Mendigitalkan bisnis Anda berarti melengkapinya dengan solusi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Anda dapat mendigitalkan bisnis Anda sehingga memudahkan karyawan Anda dalam bekerja dan menyelesaikan tugasnya, sehingga mendorong pertumbuhan bisnis.
Dalam postingan kali ini, kami akan memberi Anda tujuh tips yang dapat Anda ikuti untuk mendigitalkan bisnis kecil Anda di tahun 2024 dan seterusnya.
Mengalihkan usaha kecil ke lanskap digital bisa sangat bermanfaat karena banyak langkah yang bisa membantu menghemat biaya. Hal ini memungkinkan bisnis menjadi lebih hemat dengan pengeluarannya dan terhindar dari masalah keuangan.
Apa pentingnya digitalisasi merek pada tahun 2024 dan seterusnya?
Saat ini, banyak bisnis yang memanfaatkan solusi digital dalam operasional sehari-hari mereka sampai batas tertentu. Metode yang masih berpegang pada metode tradisional seringkali tertinggal karena tidak efisien, produktif, dan mutakhir.
Inilah mengapa digitalisasi merek penting pada tahun 2024 dan seterusnya. Hal ini memungkinkan merek Anda bertahan dalam persaingan dengan memberikan tingkat efisiensi dan kualitas yang sama kepada pelanggan seperti pesaing Anda.
Sekarang, mari kita beralih ke tips yang dapat Anda ikuti untuk mendigitalkan merek Anda.
Tips mengalihkan brand Anda ke dunia digital
1. Jadikan proses perekrutan dan pemeriksaan Anda digital
Hal pertama yang dapat Anda digitalkan dalam operasi merek Anda adalah proses pemeriksaan dan perekrutan. Mendapatkan talenta yang tepat untuk bisnis Anda penting untuk pertumbuhannya.
Dengan orang yang tepat, Anda dapat menyediakan produk dan layanan yang memuaskan bagi klien dan pelanggan Anda.
Anda dapat mendigitalkan proses pemeriksaan dan perekrutan merek Anda dengan menghubungi CV dan resume melalui media online, bukan secara fisik.
Hal ini dapat membantu Anda memproses lebih banyak lamaran dan memeriksa lebih banyak orang dalam satu waktu.
Menangani CV dan resume sebagai file digital juga membantu menjaga segala sesuatunya tetap teratur dan efisien.
Setelah Anda merekrut orang yang tepat, Anda bahkan dapat melakukan proses orientasi secara digital dengan memberikan semua instruksi dan pedoman dari jarak jauh alih-alih mengatur pertemuan langsung.
2. Digitalkan dokumen dan file bisnis Anda
Cara lain untuk mendigitalkan bisnis Anda adalah dengan menyimpan semua dokumen dan file dalam bentuk lunak, bukan salinan fisik.
Menyimpan semua dokumen dan file Anda secara digital membantu pengelolaan dan berbagi lebih mudah. Jika Anda memilih untuk menyimpan dan mengelola file dengan platform seperti Google Spreadsheet, Dokumen, dll.,
Anda bahkan dapat berkolaborasi dengan orang lain pada dokumen yang sama dan menyederhanakan proyek Anda.
Manfaat lain menyimpan file secara digital adalah Anda tidak perlu khawatir file tersebut salah letak atau rusak secara fisik. Setelah aman di cloud, Anda dapat mengaksesnya dari mana pun Anda suka.
Untuk memulai digitalisasi dokumen dan file, Anda dapat menerapkan penerapan aplikasi dan perangkat lunak untuk proyek masa depan. Namun, untuk file yang sudah ada, Anda cukup mendigitalkannya menggunakan OCR online konverter gambar-ke-teks.
Anda dapat mengambil gambar dari file yang ada dan kemudian mengubahnya menjadi teks digital. Setelah Anda memiliki semuanya dalam bentuk teks digital, Anda dapat menyimpannya sebagai file Word atau file TXT.
3. Jadikan sistem kehadiran Anda digital
Elemen lain dari bisnis Anda yang dapat Anda jadikan digital adalah sistem kehadiran. Sistem kehadiran adalah bagian penting dari bisnis apa pun. Ini melacak waktu check-in dan check-out karyawan, membantu menghitung gaji per jam mereka.
Ada banyak kelemahan dan keterbatasan dalam menggunakan sistem kehadiran tradisional dan “offline”. Hal ini dapat memakan waktu bagi karyawan Anda dan sulit untuk dipantau oleh departemen SDM.
Di sisi lain, dengan menggunakan sistem absensi digital, baik dengan menggunakan platform penandaan kehadiran online atau dengan mesin pemindai sidik jari, Anda dapat mempermudah semua orang.
Karyawan dapat dengan mudah melakukan check in dan check out menggunakan sistem mereka. Departemen SDM dapat dengan mudah melacak catatan setiap orang dari platform pusat dan menjaga proses penggajian tetap efisien.
4. Gabungkan kerja jarak jauh dan kerja hybrid di kantor Anda
Memperkenalkan model kerja jarak jauh atau hybrid juga merupakan cara terbaik untuk mendigitalkan bisnis Anda. Para pekerja di bisnis Anda yang dapat menjalankan tugasnya dari rumah harus diizinkan untuk melakukannya.
Di era komputer dan Internet, hal ini dapat diatur dengan mudah, dan dapat bermanfaat baik bagi bisnis maupun karyawannya.
- Dalam lingkungan jarak jauh, karyawan Anda dapat bekerja dari kenyamanan rumah mereka. Daripada melakukan perjalanan sehari-hari ke tempat kerja, mereka dapat memulai hari mereka dengan cara yang lebih santai dan menjadi lebih produktif sepanjang giliran kerja mereka.
- Bagi pemberi kerja, manfaatnya dari pengaturan jarak jauh terletak pada pengurangan biaya pemeliharaan dan biaya peralatan yang mungkin timbul dengan kehadiran fisik karyawan. Mengakomodasi karyawan dan menyediakan fasilitas bisa memakan biaya yang mahal bagi bisnis, dan menghindari biaya-biaya tersebut dapat membantu meringankan tekanan keuangan.
Manfaat utama dari menciptakan pengaturan semacam ini adalah bahwa karyawan mendapatkan lebih banyak otonomi atas jadwal mereka, dan mereka dapat bekerja lebih baik dan tidak merasa terbebani oleh jadwal yang tetap.
Hal ini membuat karyawan senang, dan pemberi kerja dapat memperoleh manfaat dari peningkatan produktivitas mereka.
5. Ciptakan solusi digital untuk dukungan pelanggan
Dukungan pelanggan adalah bagian penting dari bisnis apa pun. Hal ini terutama terjadi jika bisnis tersebut berada di industri ritel, di mana interaksi dengan pelanggan terjadi secara rutin.
Anda dapat membuat solusi digital untuk dukungan pelanggan, seperti portal online atau integrasi obrolan ke situs web merek. Dengan menggunakan metode seperti ini, pelanggan Anda dapat dengan mudah menghubungi Anda dan Anda juga dapat dengan mudah memastikan bahwa pertanyaan dan keluhan mereka dipenuhi tepat waktu.
- Portal online dapat berupa situs web yang didedikasikan untuk menerima umpan balik pelanggan dan memberi mereka informasi dan pembaruan yang berguna.
- Modul obrolan online dapat digunakan untuk menghubungkan pelanggan dengan agen manusia. Anda juga dapat menambahkan model AI yang secara otomatis menangani permintaan dan memberikan informasi berdasarkan permintaan pengguna.
6. Prioritaskan pemasaran digital dibandingkan pemasaran tradisional
Pemasaran adalah bagian penting dalam menjalankan merek atau bisnis apa pun. Inilah yang membuat merek mendapatkan eksposur yang dibutuhkan untuk menarik klien dan pelanggan.
Ada banyak metode pemasaran tradisional yang masih digunakan oleh merek, seperti papan reklame, poster, selebaran, dll.
Namun, saat ini lebih baik menggunakan pemasaran digital karena orang menghabiskan lebih banyak waktunya di ponsel dan komputer.
Sebagai bagian dari proses digitalisasi merek Anda, Anda dapat mulai memanfaatkan metode pemasaran digital seperti:
- ngeblog
- Pemasaran email
- Optimasi mesin pencari
- Pemasaran seluler
- Pemasaran media sosial
Dan sebagainya.
Dengan metode pemasaran ini, Anda dapat membuktikan merek Anda di masa depan dan memastikan merek Anda tidak tertinggal dari pesaingnya. Selain itu, metode ini terjangkau, terukur, dan lebih mudah dilakukan.
7. Kumpulkan dan analisis data kinerja secara digital
Anda dapat menggunakan metode digital untuk mengumpulkan dan menganalisis data kinerja merek Anda. Dengan solusi digital, seperti alat atau aplikasi online, Anda dapat memvisualisasikan data dengan mudah dan mencari pola serta tren di dalamnya.
Hal ini dapat membantu Anda menghemat waktu dan lebih efisien dalam mengumpulkan dan mempelajari data. Anda dapat menggunakan data tersebut untuk memahami kekurangan kinerja Anda dan bagian mana yang harus Anda fokuskan untuk ditingkatkan.
Pikiran Terakhir
Ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendigitalkan bisnis kecil Anda di tahun 2024 dan tahun-tahun berikutnya.
Tips yang disebutkan pada postingan di atas semuanya berhubungan dengan bagian penting dari sebuah bisnis, seperti perekrutan, kehadiran, dukungan pelanggan, pemasaran, pengumpulan data, dan sebagainya.
Jika merek Anda belum menerapkan salah satu langkah di atas, Anda dapat memulai dengan beberapa langkah agar perubahannya tidak terasa drastis.
Selangkah demi selangkah, Anda dapat sepenuhnya mendigitalkan bisnis Anda dan menjadikannya lebih kompeten, produktif, dan menguntungkan.
Baca Juga : 8 Manfaat Attendance Management System Bagi Perusahaan