Sebagai salah satu upaya untuk mengetahui apakah blog yang dimiliki bekerja dengan baik dan optimal, yakni dengan tahu bagaimana cara mengukur kinerja blog itu sendiri.
Apabila Anda di rumah mungkin kesulitan melakukannya, maka bisa menyimak informasi mengenai tips mengukur kinerja dari sebuah blog di artikel berikut ini.
Baca Juga : Apa Itu AGC? Cara Kerja, Keuntungan dan Kekurangannya
Bagaimana Cara Mengukur Kinerja Blog?
Terjun dalam dunia blogging, umumnya merupakan hal yang begitu menyenangkan bagi para penulis, lantaran dapat membagikan berbagai konten blog agar diminati para pembaca.
Meski demikian, dalam menunjang performa blogging juga membutuhkan strategi yang tepat agar blog tersebut mampu menarik minat audiens.
Salah satu strategi yang bisa digunakan, yakni tahu bagaimana performa/kinerja dari blog yang dimiliki, sehingga peluang blog untuk sukses semakin terbuka lebar.
Dalam mengukur kinerja suatu blog, umumnya Anda tidak hanya memeriksa bagaimana kinerja Anda dalam blog tersebut, tetapi juga bagaimana pengalaman dari para pengunjung blog.
Yang menjadi pertanyaan disini adalah, bagaimana cara Anda mengukur performa dari blog yang Anda miliki tersebut?
Umumnya, cara mengukur kinerja blog bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan beberapa tips dan trik berikut ini.
1. Cek Asal dan Sumber Lalu Lintas Anda
Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana performa / kinerja dari blog Anda, maka langkah penting yang perlu dilakukan yakni dengan mengecek asal dan sumber lalu lintas Anda terlebih dahulu.
Cara ini, akan sangat membantu Anda dalam memberikan gambaran yang bagus mengenai saluran mana yang dapat mengarahkan lalu lintas terbanyak ke situs blog Anda, dan saluran mana yang menjadi fokus utama Anda.
Sebagai contoh jika Anda melihat banyaknya lalu lintas dari media sosial, maka Anda nantinya perlu fokus untuk mempromosikan blog melalui platform media sosial tersebut.
2. Menganalisis Metrik Media Sosial
Perlu Anda ketahui, bahwa media sosial merupakan salah satu cara paling efektif dalam mempromosikan postingan blog Anda dan dapat menjangkau lebih banyak pembaca baru.
Meski demikian, Anda perlu untuk menerapkan cara mengukur kinerja blog melalui media sosial, agar nantinya tahu seberapa baik kinerja dari konten yang Anda unggah di blog tersebut.
Dalam hal ini, Anda nantinya bisa melihat jumlah share media sosial untuk setiap postingan blog, jumlah komentar dan suka di setiap postingan blog tersebut.
3. Lakukan Pemantauan Terhadap Komentar dan Masukan Pembaca
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengukur kinerja dari blog Anda, yakni dengan memantau bagian komentar dan masukan yang sudah Anda peroleh dari pembaca.
Nantinya, Anda bisa melihat sendiri seberapa banyak orang mengomentari postingan blog Anda, apa saja komentar yang mereka katakan, adakah orang yang mengajukan pertanyaan dan lain sebagainya.
Jika ada masukan pada postingan blog Anda, tentunya akan membantu Anda dalam memahami apa saja yang dicari oleh pembaca dan apa saja yang perlu ditingkatkan.
4. Manfaatkan Penggunaan SEO
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwasanya sebagian besar blogger menginginkan agar blog yang dimiliki bisa sukses dan dapat menembus halaman pertama di mesin pencari Google.
Oleh karena itulah, cara mengukur kinerja blog yang bisa dilakukan, yakni dengan memanfaatkan penggunaan SEO (Search Engine Optimization) untuk melihat kinerja blog.
Dengan SEO, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui kira-kira apa kata kunci yang sedang banyak dicari oleh pembaca, sehingga Anda bisa menyesuaikan blog Anda dan mengoptimalkannya di mesin pencari Google.
5. Perhatikan Metrik Keterlibatan dan Konversi
Meskipun dikenal sebagai metrik data kinerja yang berbeda, akan tetapi keterlibatan dan konversi merupakan dua faktor terpenting yang sering digunakan dalam mengukur kinerja dari suatu blog.
Dalam hal ini, metrik keterlibatan akan fokus pada jumlah tampilan dan klik pada posting / halaman, sedangkan metrik konversi ditentukan oleh elemen CTA (Call To Action).
Kedua metrik tersebut, umumnya memiliki peranan penting dalam membantu blog lebih mudah untuk meraih kesuksesan secara bersama.
6. Lakukan Pengukuran Target Audiens
Cara mengukur kinerja blog yang tidak kalah efektif untuk dilakukan oleh para blogger berikutnya, yakni dengan mengukur target audiens yang mengunjungi blog Anda.
Dalam melakukan pengukuran target audiens satu ini, biasanya kebanyakan para blogger akan memanfaatkan bantuan Google Analytics, lantaran memiliki sistem pengoperasian yang mudah dan memberikan hasil akurat.
Dengan melakukan pengukuran target audiens, maka akan memudahkan bagi Anda untuk mengetahui bagaimana kinerja blog Anda, apa yang paling disukai oleh audiens dan berbagai informasi penting lainnya.
7. Melacak Tautan yang Masuk ke Blog
Diketahui, mesin pencari umumnya akan menggunakan tautan yang masuk dalam memudahkan menentukan bagaimana halaman blog muncul dan diberi peringkat dalam mesin pencari Google.
Berkaitan dengan hal tersebut, Anda perlu mengetahui berapa banyak tautan yang masuk ke blog Anda, agar Anda lebih mudah mengetahui apakah blog Anda sudah bekerja secara optimal atau justru sebaliknya.
Jika Anda menerapkan cara ini untuk setiap postingan blog, maka dipastikan Anda akan dapat mempertahankan konten yang seimbang untuk blog Anda.
8. Lakukan Perbandingan Statistik dengan Blog Lain
Membandingkan statistik blog Anda dengan blog lain, juga merupakan salah satu cara mengukur kinerja blog yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.
Umumnya, cara ini banyak digunakan oleh para blogger dalam memudahkan pengukuran kemajuan blog Anda dan menetapkan sasaran dalam perbaikan blog.
Adapun jika Anda mendapati kinerja blog berjalan tidak sesuai harapan, maka Anda bisa melakukan perbaikan dengan memulai menyusun rencana untuk meningkatkan kinerja blog tersebut.
9. Kenali Konten yang Paling Populer
Tidak banyak orang yang tahu, bahwa konten paling populer di blog ternyata dapat memberikan wawasan berharga bagi para blogger, yakni mengenai minat pembaca dan seberapa baik kinerja dari blog yang dibangun.
Ketika Anda mampu mengevaluasi seberapa baik kinerja dari beberapa konten yang diunggah di blog Anda, maka hal ini akan memudahkan Anda dalam menyesuaikan strategi konten untuk melibatkan audiens di dalamnya.
Di samping itu, kinerja blog Anda juga nantinya akan ikut meningkat secara keseluruhan.
10. Cek Rasio Pentalan Blog Anda
Adapun untuk cara mengukur kinerja blog terakhir yang perlu Anda lakukan, yakni cek rasio pentalan blog / persentase pengunjung yang meninggalkan situs blog Anda setelah hanya melihat satu halaman saja.
Disini, Anda bisa memeriksa rasio pentalan blog Anda dengan menggunakan bantuan Google Analytics.
Dalam mengukur kinerja blog Anda, disini Anda bisa membandingkan rasio pentalan blog Anda dengan lalu lintas rata-rata dan metrik keterlibatan blog Anda.
Terlepas dari beberapa cara mengukur kinerja blog yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga perlu untuk melihat keterlibatan blog Anda secara keseluruhan.
Yang mana, data inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam mengidentifikasi mana saja bagian blog yang perlu ditingkatkan.
Baca Juga : Cara Mengukur Keberhasilan Promosi: Efektivitas Marketing