Pengertian Tabungan, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Pengertian Tabungan, Manfaat dan Jenis-jenisnya

Pengertian tabungan adalah uang yang disimpan di bank dan penarikannya hanya bisa dilakukan dengan syarat tertentu.

Biasanya bank memberikan sebuah buku tabungan berisikan informasi pemilik dan seluruh transaksi yang dilakukan beserta kartu ATM.

Seiring perkembangan bank saat ini, ada beragam jenis tabungan, salah satunya tidak lagi menyediakan buku tabungan dan hanya memberikan mobile banking.

Tapi apa sebenarnya tabungan, fungsi dan jenis-jenisnya? Berikut pembahasan lengkapnya untuk Anda.

Pengertian Tabungan

Pengertian Tabungan

Apa itu Tabungan? Tabungan adalah proses menyimpan uang ataupun pendapatan yang sedang tidak digunakan buat kebutuhan sehari-hari serta kepentingan lainnya.

Nah, Tabungan uang ini bisa dipakai serta diambil kapan saja bahkan tanpa terikat perjanjian.

Tabungan yang seringkali dipakai oleh banyak orang di zaman sekarang yaitu tabungan bank.

Hal ini dikarenakan banyak fasilitas yang ditawarkan untuk para calon nasabahnya. Hal ini yang menarik bagi calon nasabah untuk menabung.

Salah satu fasilitas yang diberikan kepada nasabah yaitu bisa menarik tunai melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) menggunakan kartu.

Saat menabung di bank nasabah biasanya akan mendapatkan fasilitas sesuai kebijakan bank terkait.

Pengertian Tabungan Menurut Ahli

Sistem tabungan menarik hati para milenial sekarang karena beragam fasilitas dan manfaatnya.

Agar lebih paham lagi, berikut di bawah ini merupakan pengertian tabungan menurut para ahli dan juga undang-undang :

1. OJK

Tabungan merupakan simpanan uang dalam bank dengan metode penarikannya bisa dilakukan dengan persyaratan tertentu.

Pada umumnya bank memberikan buku tabungan sekaligus informasi pemilik, semua transaksi yang sudah dilakukan beserta kartu ATM dan nomor PIN.

2. Kasmir

Pengertian tabungan yaitu simpanan suatu pihak ketiga dengan penarikannya yang dapat dilakukan sesuai persyaratan tertentu.

Tetapi tidak bisa ditarik menggunakan bilyet giro, cek serta alat lainnya yang mirip seperti itu. Biasanya tabungan bisa ditarik memakai kartu ATM atau slip penarikan.

3. UU RI Nomor 7 Tahun 1992

Tabungan merupakan simpanan milik pihak ketiga yang diserahkan kepada bank dengan penarikan yang bisa dilakukan kapan saja sesuai persyaratannya.

Namun tidak bisa ditarik menggunakan alat pembayaran ataupun cek yang setara

4. UU Perbankan No.10 Tahun 1998

Sesuai undang-undang, pengertian tabungan yaitu simpanan yang penarikannya cuma bisa dilakukan sesuai persyaratan tertentu yang sudah disepakati, tapi tidak bisa ditarik dengan cek, bilyet giro atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

5. Kunarjo

Pengertian tabungan yaitu jumlah uang yang disiapkan dan disisihkan dari pendapatannya untuk tujuan investasi.

Sedangkan menurut teori ekonomi tabungan merupakan pendapatan yang disisihkan dan tidak dikonsumsi.

6. Jeffrey Edmund Curry

Pengertian dari tabungan adalah pendapatan yang disisihkan serta tidak dihabiskan untuk konsumsi.

Hal ini ditujukan dengan cara menahan, memperoleh, dan memperluas aset yang dimiliki.

7. Taswan

Menurut Taswan, pengertian tabungan adalah simpanan orang atau masyarakat dengan penarikan yang hanya bisa dilakukan dengan persyaratan tertentu.

Biasanya hal ini sudah disepakati namun tidak dapat ditarik menggunakan bilyet, cek, giro, dan lainnya.

8. Simorangkir

Pengertian dari tabungan yaitu simpanan milik pihak ketiga yang diserahkan kepada bank dengan proses penarikan yang cuma bisa dilakukan sesuai persyaratan yang ditentukan oleh bank dengan nasabahnya.

9. Ismail

Dalam pandangan Ismail, pengertian tabungan adalah simpanan dana milik pihak ketiga yang uangnya bisa ditarik sesuai perjanjian di antara bank dengan nasabahnya sebagai pemilik tabungan.

10. Sigit Triandaru dan Totok Budisantoso

Tabungan bisa ditarik dengan waktu dan cara yang lebih fleksibel daripada deposito berjangka, tapi masih belum sefleksibel daripada rekening giro.

Selain itu, besarnya return sesuai saldo tabungan yang berada di antara tabungan deposito dengan giro.

11. Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia (SEKI)

Pengertian tabungan adalah dana yang disimpan pada bank umum ataupun Badan Perkreditan Rakyat (BPR) milik pihak ketiga dengan penarikan yang bisa dilakukan tapi sesuai persyaratan yang sudah disepakati namun cuma bisa ditarik menggunakan cek ataupun alat yang dipersamakan.

Manfaat Umum Menabung di Bank?

Kegiatan menabung menjadi hal yang banyak dilakukan oleh generasi sekarang. Lalu, apa saja manfaat yang bisa diperoleh?

Berikut beberapa manfaat saat menabung di bank :

  • Uang Anda aman karena disimpan dengan aman di bank dan tidak mudah dicuri atau berserakan.
  • Bank menawarkan keuntungan yang dihitung berdasarkan saldo tabungan.
  • Praktis karena kemudahan E-banking ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, Phone Banking dan Call Center tersedia 24 jam sehari.
  • Hemat! Jika memiliki kebiasaan menabung, Anda dapat menghemat uang dan menghindari kebiasaan membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Baca dan perhatikan syarat dan ketentuan produk tabungan yang Anda pilih. Simpan uang yang baru saja Anda terima (gaji, tunjangan, dll) di rekening tabungan.

Lakukanlah penarikan uang sesuai kebutuhan serta pastikan sudah merencanakan pengeluaran.

Jaga saldo tabungan Anda agar keuntungan bulanan lebih besar dari biaya perawatan bulanan dan nilai tabungan tidak berkurang.

Layanan e-banking menghemat uang, tenaga dan waktu dengan menghilangkan kebutuhan untuk mengunjungi cabang bank.

Jenis Jenis Tabungan

Tidak hanya memahami pengertian tabungan, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis tabungan.

Mengingat, menabung memiliki banyak manfaat positif, sehingga Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari berbagai manfaat lainnya.

Tidak semua jenis tabungan yang ada cocok untuk Anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis tabungan yang perlu Anda ketahui:

1. Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional adalah tabungan paling umum yang dimiliki banyak orang.

Seperti disebutkan secara singkat di atas, nasabah rekening tabungan ini biasanya dilengkapi dengan buku besar, kartu debit, dan layanan perbankan (SMS banking, mobile banking, internet banking, dll).

Dengan tabungan tradisional, tujuannya hanya untuk menyimpan uang, bukan untuk mengembangkannya, sehingga manfaat dan return yang Anda terima relatif rendah. Return yang diperbolehkan adalah 0% hingga 2%.

2. Tabungan Berjangka

Tidak seperti tabungan tradisional, tabungan yang satu ini cocok untuk mereka yang memiliki tujuan menabung. Seperti tujuan berangkat haji dan keperluan lainnya.

Return deposito berjangka adalah 3% hingga 7% dari tabungan tahunan, yang relatif lebih baik daripada tabungan tradisional.

Sesuai dengan pengertian tabungan berjangka, tabungan ini hanya berlangsung sesuai kontrak. Pelanggaran terhadap perjanjian dapat mengakibatkan denda atau hukuman.

3. Tabungan Anak

Tabungan anak ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengajari anak-anak mereka tentang menabung sejak dini.

Utilitas tidak jauh berbeda dengan tabungan tradisional. Buku besar atau beberapa kartu debit disediakan tergantung pada kebijakan bank.

Tapi tentu saja tidak ada fungsi perbankan. Setoran untuk tabungan ini sangat ringan, biasanya antara Rp5.000 hingga Rp20.000.

Hal ini supaya anak Anda dapat memulai kebiasaan menabung sedari dini.

4. Tabungan Mata Uang Asing

Rekening tabungan semacam ini sering disebut devisa (valas) dan tabungan semacam itu biasanya terdapat di bank-bank besar.

Mata uang yang biasa digunakan untuk tabungan ini adalah dolar, euro, pound, dan banyak mata uang asing lainnya.

Mereka yang hanya memiliki rupiah dapat menukarkan rupiah mereka sendiri dan mengubahnya menjadi mata uang asing untuk investasi.

Meskipun setoran awal dari rekening tabungan ini cukup beragam, simpanan ini dapat menghasilkan pengembalian yang lebih besar karena nilai konversi mata uangnya lebih tinggi.

5. Tabungan Haji

Tabungan ini sering digunakan oleh orang-orang yang merencanakan haji di tahun-tahun mendatang. Jenis tabungan semacam itu tidak jauh berbeda dengan tabungan dalam jangka waktu tertentu.

Setelah jumlah nominal yang dibutuhkan tercapai, uang tersebut dapat digunakan untuk membayar biaya berangkat haji.

Syarat serta dokumen yang harus disiapkan ini biasanya cukup rumit dibandingkan tabungan biasanya.

Karena untuk tabungan ini perlu disiapkan tidak hanya identitas diri, tetapi juga riwayat kesehatan.

Setoran awal biasanya tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Namun, semakin banyak uang yang Anda setorkan, semakin cepat Anda dapat mencapai tujuan.

6. Tabungan Giro

Yang terakhir adalah rekening koran. Tabungan ini sering disebut sebagai tabungan bisnis. Karena fitur tabungan ini menjawab kebutuhan bisnis seperti mengirim uang ke banyak rekening, dan transaksi bisa menggunakan cek dan paket.

Rekening giro ini dapat dibuat untuk perorangan atau badan usaha dengan setoran awal minimal Rp 2 juta sampai dengan Rp 3 juta.

Keuntungan Menabung di Bank

Tidak hanya memahami pengertian tabungan, Anda harus mengetahui keuntungannya.

Menyimpan sebagian dari penghasilan Anda mungkin tampak luar biasa apalagi jika Anda memikirkan kelebihannya. Berikut adalah beberapa contoh manfaat memiliki rekening bank.

1. Hemat untuk Jangka Panjang

Bank umumnya menawarkan beberapa program tabungan saat membuka rekening, termasuk untuk tujuan jangka pendek atau jangka panjang.

Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Jika memilih tabungan jangka panjang, Anda harus mengetahui manfaat dan resikonya terlebih dahulu.

2. Menghindari Hutang

Menabung bisa menyelamatkan Anda dari hutang. Kondisi keuangan masa depan tidak dapat diprediksi.

Bisa saja terjadi suatu kejadian yang tidak diharapkan sehingga penghasilan Anda tidak bisa mencukupinya.

Tetapi jika Anda mengalokasikan sebagian dari pendapatan untuk tabungan sejak awal, Anda dapat menggunakannya di saat krisis. Anda tidak perlu merasa berhutang budi kepada orang lain karena berhutang.

3. Menjadi Lebih Mandiri

Memiliki tabungan membuat Anda lebih mandiri. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya bahwa tabungan sangat membantu dalam keadaan darurat. Anda dapat dengan bebas menentukan jumlah yang dapat disimpan.

Keuntungannya yaitu dapat mengatur waktu untuk menghemat uang. Dengan cara ini Anda menjadi pribadi yang lebih disiplin dan mandiri.

4. Kesempatan Memenangkan Hadiah

Seperti yang diketahui, bank seringkali menyediakan hadiah undian. Baik itu mobil, emas, atau uang miliaran rupiah.

Jika menjadi pelanggan tetap bank, Anda dapat berpartisipasi dalam undian. Anda juga memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan hadiah.

5. Praktis

Menaruh uang di bank cenderung praktis, cukup setorkan uang dan bank akan membuat catatan keuangan untuk Anda.

Anda dapat dengan mudah mengetahui jumlah nominal yang dapat disimpan dan jumlah yang dapat ditarik.

Anda juga tidak perlu pergi ke cabang bank untuk melakukan transaksi. Banyak bank sekarang menawarkan layanan ATM, e-banking dan mobile banking. Tentu saja, ini membuatnya lebih mudah.

6. Terjamin Keamanannya

Menyimpan barang berharga secara bersama-sama tentu berbahaya. Memang hal itu membuatnya lebih mudah jika ingin mengambilnya.

Namun, Anda perlu berhati-hati tentang keamanan dan resiko yang mungkin terjadi.

Jika menyimpan uang di bank, Anda tidak perlu khawatir karena tabungan Anda 100% aman.

Bank sudah memiliki regulasi yang ketat mengenai penyimpanan dana nasabah, sehingga tidak perlu khawatir.

7. Keuntungan yang Besar

Uang yang Anda simpan akan membayar dan memberikan return bagi hasil.

Walaupun memang return yang didapat tidak besar, namun cukup untuk menjaga nilai dari resiko inflasi yang mungkin terjadi.

8. Rencana Keuangan yang Lebih Terstruktur

Anda dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik dan tetap disiplin.

Caranya yaitu dengan menggunakan beragam program bank yang ditawarkan kepada para nasabahnya. Jadi pastikan Anda memilih yang paling cocok sesuai kebutuhan.

Misalnya, Anda dapat memilih tabungan pribadi. Dengan cara ini, Anda dapat mencapai tujuan keuangan dengan cara yang lebih terstruktur.

Alat Penarikan Tabungan

Dari pengertian tabungan kita bisa memahami betapa pentingnya melakukan perencanaan keuangan dan mengamankannya.

Selain itu, saat Anda melakukan penyimpanan uang di bank, terdapat alat penarikan tabungan yang umum diketahui, yaitu:

  • Alat penarikan yang ada dapat dipakai secara bersamaan yaitu menggunakan buku tabungan berisikan catatan tabungan, penyetoran, dan penarikan. Buku tabungan biasanya dipegang nasabahnya.
  • Slip penarikan berbentuk kertas atau form yang berfungsi untuk nasabah kalau ingin melakukan proses penarikan uang dengan menggunakan buku tabungan.
  • Kwitansi adalah alat yang berbentuk lembaran kertas dan berfungsi menjadi bukti penarikan yang disahkan oleh bank.
  • Kartu plastik atau kartu ATM adalah kartu berbahan plastik yang bisa dipakai untuk menarik uang dengan menggunakan mesin ATM.

Fitur lain dari rekening tabungan adalah adanya jumlah setoran minimum saat membuka rekening baru. Nilai nominal ditentukan oleh masing-masing bank.

Khusus untuk produk tabungan pelajar (SimPel), minimal setoran awal sebesar Rp5,000.00

Harap dicatat bahwa ketika menyetor ke bank, Anda menerima return, yang besarnya ditentukan oleh masing-masing bank.

Pada umumnya return tabungan lebih kecil dibandingkan dengan investasi seperti deposito.

Haruskah Menabung di Bank!

Tidak ada paksaan bagi siapa pun untuk menabung di bank atau tidak. Beberapa keuntungan menjadi alasan banyak orang memilih menabung di bank. Namun, dibalik kelebihan, tentu saja selalu ada kekurangan.

Di antara kekurangan menabung di bank adalah adanya biaya administrasi, uang sulit berkembang dan terdapat limit transaksi.

Oleh karena itu, banyak orang mengurungkan niatnya menabung di bank dan memiliki media investasi lain.

Solusi alternatif untuk Anda yang tidak ingin menabung di bank adalah berinvestasi emas.

Mengapa harus emas, dan apa bedanya dengan investasi lain? Emas selain diperuntukkan untuk investasi, juga berfungsi sebagai tabungan.

Maksudnya, saat Anda memilih platform investasi lain, seperti deposito, maka uang tidak dapat diambil begitu saja.

Hal itu karena ada jangka waktu kapan Anda boleh mengambilnya. Sedangkan emas, Anda bebas menjualnya kapan saja yang Anda inginkan.

Penutup

Kegiatan menabung adalah salah satu langkah kita untuk berhemat. Walaupun memang, menabung tidak bisa membuat Anda menjadi kaya.

Untuk mengembangkan uang, tentu saja solusi tepatnya adalah berinvestasi atau membangun bisnis yang bisa memberikan return tinggi.

Itulah beberapa pengertian tabungan, keuntungan serta beberapa hal yang berkaitan dengan tabungan.

Segera rencanakan keuangan Anda untuk masa depan yang lebih cerah dan terjamin. Pastikan uang dan aset Anda disimpan di tempat yang benar.

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar