Tujuan Ekonomi Maritim Untuk Pembangunan Ekonomi Indonesia

Tujuan Ekonomi Maritim Untuk Pembangunan Ekonomi Indonesia

Salah satu hal yang perlu dipelajari ketika membahas mengenai ekonomi di Indonesia adalah tujuan ekonomi maritim.

Sebab, dengan mengetahui tujuan dari kegiatan ekonomi ini, kita mendapatkan ilmu yang berguna untuk mengetahui bagaimana kondisi ekonomi dari Indonesia.

Tujuan Ekonomi Maritim Yang Wajib Anda Tahu

Tujuan Ekonomi Maritim Yang Wajib Anda Tahu

Ekonomi maritim sendiri merupakan salah satu istilah yang mungkin sudah sering didengar oleh masyarakat Indonesia, hanya saja masih banyak yang belum mengetahui arti dari istilah ini.

Pada dasarnya, ekonomi maritim merupakan kegiatan ekonomi yang mempunyai hubungan erat dengan sistem kelautan.

Inilah beberapa tujuan ekonomi maritim yang bisa diperhatikan dengan saksama:

1. Membantu Meningkatkan Konektivitas dalam Bidang Maritim

Tujuan ekonomi maritim yang pertama yaitu untuk membantu memperluas dan meningkatkan konektivitas maritim.

Indonesia sendiri sudah lama terkenal sebagai salah satu negara di seluruh dunia yang mempunyai ribuan pulau.

Pulau-pulau tersebut pun sudah tersebar luas di seluruh negeri, sehingga perlu penanganan dan pembangunan fasilitas yang mumpuni.

Seluruh fasilitas tersebut berguna untuk mendukung keterjangkauan yang terjadi antar pulau.

Oleh karena itu, salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan membuat industri perkapalan di dalam negeri menjadi lebih berkembang lagi apabila dibandingkan dengan masa-masa yang sebelumnya.

2. Pembangunan Infrastruktur Semakin Merata

Tujuan ekonomi maritim yang selanjutnya yaitu demi membantu proses pembangunan infrastruktur agar menjadi lebih merata.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang sudah sangat modern dan dipenuhi oleh berbagai macam fasilitas canggih, akan tetapi terdapat ketimpangan yang begitu jelas jika dibandingkan dengan wilayah yang berada di daerah lain terlebih yang jauh dari pulau Jawa.

Oleh karena itu, ekonomi maritim berusaha untuk menuntaskan ketertinggalan pada daerah-daerah tersebut sehingga mereka memiliki infrastruktur yang semakin mumpuni.

Dengan infrastruktur yang merata, maka pembangunan nasional yang adil pun juga akan semakin tercapai dan secara otomatis seluruh rakyat Indonesia bisa hidup sejahtera lagi.

3. Membangun Diplomasi Maritim

Selain untuk membantu proses antar pulau, pembangunan infrastruktur dalam ekonomi maritim juga berguna untuk mempermudah negara lain ketika mereka ingin melakukan proses perdagangan tertentu.

Barang-barang yang masuk melalui jalur laut pun akan menjadi lebih mudah, sehingga proses pengiriman barang ekspor dan impor tidak mengalami permasalahan apa pun lagi.

Diplomasi maritim sendiri dilaksanakan sebagai salah satu upaya sehingga tidak ada lagi konflik yang terjadi ketika di laut.

Ada beberapa konflik yang sering terjadi, seperti sengketa wilayah, perompakan, pencurian ikan, pelanggaran kedaulatan laut, sampai pencemaran lingkungan.

Dengan menerapkan hal ini, maka seluruh pihak yang bersangkutan pun bisa bekerja sama untuk menjaga kelestarian laut.

4. Mengelola Sumber Daya Laut

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Indonesia selain pulaunya yang banyak adalah sumber daya laut yang sangat melimpah.

Sumber daya yang ditemukan di laut Indonesia dikabarkan sangat kaya, oleh karena itu banyak negara asing yang berusaha untuk menjalin kerja sama karena ada beberapa sumber daya yang tidak bisa ditemukan di lautan negara yang lain.

Akan tetapi, tanpa pengelolaan yang tepat, pastinya sumber daya laut dalam negeri bisa disalahgunakan oleh pihak asing sehingga pemerintah pun menerapkan kebijakan ekonomi maritim.

Sumber daya laut yang dikelola dengan baik sangat penting dan wajib dilakukan, sehingga kekayaan hasil laut yang diperoleh dapat diolah dan juga didistribusikan dengan lebih cepat.

5. Memperkuat Identitas Negara

Tidak hanya dikenal sebagai negara agraris saja, namun Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim.

Untuk itu, maka sudah sewajarnya apabila Indonesia harus bisa membantu mengembangkan industri maritim yang ada di dalam negara sebagai salah satu sumber devisa yang menguntungkan.

Tanpa adanya ekonomi maritim yang ditentukan dan dikontrol dengan saksama, maka bisa dipastikan bahwa identitas negara Indonesia hanya sekadar identitas saja.

Oleh karena itu, maka tidak mengherankan apabila saat ini pemerintah semakin menggalakkan beberapa kebijakan baru yang memperketat pengelolaan maritim sehingga tidak ada permasalahan lagi yang bisa merugikan ekonomi negara Indonesia.

Baca Juga : Cara Keluar dari Kesulitan Ekonomi

Contoh Ekonomi Maritim

Setelah mengetahui tujuan, maka penting pula untuk mengetahui berbagai contoh dari ekonomi maritim.

Seluruh kegiatan yang memiliki hubungan dengan maritim dapat dikatakan sebagai ekonomi maritim, seperti:

  • Wisata bahari
  • Kegiatan perekonomian yang ada di pelabuhan
  • Navigasi kapal laut
  • Peti kemas
  • Pembuatan senjata kapal perang
  • Pembuatan kapal
  • Perbaikan atau reparasi kapal
  • Pergudangan laut
  • Penyeberangan laut antar pulau atau pun negara
  • Tol laut untuk pengangkutan logistik kelautan
  • Pengiriman barang melalui laut

Intinya, tujuan ekonomi maritim adalah menyejahterakan seluruh kegiatan perekonomian yang berkaitan dengan laut.

Apabila ekonomi maritim diterapkan dengan penuh ketelitian dan ketegasan yang mumpuni, tentunya hal itu juga bisa membawa keuntungan bagi seluruh rakyat Indonesia, terlebih yang saat ini memiliki profesi di laut.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.