Dewasa ini, apapun bisnisnya pasti memiliki media online sebagai salah satu metode penjualannya.
Tidak bisa sembarangan, untuk meningkatkan penjualan dibutuhkan strategi yang matang. Salah satunya menggunakan Google Trend.
Google Trend dinilai dapat meningkatkan arus kunjungan pengguna internet ke situs atau marketplace dimana pengusaha menjual produk yang mereka tawarkan.
Berikut ini adalah pembahasan mendalam mengenai Google Trend yang bisa Anda simak.
Apa Itu Google Trend
Google Trend adalah sebuah media yang disediakan Google yang dapat membantu pengusaha dalam memperoleh data apa saja yang sedang trending atau hal apa yang sedang banyak dicari pengguna pada mesin pencari.
Dirilis sejak tahun 2006, namun gelombang besar pengguna Google Trends muncul ketika pandemi berlangsung.
Ini karena banyak pengusaha yang sebelumnya tidak menyentuh media online mau tidak mau harus survive di media online.
Prinsip Dasar Google Trend
Google Trend menjadi salah satu fasilitas yang disediakan gratis dari Google.
Dengan tampilan dashboard yang simple dan mudah dimengerti, Google Trend dapat memberikan Anda banyak informasi untuk kemajuan usaha.
Platform ini dapat menyediakan banyak topik yang tengah menjadi perbincangan sebagai referensi untuk penggunanya yang sedang melakukan riset kata kunci.
Anda juga bisa melakukan perbandingan antar kata kunci untuk memilih mana yang tepat.
Apa Saja yang Bisa Dianalisis dalam Google Trend?
Secara garis besar, platform ini membantu Anda dalam mencari kata kunci yang tepat untuk digunakan dalam konten situs atau blog yang sedang dikembangkan.
Google Trend digunakan untuk hal-hal berikut ini diantaranya adalah :
- Trend kata kunci. Disini Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait bahasa apa yang sering digunakan oleh user mesin pencari.
- Tren yang bersifat musiman. Dari sini, Anda dapat membuat kalender konten sesuai dengan tren yang berlaku pada satu momen. Sehingga apa yang Anda buat akan selalu relate dengan target pasar Anda.
- Tren secara regional. Hebatnya lagi Google Trend dapat secara spesifik memberikan Anda informasi tentang apa yang sedang viral di daerah tertentu.
- Selain menganalisis kata kunci yang Anda pilih, platform ini juga dapat memberi Anda rekomendasi kata lain yang memiliki keterkaitan dengan kata yang Anda cari.
Fungsi Google Trend
Untuk apa Google Trend?
Sebagai media yang digunakan untuk membantu digital marketer dalam meningkatkan penjualannya, Google Trend dapat mengambil andil yang cukup besar.
Berikut adalah fungsi dasar dari platform ini.
1. Menentukan Topik yang Akan Dibahas
Untuk membuat konten yang menarik, penggunaan Google Trend dapat membantu Anda dalam mencari topik yang bagus untuk dibahas, agar topik yang dibahas cocok dengan kata yang sedang banyak dicari user atau topik hangat.
2. Menentukan Target
Ini penting agar konten yang dibuat mudah diterima, terutama oleh konsumen yang menjadi target pemasaran.
Google Trend dapat memberikan statistik yang lengkap untuk dijadikan referensi dalam membuat konten.
3. Membantu Mencari Kata Kunci
Kata kunci adalah salah satu komponen yang dapat membantu meningkatkan traffic ke situs atau marketplace.
Pemilihan kata kunci yang tepat dapat membantu agar situs atau marketplace menduduki halaman utama mesin pencari.
Selain itu, Google Trend juga dapat membantu dalam melihat seberapa banyak kata kunci yang Anda pilih muncul di mesin pencari.
Frekuensi kemunculan ini dapat membantu tim marketing dalam mengiklankan produk di satu daerah.
4. Sebagai Media Perbandingan
Bukan hanya bermanfaat bagi digital marketing, Google Trend juga berguna bagi blogger untuk membandingkan topik yang dirasa menarik dengan topik yang sedang trending di seluruh dunia.
5. Melihat Durasi Trending Sebuah Topik Bahasan
Selain menyediakan topiknya, Google Trend juga dapat menunjukan pada penggunanya berapa lama sebuah topik akan bertahan.
Ini berguna agar pengusaha atau blogger dapat meng-update postingannya secara berkala.
Agar konten dalam blog atau situs resmi atau bahkan marketplace yang Anda jalankan terus rilate atau sesuai dengan topik yang sedang trending.
Ini penting agar tujuan menduduki halaman pertama mesin pencari dapat tercapai.
Manfaat Penggunaan Google Trend
Setelah mengetahui fungsinya, mari kita bahas juga manfaat dari penggunaan Google Trend.
Salah satunya adalah yang telah disebutkan di atas yaitu meningkatkan penjualan.
Selain itu manfaat lainnya adalah sebagai berikut:
1. Memperoleh Kata Kunci yang Tepat
Kata kunci yang tepat akan memberikan impact yang cukup signifikan dalam meningkatkan traffic ke situs atau blog yang Anda jalankan.
Hal ini karena kata kunci yang tepat akan selalu bersinggungan dengan topik yang sedang viral kala itu.
2. Memberikan Referensi Konten yang Akan Dibuat
Tujuan dikenalnya produk atau brand yang Anda pasarkan adalah untuk menghadirkan interaksi antara produsen dan konsumen untuk selanjutnya bisa terjadi transaksi jual beli.
Google Trend dapat membantu Anda dalam memberi topik yang menarik.
Fitur Google Trend yang menyediakan statistik kepopuleran sebuah kata dapat memberikan Anda inspirasi, konten apa yang harus dibuat berdasarkan kata kunci paling populer yang berkaitan dengan produk yang dijual.
3. Meningkatkan Brand Awareness Secara Bertahap
Meski tidak dapat memberikan impact dalam waktu singkat, namun penggunaan Google Trend secara berkala dapat memberikan peningkatan traffic secara berkala.
Anda hanya harus mengkondisikan konten sesuai kata kunci yang paling populer.
4. Peluang Memasarkan Produk Secara Cepat
Segala bentuk media online sejatinya dapat membantu menyebarkan informasi produk secara massal dan cepat.
Hal ini karena media online dapat menjangkau siapapun dimanapun tanpa adanya hambatan ruang dan waktu.
Cara Simple Untuk Menggunakan Google Trend untuk Bisnis
Seperti yang kita tahu, bahwa platform Google Trend yang akrab dengan digital marketing dan content writer SEO ini juga ternyata bisa memberi dampak positif dalam menghasilkan inspirasi untuk para blogger.
Jika Anda masih tergolong awam dan baru akan menggunakan platform ini, informasi ini akan sangat membantu Anda dalam memaksimalkan penggunaan platform ini.
Bagaimana cara menggunakan Google Trend?
Langkah Pertama
Langkah pertama yang pasti harus dilakukan adalah membuka dashboard Google Trend.
Anda hanya perlu mengetik kata tersebut di mesin pencarian Google, maka situsnya akan langsung bisa Anda temukan.
Langkah Kedua
Mengubah lokasi. Cara mengetahui apa yang sedang trending ini penting untuk memantau suatu statistik sebuah daerah secara spesifik.
Bukan hanya negara sendiri, Anda bahkan bisa memantau trend yang sedang berkembang di negara lain.
Caranya cukup mudah, hanya perlu meng-klik sisi kanan bagian atas Google Trend.
Di sana Anda akan menemukan opsi untuk mengubah lokasi. Pilih lokasi di mana produk akan dipasarka
Langkah Ketiga
Setelah kedua langkah sebelumnya dilakukan, sekarang Anda tinggal menulis kata kunci apa yang ingin Anda analisis.
Usahakan untuk menulis kata kunci yang spesifik.
Langkah Keempat
Setelah kata kunci dituliskan, Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya.
Di mana pada halaman tersebut, akan tersaji grafik dari trend user yang mencari kata yang telah Anda tuliskan dalam jangka waktu satu tahun kebelakang.
Pada bagian bawah Google Trend, Anda akan disuguhkan rekomendasi kata yang memiliki keterikatan dengan kata kunci yang dicari.
Dengan begitu, kata yang digunakan akan lebih variatif namun tetap memiliki hubungan.
Gunakan Google Trend Untuk Melakukan Prediksi Trend
Hal yang harus dipertimbangkan dalam mengelola konten bukan hanya sekedar memilih kata kunci, cara user mengolah data yang disuguhkan oleh platform ini juga dapat mempengaruhi hasil yang diperoleh user.
Meski tutorial penggunaan platform ini tersebar di penjuru hasil pencarian, namun tidak semua orang mampu membaca data yang disuguhkan.
Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan data yang telah diperoleh.
- Cermat dalam membaca grafik Google Trend. Meski grafik yang menunjukan kenaikan berpotensi menghasilkan peningkatan pada trend yang sedang Anda analisis. Namun tidak menutup kemungkinan ini hanya berlaku sementara.
- Melakukan identifikasi terhadap trend dengan menyesuaikan target marketing yang sedang ditargetkan dalam mengelola Google Trend analytics.
- Jangan hanya terpaku pada satu kata kunci dalam platform ini, lakukan juga perbandingan terhadap kata lain yang memiliki makna sejenis dengan kata yang sedang Anda analisis.
Keunggulan Google Trend Dalam Riset Produk
Riset merupakan hal yang paling sering dilakukan digital marketing.
Itulah mengapa platform ini sangat erat kaitannya dengan para digital marketer.
Berikut ini adalah keunggulan Google Trend yang bisa dirasakan..
1. Menentukan Ide Potensial
Keunggulan Google Trends yang pertama, selain untuk mempertajam pemasaran produk yang sudah ada, fitur Google satu ini juga bisa menjadi sarana untuk mencari produk apa yang cocok untuk dijual sesuai dengan apa yang sedang trend di pasar.
Google Trend dapat menjadi pelarian seorang pengusaha yang bingung mencari ide tentang produk apa lagi yang bisa dijual untuk meningkatkan keuntungan.
Semua data mengenai trend yang berlaku tersaji secara real time di platform ini.
2. Memperkuat Strategi Pemasaran
Kegunaan Google Trends lainnya yaitu sering dimanfaatkan sebagai fitur pencari kata kunci untuk memperkuat promosi produk atau sekedar menyebarkan brand awareness lebih jauh ke konsumen.
Dengan fitur tersebut, user platform ini dapat dengan pasti menemukan kata apa yang dapat mendongkrak traffic menuju situs yang mereka kelola.
Selain itu fitur ini juga membantu konten kreator dalam membuat konten yang relate dengan trend yang ada.
3. Meningkatkan Penjualan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa fitur kata kunci yang ada pada platform ini dapat mendongkrak arus pengunjung menuju situs penjualan.
Hal ini tentu berdampak positif pada produk yang ditawarkan.
Semakin banyak user yang mampir ke situs yang Anda kelola, semakin banyak orang yang tau tentang produk yang ditawarkan.
Anda hanya tinggal membuat konten-konten yang membuat pembacanya merasa butuh dengan produk yang dijual.
4. Memberi Informasi Produk yang Laris Dipasaran
Google Trends bukan hanya memberi informasi tentang kata kunci yang bisa digunakan, platform ini juga bisa membantu pengusaha dalam memberi informasi seputar produk-produk apa saja yang sedang laris dipasaran.
Hal ini bisa menjadi peluang usaha lain, disamping menjual produk yang Anda produksi sendiri.
Anda bisa menjual produk yang sedang laris itu di toko online yang dikelola untuk tambahan cuan.
5. Dapat Melihat Topik yang Menarik Sesuai Industri
Setiap masing-masing industri pasti memiliki topik menarik tersendiri.
Topik menarik ini bisa Anda temukan melalui Google Trend.
Berikut ini adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menemukan topik tersebut :
- Buka dashboard Google Trend, lalu buka opsi Explore.
- Setelah itu pilih daerah yang menjadi target pemasaran produk. Lalu pilih rentang waktu yang Anda inginkan. Tujuannya untuk melihat pertumbuhan kata kunci yang Anda masukan selama rentang waktu tertentu.
- Ini langkah yang paling menentukan, Anda harus memilih pada industri apa usaha bergerak. Setelah itu, pengguna hanya perlu pergi ke bagian bawah laman untuk melihat kata kunci terkait.
- Kata kunci terkait itu merupakan trend yang sedang booming di industri tertentu. Gunakan kata tersebut untuk mengeksplorasi topik yang akan dibuat.
6. Dapat Digunakan Untuk Riset Mengenai Pesaing Usaha Anda
Keunggulan lain dari Google Trend adalah dapat memberikan informasi secara jelas perihal topik yang sedang trending pada pencarian pesaing Anda.
Berikut ini adalah cara melakukannya :
- Setelah masuk ke dashboard Google Trend, masukan kata kunci atau nama dari perusahaan yang menjadi pesaing Anda.
- Pilih salah satu wilayah yang menjadi target pasar, lalu kostumisasi rentang waktu yang ingin Anda analisis.
- Setelah itu, Anda akan diberikan informasi perihal kata kunci apa saja yang paling populer di masa lalu. Anda bisa membandingkan dengan hasil di masa sekarang. Apakah kata kunci tersebut masih relevan untuk digunakan saat ini.
7. Menyediakan Informasi Tokoh Viral
Jika produk yang Anda tawarkan membutuhkan jasa endorsement, platform ini wajib digunakan karena dapat memberikan informasi akurat tentang siapa saja tokoh atau influencer yang sedang naik daun.
Hal ini karena tokoh yang sedang viral dapat memberikan impact yang cukup berpengaruh dengan penjualan produk yang Anda tawarkan.
Jadi, gunakan platform ini agar tidak salah memilih orang untuk melakukan endorsement.
8. Lengkap dan Gratis
Keunggulan utama yang sudah kita bahas sedari tadi adalah platform Google Trend ini dapat menyajikan data yang cukup lengkap terutama untuk melakukan riset produk atau riset pasar.
Google Trend bersifat gratis. Google memberikan layanan penting dan informatif ini secara gratis untuk semua pengguna.
Jadi, dalam riset ini Anda akan lebih diuntungkan karena tidak harus mengeluarkan modal untuk hasil yang maksimal
Membuat Pola Dengan Google Trend
Dalam dunia digital marketing, pola ini akan sangat berpengaruh pada perencanaan periklanan.
Anda bisa mendapatkan informasi seputar kapan produk Anda akan diminati menggunakan platform ini.
1. Cara Menentukan Pola
Menentukan pola menjadi sangat penting untuk dilakukan dalam Google Trend karena dengan begitu, pengiklan dapat mengetahui momen di mana kata yang mereka pilih mengalami peningkatan atau penurunan.
Berikut adalah caranya :
- Masukan kata kunci yang Anda ingin analisis lalu masukan juga wilayah yang menjadi target pasar.
- Lakukan analisis dengan memasukan rentang waktu yang berbeda. Misalnya, seminggu yang lalu hingga hari ini, sebulan yang lalu hingga hari ini, atau bahkan setahun yang lalu sampai hari ini.
Setelah melakukan dua langkah di atas, pastikan Anda telah menyimpan hasilnya untuk kemudian dibandingkan.
Berdasarkan analisis sebuah kata dengan rentang waktu yang berbeda Anda akan menemukan beberapa hasil, diantaranya :
- Dalam menganalisis secara harian, Anda akan menemukan pada jam berapa kata kunci yang Anda pilih mengalami penurunan.
- Dalam menganalisis secara mingguan, Anda akan mendapatkan informasi pada hari apa kata kunci yang dipilih mengalami kenaikan atau penurunan.
- Dalam analisis bulanan, informasi yang didapat adalah pada bulan apa kata kunci tersebut mengalami lonjakan atau penurunan. Misalnya, produk jas hujan akan mengalami kenaikan di bulan-bulan basah, namun turun di bulan kering.
3. Cara Menganalisis Pola Musiman
Google Trends memungkinkan kita untuk melihat pola musiman, yaitu tinggi rendahnya grafik kata kunci.
Berguna untuk melihat pada momen apa sebuah produk mengalami kenaikan dalam pencarian.
Anda bisa menganalisisnya dengan cara :
- Masukan kata kunci yang ingin Anda analisis. Jangan lupa masukan juga rentang waktu yang ingin dilakukan pengujian.
- Setelah hasilnya keluar, Anda bisa mengetahui apakah trend yang sama masih berlaku untuk setahun kedepan dengan mengubah variabel waktu yang Anda analisis. Misal dari 12 bulan menjadi 36 bulan.
- Selanjutnya, bandingkan kata kunci yang telah dicari dengan kata kunci lain yang berlawanan dengan kata kunci sebelumnya. Misalnya, jika sebelumnya Anda mencari kata sepatu, maka selanjutnya siakan mencari kata sa
- Dari sini, Anda dapat melihat perbedaannya. Dimana ketika satu istilah grafiknya naik, maka istilah lain menggambarkan grafik yang menurun. Anda bisa menggunakan pola ini untuk memasarkan produk.
Penggunaan Google Trend Dalam Strategi Content Writer
Sama seperti digital marketing, Google Trend juga erat kaitannya dengan content writer, khususnya penulis yang bertugas membangun situs resmi sebuah perusahaan atau blog pribadi.
Tujuan penggunaan platform ini tidak lain adalah untuk menarik banyak konsumen.
Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada, berikut ini adalah hal yang bisa Anda gunakan dalam Google Trend untuk meningkatkan aktivitas situs atau blog.
1. Menyediakan Informasi Tren Kata Kunci
Meski tidak menampilkan besaran volume tiap kata yang terpampang pada laman hasil pencarian, namun platform Google Trend ini bisa memberikan Anda informasi tentang seberapa populer sebuah kata.
Berikut adalah langkah-langkahnya :
- Anda hanya perlu menuliskan kata kunci yang ingin dianalisis, usahakan memasukan kata kunci yang cukup spesifik untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga.
- Hasilnya akan keluar dalam bentuk grafik. Di sini Anda bisa melihat proyeksi peningkatan atau penurunan kepopuleran kata kunci dengan melihat tren dalam waktu tiga tahun kedepan.
- Gunakan kata kunci yang memiliki hasil grafik yang meningkat pada informasi yang tersedia di dashboard dan pastikan untuk menghindari kata kunci yang grafiknya terlihat menurun.
2. Meningkatkan Pencarian Dengan Kata Kunci Lain
Selain memaksimalkan kata kunci utama, untuk meningkatkan potensi pencarian yang lebih luas pada Google Trend, pengguna bisa menggunakan kata kunci lain yang terikat dengan kata kunci yang Anda gunakan.
Berikut adalah caranya :
- Masuk ke dashboard Google Trend lalu lakukan pencarian kata kunci seperti pada langkah yang sebelumnya dijelaskan.
- Setelah itu, arahkan ke bagian paling bawah, kebagian “relate queries”. Di bagian inilah Anda akan menemukan kata kunci yang relate dengan kata kunci yang dicari sebelumnya.
- Bagusnya lagi, rekomendasi kata kunci terkait yang diberikan juga termasuk dalam kata kunci yang sedang trending. Hal ini bisa dilihat pada bagian presentasi pertumbuhan pencarian yang berada di samping kata kunci terkait.
3. Membaca Trend Lokal
Fitur ini bisa digunakan untuk meningkatkan arus ke situs atau blog yang Anda kembangkan.
Fitur Google Trend ini akan memberikan informasi apakah kata kunci yang Anda pilih sesuai dengan tren di daerah yang menjadi target.
Caranya adalah :
- Langkah pertama akan selalu sama, yaitu memasukan kata kunci yang akan Anda gunakan ke Google Trend.
- Gulir laman hingga ke bagian bawah untuk melihat trend pencarian suatu wilayah. Sub wilayah yang ada bisa diganti dengan nama kota yang menjadi target.
- Untuk melihat grafik tren dari kata kunci atau topik yang dipilih, klik bagian sub wilayah atau kota yang Anda pilih. Ini dapat membantu Anda menganalisis suatu daerah secara lebih rinci.
4. Membantu Menemukan Topik atau Ide Baru
Selain membantu dalam mengembangkan kata kunci, bagi seorang SEO content Writer, Google Trend juga bisa digunakan untuk mencari ide baru yang sesuai dengan tren yang sedang berlangsung.
Caranya juga cukup mudah, yaitu :
- Setelah membuka laman Google Trends daily data, klik tiga garis yang ada di kiri atas dashboard.
- Lalu pilih menu penelusuran trending untuk melihat topik apa yang sedang ramai diperbincangkan atau yang sedang banyak dicari dalam mesin pencari seperti Google Search.
- Dalam menu ini, Anda akan disuguhkan informasi seputar topik yang sedang viral dalam 24 jam terakhir. Gunakan variasi kata yang disuguhkan sebagai bahan untuk dikembangkan menjadi konten yang akan dibuat.
5. Cara Mengoptimalkan Pencarian di YouTube
Bukan hanya content tertulis, Google Trend juga dapat membantu dalam mengoptimalkan pencarian di YouTube untuk Anda yang lebih aktif membuat konten berupa video.
Cara melakukanya juga mudah, diantaranya :
- Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada Google Trends today.
- Tekan menu “drop down web search” lalu pilih “YouTube Search” untuk mendapatkan hasil yang relate dengan trending pencarian di YouTube.
- Setelah itu, Google Trend akan memunculkan grafik dari kata kunci yang dimasukk Grafik tersebut adalah gambaran sepopuler apa kata tersebut di dalam YouTube.
Baca Juga : 3+ Cara Riset Keyword YouTube dan Keuntungannya!
Kekurangan Google Trend
Salah satu kekurangan Google Trend adalah sebagai analis kita harus memahami kata kunci yang digunakan oleh user mesin pencari.
Bahkan dalam beberapa kasus sering terjadi bias antara kata kunci yang dianalisis dengan yang digunakan user.
Memahami kata kunci yang sering digunakan konsumen dapat meminimalisir kesalahpahaman.
Cobalah berpikir seperti seorang user mesin pencari untuk menemukan titik temu antara analis dengan user.
Tools Lainnya Untuk Meningkatkan Pencarian
Selain Google Trend, perusahaan Google juga menyediakan fitur lain yang bisa membantu Anda dalam menganalisis trend yang sedang berlangsung.
Beberapa tools selain Google Trend yang bisa digunakan diantaranya adalah:
1. Google Insight
Sama seperti Google Trend, fitur satu ini juga bisa membantu pengusaha dalam menganalisis produk apa yang sedang laris pada waktu tertentu.
Bisa dibilang, dibandingkan Google Trend, Google Insight memberikan informasi yang lebih akurat.
Fitur ini juga bisa digunakan untuk mengoptimalkan SEO.
Jadi, selain meningkatkan produk yang sedang dipromosikan, pada saat yang sama pengusaha juga bisa meningkatkan produk yang sebelumnya dijual.
Keunggulan platform ini adalah :
- Dapat memberikan informasi mengenai tren kata kunci yang sedang berlangsung. User juga dapat mengatur apakah ingin melihat trend lokal atau secara global.
- Data yang ditampilkan lebih spesifik dibandingkan Google Trend karena platform ini memiliki fungsi sebagai media riset, bukan hanya sekedar untuk mengetahui apa yang sedang trending di suatu masa.
- Hasil pencarian dapat dibagi dalam beberapa kategori seperti pencarian berita, web, gambar hingga produk. Jadi, kata kunci yang Anda cari tidak terbatas pada satu kategori saja.
- Pencarian yang dilakukan dapat lebih mendetail seperti daerah tertentu saja. Misalnya, jika Anda memiliki target penjualan di sebuah kota, Anda bisa mengatur analisis kata hanya untuk di kota tersebut saja.
2. Google Keyword Planner Tool
Fitur Google yang satu ini memiliki kemiripan dengan Google Trend dalam segi rekomendasi ide atau topik baru yang bisa dijadikan konten.
Serupa dengan dua fitur sebelumnya, fitur ini juga bisa memberikan informasi tentang produk viral.
Dibandingkan dengan Google Trend daily, platform satu ini dapat memberikan informasi akurat kepada user tentang kata kunci apa yang sedang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari.
Keunggulan lain dari keyword planner ini adalah :
- Mampu memberikan topik-topik hangat yang menjanjikan. Ini karena fitur Google satu ini dirancang khusus untuk membantu menemukan kata kunci yang tepat.
- Tools yang tepat untuk SEO content writer. Sesuai dengan namanya, fitur Google ini dapat membantu Anda menyiapkan kata kunci apa saja yang nantinya bisa diolah menjadi konten tulisan.
- Dapat menyuguhkan kata kunci yang tepat yang dapat menarik konsumen lebih banyak ke situs yang sedang dikembangkan menutupi kekurangan Google Trends.
3. Google Document
Fitur yang satu ini cocok untuk melakukan voting atau polling.
Dari voting atau polling ini nantinya Anda sebagai pengusaha dapat mengetahui apa saja yang sedang diinginkan konsumen.
Keunggulan fitur Google satu ini diantaranya adalah :
- Selain mengetahui keinginan konsumen, fitur ini juga memberikan Anda informasi tentang hal-hal apa saja yang sedang trending di masyarakat. Jadi, hasilnya lebih akurat dari fitur lain.
- Berbeda dengan Google Trends, platform ini dapat mengetahui secara jelas apa yang membuat sebuah produk terlihat lebih menarik dimata konsumen berdasarkan trend yang berlangsung.
- Informasi yang disuguhkan dapat menjadi sarana untuk mengevaluasi kinerja bisnis yang telah dilakukan sebelumnya. Ini karena fiturnya dapat juga digunakan untuk melihat seberapa puas konsumen terhadap produk yang dijual
Itulah beberapa tools atau platform yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis pasar dan trend yang sedang berlangsung selain Google Trend yang pada dasarnya memiliki kemampuan yang hampir sama.
Meski memiliki fungsi yang hampir sama, namun tetap platform diatas dapat menjadi pelengkap atau kinerjanya dapat mengimbangi kelebihan Google Trends itu sendiri.
Hal-hal yang Berkaitan dengan Google Trend
Google memang menjadi senjata ampuh untuk merencanakan konten apa yang akan dibuat.
Selain beberapa poin di atas, terdapat beberapa hal lain yang berkaitan dengan platform ini. Berikut diantarnya:
1. Optimasi Pencarian Spesifik Dalam Google Trend
Tahukah Anda, selain menganalisis trend yang ada dalam mesin pencari, ternyata Google Trend juga bisa digunakan untuk memaksimalkan trend yang ada di platform lain seperti YouTube.
Caranya sama, Anda hanya perlu menekan pilihan YouTube.
Nantinya pengguna akan diarahkan pada halaman yang menunjukan grafik trend berdasarkan data pencarian dari YouTube.
2. Memposisikan Produk Dengan Google Trend
Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan siklus atau momen dimana sebuah kata banyak dicari.
Seperti kata “kue lebaran” yang frekuensi pencariannya akan meningkat pada grafik Google Trend ketika menjelang lebaran.
Siklusnya akan gencar di bulan Ramadhan namun merosot tajam di hari-hari biasa. A
nda dapat memanfaatkan momen tertentu yang memiliki kaitan erat dengan produk yang ditawarkan untuk meningkatkan penjualan.
Selain Google Trend, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Google lainnya seperti Google Shopping, Google News atau bahkan YouTube. Fitur-fitur di atas bisa Anda sesuaikan dengan konten yang akan dibuat.
3. Cara Untuk Mencari Kata Kunci Dalam Google Trend
Bagaimana cara mencari keyword di Google Trend?
Dalam menggunakan satu ini, Anda hanya perlu menuliskan topik yang akan dibuat pada kolom “enter a search term or a topic” atau bisa juga memasukan kata kunci di “add a search term”.
Grafik yang muncul telah disesuaikan dengan lokasi yang telah dipilih sebelumnya.
Angka 1 sampai 100 yang muncul pada laman hasil merupakan angka kemungkinan user melakukan pencarian menggunakan kata yang Anda cari.
4. Hal yang Menarik Dari Hasil Pencarian
Sebelumnya telah disampaikan bahwa pada bagian bawah laman Google Trend, akan ada saran atau rekomendasi kata kunci yang terikat dengan kata yang Anda cari.
Inilah yang dapat memberi inspirasi dalam mengembangkan konten.
Selain itu, menggunakan kata yang terlalu umum akan memberikan hasil yang terlalu luas pada.
Pastikan Anda memasukan kata kunci yang lebih spesifik, setidaknya dua sampai empat kata untuk mendapat hasil yang lebih spesifik.
5. Arti Warna dan Membandingkan Kata Kunci
Ketika grafik pada Google Trend muncul, Anda akan melihat warna biru gelap yang menandakan bahwa kata tersebut cukup banyak dicari oleh user. Semakin terang warnanya, artinya user yang mencari kata tersebut semakin sedikit.
Kegiatan ini bisa dilakukan dengan fitur komparasi.
Fitur yang dapat membantu Anda membandingkan hingga lima kata kunci. Fitur ini akan membantu Anda dalam membandingkan tingkat pencarian hingga saran kata yang terikat dengan kata kunci.
Google Trend juga memberi fitur unduh file dan embed yang memungkinkan Anda untuk membagikan hasil pencarian secara langsung kepada tim marketing lainnya atau dijadikan sebagai reminder untuk kebutuhan konten blog pribadi.
Jadi, Apakah Anda Sudah Bisa Menggunakan Google Trend?
Dari penjelasan di atas, pada dasarnya cara kerja Google Trend cukup simple, Anda hanya perlu memasukan satu kata kunci untuk kemudian dianalisis.
Tampilan dashboard yang mudah dipahami juga sangat mempermudah user.
Ketika Anda telah memahami setiap fitur atau tools yang ada dalam Google Trend, maka selanjutnya yang harus dikuasai hanyalah bagaimana cara mengolah data atau informasi yang telah diberikan Google Trend dalam bentuk grafik.
Kesimpulan
Platform di atas dan langkah-langkah menggunakan Google Trend yang telah dijelaskan dapat menjadi solusi bagi pebisnis untuk meningkatkan penjualan dengan menarik banyak traffic konsumen ke situs resmi perusahaan.
Traffic akan lebih mudah untuk mengalami peningkatan jika dipancing dengan kata kunci dari Google Trend yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari.
Semakin intens penggunaan kata kunci maka akan semakin mudah user menemukan situs Anda.
Segala hal yang dikelola dengan baik akan membuahkan hasil yang baik.
Dalam usaha mengembangkan situs resmi atau web commerce, mengelola hasil riset dengan baik akan membuahkan traffic yang baik juga untuk kemajuan situs yang dikelola.