3+ Cara Riset Keyword YouTube dan Keuntungannya!

3+ Cara Riset Keyword YouTube dan Keuntungannya!
3+ Cara Riset Keyword YouTube dan Keuntungannya!

Bukan hanya dalam blogger atau website saja, keyword dalam konten YouTube pun sangat penting. manfaat dan keuntungannya sama yakni mendapatkan trafik dan rank tinggi. Jika Anda belum paham cara riset keyword YouTube Anda bisa menyimak ulasannya di sini.

Cara Riset Keyword YouTube secara Manual

Cara Riset Keyword YouTube secara Manual

Cara termudah dalam melakukan riset keyword, Anda bisa melakukannya secara  manual, tanpa perlu menguasai aplikasi dan fitur-fitur alat bantuan riset.

1. Search Engine YouTube

Cukup bermodalkan Aplikasi YouTube, Anda bisa melakukannya dengan praktis. Caranya yakni dengan menggunakan fitur auto correction yang ada pada mesin pencarian YouTube.

Di kolom pencarian ini Anda bisa mendapatkan ide, contohnya Anda memiliki ide “Menulis”, maka Anda cukup mengetikan kata tersebut  lalu spasi di mesin pencari YouTube, nantinya akan muncul kata baru di bawahnya.

Anda bisa mengetikkan satu huruf lagi jika ingin mendapatkan keyword yang dituju, contohnya saja Menulis C, nantinya akan muncul keyword lain di bawahnya misalnya menulis Copywriting, menulis contoh, dan lain-lainnya.

Langkah ini tentunya sangat mudah dan praktis untuk Anda lakukan dalam menemukan keyword populer dan menarik.

2. Lihat Video Terbaik dari Kompetitor

Selain dengan memanfaatkan mesin pencarian YouTube, Anda yang bingung mengenai topik dan ide keyword bisa langsung mengintip video dari para kompetitor.

Trik ini sangat mudah untuk Anda lakukan, sebab Anda hanya perlu mengamati, meniru dan memodifikasi topik video dari competitor tersebut.

Caranya Anda hanya perlu membuka channel competitor ataupun channel yang memiliki niche sama, selanjutnya klik tab Video  yang ada di halaman utama kompetitor.

Anda bisa mengklik opsi SORT BY lalu Most Popular, disini Anda akan menemukan video-video dengan viewers tertinggi.  Untuk melihat keywordnya Anda bisa melirik Judul dan Deskripsinya.

Umumnya keyword bisa Anda temukan di kalimat yang berulang pada judul dan deskripsi.

Anda bisa meniru topiknya dengan menciptakan konten yang lebih bagus dari video tersebut.

Anda bisa tiru topiknya dan membuat konten yang lebih bagus lagi.

3. Intip Tag Video Kompetitor

Lihat Video Terbaik dari Kompetitor

Selanjutnya cara manual yang bisa Anda tempuh selain dari melihat judul dan deskripsi, Anda bisa mendapatkan keyword yang lebih potensial dengan melihat meta tag dari video YouTube tersebut.

Caranya yakni dengan klik kanan pada bagian deskripsi lalu klik View page source, selanjutnya Anda bisa menekan tombol kombinasi CTRL + F selanjutnya ketik keywords. Di sini Anda bisa melihat keyword YouTube yang digunakan.

Agar konten Anda teroptimasi, Anda bisa menggunakan keyword tersebut dengan menyisipkannya pada judul, tag, deskripsi, ataupun script.

Ketiga cara manual untuk melakukan riset keyword di atas, bisa Anda lakukan secara mudah dan cukup praktis.

Akan tetapi jika ingin melakukan riset keyword dan analisisnya Anda bisa memanfaatkan aplikasi tool riset keyword yang andal.

Aplikasi Riset Keyword Andalan

Aplikasi Riset Keyword Andalan

Selain dengan cara-cara riset keyword YouTube manual di atas, Anda pun bisa memanfaatkan aplikasi tool riset keyword yang memudahkan Anda untuk menemukan keyword konten yang belum Anda temukan.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda andalkan :

1. Google Trends

Tool pertama yang bisa Anda andalkan ialah Google Trends. Google Trends ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan trend di mesin pencarian Google, riset keyword blog ataupun website.

Anda bisa memanfaatkan tool ini untuk riset keyword konten YouTube Anda. cara menggunakannya pun cukup mudah.

Anda hanya perlu memasukan  keyword pada kolom pencarian, contohnya Anda menulis keyword tips menulis, maka secara otomatis hasilnya akan ditampilkan bahkan beserta grafik dan volume pencarian keyword tersebut berdasarkan waktu tertentu, misalnya saja 3 bulan terakhir, 6 bulan, atau 1 tahun.

Selain itu, Anda bisa membandingkan keyword lain untuk melihat mana keyword yang memiliki angka potensial yang tinggi.

Tidak kalah pentingnya lagi, Anda bisa mendapatkan keyword yang sedang populer dengan melihatnya di laman menu Related queries.

Tidak perlu khawatir soal bayarannya, Anda bisa menggunakan tool ini secara gratis dan sepuasnya. Sangat menguntungkan, bukan?

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan dengan Google Trend

2. Tool VidIQ

VidIQ merupakan salah satu tool riset keyword  yang tersedia dengan bentuk extension yang bisa Anda pasang di browser baik itu Google Chrome, Mozilla, ataupun Edge.

Di VidIQ ini Anda bisa mendapatkan keyword yang lebih lengkap seperti keyword turunan,  competition keyword, keyword dengan top kreator dan jenis keyword lainnya.

Untuk menggunakan tool satu ini sama halnya dengan tool pada umumnya, Anda hanya perlu mengetikan keyword yang ingin Anda periksa.

Setelah mengetikan keyword tersebut, Anda bisa melihat hasil riset keyword tersebut di bagian kanan layar. Ada berbagai informasi yang bisa Anda lihat dari keyword tersebut mulai dari angka views tertinggi, rata-rata views yang diperoleh, hingga channel dengan performa terbaik di keyword itu.

Untuk mengakses tool VidIQ Anda bisa mengaksesnya secara gratis dan tentunya dengan fitur yang cukup lengkap.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan tool yang lebih menarik Anda bisa membayarnya dengan harga mulai dari seratus ribuan per bulannya.

3. KeywordTool.io

KeywordTool.io

Keyword Tool.io merupakan salah satu YouTube SEO tools yang bisa Anda manfaatkan. Di mana dengan menggunakan tool KeywordTool.io Anda bisa mendapatkan riset keyword dengan cara yang sangat mudah.

Di sini Anda akan mendapatkan data-data informasi mulai dari volume, trend keyword dengan jangka waktu satu tahun terakhir, CPC dan keyword competitor.

Meskipun Anda bisa mengakses tool ini secara gratis, Anda tidak akan mendapatkan informasi volume, trend, CPC dan competitor keyword.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap tentu Anda harus membayarnya mulai dari harga 980 ribuan per bulannya.

Untuk menggunakan KeywordTool.io Anda hanya perlu mengetikan keyword yang ingin diperiksa pada kolom pencarian dengan begitu Anda bisa melihat hasil keyword terpopuler.

Baca Juga : 12 Keyword Tool Gratis Terbaik untuk SEO, Cukup Akurat!

4. WordTracker

Selanjutnya ada Word Tracker yang bisa Anda manfaatkan untuk cara riset keyword YouTube. Sekilas tool ini menyerupai KeywordTool.io, akan tetapi keduanya sangat berbeda. Di mana Anda hanya bisa menggunakan tool ini secara gratis dan terbatas yakni hanya 10 kali riset dalam sekali menggunakan.

WordTracker menyajikan berbagai jenis informasi mulai dari keyword, volume, trending keyword dan kompetitor.

Sama halnya dengan tool-tool sebelumnya, Anda bisa menggunakannya dengan mengetikan keyword yang akan diperiksa dan pilih negara target audiens baru klik Search.

Dengan begitu Anda bisa melihat ide keyword YouTube dengan volume tertinggi untuk jenis ide konten yang akan Anda buat.

Agar Anda bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap tanpa batas Anda bisa membayarnya dengan harga Rp. 380-an ribu per bulan.

5.  Ubersuggest

Media lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword adalah Ubersuggest. Disini Anda tidak hanya bisa melakukan riset kata kunci/keyword saja melainkan Anda banyak fitur lainnya yang untuk membantu meningkatkan performa video.

Salah satu fitur yang dimaksud di antaranya SEO analyzer, backlink checker, content idea, dan masih banyak lagi.

6. Semrush

Semrush merupakan tool riset keyword yang Anda bisa manfaatkan secara gratis dan termasuk alat  dengan fitur yang cukup lengkap.

Anda tidak hanya akan mendapatkan keyword atau kata kunci melainkan juga beserta informasi detail lainnya seperti informasi volume pencarian bulanan, tingkat kompetisi keyword, dan lain-lain.

7. Tubebuddy

Tubebuddy menjadi salah satu alternatif lain untuk riset keyword konten YouTube. Meski alat ini digunakan untuk riset keyword, Anda bisa memanfaatkan fitur lain untuk membantu Anda dalam video topic planner, best time to publish, tag explorer,dan masih banyak fitur yang berguna lainnya.

Ketujuh layanan tool di atas bisa Anda manfaatkan untuk melakukan riset keyword. Anda bisa menggunakan salah satu tool yang sesuai dengan kebutuhan dan fitur yang menunjang untuk membantu Anda dalam meningkatkan kualitas konten YouTube.

Keuntungan Melakukan Riset Keyword

Keuntungan Melakukan Riset Keyword

Untuk meyakinkankan Anda dalam melakukan cara riset keyword YouTube, Anda harus tahu keuntungannya melakukan riset keyword di bawah ini.

1. Memudahkan Audiens untuk Menemukannya

Dengan menargetkan keyword YouTube tertentu, Anda bisa melakukan persaingan dengan tingkat persaingan yang lebih kecil.

Melihat pada ungkapan survey yang mana menurutnya terdapat 500 jam konten yang di upload ke platform YouTube di setiap menitnya. Jika diperkirakan rata-rata durasi per kontennya adalah 10  menit, maka kemungkinan terdapat 300 konten yang bersaing dengan konten video Anda di setiap menitnya.

Seperti yang disinggung dengan adanya pengaplikasian keyword, persaingannya akan mengecil. Dengan begitu konten video YouTube Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh audiens.

Bahkan peluang klik atau ditonton menjadi lebih besar, apalagi jika konten yang Anda buat memiliki kualitas konten yang baik dan bermutu.

2. Mendapatkan Peringkat Teratas dan Banyak Viewers

Siapa yang  tidak senang jika konten YouTubenya mendapatkan banyak viewer? Dengan langkah awal melakukan riset keyword Anda bisa mendapatkan banyak viewer.

Sama halnya dengan Google, YouTube pun memiliki sistem ranking di hasil pencariannya . di mana algoritma YouTube menentukan indikator video dalam mendapatkan rangking teratas.

Di mana salah satu indikator untuk memenangkan rangking teratasnya adalah keyword. Dengan mengaplikasikan keyword dengan benar, Anda bisa berhasil mendapatkan peringkat teratas.

Akhirnya Anda bisa mendapatkan viewer yang lebih banyak dan menjadi konten viral sebab konten video tersebut memiliki peluang besar untuk ditonton.

3. Mengetahui Video Populer Dicari Audiens

Tujuan utama dari cara riset keyword YouTube ialah agar mengetahui topik dan keyword yang banyak dicari oleh para audiens atau target audiens yang Anda tuju.

Anda memang bisa membuat video sesuka dan sebebas kemauan Anda, akan tetapi video tersebut bisa saja jarang ditonton.

Contohnya saja Anda membangun channel YouTube bertema Edukasi Pelajaran Sekolah, maka artinya target Anda adalah pelajar.

Dengan adanya riset keyword Anda bisa mendapatkan inspirasi konten yang banyak dicari, misalnya pelajaran MTK dengan sub materi yang sering dicari.

Anda pun bisa lebih mudah menentukan prioritas video yang harus dibuat dan diupload paling awal sehingga performa channel Anda lebih optimal.

Inti dari keuntungan melakukan riset keyword ini adalah untuk meningkatkan trafik YouTube Anda. dengan semakin tinggi trafiknya maka penjualan bisnis Anda semakin berhasil.

Dengan menerapkan cara riset keyword YouTube di atas, Anda bisa mendapatkan keyword populer dan membuat konten menjadi berkualitas.

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.