Kelebihan dan Fungsi Umbul-umbul Yang Harus Anda Ketahui!

Inilah Kelebihan dan Fungsi Umbul-umbul Yang Harus Anda Ketahui!

Meskipun mudah dijumpai di sepanjang jalan, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi umbul-umbul.

Karena itulah, pada kesempatan ini kami akan menyampaikan informasi mengenai fungsi dari umbul-umbul.

Ketahuilah Fungsi Umbul-umbul

Ketahuilah Fungsi Umbul-umbul

Perlu Anda ketahui, umbul-umbul ternyata memiliki beberapa fungsi yang cukup penting terutama bagi orang yang memasangnya.

Nah, adapun beberapa fungsi umbul-umbul adalah sebagai berikut ini:

1. Media Promosi

Fungsi umbul-umbul yang pertama dan yang paling penting adalah sebagai sarana promosi suatu barang atau jasa.

Hal ini dikarenakan pemasangan umbul-umbul di pinggir jalan sangat mencolok dan bisa menarik perhatian orang yang melalui jalan tersebut. Oleh sebab itu, umbul-umbul sangat cocok digunakan sebagai media untuk mempromosikan barang atau jasa.

Nah, agar promosi menggunakan umbul-umbul bisa efektif pastikan memasang umbul-umbul di tempat yang dilalui oleh banyak orang.

Selain itu, pastikan umbul-umbul yang dipasang memiliki desain yang menarik agar orang mau menyempatkan melihat dan membaca promosi yang ada pada umbul-umbul.

Namun dalam pemasangan umbul-umbul, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan agar tidak menjadi masalah.

Seperti misalnya memilih umbul-umbul dengan ukuran yang tepat agar apabila roboh tidak membahayakan orang yang kebetulan berada di bawahnya.

Tidak hanya itu, pastikan pemasangannya tidak di tempat yang dilarang oleh pemerintah, sebab bisa membuat Anda berurusan dengan penegak hukum.

Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut sampai terjadi, karena akan sangat merepotkan. Untuk itulah, sebelum memasang umbul-umbul ada baiknya melakukan pengecekan dan mengurus perizinan terlebih dahulu.

2. Memeriahkan Acara

Fungsi umbul-umbul berikutnya yang mungkin tidak terlalu disadari oleh banyak orang adalah untuk memeriahkan acara.

Hal ini bisa terjadi karena umbul-umbul pada umumnya memiliki desain yang menarik dan menyenangkan untuk dilihat. Karena itulah pemasangan umbul-umbul pada suatu acara bisa membuat semarak suasana.

Oleh sebab itu tidak mengherankan jika umbul-umbul seringkali dipasang ketika mengadakan suatu acara. Nah, sedikit saran bagi Anda yang berniat memasang umbul-umbul ketika menyelenggarakan suatu pesta. Pastikan bahwa desain dari umbul-umbul yang Anda pasang sesuai dengan tema dari acara tersebut.

Ini karena pemasangan umbul-umbul yang kontras dengan tema acara bukannya membuat acara semakin meriah, namun malah akan berpotensi merusak pemandangan di tempat pesta diselenggarakan.

Karena itulah, sebelum memasang umbul-umbul Anda harus memastikan bahwa umbul-umbul tersebut cocok dengan tema acara.

3. Penunjuk Jalan

Umbul-umbul secara tidak langsung ternyata juga bisa berfungsi sebagai penunjuk jalan. Hal ini dikarenakan umbul-umbul umumnya dipasang di sepanjang jalan menuju lokasi suatu acara.

Karena itulah, seringkali orang memanfaatkan umbul-umbul sebagai media penunjuk jalan menuju ke tempat diselenggarakannya suatu acara.

Jadi apabila Anda ingin menghadiri suatu acara misalnya saja konser musik, ceramah akbar, dan lain sebagainya, tidak perlu khawatir tersesat.

Sebab Anda bisa menjadikan umbul-umbul yang di pasang oleh penyelenggara acara sebagai arah penunjukkan jalan jika tidak ada orang yang bisa ditanyai arah jalan atau GPS sedang bermasalah.

4. Memamerkan Karya

Fungsi umbul-umbul berikutnya adalah digunakan sebagai media memamerkan hasil karya, sebab pada umbul-umbul memuat konten desain.

Nah, karena itu secara tidak langsung umbul-umbul juga dapat digunakan untuk memamerkan karya desain yang dibuat. Terutama jika umbul-umbul yang Anda buat memiliki desain yang bagus dan artistik.

Untuk itulah jika tujuan Anda memasang umbul-umbul adalah memamerkan hasil karya, pastikan desain yang dibuat artistik dan bisa menarik perhatian orang.

Tidak hanya itu, desain yang dibuat juga harus memiliki makna. Dengan begitu umbul-umbul yang Anda buat akan memiliki nilai seni yang cukup tinggi.

Nantinya, orang-orang yang melihat umbul-umbul buatan Anda memberikan perhatian lebih untuk menyempatkan diri melihat karya pada umbul-umbul tersebut. Sebab, mereka merasa desain pada umbul-umbul Anda menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

5. Media Informasi

Fungsi umbul-umbul berikutnya adalah sebagai media untuk memberikan suatu informasi penting secara singkat seperti misalnya informasi mengenai kandidat suatu calon pemimpin suatu daerah.

Memberikan informasi melalui umbul-umbul bisa dikatakan cukup efektif sebab keberadaan yang cukup mencolok. Karena itulah, hingga sekarang ini umbul-umbul masih digunakan untuk menyampaikan informasi.

Namun meskipun pemberian informasi melalui umbul-umbul sangat efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan umbul-umbul sebagai informasi di antaranya adalah jumlah kata, pemilihan kalimat, dan font yang digunakan. Hal tersebut perlu diperhatikan, sebab terkait dengan efektivitas penyampaian informasi kepada masyarakat luas.

Sebab jika kalimatnya yang digunakan terlalu panjang, jumlah katanya terlalu banyak, dan ukuran fontnya terlalu kecil bisa membuat orang yang melihatnya tidak bisa menangkap semua informasi yang ada di umbul-umbul tersebut.

Hal ini akan membuat penyampaian informasi melalui umbul-umbul akan menjadi percuma saja.

6. Media Untuk Mempengaruhi Orang Lain

Fungsi umbul-umbul yang terakhir adalah sebagai media untuk mempengaruhi orang lain. Meskipun, jarang digunakan untuk tujuan tersebut, namun masih ada beberapa pihak yang memanfaatkan umbul-umbul untuk tujuan tersebut.

Nah, pihak yang menggunakan umbul-umbul untuk mempengaruhi pendapat publik di antaranya politisi, lembaga kesehatan, dan lain sebagainya.

Alasan mengapa hingga sekarang ini umbul-umbul masih digunakan sebagai media untuk mempengaruhi opini publik karena tingkat efektivitasnya cukup tinggi.

Biaya pembuatan dan pemasangan umbul-umbul juga cukup terjangkau. Jadi tidak perlu heran jika sampai sekarang ini umbul-umbul masih digunakan untuk tujuan ini.

Kelebihan Umbul-umbul

Setelah mengetahui fungsi dari umbul-umbul, ada baiknya jika Anda juga mengetahui kelebihannya. Sebab dengan mengetahui hal tersebut Anda tidak akan merasa ragu memasang umbul-umbul.

Nah, adapun kelebihan dari pemasangan umbul-umbul adalah sebagai berikut:

1. Banyak Variasi Bentuk

Kelebihan pertama dari umbul-umbul adalah tersedia dalam berbagai bentuk. Hal ini disebabkan umbul-umbul tidak memiliki patokan khusus yang mengatur bentuknya.

Karena itulah, umbul-umbul bisa umbul-umbul bisa Anda bentuk secara bebas sesuai dengan keinginan.

2. Murah

Kelebihan selanjutnya dari umbul-umbul adalah raganya yang relatif murah. Inilah mengapa hingga sekarang umbul-umbul masih eksis dan dipakai oleh banyak orang.

Untuk itu jika Anda berniat memasang umbul-umbul tidak perlu ragu mengenai masalah biaya.

3. Bisa Dipasang Dimana Saja

Umbul-umbul bisa dipasang dimana saja sebab ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun meskipun bisa dipasang di mana saja pastikan Anda tidak memasang umbul-umbul di sembarang tempat.

Pasang di tempat yang tepat dan tentunya telah mendapatkan izin dari pihak bersangkutan agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

4. Awet

Kelebihan umbul-umbul yang terakhir adalah awet dan tidak gampang rusak meskipun di cuaca yang tidak menentu. Hal ini menjadikan umbul-umbul sebagai media yang tepat untuk promosi atau memberikan informasi.

Nah, itulah informasi mengenai kelebihan dan fungsi umbul-umbul yang harus Anda ketahui. Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa berguna dan bisa menambah wawasan Anda.

Baca Juga : Cara Membangun Brand Activation

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar