12 Media Promosi Online yang Paling Efektif Untuk Bisnis!

Media Promosi Online

Media promosi online adalah sarana yang kerap digunakan untuk menunjang dan mengembangkan bisnis. Anda dapat mengoptimalkan promosi melalui media online dalam suatu strategi marketing.

Media ini juga punya lebih banyak kelebihan dibandingkan media offline lho!

Salah satunya dengan kampanye promosi yang Anda lakukan melalui media online, Anda dapat menjangkau pelanggan atau calon pelanggan yang lebih luas.

Selain menjangkau lebih banyak calon pelanggan atau pelanggan baru, media ini juga punya berbagai manfaat lainnya.

Tapi sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat dan kelebihan media promosi satu ini, Anda juga perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan media promosi online?

Apa saja perbedaannya dengan media offline? Mana yang lebih efektif? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Media Promosi Online

Pengertian Media Promosi Online

Media promosi atau dikenal pula sebagai media pemasaran adalah suatu sarana yang digunakan dalam memasarkan suatu produk atau jasa.

Aktivitas memasarkan produk atau jasa ini juga terdiri dari kegiatan promosi atau memperkenalkan produk dan jasa, menawarkan, hingga membangun citra.

Sedangkan media promosi secara online adalah media pemasaran yang memanfaatkan internet dan kecanggihan teknologi lainnya. Selain media promosi dengan basis online, terdapat pula media promosi yang berbasis offline.

Baca Juga : Cara Membangun Kampanye Promosi Online

Perbedaan dengan Media Promosi Berbasis Offline

Perbedaan dengan Media Promosi Berbasis Offline

Meskipun sama-sama sarana untuk memasarkan produk dan jasa, namun media promosi berbasis online dan offline rupanya memiliki banyak perbedaan lho!

Perbedaan ini disebabkan oleh berbagai faktor dan memberikan dampak yang berbeda pula. Apa saja perbedaannya?

1. Biaya

Sebagai bagian dari meningkatkan penjualan serta mengenalkan produk lebih luas, promosi diperlukan untuk biaya yang terkadang tidak sedikit. Namun perbedaan biaya antara promosi dengan media online dan offline juga berbeda.

Promosi dengan media online kini lebih populer dibanding media offline karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit.

Namun dengan biaya yang lebih sedikit, promosi secara online justru memberikan hasil yang lebih maksimal dan efisien dibandingkan secara online.

2. Jangkauan

Karena berbasis online di era digital, promosi dengan media ini menjadi lebih mudah dengan jangkauan yang lebih luas. Media seperti iklan di sosial media, Google Ads, dan berbagai jenis platform iklan lainnya memungkinkan hal ini tercapai.

Tidak hanya jangkauan yang lebih luas, platform iklan berbasis online juga dapat menjangkau pelanggan atau calon pelanggan yang potensial.

Hal ini dikarenakan iklan dengan media online bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan audiens Anda.

Dengan algoritma di media sosial, Anda cukup memasang iklan dan sistem akan bekerja menyajikan iklan Anda ke calon pelanggan yang membutuhkan.

Media promosi online juga tidak mengenal jarak dan batas geografis sehingga produk dan jasa Anda bisa dilihat oleh siapapun di internet.

3. Kemudahan

Tidak hanya menjangkau audiens lebih luas dan memerlukan biaya yang lebih murah, media online juga menawarkan kemudahan dalam promosi. Anda cukup menyiapkan konten promosi dan menyebarkan di media sosial.

Sedangkan jika Anda menggunakan media offline, Anda memang hanya perlu mencetak banner maupun brosur namun Anda perlu menyebarkannya sendiri.

Namun di satu sisi, Anda harus menguasai berbagai fitur di platform promosi online agar promosi Anda bisa menjadi lebih efektif.

4. Bentuk

Jika promosi offline memiliki bentuk fisik yang bisa disentuh seperti brosur, poster, banner, dan lain sebagainya, promosi online memiliki wujud yang bisa dibaca, didengar, atau ditonton tanpa wujud fisik. Karena promosi online sepenuhnya dilakukan secara digital.

Hal ini dapat dilihat dari konten-konten promosi di media sosial yang berwujud gambar, video, dan sebagainya.

Selain menjadi lebih kreatif, promosi melalui media online juga memungkinkan Anda untuk menuangkan kreatifitas dan dapat dilihat audiens di seluruh wilayah.

5. Jenis Produk

Sebelum mempromosikan produk dan jasa di media promosi online, Anda juga perlu mengenal produk dan jasa yang Anda tawarkan. Hal ini untuk menentukan platform online apa yang cocok dengan jasa dan produk yang Anda tawarkan.

Umumnya promosi dengan platform offline perlu menghadirkan produk secara fisik untuk ditawarkan pada target pembeli.

Sedangkan promosi dengan platform online hanya memerlukan video atau foto produk yang ditawarkan dengan dilengkapi narasi yang menjual.

6. Waktu

Jika Anda melakukan promosi dengan media online, Anda tidak perlu terlalu terikat dengan waktu.

Namun Anda harus memperhatikan waktu agar bisa memaksimalkan kampanye promosi Anda. Waktu promosi dan mengunggah konten yang tepat akan membantu kampanye Anda dilihat banyak audiens.

Sedangkan untuk berkampanye di media offline, Anda perlu lebih memperhatikan waktu karena sangat mempengaruhi audiens.

Hal ini karena promosi offline perlu menyampaikan informasi secara langsung ke audiens seperti membagikan sampel produk, atau brosur pada calon pelanggan.

Manfaat Media Promosi Online

Manfaat Media Promosi Online

Jika dibandingkan dengan media promosi offline, promosi dengan basis online juga memberikan cukup banyak manfaat.

Dengan promosi secara online, manfaat yang diberikan juga dapat mengembangkan bisnis Anda. Berikut adalah berbagai manfaat promosi online.

1. Lebih informatif

Dengan promosi secara online, Anda juga perlu menyajikan narasi yang informatif dan menarik agar bisa menjelaskan konten yang disajikan untuk pelanggan maupun calon pelanggan. Terlebih karena perputaran konten di ranah digital begitu cepat.

Hal ini karena informasi produk tidak dapat disampaikan secara langsung sehingga memerlukan media tulisan maupun audio agar lebih informatif dan lebih mudah diingat oleh pelanggan atau calon pelanggan.

Di satu sisi hal ini juga menguntungkan karena melalui narasi informasi yang diberikan lebih lengkap.

2. Mendatangkan Banyak Calon Pelanggan

Karena jangkauan yang lebih luas, promosi online dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan baru atau calon pelanggan yang potensial. Terlebih promosi online bisa menjangkau wilayah yang lebih luas dan tidak terbatas pada area geografis.

Tidak hanya mendatangkan pelanggan yang tertarik mengenal produk dan jasa yang Anda tawarkan, namun juga mendatangkan pelanggan potensial yang membutuhkan produk dan jasa Anda.

Calon pelanggan potensial ini umumnya memiliki daya beli sehingga sampai pada proses pembelian produk.

3. Meningkatkan Citra dan Nilai Produk

Media promosi online menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan citra dan nilai produk. Dengan sosial media dan kampanye yang baik, maka akan mendatangkan citra dan nilai yang baik di mata pelanggan atau calon pelanggan.

Hal ini juga meningkatkan kredibilitas produk dan jasa Anda lho!

4. Biaya Promosi yang Lebih Efisien

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, promosi online juga bermanfaat untuk menekan dan membuat biaya promosi lebih murah.

Anda dapat mengalokasikan sisa biaya promosi untuk keperluan lainnya sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

5. Komunikasi yang Mudah

Media online juga memungkinkan calon pelanggan atau pelanggan dapat berkomunikasi dengan mudah.

Hal ini dikarenakan pelanggan atau calon pelanggan dapat melihat dan menyampaikan pertanyaan terkait produk serta mendapatkan jawaban secara real time.

Tentunya hal ini menjadi suatu manfaat tersendiri karena komunikasi dengan pelanggan dari manapun bisa dilakukan tanpa terbatas jarak sehingga lebih mudah.

Penggunaan balasan pesan otomatis juga menjadi lebih mudah dan memberikan informasi umum pada pelanggan.

Jenis Media Promosi Online

Dalam dunia digital dan promosi online terdapat berbagai jenis platform yang bisa digunakan untuk menunjang pemasaran suatu produk dan jasa.

Penggunaan platform yang sesuai dengan target pasar akan membuat kampanye lebih efektif dan memberikan hasil yang maksimal.

1. Instagram Ads

Instagram Ads

Jenis yang pertama termasuk ke dalam iklan di sosial media yakni Instagram. Sebagai salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak, Instagram Ads menjadi salah satu platform yang cukup efektif untuk berpromosi.

Terlebih Instagram memiliki algoritma yang memunculkan konten sesuai minat pengguna.

Anda dapat menampilkan iklan di fitur instagram seperti fitur story, atau menampilkan pada timeline Instagram pelanggan.

Dengan biaya yang terbilang murah, Anda dapat menampilkan konten yang sudah disiapkan dengan berbagai pilihan waktu tayang.

2. Instagram Reels

Instagram Reels

Tidak hanya berwujud iklan di Instagram, Anda juga dapat memanfaatkan Instagram Reels untuk berpromosi. Instagram Reels adalah salah satu fitur di Instagram yang menawarkan fasilitas video berdurasi cukup panjang yakni 30 detik.

Anda dapat membuat berbagai konten video dengan memanfaatkan fitur ini. Fitur ini juga menjadi sangat efektif dan bermanfaat bagi Anda yang aktif berbisnis atau berjualan di Instagram untuk mendapatkan calon pelanggan yang spesifik.

3. Facebook Ads

Facebook Ads

Masih termasuk jenis media promosi online yang memanfaatkan iklan di sosial media, Facebook juga menjadi salah satunya.

Sama seperti Instagram, Facebook menjadi salah satu platform media sosial yang memiliki pengguna terbanyak. Harga untuk beriklan di Facebook masih cukup terjangkau.

Demografi pengguna Facebook di Indonesia juga terbilang beragam dan mencakup kelompok usia yang luas.

Dengan demikian, target iklan menjadi lebih spesifik dan lebih mudah ditentukan. Bahkan iklan di Facebook dapat muncul di website lain yang bekerja sama dengan Facebook.

4. Google Ads

Google

Google shopping atau Google Ads adalah salah satu media promosi yang memanfaatkan mesin pencarian.

Sistem Ads ini menawarkan berbagai kampanye promosi yang bisa Anda pilih. Jika Anda bertujuan untuk meningkatkan penjualan maka platform ini cocok untuk tujuan Anda.

Promosi di Google memberikan gambaran spesifik produk seperti gambar, harga, hingga tautan yang langsung mengarah ke toko online. Dengan informasi yang spesifik, Google memudahkan pelanggan yang siap untuk membeli produk ke bisnis Anda.

5. TikTok Ads

TikTok Ads

TikTok yang sebelumnya merupakan platform sosial media untuk berbagi video, kini juga dilengkapi dengan fitur berbelanja.

Hal ini menjadikan aplikasi TikTok lebih efektif untuk memasang iklan. Selain memasang iklan, Anda dapat membuat konten untuk mempromosikan bisnis Anda dengan video.

Nyatanya video kini menjadi salah satu media pemasaran online yang lebih menarik dibandingkan dengan konten yang hanya berupa foto maupun sekadar tulisan.

Untuk itu Anda harus jeli melihat kesempatan dan trend yang sedang banyak digunakan di sosial media seperti TikTok.

6. YouTube Ads

YouTube Ads

Platform YouTube merupakan satu-satunya platform untuk menonton berbagai jenis video dalam durasi yang panjang.

Video di YouTube juga dapat dinikmati secara gratis namun dengan iklan yang dapat atau tidak dapat dilewati. Meskipun demikian, beriklan di YouTube terbilang cukup efektif.

Hal ini juga sebanding dengan harga beriklan di YouTube dan jangkauannya yang sangat luas. Dengan beriklan di YouTube, Anda dapat mengenalkan bisnis ke khalayak sehingga produk dan jasa yang Anda tawarkan menjadi lebih familiar di mata calon pelanggan.

7. Twitter Ads

Twitter Ads

Masih dalam lingkup media sosial, Twitter Ads menjadi media promosi online paling efektif yang selanjutnya. Anda dapat beriklan di Twitter dengan berbagai cara mulai dari promoted tweet, promoted accounts, hingga promoted trends.

Bahkan Anda dapat membuat kampanye promosi sendiri jika sudah memahami target audiens dengan jelas. Bagi Anda yang belum menentukan target pasar dengan jelas, fitur promosi otomatis yang disediakan oleh Twitter menjadi sangat berguna.

8. Marketplace

Marketplace

Tidak hanya menjadi tempat berjualan, marketplace juga dapat mempromosikan bisnis Anda lho!

Setiap marketplace biasanya menyediakan fitur iklan yang berbeda-beda dan bisa Anda manfaatkan untuk berpromosi. Iklan ini dapat muncul pada pencarian yang dilakukan oleh pengguna.

Selain beriklan dengan membayar, Anda juga dapat beriklan secara gratis. Caranya cukup dengan menyediakan katalog yang bagus dan menarik.

Hal ini dapat menjadikan toko online Anda lebih menarik dan mendatangkan pelanggan baru. Selain itu pastikan deskripsi produk Anda detail dan informatif ya!

Baca Juga: Apa Itu Marketplace? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

9. Endorsement

Endorsement

Selain beriklan di sosial media maupun marketplace, Anda juga dapat beriklan dengan orang-orang yang memiliki pengaruh baik di dunia nyata maupun di internet.

Faktanya, endorsement kini menjadi salah satu media promosi online paling efektif dalam wujud kerja sama dengan para influencer.

Dengan endorsement, Anda tidak hanya memanfaatkan pengaruh para influencer namun juga media sosial yang mereka gunakan untuk berinteraksi dengan pengikutnya.

Namun Anda perlu menyesuaikan jenis influencer dengan produk dan jangkauan yang Anda inginkan agar hasilnya maksimal!

10. Email Marketing

Email Marketing

Meskipun berbeda dengan metode iklan yang lainnya, namun email marketing dianggap cukup efektif untuk mempertahankan komunikasi dan hubungan dengan pelanggan.

Meski dianggap sebagai metode kuno namun email marketing dapat mempertahankan loyalitas pelanggan lho!

Anda dapat mengirimkan berbagai informasi mulai dari penawaran produk baru ataupun berita promosi lainnya pada pelanggan.

Dampak yang diberikan oleh jenis promosi yang satu ini pun cukup besar karena pelanggan tidak ketinggalan informasi tentang produk Anda.

Baca Juga: Email Newsletter: Pengertian, Tips, Komponen dan Contohnya

11. Website

Website

Blog atau website kerap kali menjadi platform promosi yang dipandang sebelah mata. Banyak yang mengira, website atau blog hanya digunakan untuk mendukung promosi saja. Namun Anda dapat menyajikan berbagai informasi yang relevan dengan produk Anda di website atau blog lho!

Dengan demikian pelanggan atau calon pelanggan dapat mencari informasi yang mereka butuhkan dari website atau blog Anda.

Agar semakin optimal, Anda bisa menggunakan SEO sehingga website atau blog Anda bisa berada di puncak mesin pencarian dan mudah ditemukan oleh pelanggan.

12. WhatsApp

WhatsApp

Meskipun tidak dapat digunakan untuk berpromosi seperti sosial media lainnya, namun Anda dapat memanfaatkan WhatsApp sebagai salah satu sarana komunikasi yang efektif dengan pelanggan atau calon pelanggan. Selain itu pesan WhatsApp juga dapat membangun kedekatan dengan pelanggan.

Pertanyaan dari pelanggan juga dapat dijawab dengan lebih cepat dan efektif dengan WhatsApp.

Adanya WhatsApp Bisnis juga memungkinkan Anda untuk memajang katalog pada profil WhatsApp Anda. Selain itu Anda juga dapat menyebarkan pesan promosi broadcast secara berkala pada pelanggan Anda.

Kini Anda sudah mendapatkan informasi dan penjelasan lengkap mengenai media promosi secara online.

Salah satu alasan memilih media promosi online adalah keefektifan dan efisiensi yang diberikan. Namun ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar kampanye tetap berjalan efektif.

Kampanye yang tidak efektif tentu akan membuat kegiatan promosi Anda tidak maksimal. Hal ini akan membuat promosi yang sudah dilakukan di berbagai media online menjadi sia-sia. Maka dari itu persiapkan matang-matang kampanye Anda sebelum berpromosi ya!

Baca Juga: Pengertian Promosi, Jenis-jenis Beserta Manfaatnya

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar