7+ Tips Jualan di Bulan Ramadhan dengan Modal Minim dari Rumah

7+ Tips Jualan di Bulan Ramadhan dengan Modal Minim dari Rumah

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan di bulan ini pula banyak orang yang memilih untuk berjualan. Jika Anda juga tertarik, maka perlu menerapkan tips Jualan di bulan ramadhan dengan minim modal.

Meskipun dengan modal yang minim dan dari rumah saja, namun Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Apalagi saat bulan ramadhan banyak masyarakat yang berburu beberapa produk.

Terutama dalam bidang kuliner dan fashion yang seakan-akan menjadi hal wajib saat ramadhan. Apabila Anda tertarik untuk mulai berjualan, jangan lupa terapkan tips berikut ini.

Tips Jualan di Bulan Ramadhan, Layak Dicoba

Tips Jualan di Bulan Ramadhan, Layak Dicoba

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan bahkan masyarakat juga akan lebih memilih untuk berjualan. Baik itu berjualan takjil, makanan berbuka, pakaian, sepatu dan lain sebagainya.

Namun, jualan tidak boleh dilakukan begitu saja. Melainkan ada beberapa tips jualan di bulan Ramadhan yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

1. Membuat Produk Spesial Ramadhan

Jika Anda ingin memulai jualan saat bulan ramadhan, maka bisa dengan membuat produk spesial ramadhan. Perlu Anda tahu bahwa produk yang paling laris adalah makanan dan minuman.

Ini karena banyak konsumen yang berdatangan membeli produk untuk dikonsumsi saat berbuka puasa serta sahur. Maka dari itu, ini bisa Anda lakukan ketika bulan ramadhan.

Jangan lupa untuk menyediakan semakin banyak variasi agar konsumen lebih tertarik. Anda bisa menjual makanan beku yang masyarakat minati karena relatif mudah dan cepat.

Selain makanan, produk lain yang tidak kalah laku saat bulan ramadhan adalah produk pakaian muslim.

Saat menjelang hari raya idul Fitri, maka akan semakin banyak orang yang berbondong-bondong membeli pakaian baru.

Bahkan hingga saat ini pakaian baru seolah-olah menjadi sebuah tradisi untuk menyambut hari raya idul Fitri. Jika ingin jualan Anda semakin laris manis, maka tawarkan promosi seperti potongan harga atau bonus pembelian.

2. Sediakan Buka Puasa Gratis

Tips jualan di bulan ramadhan selanjutnya adalah menyediakan buka puasa gratis. Ini bisa Anda aplikasikan untuk berjualan selama bulan ramadhan.

Secara tidak langsung, tips ini akan membantu orang-orang lebih mengenal produk bisnis Anda.

Sehingga orang-orang ingin kembali di kemudian hari untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

3. Cari Tahu Produk Favorit Konsumen

Jika Anda ingin jualan bisa laris manis dengan modal yang minim, maka perlu mencari tahu produk favorit konsumen.

Tentunya Anda perlu membaca permintaan pasar dan ini merupakan salah satu tips jualan di bulan Ramadhan yang penting.

Biasanya, para seller online akan melakukan riset pasar untuk mengetahui jenis produk apa yang paling banyak diminati selama ramadhan. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan platform online shop untuk mencari produk terpopuler.

Kebanyakan ide jualan bulan puasa Modal Kecil adalah hampers atau parsel, kartu ucapan, perlengkapan rumah dan kue kering.

Baca Juga : Ide Jualan Online Shop Untuk Pemula

4. Lokasi Strategis

Jika Anda ingin jualan laris manis saat bulan ramadhan, maka perlu menentukan lokasi yang strategis.

Mengingat lokasi merupakan salah satu tips jualan di bulan Ramadhan yang penting dan memberikan pengaruh besar.

Apalagi saat bulan ramadhan akan semakin banyak masyarakat yang ingin berjualan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar menentukan lokasi yang dikunjungi banyak orang untuk mendapatkan peluang besar.

Lokasi yang bisa Anda gunakan tentunya menyesuaikan tempat yang ramai dikunjungi masyarakat saat bulan ramadhan. Biasanya, masyarakat akan lebih sering mengunjungi pasar, dekat pesantren dan lain sebagainya.

5. Mengaktifkan Promo Bebas Ongkir

Mengaktifkan promo bebas ongkir menjadi salah satu tips jualan di bulan Ramadhan yang bisa Anda terapkan. Mengingat kebanyakan masyarakat Indonesia cenderung menyukai promo akan segala sesuatu.

Ini sudah terbukti karena kebanyakan pembeli lebih senang jika terdapat promo bebas ongkir. Maka dari itu, jika ingin meningkatkan penjualan Anda harus mengaktifkan fitur bebas ongkir.

Hal ini tentu saja berlaku untuk Anda yang berjualan secara online melalui berbagai platform. Selain itu, promo bebas ongkir ini juga dapat menjangkau lebih banyak pembeli hingga seluruh Indonesia.

Anda bisa memberlakukan promo bebas ongkir ini saat bulan Ramadhan agar semakin membuat konsumen tertarik untuk membeli.

6. Menyediakan Paket Bundling

Tips jualan di bulan Ramadhan selanjutnya adalah menyediakan paket bundling. Paket bundling merupakan pemberian kesempatan pada para pelanggan untuk membeli beberapa barang secara bersamaan dengan harga lebih murah.

Ini merupakan salah satu ide jualan bulan puasa kekinian yang bisa Anda jadikan referensi. Bahkan Anda juga bisa menyediakan paket bundling sesuai dengan permintaan pelanggan.

Paket bundling sendiri bisa Anda terapkan untuk berbagai bidang usaha selama bulan Ramadhan. Contohnya, Anda dapat menjual paket bundling baju Koko dan sarung, pelanggan bisa mendapatkan bonus peci.

Begitu pula jika Anda menjual parsel Ramadhan yang mana akan ada diskon khusus untuk pelanggan yang membeli paket tertentu.

7. Memberikan Hadiah untuk Pelanggan Setia

Tips jualan di bulan Ramadhan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memberikan hadiah untuk pelanggan setiap selama bulan Ramadhan. Hadiah ini bisa berupa baju atau parcel lebaran.

Contohnya, ketika Anda memiliki toko sembako maka akan memberi pelanggan setia hadiah berupa parcel sembako. Atau jika Anda memiliki usaha kue, maka bisa memberikan kue sebagai hadiah dalam bentuk parcel lebaran.

Hal ini memang tidak bisa memberikan dampak langsung terhadap jualan Anda. Namun, memberikan hadiah dapat membuat pelanggan menjadi semakin loyal.

Baca Juga : 7+ Teknik Closing yang Efektif Meningkatkan Penjualan

Tantangan Jualan Saat Bulan Ramadhan

Tantangan Jualan Saat Bulan Ramadhan

Bukan hanya tips jualan di bulan Ramadhan saja yang perlu Anda perhatikan, namun juga harus memperhatikan tantangannya.

Seperti berikut ini terdapat beberapa tantangan jualan saat Bulan Ramadhan.

1. Jenis Usaha Homogen

Tantangan pertama dalam menjalankan usaha saat bulan Ramadhan adalah jenis usaha yang homogen. Maksudnya yaitu semakin banyak orang yang menjual segala sesuatu yang hampir sama.

Seperti pada umumnya yang kebanyakan orang akan membuka usaha baju muslim, kuliner berbuka puasa dan kue kering. Apalagi bisnis kuliner berbuka puasa terutama takjil menjadi jajanan bulan puasa yang laris.

2. Waktu Berjualan Singkat

Anda pasti sudah tahu jika jualan saat bulan Ramadhan memiliki waktu yang cenderung singkat. Secara keseluruhan, produk-produk spesial bulan Ramadhan hanya akan berlaku selama satu bulan saja.

Apalagi jika Anda memilih berjualan makanan yang mana hanya bisa saat sore hari menjelang buka saja. Waktu yang singkat ini juga menjadi tantangan tersendiri dalam memulai usaha saat Ramadhan.

3. Persaingan Tinggi

Usaha bulan Ramadhan yang cenderung homogen ini juga membuat persaingan semakin tinggi. Ini membuat banyak penjual yang berjualan sebelahan dengan dagangan yang sama.

Ini tentu saja membuat persaingan bisnis semakin ketat dan menjadi tantangan yang perlu Anda atasi dengan baik.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja tips jualan di bulan Ramadhan yang tidak boleh terlewatkan.

Bukan hanya tips saja, namun Anda juga perlu mengetahui tantangan yang ada selama berjualan saat bulan Ramadhan.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Menjadi Jutawan

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar