Cara Meningkatkan Average Order Value, Dapatkan Lebih Banyak Kentungan!

Cara Meningkatkan Average Order Value, Dapatkan Lebih Banyak Kentungan!

Dalam dunia bisnis online, meningkatkan rata-rata nilai pesanan (average order value) adalah salah satu tujuan yang sangat diinginkan oleh para pengusaha. Cara meningkatkan average order value mengacu pada jumlah rata-rata pendapatan yang dihasilkan dari setiap transaksi pelanggan.

Semakin tinggi nilai rata-rata pesanan, semakin besar pendapatan yang dapat dihasilkan oleh bisnis.

Cara Meningkatkan Average Order Value

Beberapa cara meningkatkan average order value pada bisnis online Anda, seperti dengan meningkatkan social proof website, menerapkan strategi bundle pricing dan lain-lain. Simak pembahasannya di bawah ini:

1. Tingkatkan Social Proof Website

Social proof adalah kekuatan yang kuat dalam membentuk persepsi pelanggan. Dalam dunia digital, social proof merujuk pada testimonial, ulasan positif, dan bukti kepuasan pelanggan yang terlihat di website Anda.

Dengan meningkatkan social proof website, Anda dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian dengan nilai yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa langkah cara meningkatkan average order value untuk meningkatkan social proof website Anda:

  • Tampilkan testimoni dan ulasan: Menampilkan testimoni dan ulasan positif dari pelanggan yang puas dapat memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada calon pembeli. Pastikan untuk menampilkan ulasan yang relevan dan menarik perhatian.
  • Sertakan rating produk: Menyertakan sistem penilaian produk pada website Anda memberikan informasi kepada pelanggan potensial tentang kualitas produk yang ditawarkan. Pelanggan cenderung lebih percaya pada produk dengan rating tinggi.
  • Tampilkan jumlah pembelian: Menampilkan jumlah pembelian yang telah dilakukan oleh pelanggan dapat memberikan kesan bahwa produk Anda telah diuji dan dipercaya oleh banyak orang. Ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda.
  • Gunakan badge kepercayaan: Menggunakan badge atau segel kepercayaan seperti “Terpercaya” atau “Pelayanan Pelanggan Terbaik” dapat memberikan rasa aman kepada pelanggan potensial. Hal ini dapat mempengaruhi keputusan mereka dalam melakukan pembelian dengan nilai yang lebih tinggi.

2. Terapkan Strategi Bundle Pricing

Cara meningkatkan average order value yang kedua adalah menggunakan strategi bundle.

Strategi bundle pricing melibatkan penawaran paket produk dengan harga yang lebih menguntungkan dibandingkan jika pelanggan membeli setiap produk secara terpisah.

Dengan mengimplementasikan strategi ini, Anda dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih dari satu produk sekaligus, sehingga meningkatkan nilai pesanan rata-rata.

Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan saat menerapkan strategi bundle pricing:

  • Identifikasi produk yang komplementer: Pilih produk-produk yang saling melengkapi dan bisa dijual sebagai paket. Misalnya, jika Anda menjual ponsel, Anda dapat menawarkan paket yang terdiri dari ponsel, pelindung layar, dan earphone.
  • Tetapkan harga yang menarik: Pastikan harga bundle menawarkan diskon yang signifikan dibandingkan harga individual produk. Hal ini akan memberikan insentif kepada pelanggan untuk membeli paket daripada membeli produk secara terpisah.
  • Promosikan keuntungan bundle: Jelaskan keuntungan yang didapatkan oleh pelanggan jika mereka membeli paket produk, seperti penghematan uang, kenyamanan, atau kepraktisan. Berikan informasi yang meyakinkan tentang nilai tambah yang diperoleh dari pembelian bundle.
  • Tampilkan paket dengan menonjol: Pastikan paket produk yang ditawarkan ditampilkan secara menonjol di halaman utama atau halaman produk. Gunakan gambar dan deskripsi yang menarik untuk menarik perhatian pelanggan.

Dengan mengimplementasikan strategi ini, Anda dapat meningkatkan average order value pada bisnis online Anda.

Dengan meningkatkan social proof website dan menerapkan strategi bundle pricing, Anda dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian dengan nilai yang lebih tinggi, serta meningkatkan kepuasan pelanggan dan pendapatan bisnis Anda.

3. Utamakan Pelayanan Pelanggan yang Terbaik

Pelayanan pelanggan yang terbaik adalah faktor penting dalam cara meningkatkan average order value.

Pelanggan yang puas dengan pengalaman belanja mereka cenderung melakukan pembelian dengan nilai yang lebih tinggi dan berulang.

Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memberikan pelayanan pelanggan yang terbaik:

  • Responsif terhadap pertanyaan dan masalah: Pastikan Anda merespons pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat dan efektif. Sediakan kanal komunikasi yang jelas, seperti live chat, email, atau nomor telepon yang mudah dijangkau. Berikan solusi yang memuaskan untuk setiap masalah yang muncul.
  • Personalisasi pengalaman pelanggan: Upayakan untuk mengenal pelanggan Anda secara personal. Gunakan data pelanggan untuk memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan mereka. Misalnya, Anda dapat mengirimkan penawaran khusus atau rekomendasi produk yang relevan berdasarkan riwayat pembelian mereka.
  • Berikan bonus atau reward: Berikan bonus atau reward kepada pelanggan yang melakukan pembelian dengan nilai yang lebih tinggi. Misalnya, Anda dapat memberikan diskon tambahan, hadiah gratis, atau memberikan keanggotaan program loyalitas dengan manfaat eksklusif.
  • Terus tingkatkan kualitas layanan: Selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan Anda. Dengarkan umpan balik dari pelanggan dan ambil langkah-langkah untuk mengatasi kekurangan yang mungkin ada. Pastikan pelanggan merasa dihargai dan didengarkan.

4. Buat Minimum Pesanan Untuk Pengiriman Gratis

Strategi minimum pesanan untuk pengiriman gratis dapat mendorong pelanggan untuk menambah nilai pesanan mereka agar memenuhi syarat mendapatkan pengiriman gratis. Ini dapat meningkatkan average order value.

Berikut adalah beberapa poin cara meningkatkan average order value yang perlu diperhatikan saat menerapkan strategi ini:

  • Tentukan minimum pesanan yang masuk akal: Tetapkan jumlah minimum pesanan yang masuk akal untuk memenuhi syarat pengiriman gratis. Pastikan jumlah ini menguntungkan bagi bisnis Anda dan tetap menarik bagi pelanggan.
  • Promosikan minimum pesanan untuk pengiriman gratis: Jelaskan secara jelas dan menarik bahwa pelanggan dapat memperoleh pengiriman gratis jika mereka mencapai jumlah minimum pesanan. Tampilkan informasi ini di halaman utama atau halaman produk untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Berikan pilihan tambahan: Selain minimum pesanan untuk pengiriman gratis, Anda juga dapat menawarkan opsi pengiriman berbayar yang lebih cepat atau layanan tambahan dengan biaya tambahan. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk meningkatkan nilai pesanan mereka untuk memanfaatkan manfaat tambahan tersebut.

Dengan mengutamakan pelayanan pelanggan yang terbaik dan menerapkan strategi minimum pesanan untuk pengiriman gratis, Anda dapat meningkatkan average order value dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Dalam era bisnis yang sangat kompetitif, memberikan pengalaman yang positif dan keuntungan tambahan kepada pelanggan dapat menjadi kunci keberhasilan bisnis online Anda

5. Jual Silang (Cross Sell) Produk Pelengkap

Strategi jual silang (cross sell) adalah metode efektif cara meningkatkan average order value dengan menawarkan produk pelengkap kepada pelanggan.

Dengan memanfaatkan strategi ini, Anda dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk tambahan yang berkaitan dengan pembelian mereka.

Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan saat menerapkan strategi jual silang:

  • Identifikasi produk yang relevan: Analisis pembelian pelanggan dan identifikasi produk yang sering dibeli bersamaan atau memiliki hubungan yang erat. Misalnya, jika seorang pelanggan membeli kamera, Anda dapat menawarkan aksesori seperti tas kamera, tripod, atau lensa tambahan.
  • Tampilkan produk pelengkap secara menarik: Menampilkan produk pelengkap dengan cara yang menarik dapat memperkuat kemungkinan pembelian. Gunakan gambar yang menarik dan deskripsi yang menjelaskan manfaat tambahan yang diperoleh dari produk pelengkap.
  • Berikan penawaran khusus: Berikan insentif kepada pelanggan untuk membeli produk pelengkap dengan memberikan diskon tambahan atau penawaran khusus. Misalnya, Anda dapat memberikan potongan harga jika pelanggan membeli produk utama dan produk pelengkap secara bersamaan.
  • Tawarkan opsi bundle: Selain menawarkan produk pelengkap secara terpisah, Anda juga dapat membuat paket bundle yang mencakup produk utama dan produk pelengkap. Ini dapat memberikan keuntungan tambahan kepada pelanggan dan mendorong mereka untuk meningkatkan nilai pesanan mereka.

Penutup

Dalam upaya cara meningkatkan average order value pada bisnis online, ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan.

Dengan menggabungkan strategi-strategi ini, Anda dapat meningkatkan average order value dan mencapai kesuksesan dalam bisnis online Anda.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar