9 Tool Bisnis Online untuk Keperluan Bisnis Anda

9 Tool Bisnis Online untuk Keperluan Bisnis Anda

Saat Anda memutuskan untuk memulai bisnis online, tentu Anda harus mengetahui tool untuk bisnis online Anda.

Hal ini akan membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dan tentunya lebih praktis.

Internet telah merevolusi cara kita melakukan bisnis, dari dampak dan efektivitas biaya sebagai media komunikasi dan kendaraan untuk mengumpulkan banyak informasi hingga cara kita berinovasi pembayaran dan memungkinkan kolaborasi.

Di era yang sangat terhubung ini, alat online sangat penting untuk kesuksesan bisnis apa pun.

Setelah Anda mempertimbangkan dampak COVID-19 terhadap cara kerja dan adopsi alat teknologi yang meluas untuk memungkinkan kerja jarak jauh.

Apakah Anda seorang veteran tempat kerja yang tertarik untuk memulai bisnis, pengusaha usaha kecil yang ingin membentuk kembali cara Anda bekerja dan mengembangkan bisnis Anda, atau pengusaha berwajah segar dengan pertunjukan sampingan yang berkembang, bisnis Anda harus mencakup beberapa basis.

Untungnya, ada banyak pilihan alat dan kursus bisnis online yang tersedia, yang sebagian besar intuitif untuk digunakan dan tidak mahal dalam hal biaya berlangganan.

Baik Anda menawarkan produk atau layanan, penting untuk mengetahui bahwa alat bisnis online dapat membuat bisnis Anda lebih produktif dan kompetitif.

Mari kita lihat pilihan tool untuk bisnis online yang dapat membantu Anda mencapai kesuksesan.

Baca Juga : 8 Faktor yang Membuat Bisnis Gagal dan Merugi

Tool untuk Bisnis Online Terbaik Bagi Pengusaha

Bagaimana pelanggan Anda akan menemukan Anda secara online?

Sebuah situs web yang dirancang dengan audiens di depan pikiran akan membangun hubungan dengan pengunjungnya dan mendorong pengguna untuk mengambil tindakan.

Ini dapat menyampaikan pesan khusus Anda sekaligus melibatkan pengunjung Anda.

Untuk memastikan Anda telah menciptakan pengalaman pengguna yang hebat, Anda perlu fokus pada peningkatan kegunaan situs web Anda (tampilan dan nuansa, dan penampilannya) dan navigasi (fungsinya).

Berikut adalah tool untuk bisnis online Anda:

1. WordPress

Empat puluh tiga persen web dibangun di WordPress. WordPress adalah open source dan dilengkapi dengan ribuan desain, ekstensi, tema, dan plugin situs web yang dibuat sebelumnya.

Selain itu, ini sangat fleksibel dan bekerja dengan hampir setiap alat dan layanan pihak ketiga yang tersedia untuk pemilik situs web.

2. Shopify

Tool untuk bisnis online yang selanjutnya adalah shopify. Shopify adalah platform e-niaga lengkap yang memungkinkan Anda memulai, mengembangkan, dan mengelola bisnis dengan biaya awal yang sangat rendah.

Perangkat lunak berbasis langganan memungkinkan siapa saja untuk mendirikan toko online dan menjual produk mereka dengan antarmuka yang mudah dipahami.

Pemilik toko Shopify juga dapat berdagang di lokasi fisik menggunakan Shopify POS.

Selain itu, jika Anda ingin membangun toko online dengan pembuat situs web e-niaga, Shopify memungkinkan Anda menyesuaikan toko Anda, menerima kartu kredit, dan mencari dukungan 24/7.

3. Webflow

Selanjutnya, tool untuk bisnis online yang selanjutnya adalah webflow. Sebagai alumni akselerator startup Y Combinator, perusahaan yang berbasis di San Francisco ini didukung oleh pendanaan yang serius.

Sementara platform lain cenderung dipasarkan ke pengguna yang kurang teknis, Webflow berada dalam posisi unik untuk menawarkan produk yang menargetkan desainer.

Mereka melakukan ini dengan solusi yang cukup kuat untuk mengubah desain spesifikasi tinggi menjadi situs web yang berfungsi penuh – tanpa perlu pengkodean.

Jika Anda membutuhkan alat untuk mengelola semua area bisnis Anda, termasuk komunikasi, manajemen keuangan, penyimpanan, dan distribusi. Ada banyak produk canggih di luar sana.

4. Google Chat dan Google Workspace

Google Chat untuk Gmail dan Google Workspace yang baru-baru ini dirilis adalah jawaban perusahaan teknologi untuk kolaborasi.

Google Chat adalah perombakan total dari produk Google Hangouts lama, dan jelas berbeda dan jauh lebih baik daripada pendahulunya.

Jika alat komunikasi ini bukan untuk Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan:

  • Slack
  • Zoom
  • Loom

5. FreshBooks

Homepage mereka mengatakan itu semua: “Perangkat Lunak Akuntansi Bisnis Kecil Dirancang untuk Anda.”

Awalnya dibuat pada tahun 2003, FreshBooks adalah program akuntansi berbasis cloud yang digunakan oleh jutaan pemilik usaha kecil di seluruh dunia.

FreshBooks menjadi salah satu tool untuk bisnis online Anda, FreshBooks memenuhi beberapa persyaratan untuk bisnis yang memerlukan perangkat lunak akuntansi yang mengelola faktur, penagihan berulang, akuntansi, dan penggajian.

Jika Anda mencari alat digital untuk memungkinkan Anda dengan persyaratan akuntansi dan faktur Anda, FreshBooks adalah solusi yang baik yang akan membantu Anda melacak arus kas dan pengeluaran, membuat laporan pengeluaran, dan menerima pembayaran online dengan lebih efisien.

6. Zoho Invoice

Perangkat lunak ini khusus untuk faktur dan membantu Anda membuat faktur, secara otomatis mengirim pengingat pembayaran, mengelola pengeluaran Anda, dan menjalankan laporan.

Untuk pemilik usaha kecil dan menengah, Zoho Invoice menawarkan layanan yang dapat disesuaikan dan tangkas yang memungkinkan sintesis set data yang berbeda secara khusus melalui otomatisasi.

Ini adalah situs web penagihan dan faktur komprehensif yang cocok untuk berbagai jenis bisnis, terutama startup dan pemilik tunggal.

Alat ini, yang dirancang untuk bekerja sebagai solusi mandiri, menonjol karena keserbagunaannya dan rangkaian fitur yang sangat terfokus. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan:

  • Xero
  • Monzo
  • WaveApp

7. Dropbox, iCloud, Juga Google Drive

Alat-alat ini menyediakan platform atau ruang bagi klien untuk menyimpan dan mengelola file dan data mereka, dan terintegrasi secara mulus dengan sistem perangkat lunak internal masing-masing klien.

Keduanya menawarkan layanan berlangganan untuk akun di luar skala kecil.

Google Drive dan Dropbox juga memungkinkan pengeditan dokumen secara real-time oleh banyak pengguna.

8. Salesforce

Ini adalah sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) yang diakui secara global dengan layanan yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Alat ini digunakan oleh lebih dari 150.000 pelanggan yang tersebar di seluruh dunia.

Apa yang awalnya dimulai sebagai perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) di ruang CRM tumbuh menjadi platform berbasis cloud skala penuh yang dikenal pengguna sebagai Salesforce saat ini.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 untuk mempermudah pembelian perangkat lunak.

Salesforce memungkinkan perusahaan untuk memilih produk CRM yang mereka butuhkan, daripada memaksa mereka untuk membeli produk satu ukuran untuk semua.

Salesforce membuatnya lebih mudah bagi bisnis untuk menggunakan perangkat lunaknya dengan platform berbasis cloud-nya.

Platform berbasis cloud menawarkan solusi yang hampir selalu lebih murah, lebih cepat, lebih aman, dan dapat tumbuh secara eksponensial dalam waktu singkat.

Selain itu, rangkaian layanan Salesforce telah mengimbangi pertumbuhan platform, dengan produk yang terus ditambahkan ke platform CRM-nya, serta berbagai aplikasi pihak ketiga juga disertakan secara teratur.

9. Google AdWords

Terakhir, tool untuk bisnis online yang dapat Anda gunakan adalah AdWords, menawarkan iklan Pay-Per-Click (PPC), iklan Biaya Per Seribu (CPM), dan iklan bertarget situs untuk iklan teks, spanduk, dan media kaya, termasuk distribusi lokal, nasional, dan internasional.

Google AdWords sangat penting untuk mengoptimalkan kehadiran online bisnis karena umumnya menawarkan hasil yang lebih cepat daripada SEO.

Baik SEO dan Google AdWords adalah strategi pemasaran mesin pencari yang bertujuan menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan prospek.

Ketika datang ke lalu lintas pencarian dan mencapai posisi teratas yang diinginkan, kampanye AdWords yang terencana dengan baik akan menghasilkan volume prospek yang lebih cepat untuk bisnis

Setelah mengetahui tool untuk bisnis online Anda, sekarang Anda dapat segera memulai bisnis Anda. Memulai dari awal bukanlah hal yang buruk, tetap semangat sampai Anda menembus tujuan Anda.

Baca Juga : Cara Memaksimalkan Customer Engagement Untuk Bisnis

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.