10 Negara Paling Kaya di Dunia, Ada dari ASEAN!

Negara Paling Kaya

Kekayaan sebuah negara akan memastikan kesejahteraan dari rakyatnya sendiri. Dikarenakan kekayaan tersebut dilihat dari pertumbuhan ekonomi pada setiap warga yang tinggal di dalamnya. Jadi, pasti seru jika mengetahui negara paling kaya yang ada di bumi ini.

Banyak orang yang beranggapan bahwa Dubai adalah negara kaya karena memiliki fasilitas dengan harga yang bisa dibilang tinggi.

Apakah benar jika Dubai adalah negara yang paling kaya? Apakah percaya hanya dengan melihat dari fasilitas mahalnya itu?

Agar pemahaman mengenai negara terkaya maka bisa diperluas lagi karena kekayaan bisa dilihat dari banyak aspek.

Yuk, kenali beberapa negara kaya yang sudah diurutkan dari bawah ke atas. Apakah Indonesia masuk ke dalamnya?

Urutan Negara Paling Kaya di Dunia

Tingkat kesejahteraan dari masyarakat berbeda setiap negara dan bisa dikatakan naik turun sejak adanya pandemi di tahun 2020-2021.

Dan ada beberapa negara yang mampu menyelamatkan asetnya selama pandemi tersebut. Ingin tahu negara apa saja yang bisa menduduki peringkat tersebut?

1. Negara Luksemburg

Negara Luksemburg

Negara terkaya dari daftar negara paling kaya di dunia adalah Luksemburg. Letak dari negara ini berada pada daratan Eropa Barat.

Berdasarkan informasi, kekayaan yang dimilikinya didapatkan dari sektor jasa keuangan dan sektor industri.

Luksemburg sendiri memiliki Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yaitu 118.503,6 US Dollar per kapita dengan daftar yang didapatkan pada tahun 2021.

Penduduk negara ini sebanyak 630.000 jiwa yang sangat tertarik dengan parisiwata sehingga tingkat kehidupannya juga bisa dikatakan cukup fantastis.

Meskipun begitu, dengan kekayaan yang dimiliki selalu dijaminkan untuk pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

Dan sebagian besar dari pendapatan tersebut akan disalurkan pada proyek yang dijalankan seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, serta perumahan.

2. Irlandia

Irlandia

Untuk negara terkaya selanjutnya jatuh pada Irlandia yang dapat dibilang bahwa Pendapatan Domestik Brutonya cukup menakjubkan.

Bagaimana tidak? Peningkatannya terjadi sangat pesat dan bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain bisa dikatakan negara yang kaya, Irlandia juga memiliki kondisi fiskal yang sehat. Dengan PDB yang cukup fantastis, penduduknya sekitar 5 juta jiwa yang bisa menopang setiap kesejahteraan masing-masing keluarga.

Kondisi fiskal yang sehat juga dikarenakan peningkatan ketenagakerjaan yang mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan tepat.

Karena adanya ketenagakerjaan tinggi maka jumlah PDB pada tahun 2021 bisa mencapai 111.360 dolar AS per kapita, cukup fantastis bukan?

3. Singapura

Singapura

Negara yang berada di urutan nomor 3 paling kaya di dunia menurut majalah Global Finance yaitu Singapura.

Dengan kekayaan tersebut maka disebut sebagai salah satu negara paling makmur di Asia Tenggara yang masih satu kawasan dengan Indonesia.

Negara Singapura sendiri adalah surga fiskal yang mana adanya keuntungan modal serta dividen bebas pajak. Jadi, seluruh rakyat akan diuntungkan dengan baik karena bebas pajak tersebut.

Melihat dari kekayaan bersihnya, Singapura memiliki 23 juta dolar AS yang dilihat dari PDBnya sendiri sebenarnya mengalami penurunan sejak pandemi.

PDB yang awal sebesar 102.573,4 dolar AS turun sampai dengan 98.483,3 dolas AS per kapita di tahun selanjutnya.

4. Qatar

Qatar

Qatar menjadi salah satu negara yang masuk ke dalam list negara paling kaya di dunia. Siapa yang tidak mengerti Qatar ini? Yang saat ini menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dengan berbagai aksi menakjubkan saat pembukaan kemarin.

Kekayaan dari negara Qatar ini bisa digunakan untuk mempertahankan dari pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

Terlihat di masa pandemi yang mendapatkan PDB sebesar 100.037 dolar AS untuk per kapitanya. Yang bisa dilihat bahwa PDB tersebut tergolong tinggi.

Masyarakat atau penduduk Qatar sendiri tidak kekurangan secara finansial karena di sana terdapat banyak lapangan pekerjaan yang terbuka. Kesejahteraan ini membuatnya menjadi negara yang kaya dan kondisi ekonomi stabil.

5. Swiss

Swiss

Negara tujuan jika ingin melakukan wisata luar negeri, Swiss. Berada di urutan negara terkaya di dunia posisi kelima.

PDB yang dimiliki oleh negara ini dari produktivitas masyarakatnya adalah 78.112 dolas AS per kapita. Meskipun pendapatan yang dimiliki tersebut mengalami penurunan selama pandemi.

Jadi, sebelumnya Swiss berada di urutan atas dan merosot ke nomor lima. Meskipun begitu tidak membuatnya terlepas dari urutan 10 besar negara terkaya. Dan penurunan tersebut tercatat telah turun 2,5%.

Pemerintah Swiss selalu membuat kebijakan yang berguna untuk meningkatkan ekonomi masyarakat agar kesejahteraan negara dan rakyat bisa bertahan.

Strategi yang dilakukan yaitu menciptakan industri ekspor yang dapat bersaing di dunia dan bisa menjadi penguat keuangan publik serta rumah tangga.

6. Unit Emirat Arab

Unit Emirat Arab

PDB yang dimiliki oleh Unit Emirat Arab yang menempati posisi 6 besar negara paling kaya yaitu 74.245 dolas AS per kapita. Perekonomian Arab ini didapatkan dari sumber daya alam yang melimpah dan dimanfaatkan oleh para penduduknya.

Bisa dikatakan bahwa Arab adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Selain itu, Arab juga menjadi tempat tujuan pariwisata yang dilakukan oleh banyak orang. Tidak lupa, banyak warga negara asing yang melakukan ibadah haji dan umroh.

Dengan begitu, Arab memiliki keunggulan di berbagai bidang seperti pariwisata, industri, perdagangan serta keuangan.

Negara kaya ini menjadi negara maju yang memiliki berbagai produk ekspor untuk negara lain dan mendapatkan penghasilan yang besar juga.

7. Norwegia

Norwegia

Norwegia merupakan salah satu negara di Eropa Barat yang mendapatkan urutan nomor 7 pada daftar negara paling kaya di dunia. Yang mana, Norwegia ini merupakan negara yang mendapatkan peningkatan dari adanya penjualan minyak terbanyak.

Peningkatan pendapatan yang dialaminya tersebut dikarenakan harga minyak yang naik beberapa dekade terakhir ini. Karena harga minyak di seluruh dunia naik, maka pendapatan Norwegia juga ikut naik.

Pendapatan domestik bruto yang dimilikinya pada tahun 2021 yaitu 69.859 dolas AS per kapita yang mana jumlah tersebut cukup tinggi dan bisa bersaing dengan negara lain.

Akan tetapi, keunggulan dari negara Norwegia ini adalah pendapatan yang dimiliki tersebut murni untuk kesejahteraan masyarakat.

Dengan kekayaan yang dimiliki oleh Norwegia tersebut ternyata dilihat dari urutan lainnya, kesenjangan pendapatan Norwegia termasuk yang terendah di dunia. Jadi, satu penduduk dengan penduduk lainnya bisa dikatakan pendapatannya tidak berbeda jauh.

8. Amerika Serikat

Amerika Serikat

Negara yang memiliki wilayah terluas, Amerika Serikat masuk ke dalam urutan nomor delapan negara kaya di dunia. Pendapatan domestik bruto yang berhasil didapatkan adalah 69.375 dolar AS per kapita di tahun 2021.

Akan tetapi, melihat dari negara maju ini bisa dikatakan bahwa seluruh penduduknya sudah sangat melek dengan teknologi.

IPTEK bisa dikuasai dengan baik karena fasilitas dan sumber daya manusia yang sangat mumpuni untuk mengikuti perkembangan zaman.

Ternyata, di balik pendapatan domestik bruto per kapita yang cukup tinggi tersebut ada penghasilan lain dari para individunya.

Penghasilan yang didapatkan dari per individu di negara ini bisa bertumbuh dengan melakukan kegiatan investasi.

Kegiatan investasi tersebut jika berhasil pastinya akan membuat penghasilan dari masyarakat semakin meningkat. Jadi, pertumbuhan penghasilan per individu di Amerika Serikat masih bisa bertumbuh dengan tepat.

9. Makau

Makau

Makau, salah satu negara Asia yang juga masuk ke dalam daftar negara paling kaya. Negara ini sendiri bisa dikatakan sebagai negara kaya karena penghasilan bruto domestiknya mencapai di angka 67.475 dolas AS per kapita di tahun ini.

Bahkan karena keindahannya ini, Makau sudah umum disebut sebaai Las Vegas Asia. Pada negara ini, terdapat hal menarik seperti kasino sebanyak lebih dari 40 buah yang sudah tersebar pada are kurang lebih 30 km persegi di suatu daerahnya.

Di samping itu, Makau juga kerap dijadikan sebagai destinasi wisata oleh masyarakat asing. Dan penghasilan dari pariwisata tersebut cukup fantastis yang mampu menyumbang pendapatan domestik brutonya. Baca Juga : Bruto Adalah

10. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam

Negara dari Asia Tenggara ternyata masuk juga ke dalam negara terkaya, Brunei Darussalam. Negara yang paling banyak menghasilkan minyak untuk seluruh dunia.

Karena sumber daya alam tersebut, Brunei Darussalam memiliki pendapatan domestik bruto sebesar 65.675 dolas AS per kapita.

Untuk pendapatan tersebut cukup fantastis dan masih masuk ke dalam urutan dunia untuk kategori negara kaya.

Meskipun negara yang ditempatinya tersebut sempit dan kecil namun hasil dari sumber daya alamnya cukup melimpah dan membuatnya bisa menjadi negara kaya.

Dari beberapa daftar di atas, ternyata Indonesia tidak masuk ke dalam negara paling kaya dalam urutan 10 besar. Akan tetapi, Indonesia tetap pada peringkat 97 negara terkaya di dunia.

Dan jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya masih masuk ke dalam 5 besar.

Baca Juga: UKM: Pengertian, Syarat hingga Peran UKM di Indonesia

Ciri-Ciri Negara Paling Kaya Di Dunia

Ciri-Ciri Negara Paling Kaya Di Dunia

Negara yang kaya pastinya memiliki ciri-ciri yang mencolok dan bisa dijadikan acuan oleh negara lain.

Hal ini bisa dilihat dengan baik sehingga negara bisa dikatakan sebagai negara yang makmur dan sejahtera. Kekayaan negara ini pastinya akan mempengaruhi kesejahteraan penduduknya bukan?

Penasaran apa saja yang menjadi ciri-ciri negara paling kaya? Sebenarnya bisa dilihat dari contoh daftar negara terkaya yang sudah diberikan di atas. Namun, jika ingin lebih detail bisa melihat pada penjelasan di bawah ini:

1. Pendapatan Per Kapita Tinggi

Menurut Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (USTR), negara dengan pendapatan kapita yang tinggi termasuk ke dalam negara kaya dan maju.

Bisa dikatakan pendapatan per kapita tinggi berada di atas US$12.375 per tahunnya dan bisa lebih besar.

Mengapa pendapatan per kapita tinggi bisa mempengaruhi kekayaan negara? Karena pendapatan per kapita ini mewakili bentuk dari nilai ekonomi negara tersebut.

Dengan pendapatan per kapita yang tinggi maka nilai ekonomi akan naik dan didongkrak dengan baik.

Dengan kata lain, bisa menggambarkan kondisi negara dengan tingkat kemiskinan yang dapat diatasi. Penduduk tidak akan merasakan kemiskinan karena kesejahteraannya sudah dijamin oleh pemerintah setempat.

2. Angka Pengangguran Kecil

Dilihat dari pendapatan per kapita yang tinggi setiap tahunnya maka bisa dikatakan bahwa angka pengangguran pada negara tersebut kecil.

Karena, sama halnya dengan negara maju, negara kaya juga memiliki angka penggangguran yang tergolong kecil karena penduduknya akan mendapatkan pekerjaan.

Contohnya saja, untuk Negara Amerika Serikat sebagai negara maju memiliki pekerja produktif dengan total pekerja sebanyak 163 jiwa per Januari tahun 2022 (Statista) dan bahkan bisa lebih banyak lagi.

Angka jumlah tenaga kerja yang tinggi akan membuat tingkat pengangguran yang kecil dan mendongkrak ekonomi negara. Negara paling kaya bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang sukses bagi para masyarakatnya yang dalam masa produktif.

Masa produktif dari setiap masyarakat ini dimaksimalkan dalam pekerjaan dan menutupi lapangan pekerjaan yang kosong. Dengan begitu, masyarakat akan bisa menyumbang jumlah PDB per kapita negara setiap tahunnya.

3. Menguasai IPTEK dengan Baik

Semakin berkembangnya zaman, maka IPTEK juga akan ikut terus tumbuh menghadirkan inovasi-inovasi baru.

Penduduk dengan negara maju tersebut pastinya akan cenderung menguasai IPTEK dengan baik. Hal tersebut dikarenakan teknologi tidak bisa ditinggalkan di masa sekarang ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, di negara maju dan kaya sudah menggunakan teknologi canggih. Biasanya bentuk dari teknologi canggih tersebut adalah alat-alat modern yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mudah.

Peran teknologi bisa dikatakan cukup besar pada aktivtas setiap masyarakat. Keseharian akan bisa dipenuhi dengan baik pada masa ini dengan adanya teknologi yang mumpuni.

Oleh sebab itu, keunggulan dari negara kaya tersebut adalah teknologi yang unggul dan peluangnya cukup besar.

Negara yang kaya bisa menuju ke negara maju yang unggul karena didukung dengan kepemilikan kekayaan dan intelektual yang tinggi.

Meskipun negara kecil seperti Finlandia namun tetap menggunakan teknologi sehingga mampu unggul dalam hal teknologi dan dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari.

4. Keamanan Terjamin

Tingkat keamanan negara kaya pastinya sudah terjamin dan lebih terjamin dibandingkan dengan negara berkembang atau negara miskin.

Hal tersebut tidak lepas dari adanya peran penggunaan dari teknologi canggih di masa saat ini. Canggihnya teknologi akan mempengaruhi tingkat keamanan negara.

Fasilitas keamanan dan teknologi persenjataan pastinya sudah dikembangkan dengan baik dan lebih lengkap lagi.

Para masyarakat bisa merasakan keunggulan jaminan keamanan ini dari segi mana saja karena negara sudah memperhatikan dengan baik.

5. Kesehatan Terjamin

Terlepas dari terjaminnya keamanan, kesehatan juga terjamin karena ada banyak sekali fasilitas kesehatan yang terlah disediakan.

Selain fasilitas kesehatan memadai, ternyata petugas medis yang melayani masyarakat juga sudah handal serta terlatih dengan baik.

Dengan adanya kesehatan yang terjamin maka angka mortalitas pada negara paling kaya ini bisa ditekan.

Dan harapannya adalah angka harapan penduduk bisa tinggi. Dimana saat angka harapan hidup tingi akan membuat kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat.

Fasiltas kesehatan yang sudah terjamin dan memadai ini akan membuat penduduk dari negara kaya bisa terkontrol. Angka kehidupan akan tinggi dan kesejahteraan dari masyarakat bisa terjamin.

6. Tingkat Ekspor Tinggi dan Impor Rendah

Kekayaan suatu negara juga bisa dilihat dari tingkat ekspor yang dilakukan tinggi dibandingkan dengan tingkat impornya.

Ekspor yang tinggi juga dipengaruhi oleh adanya sumber daya manusia suatu negara yang unggul dan disertai dengan teknologi yang memadai.

Para penduduk produktif akan menggunakan teknologi dengan maksimal untuk memanfaatkan hasil sumber daya alam yang dimiliki oleh negara tersebut.

Negara dengan hasil SDA yang diekspor akan mendapatkan pemasukan lebih banyak dan kemakmuran lebih terjamin.

Peningkatan yang dilakukan oleh para penduduk agar kesejahteraannya terjamin dengan melihat ciri-ciri di atas, ternyata mampu mengantarkannya pada negara paling kaya.

Dengan begitu, selain kehidupan penduduknya sendiri yang terjamin juga negaranya mendapatkan nama yang baik di mata dunia.

Baca Juga: 10 Daftar Negara Paling Miskin di Dunia dan Indikatornya

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar