16 Software Akuntansi Terbaik, Tersedia Versi Gratis untuk Bisnis!

Software Akuntansi Terbaik

Software akuntansi terbaik sangat diperlukan oleh para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang dapat digunakan untuk membuat pencatatan keuangan di dalam bisnis tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.

Anda harus memilih salah satu dari berbagai pilihan software akuntansi berkualitas untuk digunakan dalam operasional bisnis.

Tidak perlu bingung memilihnya karena di dalam artikel ini akan membahas tentang rekomendasi software akuntansi paling recomended di Indonesia!

Daftar Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

Software akuntansi apa saja? Jika penasaran, maka berikut ini daftar rekomendasi software akuntansi paling baik lengkap yang bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi untuk membantu pengelolaan usaha Anda, yaitu:

1. Jurnal

Jurnal

Rekomendasi software atau aplikasi akuntansi yang pertama adalah Jurnal. Secara umum, Jurnal merupakan software akuntansi yang berfungsi untuk membantu pencatatan keuangan dan pembukuan operasional bisnis perusahaan agar lebih efektif serta efisien.

Fitur pembukuan akuntansi Jurnal sudah dibuat berdasarkan standar akuntansi yang ada di Indonesia.

Dokumen yang dihasilkan Jurnal bisa diekspor dalam bentuk Excel maupun PDF. Selain itu, berbagai fitur di dalam Jurnal mudah dipahami dan digunakan oleh siapa saja.

Kelebihan lainnya dari Jurnal adalah memiliki sistem pembukuan akuntansi otomatis. Sistem tersebut membuat Jurnal mampu melakukan sinkronisasi real time setiap ada transaksi. Anda tidak perlu melakukan rekonsiliasi manual.

Fitur akuntansi Jurnal juga mampu meminimalisir terjadinya kesalahan. Hal ini didukung dengan sistem kalkulasi otomatis yang mampu meminimalisir risiko kesalahan hitung.

Anda bisa mulai menggunakan Jurnal dengan berlangganan. Namun, sebelum itu, pengguna bisa memanfaatkan kesempatan mencoba aplikasi Jurnal secara gratis selama 14 hari.

Aplikasi Jurnal juga menyediakan panduan penggunaan melalui buku, video, dan kumpulan daftar tanya jawab.

Berikut ini beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki oleh software Jurnal, yaitu:

  • Menggunakan sistem cloud sehingga memungkinkan dapat diakses melalui komputer maupun smartphone kapan saja dan di mana saja
  • Laporan keuangan software Jurnal dapat dilihat dan dipantau secara real time
  • Di dalam Jurnal terdapat 11 faktur yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis
  • Jumlah inventory dapat dengan mudah diperiksa secara real time
  • Pencatatan biaya dan penyimpanan bukti transaksi mudah dilakukan
  • Memudahkan pengguna untuk tetap menjaga nilai aset selalu tinggi dan memiliki masa penggunaan lama

2. Accurate

Accurate

Selain Jurnal, software aplikasi lainnya yang bagus untuk digunakan adalah Accurate.

Software akuntansi yang satu ini sudah ada sejak tahun 1998 dengan terus melakukan pembaharuan dan inovasi, sehingga tidak heran jika banyak pebisnis menggunakannya.

Software akuntansi terbaik Accurate memiliki sistem berbasis cloud dikembangkan untuk memberikan solusi pencatatan akuntansi bagi bisnis UMKM maupun perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Accurate dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis laporan keuangan secara instan. Misalnya, laporan laba/ rugi dan neraca; arus kas dan buku besar; histori bank dan penjualan; pembelian, dan berbagai jenis laporan keuangan lainnya.

Kelebihan lainnya yang menjadi keunikan dari Accurate adalah tersedia Accurate Online versi Lite untuk UMKM.

Accurate Online versi Lite memberikan kemudahan agar pengguna bisa memantau stok barang, mencatat penjualan/ pembelian, dan mengelola catatan keuangan kapan saja.

Fitur-fitur yang dimiliki Accurate Online sangat lengkap dan mudah digunakan. Apa saja fiturnya? Berikut ini beberapa fitur yang ada di software Accurate, yaitu:

  • Pembelian
  • Penjualan
  • Persediaan
  • Aktiva Tetap
  • Buku Besar
  • Kas atau Bank
  • RMA (Return Merchandise Authorization)
  • Pembiayaan Pesanan atau Job Coasting

Jika Anda menggunakan fitur aplikasi Accurate dengan tepat dan optimal, maka semua catatan akuntansi bisnis akan teratur dengan baik. Hal tersebut pastinya akan menguntungkan bisnis, bukan?

3. Zahir Online

Zahir Online

Zahir merupakan software yang dapat digunakan untuk membantu mengelola accounting usaha atau bisnis. Tidak hanya melakukan monitoring atas satu cabang, Zahir mampu mengelola akuntansi antar cabang yang terintegrasi.

Hal tersebut membuat laporan keuangan perusahaan pun dapat dilihat secara real time. Fungsi Zahir Online tersebut dapat membantu penggunanya untuk mengambil keputusan bisnis dengan lebih mudah dan cepat.

Tidak perlu khawatir menggunakan software akuntansi terbaik Zahir untuk menyimpan semua data akuntansi perusahaan.

Semua data di aplikasi Zahir diamankan menggunakan sistem enkripsi yang didukung Extended Validation (EV) SSL Certificate (Green Bar).

Tidak hanya itu, sebagai salah satu software akuntansi yang banyak digunakan, Zahir memiliki banyak fungsi lainnya. Berikut ini beberapa fungsi atau kegunaan lainnya dari software Zahir, yaitu:

  • Memantau inventori antar cabang
  • Memungkinkan pengguna untuk membuat desain faktur sendiri
  • Mengendalikan kewenangan setiap pengguna
  • Mengelola utang dan piutang
  • Memudahkan dan mempercepat pengiriman faktur
  • Mendukung transaksi jasa dan nirlaba
  • Meninjau laporan laba-rugi per departemen dan proyek

Software Zahir dilengkapi dengan fitur lengkap dan mudah digunakan. Beberapa fitur unggulan software akuntansi Zahir, yaitu department & job costing, chart of account, smart reminder, analisis bisnis, jurnal otomatis, e-faktur pajak, dan juga rekonsiliasi bank.

Aplikasi Zahir sudah mampu membuktikan kualitasnya dengan mendapatkan beberapa penghargaan.

Misalnya, Penghargaan Presiden RI (2003) dan juara pertama Teknopreneur Award (2008). Zahir juga telah tersedia di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Australia.

Jika tertarik menggunakan Zahir untuk mengelola akuntansi usaha, maka langsung saja berlangganan Zahir Online.

Baca Juga: Pengertian Omzet Usaha dan Perbedaannya dengan Laba/Profit

4. Oracle ERP Cloud

Oracle ERP Cloud

Rekomendasi software untuk akuntansi lainnya adalah Oracle ERP Cloud yang dikembangkan oleh Oracle Corporation. Aplikasi untuk pencatatan akuntansi ini memiliki beberapa fitur andalan yang memudahkan penggunanya.

Apa saja fitur tersebut? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa fitur Oracle ERP Cloud, yaitu:

  • Oracle SCM Cloud (Supply chain, inventory, logistics, & product lifecycle management)
  • Oracle Procurement Cloud(Sourcing, contracting, procure-to-pay, & supply management)
  • Oracle Risk Management Cloud(Security, audit, & fraud monitoring)
  • Oracle Financials Cloud(Bundles financials)
  • Oracle EPM Cloud (Enterprise performance management including planning & reporting)

Bagaimana Oracle ERP Cloud bekerja? Aplikasi akuntansi yang satu ini bekerja dengan memisahkan proses database server dan aplikasi user.

Sever Oracle ERP Cloud akan melakukan semua proses analisis database. Sementara itu, user akan mendapatkan hasil akhir data akuntansi yang sudah diproses.

Sistem kerja Oracle ERP Cloud seperti itu membuatnya mampu mengurangi kendala kecepatan pada jaringan internet.

Jika menggunakan aplikasi Oracle ERP Cloud, maka pengguna bisa melakukan pembelian tergantung fitur yang digunakan.

5. EPICOR

EPICOR

Jika ingin menggunakan software akuntansi terbaik yang populer dan banyak digunakan di berbagai negara, maka langsung saja gunakan aplikasi atau software EPICOR. Software EPICOR sudah hadir dan digunakan di lebih dari 120 negara di dunia.

Banyak pebisnis yang mempercayakan pencatatan akuntansi bisnisnya menggunakan EPICOR. Hal ini karena aplikasi EPICOR memiliki banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan dari aplikasi EPICOR, yaitu:

  • Memudahkan pengguna untuk melakukan kolaborasi
  • Memiliki berbagai pilihan lokasi server
  • EPICOR sangat responsif dengan kebutuhan user atau pengguna
  • Tampilannya sederhana dan user friendly, sehingga mudah digunakan oleh siapa saja
  • Memiliki fitur service bantuan langsung di dalam sistem EPICOR

6. MASERP

MASERP

Software MASERP juga bisa menjadi pilihan software akuntansi untuk membantu melakukan semua keperluan akuntansi bisnis. MSERP merupakan salah satu software akuntansi buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh banyak pelaku bisnis.

Para pengguna MASERP dapat melakukan berbagai modifikasi unik sesuai dengan kebutuhan bisnis dengan harga relatif terjangkau. Selain itu, aplikasi MASERP sangat cocok untuk bisnis skala menengah ke atas yang memiliki flow cukup rumit.

Anda bisa langsung menggunakan paket program MASRP dan mendapatkan 14 modul akuntansi. Misalnya, modul Account Receivable, Billing, Inventory Control, Project Management, dan lain sebagainya.

Apa saja fitur yang dimiliki oleh MASERP? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa fitur andalan dari MASERP, yaitu:

  • Modul Pengajuan pembayaran Supplier
  • Modul Quotation Supplier
  • Modul Perbaikan Data
  • Modul Export CSV E- Faktur.
  • Sub Modul untuk mengontrol penagihan piutang

Semua fitur di dalam MASERP memiliki tampilan sederhana yang bersifat user friendly, sehingga MASERP mudah digunakan oleh siapa saja untuk membantu bisnis yang dijalaninya.

7. SAP Business One

SAP Business One

Software SAP selama ini dikenal sebagai software yang ditawarkan dengan harga sangat mahal. Oleh karena itu, biasanya hanya perusahaan-perusahaan raksasa atau besar yang menggunakan software SAP untuk membantu menjalankan bisnisnya.

Namun, kini sudah ada software SAP Business One dengan harga lebih terjangkau. Software akuntansi SAP Business One dikembangkan untuk jenis usaha lebih kecil, seperti UKM.

Meskipun dirancang untuk bisnis yang lebih kecil, SAP Business One tetap memiliki performa yang bagus.

SAP Business One digunakan untuk mengatur pencatatan akuntansi bisnis secara keseluruhan, terutama untuk bagian keuangan, manajemen proyek, penjualan, perencanaan produksi, persediaan, pembelian, supply chain, dan analisa/ intelijen bisnis.

SAP Business One memiliki beberapa modul unggulan yang bisa membantu jalannya administrasi akuntansi bisnis, yaitu:

  • Financial Management
  • Sales & Customer Management
  • Business Intelligence
  • Analytics & Reporting
  • Purchasing & Inventory Control
  • Industry Specific ERP Solutions

Selain dilengkapi dengan berbagai fitur/ modul yang lengkap dan fungsional, SAP Business One juga memiliki banyak kelebihan lainnya.

Jika penasaran, maka berikut ini kelebihan-kelebihan dari software akuntansi terbaik SAP Business One, yaitu:

  • Memiliki sistem yang bisa memeriksa dan memantau persediaan secara online, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan kehilangan
  • Dapat membantu mengontrol perhitungan diskon dan harga dari pusat. Sementara itu, harga di kasir dapat dihitung secara otomatis.
  • Ketersediaan barang antar cabang dapat dipantau dan diperiksa secara real time. Hal ini dapat membantu karyawan dari cabang manapun untuk menginformasikan ketersediaan barang yang sedang dicari konsumen.
  • Memiliki modul loyalty sistem yang aman dan terpercaya
  • Dapat mencatat lost sales
  • Jumlah penjualan per sales dapat dihitung dengan detail, sehingga meminimalisir kemungkinan kesalahan

 8. Microsoft Dynamics AX

Microsoft Dynamics AX

Microsoft Dynamics AX juga merupakan salah satu contoh software akuntansi terbaik yang sudah sangat dikenal oleh para pebisnis.

Selain populer, banyak pebisnis yang menggunakan Microsoft Dynamics AX untuk pencatatan akuntansi bisnis yang dijalani.

Mengapa? Hal ini karena Microsoft Dynamics AX dianggap sudah mampu memenuhi semua kebutuhan pemilik bisnis/ usaha secara lengkap.

Microsoft Dynamics AX memiliki modul SCM, keuangan, inventory, produksi, hingga menyediakan modul untuk analisis data.

Semua modul yang dimiliki Microsoft Dynamics AX terintegrasi satu sama lain, sehingga akan mempercepat para penggunanya untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Integrasi antar modul ini juga bisa membuat para pengguna mengambil keputusan dengan cepat.

Microsoft Dynamics AX dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Keuangan (Buku Besar, Piutang, dan Hutang)
  • Project (RAB dan Manajemen Proyek secara Keseluruhan)
  • Distribusi (Purchase Order, Inventory, dan Pembelian Bahan Baku)

Microsoft Dynamics AX sangat cocok digunakan oleh bisnis yang memiliki kegiatan produksi serta tersebar di beberapa lokasi.

9. Hashmicro

Hashmicro

Hashmicro merupakan software akuntansi yang sudah ada sejak tahun 2006 di Singapura.

Meskipun dikembangkan di Singapura, Hashmicro sudah ada dan cukup populer di Indonesia. Sama seperti software lainnya, Hashmicro juga dilengkapi dengan beberapa modul untuk mendukung kinerjanya.

Beberapa modul dalam sistem Hashmicro yaitu modul HRM, Manufacturing, Accounting, Inventory, dan CRM. Masing-masing modul dapat dihubungkan atau integrasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Hashmicro juga dapat digunakan oleh lebih dari satu user. Setiap penambahan user, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Jika ingin menggunakan Hashmicro, maka Anda juga bisa menggunakan paket ERP. Paket ERB Hashmicro menyediakan berbagai modul berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

10. Wave

Wave

Apakah ada software akuntansi yang dapat digunakan secara gratis? Jika Anda sedang mencarinya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba Wave.

Software akuntansi terbaik yang satu ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa memenuhi kebutuhan akuntansi sebuah bisnis.

Kelebihan lainnya dari Wave adalah memiliki sistem keamanan yang terjamin. Wave dilengkapi dengan sistem keamanan yang sudah mendapatkan sertifikasi PCI Level 1.

Sistem keamanan Wave akan menjamin keamanan akun bank perusahaan yang terhubung dengan software ini.

Selain memiliki kelebihan, Wave juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan dari software Wave adalah memiliki akses terbatas untuk beberapa aplikasi.

Wave sangat cocok digunakan untuk membantu akuntansi bagi pemilik usaha skala kecil, khususnya yang bergerak di bidang jasa.

Baca Juga: 19 Aplikasi Keuangan Digital Terbaik, Bisa Diakses Gratis!

11. Sage

Sage

Apakah Anda sedang menjalankan bisnis skala menengah? Jika menjalankan bisnis skala menengah, maka perlu menggunakan aplikasi akuntansi, seperti Sage.

Software Sage memang didesain untuk bisnis skala menengah dengan tampilan data yang dapat dilihat secara menyeluruh.

Selain digunakan untuk keperluan akuntansi, software Sage juga cocok digunakan untuk keperluan inventaris barang-barang.

Software Sage juga cocok digunakan untuk membuat laporan keuangan, laporan proyek, manajemen produksi, dan manajemen rantai pasokan.

12. FreshBooks

FreshBooks

FreshBooks merupakan aplikasi akuntansi yang memberikan kemudahan penggunanya untuk membuat invoice dan berbagai keperluan akuntansi bisnis lainnya.

Pengguna FreshBooks dapat menyesuaikan template faktur, mengatur faktur berulang, hingga menambah pengeluaran yang ditagih.

Pengguna bahkan bisa menggunakan FreshBooks untuk keperluan menagih faktur dari klien. Software FreshBooks dilengkapi dengan fitur notifikasi atau pengingat untuk mengingatkan klien ketika ada tagihan faktur yang jatuh tempo.

Banyak fitur lainnya yang dimiliki FreshBooks untuk mendukung akuntansi bisnis. Misalnya, laporan keuangan, pelacakan kemajuan bisnis, proposal, invoice, integrasi aplikasi, dan lain sebagainya.

Sebelum berlangganan FrshBooks, Anda bisa mencoba menggunakan versi trial-nya terlebih dulu.

13. Xero

Xero

Rekomendasi pilihan software akuntansi terbaik lainnya adalah Xero. Software Xero banyak digunakan oleh para pemilik bisnis yang sedang berkembang. Hal ini karena Xero memiliki banyak kelebihan sebagai software akuntansi bisnis.

Software Xero memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan berbagai aplikasi lainnya dalam jumlah banyak.

Selain itu, Xero juga memberikan kesempatan kepada Anda untuk menambahkan atau memasukkan user dalam jumlah banyak tidak terbatas.

Jika bisnis membutuhkan transaksi dengan mata uang yang berbeda, maka Xero dapat memberikan fasilitas tersebut.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh software Xero adalah mampu memberikan atau menyediakan pricing plan terutama untuk bisnis yang sedang berkembang.

Apa saja fitur yang dimiliki oleh Xero? Jika penasaran, maka berikut ini informasi tentang beberapa fitur yang disediakan aplikasi Xero untuk penggunanya, yaitu:

  • Pembayaran bon
  • Klaim pengeluaran
  • Koneksi bank
  • Penerimaan pembayaran
  • Pelacakan proyek
  • Inventori

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Xero dalam bisnis? Jika tertarik, maka silakan pilih jenis paket premium yang disediakan Xero. Paket premium yang disediakan Xero berupa paket starter, standard, dan premium.

14. Quickbooks

Quickbooks

Quickbooks juga merupakan software yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan akuntansi bisnis, seperti pembuatan faktur dalam bentuk foto.

Selain itu, aplikasi Quickbook juga bisa digunakan untuk mengelompokkan berbagai transaksi, sehingga pengguna akan lebih mudah membuat laporan keuangan.

Berikut ini fitur lainnya yang dimiliki Quickbook untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya, yaitu:

  • Invoice
  • Perpajakan
  • Koneksi akun bank
  • Inventori
  • Pengaturan nota
  • Mobile App
  • Multi mata uang
  • Laporan keuangan

Keunikan lainnya yang dimiliki Quickbook adalah adanya fitur potret bon yang memudahkan pengguna mencatat pengeluaran belanja perusahaan.

Jika ingin berlangganan, maka pilih saja salah satu paket premium yang disediakan oleh Quickbooks. Di setiap pembelian paket premium, Anda akan mendapatkan akses ke program lainnya yang sudah terintegrasi, seperti PayPal dan Stripe.

Salah satu paket yang disediakan Quickbooks adalah paket Advanced. Jika memilih paket ini, maka pengguna akan mendapat kesempatan untuk memperoleh laporan keuangan lengkap yang didukung oleh Fathom.

Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan karena Fathom merupakan laporan keuangan online yang elite. Fathom sendiri sudah digunakan oleh banyak perusahaan besar. Menarik, bukan?

15. Bee Accounting

Bee Accounting

Rekomendasi aplikasi akuntansi lainnya yang memberikan banyak kemudahan adalah Bee Accounting. Software Bee Accounting memberikan kemudahan bagi penggunanya karena berbasis cloud dan bisa diakses menggunakan desktop.

Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Bee Accounting? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa kelebihan atau keunggulan Bee Accounting bagi pengguna, yaitu:

  • Menyediakan 47 Plugin yang bisa digunakan sesuai kebutuhan pengguna untuk bisnisnya
  • Setiap fitur yang dimiliki Bee Accounting sudah teruji kualitasnya karena sudah melalui proses uji coba dan quality control sejak tahun 2010.
  • Bee Accounting akan memberikan kesempatan untuk membayar biaya penggunaan dalam satu kali bayar. Pembayaran seperti ini cocok untuk pengguna yang tidak ingin terikat dengan sistem berlangganan bayar bulanan.
  • Bee Accounting dapat digunakan secara offline karena aplikasinya dapat diunduh dan digunakan di komputer tanpa koneksi internet
  • Software Bee Accounting memiliki lebih dari 5 line telepon, web chat, sistem ticket support, dan beragam artikel knowledge serta video YouTube yang dapat diakses garis selama 24 jam. Semuanya disediakan sebagai bentuk professional support dari Bee Accounting.
  • Dilengkapi dengan ratusan variasi laporan yang dapat tersaji dengan cepat serta akurat. Laporan yang disajikan Bee Accounting dapat digunakan sebagai data untuk pengambilan keputusan bisnis.

16. Jubelio

Jubelio

Software akuntansi terbaik bernama Jubelio bisa menjadi pilihan untuk digunakan dalam pengaturan catatan akuntansi usaha.

Jubelio memberikan kemudahan dalam menyusun laporan keuangan, penyesuaian stok, hingga laporan penjualan secara otomatis dan mudah.

Jubelio juga sudah terintegrasi dengan sistem Omnichannel. Artinya, pengguna bisa mendapatkan semua catatan penjualan dari berbagai channel. Misalnya, marketplace, website store, social commerce, POS, dan berbagai jenis channel lainnya.

Data yang disajikan oleh Jubelio juga tersedia secara real time. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk membuat pembukuan keuangan secara manual. Semua pembukuan atau catatan akuntansi bisnis dapat dibuat otomatis dalam satu dashboard aplikasi.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Jubelio tersebut tentu saja membuat software akuntansi ini banyak digunakan oleh para pebisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Anda juga pasti tertarik menggunakannya, bukan? Langsung saja berlangganan Jubelio!

Pencatatan atau pembukuan semua transaksi keuangan dalam bisnis bisa dilakukan lebih cepat dan akurat menggunakan software akuntansi terbaik.

Hal ini karena software atau aplikasi akuntansi dirancang dan dilengkapi dengan fitur akuntansi lengkap serta mudah digunakan oleh siapa saja.

Langsung saja pilih salah satu jenis software akuntansi terbaik yang sudah direkomendasikan. Pastikan juga untuk menggunakan dan memanfaatkan semua fitur di dalam software tersebut dengan optimal agar pengelolaan akuntansi dalam usaha dapat berjalan dengan lancar

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar