Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Kelebihan Platform Email

Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Kelebihan Platform Email

Kecanggihan teknologi membuat semua orang dipaksa mengikuti dan menggunakannya. Salah satu yang mengalami digitalisasi adalah dunia komunikasi surat menyurat. Sekarang kita tidak perlu lagi mengirim surat melalui post, tapi cukup dengan platform email.

Platform email yang belakangan ini dianggap penting karena semua aktivitas yang berhubungan dengan internet membutuhkan email yang aktif.

Oleh sebab itu, Anda juga perlu mengetahui secara detail terkait email tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Platform Email?

Email sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya surat elektronik.

Dengan begitu email dapat disebut sebagai sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer atau internet.

Dengan menggunakan platform email gratis inilah Anda bisa melakukan pengiriman pesan elektronik secara mudah dan aman sekaligus cepat.

Pengguna tidak perlu berpengergian terlalu jauh untuk sekedar menanyakan informasi atau mengirim surat melalui kantor post.

Pengertian Platform Email Menurut Para Ahli

Selain digambarkan secara umum, beberapa ahli dalam bidang ini juga memberikan pendapatnya untuk Anda supaya bisa lebih memahami apa arti email yang sesungguhnya.

Berikut beberapa pengertian platform email menurut para ahli:

1. Erima Oneta

Pendapat pertama terkait platform email yaitu salah satu fasilitas di internet yang sangat populer sekaligus fasilitas paling awal dikembangkan pada internet.

Melalui email inilah orang-orang bisa melakukan banyak hal seperti menyusun, membalas, membaca dan lainnya.

2. Ali Zaki

Pendapat kedua tentang platform email adalah menurut Ali Zaki yang menyatakan bahwa email adalah sebuah surat elektronik yang bisa memberikan kemudahan bagi semua orang.

Pengguna bisa saling mengirim pesan dengan menggunakan bantuan jaringan internet.

3. Jasmadi

Pendapat para ahli yang terakhir guna menambah pengetahuan yaitu dari Jasmadi yang mengatakan bahwa email adalah singkatan dari electronic mail.

Ini merupakan metode berkirim pesan secara elektronik dengan menggunakan internet.

Sejarah Platform Email

Pada mulanya email hanyalah sebuah kemajuan kecil yang berperan untuk menempatkan pesan di direktori satu ke direktori pengguna lainnya dengan melakukan login.

Gambaran mudahnya akan seperti meninggalkan catatan di meja seseorang. Namun seiring zaman, perkembangannya terus maju secara signifikan.

1. Munculnya Tanda @ pada Alamat Platform Email

Dapat dilihat bahwa penggunaan sistem mailbox pertama adalah oleh Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1965. Di mana program awalnya yaitu mengirim pesan di komputer yang sama dengan nama SNDMSG.

Untuk awal mula lahirnya tanda @ bisa dikatakan muncul pada tahun 1971. Dimana Ray Tomlinson yang merupakan seorang insinyur komputer telah mengembangkan sistem baru dari pengiriman pesan antar komputer.

Hal inilah yang membuat kenapa Ray Tomlinson dinobatkan sebagai pembuat email pada tahun 1972. Kemudian dari banyaknya penemuan internet lainnya Ray Tomlinson bekerja untuk Bolt Beranek and Newman sebagai kontraktor ARPANET.

Kemudian Ray Tomlinson memilih tanda atau simbol @ dari keyboard komputer yang berfungsi untuk menunjukan pengiriman pesan dari satu komputer ke komputer lainnya. Sehingga sekarang @ menjadi standar pada seluruh penggunaan alamat email.

2. Sejarah Lanjutan dari Platform Email

Menyambung poin kedua sejarahnya tidak hanya berhenti di situs saja. Ada tokoh lain seperti Jonathan Bruce Postel yang merupakan ilmuwan komputer Amerika Serikat juga memberikan sumbangsih besar dalam pengembangan internet ini.

Pengembangan internet tersebut berpusat pada standar-standar sebelumnya, salah satunya penggunaan pertama dari sistem yang baru seperti @.  Selanjutnya Jonathan Bruce Postel memuji pekerjaan Rat Tomlinson sebagai Nice Hack yang baik.

Sejak saat penggunaan simbol @ untuk alamat platform email digunakan seterusnya. Tidak hanya itu saja, pada tahun 1972 seorang ilmuwan Amerika bernama Lawrence G. Roberts mengembangkan sebuah sistem manajemen email pertama.

Manajemen email pertama bisa melakukan aktivitas membuat daftar, meneruskan, memilih dan memberikan pesan. Dari situlah akhirnya Lawrence G. Roberts menerima hadiah draper pada tahun 2022 untuk pengembangan internet.

Berlanjut ke tahun selanjutnya yaitu 1974, saat itu sudah ada banyak pengguna email dari militer. Penggunaan tersebut dikarenakan ARPANET menjadikan email sebagai media pengiriman data dan menyebabkan perubahan radikal dengan tujuan ARPA.

3. Pengembangan Platform Email

Kemudian pengembangan pesat platform email terjadi dari sana, di mana Lawrence G. Roberts juga mengembangkan algoritma untuk menyortir folder email.

Dilanjutkan pada tahun 1975 di mana John Vittal juga mengembangkan perangkat lunak guna mengatur email.

Tidak berhenti sampai di situ saja, pada tahun 1976 platform email sudah menjadi besar dengan dijadikannya sebagai media yang komersial.

Apalagi belakangan ini tepatnya beberapa tahun lalu bahwa 75% dari semua lintas ARPANET menggunakan email.

Fungsi Platform Email

Setelah mengetahui sejarah panjang dari munculnya platform email, akan dilanjutkan dengan fungsi dan manfaatnya.

Email sendiri hadir dengan berbagai fungsi serta kegunaan, inilah beberapa ringkasannya :

1. Sebagai Media Komunikasi

Fungsi pertama yang menjadi titik kemunculannya yaitu sebagai media komunikasi.

Dengan email atau surat elektronik ini Anda bisa melakukan komunikasi dengan sangat mudah dan terkesan professional.

2. Sebagai Media Promosi

Fungsi hadirnya email selanjutnya yaitu sebagai platform media marketing atau promosi.

Untuk para pengusaha bisa memanfaatkan teknologi ini dalam mengembangkan pasar lebih luas. Anda bisa mengirimkan promosi produk ke pelanggan yang sudah mendaftar email.

3. Sebagai Media Informasi

Fungsi ketiga yang bisa ditemukan yaitu sebagai media informasi. Biasanya melalui platform email inilah Anda akan mendapatkan berbagai informasi terbaru dari seluruh dunia dengan cara menjadi pelanggan informasi media tersebut.

4. Sebagai Media Pengiriman

Selanjutnya sebagai media pengiriman, pengguna bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dalam hitungan detik.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan cara manual untuk mengirimkan sebuah pesan professional contohnya lamaran pekerjaan.

5. Sebagai Sosial Media

Sosial media yang dimaksud dalam platform email ini yaitu menjalin hubungan dengan orang lain yang jaraknya jauh.

Dengan menggunakan email inilah Anda bisa memperbanyak relasi dengan menghubungkannya ke media sosial yang ada seperti Facebook, Twitter dan lainnya.

6. Digunakan untuk Membuat Website

Untuk yang sedang membantu bisnis, mungkin membuat akun email menjadi pilihan tepat untuk membangun sebuah toko dengan bentuk website.

Karena pada dasarnya setiap pembuatan toko online membutuhkan akun email.

Baca Juga : Panduan dan Cara Memilih Email Blast untuk Email Marketing

Jenis-jenis Platform Email

Ada berbagai sumber yang menyebutkan bahwa jenis-jenis platform email sangatlah beragam.

Oleh sebab itu, guna memahami secara mendalam mengenai email pastikan untuk mengerti macam-macam  atau jenis email, berikut pemaparannya :

1. Email Client

Jenis pertama yang akan Anda temukan yaitu email client. Jenis Email client sendiri mempunyai arti sebagai platform email berbasis aplikasi yang pengunaannya perlu untuk diinstal ke perangkat masing-masing.

Email client yang berbasis aplikasi ini membutuhkan sebuah perangkat yang bisa terhubung ke server email pada saatnya nanti.

Email client yang bisa Anda temukan atau manfaatkan seperti Mozilla Thunderbird, Microsoft Outlook, dan masih banyak lainnya.

2. Webmail

Selanjutnya untuk jenis platform email yang akan dibahas yaitu webmail. Pastinya sudah banyak orang yang paham dan menggunakan layanan email jenis ini, seperti Gmail dan Yahoo Mail yang merupakan layanan webmail.

Oleh sebab itu, webmail dapat diartikan sebagai email yang penggunaannya dilakukan pada basis web.

Di mana provider emailnya sudah menghosting atau menyambungkan ke email ke cloud, dan pengaksesannya bisa dilakukan langsung dari browser.

Jenis Email Berdasarkan Tujuan atau Fungsi

Melanjutkan poin jenis platform email secara umumnya, kini Anda juga perlu tahu email berdasarkan tujuan atau fungsinya.

Oleh karena itu, inilah pemaparan mengenai jenis-jenis email berdasarkan tujuan atau fungsinya :

1. Email Sponsor

Jenis email pertama dari tujuan atau fungsinya yaitu sebagai sponsor. Zaman yang serba canggih membuat email digunakan sebagai media untuk mencari pelanggan atau konsumen dalam ruang lingkup masyarakat yang lebih luas.

Dengan bantuan email inilah Anda akan lebih spesifik menentukan segmen yang akan dituju. Akan tetapi, untuk penggunaan email sponsor biasanya Anda akan mengeluarkan biaya atau dana karena menggunakan email khusus.

2. Email Buletin

Jenis platform email kedua yaitu email buletin. Email yang berfungsi untuk memberikan sebuah informasi lengkap kepada pelanggan. Pembuatan email bulletin biasanya memang dikhususkan untuk tujuan yang berbau bisnis.

Lebih umumnya email jenis ini akan digunakan sebagai media informasi pelanggan yang lebih dalam, seperti halnya promosi terkini, penawaran terbaru, penjualan dan perdagangan lainnya.

3. Email Khusus

Selanjutnya ada email khusus, jenis ini lebih bersifat pribadi. Hal ini lantaran email khusus dibuat khusus untuk mengirimkan informasi tertentu kepada orang-orang yang membutuhkan informasi tersebut.

Sebagai contohnya Anda merencanakan ingin mengirimkan informasi marketing melalui akun email pribadi, mengundang seseorang untuk bisa bergabung ke dalam sebuah komunitas tertentu, dan masih banyak lainnya.

4. Email Follow Up

Berbicara tentang bisnis pasti tidak akan ada habisnya, seperti halnya platform email yang menjadi salah satu media marketing. Platform jenis follow up ini tentu sangat dibutuhkan untuk media follow up informasi kepada para pelanggannya.

Oleh sebab itu, email jenis keempat ini akan membawa konten yang informative kepada pihak penerimanya.

Email jenis ini biasanya akan sering digunakan oleh seseorang yang sedang merencanakan strategi bisnis untuk memperluas calon pelanggannya.

5. Email Transaksional

Jenis platform email selanjutnya yaitu email transaksional. Email ini pastinya akan sering Anda jumpai dalam sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang perdagangan.

Hal itu karena email ini akan memberikan sebuah notifikasi mengenai rincian pembelanjaan online.

Seperti contohnya ketika Anda membeli sebuah  barang pada aplikasi belanja online, maka secara otomatis email yang digunakan pada aplikasi belanja email tersebut akan menerima rincian informasi pembelanjaan.

Cara Menggunakan Platform Email

Jika ingin menggunakan email untuk kepentingan tertentu pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mempunyai akun usernya. Jika belum bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Secara umum penggunaan email dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Langkah pertama mulailah dengan membuat akun email, salah satunya akun email Gmail dari Google. Caranya cukup mudah tinggal masuk ke website Gmail kemudian pilih daftar, dan isi informasi yang dibutuhkan secara lengkap.
  2. Jika sudah tinggal tekan daftar dan secara otomatis Anda sudah mempunyai akun Gmail.
  3. Beberapa aktivitas bisa Anda lakukan seperti mengirimkan sebuah pesan kepada teman, keluarga ataupun urusan bisnis dengan cara menekan  + Compose dan isi informasi yang dibutuhkan seperti email tujuan, topik pembicaraan, dan pesan itu sendiri.
  4. Jika sudah langkah selanjutnya tinggal mengirimkan pesan dengan cara menekan send, secara otomatis Anda sudah tersampaikan dengan baik.

Kelebihan Platform Email

Kemunculan berbagai email platform ini telah membantu mempercepat pengiriman informasi global dengan biaya komunikasi yang rendah.

Tentunya selain hal tersebut, ada kelebihan lain yang perlu Anda tahu, diantaranya :

1. Pengaksesan Email dapat Dilakukan di Mana Saja dan Kapan Saja

Kelebihan pertama dari email yaitu dilihat dari sisi pengaksesan.

Email telah menyediakan proses komunikasi yang tidak membutuhkan antrian panjang, dengan begitu untuk Anda yang berada di lokasi mana saja dapat mengaksesnya dengan mudah.

Yang perlu diingat bahwa untuk bisa mengakses email Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil atau baik.

Jika hal tersebut sudah didapatkan secara otomatis bisa menggunakan email di mana saja dan kapan saja.

2. Penggunaan Email yang Gratis

Tidak ada manusia yang tidak menyukai yang namanya gratis, hal ini juga berlaku pada pengiriman pesan. Apalagi jika dibandingkan dengan pengiriman pesan secara tradisional yang akan membutuhkan banyak waktu, tenaga dan uang.

Oleh sebab itu, dengan adanya penggunaan email platform yang gratis akan lebih membantu Anda menghemat biaya.

Penghematan biayanya dari segi pengiriman yang tidak membutuhkan bantuan tenaga atau dokumen lain dari orang lain.

Dengan begitu, Anda bisa leluasa memanfaatkan fasilitas atau fitur yang ditawarkan oleh akun email tersebut.

Sekaligus bisa mempelajari email untuk dimanfaatkan dengan baik dalam pengembangan usaha.

3. Dapat Digunakan Secara Massal

Kelebihan dari adanya email selanjutnya yaitu bisa digunakan secara massal, baik untuk mengirim dan menerima pesan dengan banyaknya pengguna.

Dengan begitu, email akan lebih memudahkan pengguna untuk mengirim pesan secara bersamaan.

Kini Anda tidak perlu lagi mengirimkan sebuah informasi ke satu persatu orang yang akan lebih menguras tenaga dan waktu.

Hal itulah yang akan membuat pengguna lebih produktif untuk jangka pendek maupun panjang dalam segala bidang aktivitas yang membutuhkan email.

4. Penggunaan yang Hemat Sumber Daya

Kelebihan platform email selanjutnya bisa didapatkan pula dari penggunaan email yang hemat sumber daya. Hal ini terbentuk dari tidak membutuhkannya sumber daya fisik seperti pita pengepakan, kertas dan hal-hal lainnya.

Dengan begitu, Anda akan lebih terbantu untuk menghemat terbatasnya sumber daya yang dimiliki oleh dunia saat ini.

Pengguna tidak hanya mengurangi biaya kertasnya saja, akan tetapi juga ikut serta dalam mengurangi kerusakan terhadap lingkungan.

5. Mampu Menyimpan dalam Jangka yang Panjang

Kelebihan dari lahirnya platform email terakhir yang akan dibahas yaitu mampu menyimpan dalam jangka waktu yang panjang.

Di mana layanan yang diberikan oleh email kepada penggunaannya masih bisa dilihat walaupun sudah bertahun-tahun tersimpan.

Semua itu bisa terjadi karena penyimpangan yang dilakukan secara digital. Di sini pula Anda bisa menyimpan berbagai jenis file mulai dari video, dokumen, percakapan, dan instruksi lainnya.

File-file tersebut mudah untuk dicari atau ditemukan kembali hanya dengan mengingat judulnya.

Penutup

Seberapa penting menurut Anda penggunaan platform email tersebut?

Jelas jika penggunaannya sangat penting, oleh sebab itu pastikan Anda menggunakan email dengan bijak untuk hasil yang maksimal.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar