6+ Jenis Strategi Marketing Online yang Efektif dan Efisien

6+ Jenis Strategi Marketing Online yang Efektif dan Efisien

Jenis strategi marketing online penting untuk diketahui terutama bagi yang memiliki bisnis online. Sekarang berbagai hal dapat dilakukan serba online, mulai dari berinteraksi, belajar, bekerja, belanja, dan juga strategi marketing.

Banyak perusahaan yang sudah menggunakan strategi marketing online dibanding tradisional. Marketing online merupakan cara mempromosikan produk dengan menggunakan platform online yang dapat diakses melalui internet.

Dengan banyaknya pengguna internet saat ini, bisnis online merupakan salah satu bisnis yang populer.

Bisnis yang dijalankan melalui internet baik website maupun sosial media tentunya harus memiliki strategi marketingnya.

Baca Juga : Apa itu Marketing?

Media Marketing Online yang Efektif

Media Marketing Online yang Efektif

Terdapat bermacam-macam marketing online yang banyak digunakan saat ini dan terbukti sangat efektif dan efesien. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Website

Website merupakan salah satu media pemasaran online yang efektif karena berbagai keuntungan yang diberikannya. Selain mudah digunakan, penggunaan website juga lebih efisien dibanding media sosial atau email.

Pasalnya, memiliki peluang untuk terus berkembang dalam jangka waktu panjang. Cukup dengan menulis artikel menarik serta menambahkan berbagai informasi tentang produk, promo, kontak, serta memastikan kontennya SEO friendly.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Cara menggunakan SEM, yaitu dengan mengiklankan website perusahaan supaya berada di halaman pertama mesin pencarian Google. Layanan ini menggunakan iklan sehingga harus membayarnya.

Tetapi hasilnya sangat efektif iklan produk akan selalu muncul pada first page ketika konsumen mencarinya.

3.  Online Advertising

Online advertising adalah jenis strategi marketing online dengan menggunakan iklan yang ditampilkan pada website, YouTube, serta media sosial. Seperti berlangganan Google Ads.

4. pEmail Marketing

Email marketing merupakan salah satu pemasaran online dengan cara memberikan penawaran mengenai diskon, promo, produk terbaru, dan lainnya melalui email.

Jadi ketika Anda telah memiliki pelanggan yang banyak, pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan mereka sehingga dapat dengan mudah untuk melakukan email marketing tersebut.

Dengan begitu, cara ini cukup efektif dalam mempertahankan loyalitas para konsumen.

Tips Melakukan Pemasaran Secara Online

Tips Melakukan Pemasaran Secara Online

Walaupun terlihat sangat mudah karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui smarthone, untuk mendapat keuntungan yang maksimal, perlu melakukan beberapa tips berikut.

1. Menentukan Jenis Strategi Pemasaran Online

Menentukan Jenis strategi marketing online merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Dengan begitu akan mempermudah dalam mengatur pembuatan konten, modal, dan lainnya.

2. Menentukan Target Konsumen

Lakukanlah segmentasi terhadap calon konsumen, baik berdasarkan tempat tinggal, sosial-budaya, waktu, serta harga yang sesuai kemampuan tingkat ekonomi.

Selain itu, sasaran demografis baik berupa jenis kelamin, penghasilan, dan usia perlu diperhatikan dalam pemasaran online.

Sehingga baik produk maupun strategi marketing dapat disesuaikan dengan target konsumennya.

3. Buat Konten yang Menarik

Buatlah konten yang menarik, bersifat persuasif dan sesuai dengan produk yang ditawarkan serta target pasarnya.

4. Menggunakan Tools untuk Digital Marketing

Ketika konten sudah diunggah sesuai strategi dan platform yang diinginkan, selanjutnya adalah melakukan pemantauan serta evaluasi.

Terdapat beberapa tools yang dapat digunakan untuk memantau efektivitas pemasaran online seperti Google Analytics, Ahrefs, Yoast, dan lainnya.

Keuntungan dari Pemasaran Secara Online

Keuntungan dari Pemasaran Secara Online

Jenis strategi marketing online banyak dilakukan karene memberikan berbagai keuntungan seperti, dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli bukan hanya lokal bahkan hingga seluruh dunia.

Selain itu, promosi dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga lebih efektif dan efisien. Juga lebih hemat tenaga dan biaya jika memiliki kemampuan pendukung yang dibutuhkan dalam pemasaran, seperti copywriting serta editing.

Kentungan lainnya adalah dapat mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli tanpa terbatas ruang dan waktu, sehingga berbagai pertanyaan dari konsumen dapat direspon dengan cepat.

Dengan melakukan marketing secara online juga lebih mudah dalam meningkatan brand awareness dengan beragamnya jenis konten marketing.

Mempromosikan bisnis pada jajaran teratas pada bisnis yang sama akan jauh lebih mudah. Dan dapat meningkatkan pendapatan bisnis dengan conversion rate lebih tinggi.

Jenis Strategi Marketing Online yang Populer

Jenis Strategi Marketing Online yang Populer

Ketika menjalankan bisnis online, harus mengetahui jenis strategi marketing online yang populer dan banyak digunakan oleh para pengusaha online, diantaranya adalah:

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan jenis pemasaran online yang sedang tren saat ini. Tujuannya adalah untuk memunculkan website di halaman pertama Google yang dilakukan tanpa penggunaan iklan melalui Google Ads.

Kunci keberhasilannya dari strategi ini terletak pada konten yang disajikan pada website tersebut.

2. Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu jenis strategi marketing online dengan menggunakan website untuk menampilkan kontennya, baik berupa foto, video, tulisan, dan lainnya.

Tujuannya supaya produk atau jasa yang ditawarkan dapat dikenal oleh calon konsumennya. Salah satu kebiasaan konsumen saat ini adalah selalu mencari berbagai informasi mengenai produk yang akan dibelinya terlebih dahulu.

Sehingga, jenis strategi marketing online melalui cara ini sangat tepat untuk dilakukan. Karena umumnya calon konsumen akan mencari informasi mengenai sebuah produk langsung dari websitenya.

Dengan adanya konten pada website akan lebih leluasa dalam membentuk perspektif konsumen sesuai yang diinginkan.

Namun perlu diingat, content marketing yang dibuat sebaiknya jangan terang-terangan, karena konsumen biasanya akan menghindari iklan yang terlalu lugas. Buatlah konten semi-advertorial terutama jika diterapkan untuk konten berjenis tulisan.

3. Mobile Marketing

Mobile marketing merupakan jenis strategi marketing online dengan menggunakan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

Sekarang ini, transaksi pembelian online melalui perangkat mobile lebih dari 60% dari total semua transaksi. Artinya, strategi ini harus diperhatikan dengan serius.

Caranya yaitu dengan mendesain website lebih user friendly, jadi dapat diakses melalui perangkat mobile. Sehingga, konsumen dapat berselancar pada website dimana saja dan kapan saja di smartphonennya.

4. Social Media Marketing

Banyaknya pengguna media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter dapat dijadikan sebagai jenis strategi marketing online yang efektif.

Keterjangkauan pelanggan akan lebih luas ketika menggunakan social media marketing. Pasalnya pengguna sosial media saat ini, mencakup seluruh dunia. Sehingga, pelanggan akan lebih banyak, secara otomatis penjualan juga meningkat.

5. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click atau PPC merupakan pemasaran produk dengan memanfaatkan iklan berbayar, namun harus mengeluarkan biaya untuk membayar jasa promosi tersebut sesuai jumlah klik dari konsumen.

Keuntungan menggunakan Pay Per Click yaitu dapat mengontrol biaya yang mesti dikeluarkan untuk iklan, mengatur target konsumen, bebas memilih platform dalam tempat menampilkan iklan, serta dapat mengatur durasi penampilan iklan.

6. Affiliate Marketing

Jenis strategi marketing online selanjutnya adalah bekerjasama dengan pengusaha lainnya. Para pengusaha tersebut akan saling memasarkan produk dan membagi keuntungannya.

Dengan begitu tidak hanya dapat meningkatkan penjualan, tetapi juga memperluas relasi bisnis sehingga semakin dikenal oleh banyak kalangan.

Semakin berkembangnya teknologi informasi tanpa disadari mempengaruhi berbagai lini kehidupan, yang tidak hanya dapat dirasakan oleh orang dengan profesi tertentu saja.

Salah satu sektor yang terpengaruh adalah dunia bisnis. Dimana yang tadinya bisnis baik dibidang jasa maupun produk dilakukan secara offline, sekarang berbagai bisnis dapat dilakukan secara online baik melalui website maupun media sosial.

Salah satu untuk cara untuk meningkatkan keuntungan dalam penjualan online yaitu dengan menggunakan jenis strategi marketing online yang tepat.

Baca Juga : 12 Media Promosi Online yang Paling Efektif Untuk Bisnis!

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.