Cara Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula Wajib Dicoba

7+ Cara Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula Wajib Dicoba
7+ Cara Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula Wajib Dicoba

Istilah blogger tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan. Blogger adalah seseorang yang secara teratur bekerja dengan menulis di blog mereka.

Sedangkan blog sendiri merupakan suatu halaman atau platform yang digunakan untuk menulis di internet. Semakin banyak orang yang menjadikan internet sebagai sarana untuk mereka bekerja serta mendapatkan pemasukan.

Jangan salah karena meskipun hanya menulis di blog, namun ternyata juga bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah, banyak orang yang sudah merasakannya. Lalu bagaimana cara menjadi blogger sukses?.

Keuntungan Menjadi Blogger

Keuntungan Menjadi Blogger
Keuntungan Menjadi Blogger

Sebelum membahas bagaimana cara menjadi blogger sukses maka penting sekali bagi Anda untuk mengetahui sebenarnya apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang blogger, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan kemampuan menulis

Keuntungan yang pertama adalah dengan menjadi seorang blogger maka kemampuan Anda di dalam menulis akan lebih terasah.

Mengingat mau tidak mau Anda harus membuat artikel maupun berbagai bentuk tulisan yang lainnya untuk diposting di blog tersebut.

Dengan demikian maka nantinya jumlah pengunjung blog Anda juga akan mengalami peningkatan. Semakin lama kemampuan Anda dalam menulis akan semakin terasah.

2. Meningkatkan minat membaca

Kemampuan menulis sebenarnya sebanding dengan minat membaca seseorang, artinya semakin senang menulis seseorang akan makin senang membaca.

Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena memang untuk bisa mendapatkan tulisan yang bagus maka wawasan harus meningkat, sehingga nantinya pilihan kata di dalam tulisan tersebut juga jadi semakin banyak. Orang yang suka menulis pada dasarnya juga suka membaca.

3. Dapat memperluas koneksi blogger

Ketika Anda menjadi seorang blogger maka mau tidak mau harus menjalin pertemanan dengan banyak blogger yang lainnya.

Interaksi lewat kolom komentar, ikut bergabung dalam komunitas blog dan lain sebagainya ini sangat penting untuk membantu dalam mempromosikan artikel atau tulisan yang Anda buat tersebut.

4. Mendapatkan uang

Siapa bilang blogger tidak mampu untuk menghasilkan uang. Faktanya ada banyak blogger sukses yang mampu menghasilkan uang hingga jutaan rupiah perbulannya dari rumah.

Tak lain karena memang ketika blog Anda terkenal, maka akan semakin tinggi juga traffic kunjungan kesana.

Hal ini secara otomatis nantinya akan memberikan sumber pemasukan baru bagi Anda, baik itu lewat iklan, kerjasama dengan pihak lain dan sebagainya.

5. Membuat Anda dikenal banyak orang

Ada banyak nama-nama blogger terkenal yang ada di Indonesia, karena memang konten mereka dikenal bagus dan tingkat kunjungannya sendiri tinggi.

Anda yang gemar menulis dan malu jika harus menjadi seorang Youtuber maka bisa mencoba untuk menjadi blogger ini saja. karena bagaimanapun kemungkinan populer atau terkenal juga semakin tinggi.

6. Potensi untuk menjadi ahli marketing tinggi

khususnya adalah digital marketing, karena sebagai blogger sebenarnya tak hanya kemampuan menulis saja yang diasah, melainkan lebih dari itu juga kemampuan di bidang digital marketing, sehingga nantinya blog Anda menjadi kian terkenal, yaitu lewat upaya optimasi yaitu SEO dan lain sebagainya. Potensi untuk menjadi seorang ahli marketing juga semakin tinggi.

7. Lebih update mengenai teknologi

Satu hal yang harus dilakukan oleh seorang blogger yaitu update mengenai teknologi, apalagi algoritma Google juga senantiasa berubah.

Itulah mengapa kemampuan yang satu ini harus benar-benar diasah untuk membuat blog Anda jadi semakin terkenal. Keahlian yang belum tentu dimiliki oleh orang lain.

8. Ahli SEO

Banyak blogger yang juga ahli SEO atau Search Engine Optimization, sebuah cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan website agar masuk ke halaman pertama masih pencari lewat kata kunci tertentu.

Seorang blogger umumnya juga ahli SEO karena tuntutan mereka untuk menjadi lebih baik. Bahkan keahlian SEO yang Anda miliki ini juga dapat dijual untuk menghasilkan uang.

Persiapan Menjadi Blogger

Untuk menjadi seorang blogger Anda membutuhkan persiapan, tidak bisa langsung terjun begitu saja, berikut ini diantara persiapan-persiapan tersebut :

1. Tentukan tujuan blogging Anda

Ada banyak orang memutuskan untuk menjadi blogger, namun tidak semua dikarenakan karena uang, beberapa hanya sekedar iseng atau digunakan untuk mengasah kemampuan mereka dalam menulis.

Seorang blogger bisa mendapatkan pemasukan atau penghasilan dari beberapa hal, diantaranya adalah:

  1. Konten placement, ada banyak perusahaan atau brand yang sengaja mengontrak blogger untuk tujuan membuat review mengenai produk mereka. sebut saja diantaranya adalah produk kosmetik, maka secara khusus akan mengontrak blogger kecantikan. Umumnya mereka sudah disediakan dengan brief, sehingga seorang logger hanya perlu membuat artikelnya saja.
  2. Press release, jika seandainya blog atau website Anda masuk kedalam kategori berita, maka tak jarang diantaranya yang akan membuat press release dari sana. Akan ada tawaran konten press release dari mana saja, konten-konten semacam ini lebih menarik, apalagi dari segi pembuatannya juga terbilang lebih mudah.
  3. Jual backlink, ada banyak blogger lainnya yang membutuhkan backlink dengan tujuan untuk mengoptimalkan blog atau website mereka. Anda juga dapat menjual hal tersebut, apalagi jika seandainya Anda termasuk blog yang sudah terkenal, maka akan semakin mahal harga backlink tersebut. Mulai dari angka puluhan ribu sampai dengan jutaan rupiah.
  4. Slot iklan berbayar, ketika traffic blog Anda tinggi, maka nantinya bisa menyediakan sedikit ruang atau log untuk kebutuhan pemasang iklan disana, tentunya berbayar sehingga nantinya Anda juga bisa mendapatkan sejumlah uang dari sana.
  5. Affiliate marketing, secara teknis tidak jauh berbeda dengan review, namun yang membedakan adalah Anda harus menyertakan link pembelian sebuah produk, jadi ketika orang membeli barang lewat link yang Anda cantumkan disana, maka akan mendapatkan sejumlah komisi, semakin banyak yang membeli barang lewat link tersebut maka komisi yang didapatkan akan semakin tinggi.
  6. PPC, biasanya Anda akan mendapatkan uang tersebut jika ada iklan yang masuk dari Google, sehingga setiap orang yang klik iklan tersebut di website Anda maka akan mendapatkan sejumlah uang.

2. Membeli domain

Persiapan yang kedua adalah dengan membeli domain, Anda dapat membeli nama domain sesuai dengan yang diinginkan.

Tentunya jika ingin nama domain yang bagus maka Anda harus membayar sejumlah uang yang agak mahal. Bisa memilih beberapa tempat penyedia domain yang terpercaya.

Untuk memilih dan menentukan nama domain yang baik Anda bisa membaca artikel kami di 11+ Cara Memilih Nama Domain untuk Bisnis

3. Membeli hosting

Selain domain maka yang tidak kalah penting adalah hosting karena memang berguna untuk membuat website tersebut lebih baik dan juga optimal.

Karena tanpa hosting nantinya website Anda akan susah diakses dan jumlah orang yang mengaksesnya terbatas, sangat mungkin menyebabkan website tersebut menjadi down.

Semakin mahal hosting yang Anda beli maka fitur yang didapatkan atau fasilitasnya akan semakin bagus.

Baca Juga : Cara Memilih Hosting Terbaik

Cara Menjadi Blogger Sukses

Cara Menjadi Blogger Sukses
Cara Menjadi Blogger Sukses

Bagi pemula yang ingin terjun ke dunia blogging ini, maka tentunya Anda juga harus tahu kiat-kiat atau ilmunya terlebih dahulu.

Berikut ini diantaranya cara menjadi blogger sukses yang dapat dicoba, yaitu:

1. Membuat blog

Setelah Anda tahu beberapa persiapan dalam menjadi blogger tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat blog.

Anda bisa membuat blog yang berasal dari beberapa perusahaan penyedianya, seperti diantaranya adalah Blogspot maupun juga WordPress, carilah yang fiturnya paling lengkap serta menawarkan kemudahan bagi Anda dalam mengelolanya, apalagi bagi pemula, sekarang ini sudah banyak juga yang menawarkan plugin.

2. Desain blog secara cepat dan menarik

Setelah Anda selesai dalam menginstal website maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat desain blog tersebut agar tampak lebih menarik.

Bagaimanapun juga tampilan ini menjadi salah satu daya tarik dari website sehingga bisa dikunjungi oleh banyak orang.

Disarankan untuk memakai template yang tampilannya clear, sehingga konten Anda bisa jelas serta loading ke website Anda menjadi cepat.

Sebaiknya hindari juga menggunakan template yang terlalu banyak gambar, slide sampai dengan video yang akan membuat loading jadi lebih lambat.

3. Menentukan topik blog

Cara menjadi blogger sukses selanjutnya adalah dengan menentukan topik blog yang akan dibuat tersebut. Setiap orang pada dasarnya memiliki ketertarikan yang berbeda-beda terkait dengan blog.

Diantaranya ada yang lebih tertarik membuat blog tentang kecantikan, kemudian juga blog berita serta perjalanan atau travelling.

Anda harus menentukan topik utama dari blog tersebut. Sehingga nantinya apa yang dibahas juga tidak amburadul, melainkan fokus pada satu pembahasan saja.

4. Riset tentang konten yang banyak dicari

Sebenarnya jika tujuan utama Anda adalah untuk mendatangkan pembaca atau meningkatkan traffic, maka penting sekali membuat sebuah konten yang tingkat pencariannya tinggi atau yang sedang banyak dibahas saat ini.

Usahakan juga bahwa konten yang Anda buat tersebut memiliki tingkat persaingan yang rendah, sehingga nantinya lebih banyak yang datang mengunjungi website Anda tersebut.

Ada banyak tools yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan riset konten ini. seperti diantaranya :

  • SEMrush
  • MOX
  • Keywordtool.io
  • dan lain lain

5. Membuat konten yang berkualitas

Daya tarik sebuah blog adalah konten yang ada didalamnya, ketika konten yang Anda posting tidak berkualitas, bahkan terkesan hanya bombastis pada judulnya, sedangkan isinya tidak sesuai, mungkin pengunjungnya banyak, namun mereka tidak akan kembali lagi untuk membaca konten di website Anda di kemudian hari.

Sebaliknya, ketika konten yang Anda buat tersebut berkualitas, maka hal ini akan sangat membantu di dalam meningkatkan traffic kunjungan menjadi semakin tinggi.

Jadi buatlah konten yang bagus dan berkualitas, serta optimasi konten tersebut dengan memakai kata kunci atau keyword. Sehingga pengguna internet juga akan lebih mudah untuk menemukan website Anda.

6. Share ke berbagai social media yang Anda miliki

Tidak semua orang sudah berselancar di dunia maya lewat Google. Sebagian besar diantaranya hanya menggunakan internet untuk kebutuhan akses media sosial.

Itulah mengapa salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan traffic kunjungan tersebut adalah dengan membagikannya atau share lewat berbagai social media yang Anda miliki.

Tentunya akan semakin mudah bagi pengguna media sosial untuk akses ke website Anda tersebut lewat tautan yang sudah dibagikan.

Cara yang satu ini sangat efektif digunakan untuk membuat tingkat kunjungan ke website Anda melesat semakin tinggi, apalagi di zaman banyak orang yang menghabiskan waktunya di media sosial seperti sekarang ini.

7. Optimasi dengan SEO website

Langkah selanjutnya adalah dengan mengoptimalisasi website Anda dengan menggunakan SEO atau istilah lainnya adalah Search Engine Optimization, sebagian besar diantara Anda mungkin sudah tidak asing dengan nama yang satu ini. yaitu merupakan sebuah teknik yang dipakai untuk mengoptimalkan website sehingga nantinya bisa berada di halaman pertama mesin pencarian.

Dengan demikian maka nantinya tingkat kunjungan ke website Anda juga bisa meningkat jadi semakin pesat dibandingkan dengan sebelumnya.

Tips Membuat Konten Blog Yang Berkualitas

Tantangan utama seorang blogger pada dasarnya adalah untuk membuat sebuah konten yang berkualitas.

Jika ingin mendatangkan lebih banyak pembaca, juga mempertahankan pembaca lama, maka penting sekali bagi Anda untuk membuat konten yang berkualitas, untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang dapat dicoba jika ingin membuat konten yang berkualitas untuk blog Anda, yaitu:

1. Buat konten yang orisinil atau asli

kunci utama adalah menghindari copy paste dari konten milik orang lain. Sebaiknya Anda membuat konten sendiri, karena memang hal ini akan berdampak pada eksistensi dari seorang blogger.

Karena semakin banyak Anda copypaste maka akan menurunkan kepercayaan dari pembaca, pembaca lebih suka dengan konten yang asli dibuat sendiri, karena lebih berkualitas dan bisa menjadi ciri khas dari blogger tersebut.

Google sendiri juga sangat mengapresiasi konten yang dibuat sendiri atau tanpa copypaste.

2. Membuat konten secara jujur bukan hoax

Belakangan ini ada banyak konten-konten di internet yang sekedar boombastis atau judul tampak wah, namun ternyata dari segi isinya palsu atau hoax, hal ini bisa saja membuat Anda terjerat masalah hukum nantinya.

Sehingga sangat penting dalam membuat konten yang jujur atau sesuai dengan kondisi sebenarnya.

3. Menambahkan gambar atau video yang relevan

Artikel Anda akan tampak menarik jika seandainya ditambah dengan gambar atau video yang relevan ke dalamnya.

Karena memang penelitian juga menyebutkan bahwa memang orang cenderung bosan hanya dengan melihat tulisan yang panjang, mereka lebih senang dengan variasi, diantaranya adalah dengan menyematkan gambar maupun juga menambahkan video ke dalamnya.

4. Membuat konten yang singkat, padat dan jelas

dibandingkan dengan konten yang isinya panjang lebar namun kemana-mana atau tidak jelas, maka sebenarnya orang cenderung lebih menyukai jenis konten yang singkat, padat dan juga jelas.

Mengingat memang pada dasarnya pengguna internet juga akan bosan jika harus membaca tulisan yang panjang, jadi sebagainya langsung to do point untuk menyampaikan informasi.

5. Membuat konten yang up to date

untuk menggaet lebih banyak pembaca, maka sangat disarankan bagi Anda untuk membuat sebuah konten yang up to date sesuai dengan apa yang sedang banyak dicari saat itu, bila perlu buatlah konten yang viral. Silahkan baca tentang artikel viral di Cara Membuat Konten Viral yang Perlu Diperhatikan

6. Membuat konten blog yang akurat serta informatif

Sehingga pembaca yang datang ke website Anda untuk melihat konten tersebut juga tidak merasa tertipu dengan judul yang tampak boombastis, tapi isinya juga sesuai.

Itulah diantaranya keuntungan, cara menjadi blogger sukses sampai dengan tips untuk bisa membuat sebuah konten blogger yang berkualitas, tentunya bisa Anda terapkan mulai dari sekarang.

Baca Juga : 10+ Tantangan Menjadi Seorang Blogger

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar