkan informasi tentang hal tersebut seperti penjelasan berikut.

Cara Menghindari Email Spam Secara Lengkap dan Mudah

Cara Menghindari Email Spam Secara Lengkap dan Mudah

Pada dasarnya spam ini merupakan pesan masuk pada akun Anda, namun tanpa diundang dan tidak dikenal.

Pastinya pesan tersebut akan sangat beragam. Mulai dari penawaran hadiah, promosi produk, usaha bahkan penipuan bisa terkirim dengan mudah.

Hal ini cenderung membanjiri dunia maya dalam tiap harinya. Bahkan tidak jarang aktivitasnya membuat pengguna merasa terganggu.

Sehingga di bawah ini adalah informasi tentang cara menghindari email spam, untuk diketahui secara lengkap, yaitu:

1. Gunakan Filter

Sebagian besar penyedia layanan, seperti Gmail dan Outlook memiliki filter spam bawaan. Tentunya filter tersebut memiliki tujuan untuk memudahkan dalam membatasi akses orang lain pada akun tersebut.

Selain itu fiturnya mampu membantu dalam memindai pesan masuk dan memfilternya. Tentu saja untuk dapat menikmati layanan ini pastikan pengguna mengaktifkannya lebih dahulu.

Setelah mengaktifkan filter spam jangan lupa untuk memeriksa secara berkala folder. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada pesan penting ikut disaring.

Baca Juga : Email Marketing: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Strategi Untuk Bisnis

2. Jangan Membagikan Alamat

Cara menghindari email spam berikutnya adalah jangan pernah membagikan email secara bebas. Hal ini pastinya perlu dihindari jika tidak ingin mendapatkan pesan dari sembarang orang.

Pastikan untuk memberikan alamat email kepada orang yang dikenali atau pada tujuan penting lainnya. Jika harus membagikan alamat akun, pastikan situs web atau pihak yang menerima terpercaya dan bukan situs abal-abal.

Tentu saja hal tersebut menjadi penting untuk diperhatikan masyarakat. Mengingat saat ini maraknya penyalahgunaan data pribadi untuk tujuan negatif. Sehingga dengan membatasi hal tersebut akan membuat keamanan data lebih terjamin.

3. Jangan Menanggapi Spam

Cara menghindari email spam ketiga adalah dengan mengabaikan seluruh spam masuk pada kotak pesan. Hal ini menjadi opsi penting untuk diperhatikan.

Sebab ketika sekali saja email ditanggapi maka kedepannya akan banyak spam sejenis bermunculan.

Jangan menanggapi pesan spam apapun bentuknya dan jika memang hal tersebut tidak penting bagi Anda. Bahkan ketika ada opsi unsubscribe silahkan untuk memilihnya agar pesan tersebut tidak dikirimkan lagi oleh sistem.

4. Hati-hati dengan Tautan Tidak Dikenal

Penting untuk diperhatikan adalah perlu berhati-hati pada tautan tidak dikenali. Jangan membuka tautan atau lampiran dari akun yang tidak dikenali. Selain itu pengguna juga perlu waspada terhadap pesan yang tampak mencurigakan.

Penting agar menjadi perhatian bahwa tautan atau lampiran tersebut dapat membuka pintu bagi malware. Tentunya ketika hal tersebut terjadi akan ada virus berbahaya yang merusak perangkat.

Pada kasus terburuk akan ada data pribadi berisiko dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab. Selain itu jika ingin mengetahui cara menghindari email spam, hal ini bisa diterapkan dengan baik.

5. Gunakan Alamat Email Sementara

Sudah menjadi hal wajar bahwa setiap individu memiliki lebih dari dua alamat email. Hal ini biasanya digunakan pada beberapa tujuan.

Seperti satu akun ditujukan bagi kebutuhan penting dan lainnya untuk kebutuhan sosial media atau bersenang-senang.

Sehingga jika Anda harus memberikan alamat email ke situs web atau pihak yang tidak dikenal, pertimbangkan untuk menggunakan alamat ini. Selain itu juga bisa menggunakan akun sementara atau disposable email address.

Tentunya langkah tersebut menjadi cara menghindari email spam untuk dilakukan.

Ada banyak layanan online yang menyediakan layanan akun sementara tersebut secara gratis. Pastinya hal ini akan membantu dalam mengurangi jumlah spam yang diterima.

6. Jangan Forward Pesan

Informasi berikutnya adalah jangan melakukan forward pesan kepada orang lain. Hal ini dapat memudahkan orang lain mengakses informasi Anda.

Sedangkan bagi pengirim pesan spam juga mampu untuk mendapatkan informasi sejenis dengan mudah.

7. Periksa Pengaturan Privasi

Cara menghindari email spam berikutnya terletak pada pemeriksaan pengaturan privasi secara berkala.

Pastikan Anda melakukannya untuk memastikan privasi tetap terjaga. Hal ini juga bisa dilakukan untuk upgrade tingkatan privasinya.

Beberapa penyedia layanan memiliki beberapa fitur untuk memudahkan hal tersebut. Tentu saja dengan begitu akan memungkinkan Anda untuk memblokir alamat email orang lain yang tidak penting.

Selain itu beberapa diantarnya juga membantu menghapus domain yang tidak diinginkan. Bahkan juga bisa memeriksa opsi untuk memperketat keamanan akun secara mudah dan berkala.

8. Laporkan Spam

Cara menghindari email spam berikutnya adalah dengan melaporkannya. Alih-alih Anda menghapus spam tersebut alangkah lebih baik jika memiliki aksi terhadap pesannya.

Hal ini akan membuat email mengambil tindakan untuk tidak mengirimkan pesan iu lagi.

Hal ini karena secara langsung pengirim email akan terdeteksi sebagai gangguan oleh sistem. Sehingga tentu saja cara ini akan lebih mudah dan menghemat waktu. Kegiatannya akan membantu Anda untuk mengurangi spam dengan lebih baik.

Sebab jika dibiarkan dan dihapus spam tersebut akan dikirimkan lagi setiap harinya. Sehingga daripada menghapus satu persatu Anda bisa melaporkannya untuk memberikan tindakan yang mudah.

Salah satu opsi bagi pengguna gmail bisa melaporkan langsung tanpa membuka. Cara menghindari email spam ini dapat dilakukan dengan klik ikon tanda seru dibagian atas pesan.

Tentu saja sebelumnya pastikan menandai pesan spam dengan tanda centang.

Setelah klik tanda seru tersebut maka email secara otomatis akan dilaporkan. Kedepannya pengirim tidak bisa mengirimkan pesan kealamat email Anda.

9. Blokir

Selanjutnya adalah dengan memblokir pengirim pesan. Langkah tersebut akan membuat pengirim tidak bisa lagi masuk pada inbox selamanya. Langkahnya cukup mudah, yaitu silahkan membuka pesan lebih dahulu.

Pastikan pada tahapan ini pengguna tidak mengklik gambar atau link apapun. Hal ini menghindari adanya peretasan yang mungkin saja terjadi. Setelah dibuka maka silahkan klik titik tiga pada bagian atas kanan tampilan layar.

Opsi tersebut terletak pada bagian samping ikon tidak berbintang dan balas. Berikutnya klik pilihan blokir. Lalu akan muncul pop up dan tekan menyetujui blokir.

10.  Sembunyikan Akun

Langkah terakhir dalam hal ini adalah dengan menyembunyikan alamat akun. Hal ini tentu bisa dilakukan dengan beberapa aktivitas sederhana, namun cenderung diabaikan oleh pengguna. Pertama jangan memajang email di media sosial.

Hal ini akan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menjadi spammer pada email Anda.

Berikutnya adalah jangan terkecoh dengan orang yang meminta alamat email dengan gampang. Hal ini menjadi privasi dan wajib dijaga dengan baik.

Menerima spam dapat menjadi sangat menjengkelkan dan berbahaya. Namun dengan beberapa langkah pencegahan dan pengaturan pengamanan yang tepat, Anda dapat mengetahui cara menghindari email spam dengan baik.

Baca Juga : 9+ Kelebihan dan Kekurangan Email Bisnis untuk Usaha Anda

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar