Aktivitas pemasaran melalui media digital menjadi pilihan utama bagi perusahaan, jasa digital marketing akan memberikan berbagai strategi pemasaran digital guna mengembangkan bisnis Anda dan mencapai target yang maksimal.
Seperti jasa social media management, keberadaanya membantu para pelaku usaha agar lebih mudah untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen dan calon konsumen serta memperluas pangsa pasar.
Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing?
Sebelum membahas mengenai jasa digital marketing, ada baiknya untuk memahami tentang digital marketing itu sendiri.
Digital marketing adalah usaha untuk memasarkan produk dengan memanfaatkan media digital maupun jaringan internet.
Menurut Heidrick & Struggles, Digital Marketing menggunakan perkembangan dunia teknologi untuk periklanan yang tidak dilakukan secara langsung namun memiliki efek yang sangat berpengaruh.
Keuntungan Menerapkan Digital Marketing dalam Bisnis
Menerapkan strategi promosi melalui media digital bisa mendatangkan keuntungan.
Adapun keuntungan yang bisa diperoleh oleh para pegiat bisnis adalah sebagai berikut yang akan dijelaskan gambarannya secara garis besar :
1. Menghemat Biaya Promosi
Adanya digital marketing akan mendatangkan keuntungan bagi para pelaku usaha yakni menghemat biaya promosi.
Ada beragam media digital yang bisa dimanfaatkan menjadi media promosi.
Seperti memanfaatkan website, Instagram, Facebook dan media sosial lainnya.
Di samping itu, proses pembuatan akun media sosial pun cukup mudah, praktis dan tak ada biaya.
Begitupun dari segi pengelolaannya yang cukup mudah, bisa dikelola sendiri atau menggunakan jasa digital marketing.
2. Memperluas Jangkauan Pangsa Pasar
Dengan digital marketing bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas, tidak terkendala oleh letak geografis lagi dan tentu saja dengan biaya yang sama.
Luasnya jangkauan pasaran bisa dimanfaatkan untuk menentukan konsumen yang hendak dijadikan target.
Anda bisa menentukan sasaran konsumen sebagai target promosi dengan mengelompokkan berdasarkan jenis kelamin, tingkatan usia, profesi dan lain sebagainya.
Konten yang disajikan haruslah menarik agar calon konsumen dibuat penasaran dengan produk yang ditawarkan.
Baca Juga : Pengertian Pasar
3. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Konsumen
Komunikasi dengan konsumen bertujuan untuk mengetahui tentang apa saja yang dibutuhkan konsumen dan tanggapan mengenai produk.
Evaluasi ini sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk meningkatkan layanan dan kualitas produk yang disediakan.
Maka salah satu keuntungan digital marketing yang paling dirasakan adalah perusahaan dapat memberikan pelayanan terbaiknya.
Hal ini bisa membuat konsumen setia dan loyal dan tentu saja secara langsung mempengaruhi angka penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan.
4. Data Lebih Akurat dan Cepat
Selanjutnya keuntungan lainnya dari digital marketing adalah kemampuan dalam memberikan data yang diperlukan.
Dalam dunia bisnis, data menjadi elemen penting dalam perjalanan bisnis dan sangat dibutuhkan untuk berbagai tujuan.
Informasi yang disajikan dari digital marketing mampu disajikan secara cepat, tepat dan tentunya lebih akurat dibandingkan cara manual.
Informasi mengenai pelanggan bisa diperoleh saat itu juga, sangat membantu dalam melakukan analisis sesuai kebutuhan para pelanggan.
5. Berkontribusi dalam Meningkatkan Penjualan
Dengan biaya promosi yang hemat ditambah dengan semakin luasnya jangkauan pasar akan membuat angka penjualan semakin meningkat.
Meskipun begitu untuk merasakan manfaat dari digital marketing tidak bisa dirasakan secara langsung.
Untuk itu dibutuhkan trik dan strategi yang tepat supaya bisa meningkatkan penjualan.
Apabila dirasa belum maksimal dalam menggunakan digital marketing, sebaiknya memakai jasa digital marketing untuk membantu secara profesional dalam hal pengelolaannya.
Baca Juga : Ide Peluang Bisnis Online Terbaik 2022
Jenis-Jenis Digital Marketing dan Pertimbangan Dalam Memilih
Pada dasarnya anggaran untuk digital marketing bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial dari perusahaan.
Di bawah ini ada jenis-jenis digital marketing yang dapat dijadikan pertimbangan dalam bisnis:
1. Digital Marketing Berbayar
Sistem pemasaran ini tidak bisa dijalankan sendiri, melainkan oleh pihak ketiga yakni jasa profesional yang sedang Anda gunakan.
Tak perlu bingung, sebab ada berbagai pilihan jasa digital marketing yang bisa dipilih.
Harga yang ditawarkan pun beragam, tergantung jenis layanan yang akan dipilih.
Selain itu reputasi dari penyedia jasa layanan digital marketing pun berpengaruh pada besaran harga, semakin profesional jasa digital marketing makan semakin tinggi pula harganya.
2. Digital Marketing Tidak Berbayar
Dalam sistem ini, Anda bisa melakukan pemasaran sendiri, tanpa perlu bantuan dari penyedia jasa digital marketing.
Setiap orang bisa menggunakan platform tidak berbayar secara tepat untuk kegiatan pemasaran itu sendiri.
Seperti, Instagram, Facebook, blog pribadi dan Twitter.
Untuk kegiatan pemasaran hanya diperlukan pembuatan konten yang jitu dan sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan.
Biasanya konsumen akan tertarik dan membeli produk yang ditawarkan dengan melihat konten yang menarik dan berkualitas.
Contoh-Contoh Jasa Digital Marketing
Jasa digital marketing ialah orang atau perusahaan yang menawarkan dan menyediakan jasa pemasaran produk serta strategi digital marketing.
Jasa digital marketing bisa dilakukan oleh perorangan atau perusahaan agency.
Berikut contoh-contoh jasa digital marketing:
1. Jasa Search Engine Optimization (SEO)
Salah satu jasa digital marketing SEO bukan hal yang asing lagi.
Ada banyak penyedia jasa layanan digital marketing ini, namun Anda harus cermat dalam memilihnya.
Untuk estimasi biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan jasa SEO sangat-sangat bervariatif yang dipertimbangkan dari hal-hal berikut:
- Platform pilihan: Ahrefs, Google Search dan Moz
- Pertimbangan : Portofolio dari agensi itu sendiri
- Variabel Harga : Persaingan keyword, keadaan web existing
Baca Juga : Belajar SEO: Panduan Meraih Page 1 Logaritma 2022
2. Jasa Periklanan Online (PPC)
Dalam bisnis jasa digital marketing, penggunaan PPC memang cukup diminati, Anda dapat memilih 2 platform yang ramai digunakan, seperti Google Ads dan Facebook Ads.
Seperti media pemasaran pada umumnya, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.
Jika memilih menggunakan PPC untuk pemasaran bisnis, maka estimasi budget yang harus disediakan:
- Platform pilihan: Google Ads, Instagram & Facebook Ads
- Variabel Harga : Pilihan budget dan jangkauan iklan
- Pertimbangan : Pengalaman agensi kerja dan sertifikasi agensi
- Estimasi Biaya : Mulai Rp 50.000/hari
3. Jasa Pembuatan Video
Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan konten dalam bentuk video dalam memasarkan produk.
Jasa digital marketing yang satu ini memberikan peluang untuk memperluas jangkauan pasar dengan tampilan iklan yang lebih jelas sekaligus unik.
Untuk membuat video marketing yang berkualitas dan bagus diperlukan rencana yang tepat.
Angaran biaya produksi juga dipengarhui oleh hal-hal berikut :
- Platform pilihan: Wistia dan YouTube
- Variabel Harga : Gagasan, jenis video dan tingkat kesulitan dalam membuat video
- Pertimbangan : Keterampilan tim dan portofolio agensi
4. Jasa Pembuatan Website
Salah satu contoh jasa digital marketing yang paling populer dan banyak peminatnya adalah jasa pembuatan website.
Website menjadi tempat hunian online di mana bisnis Anda terbangun.
Selain itu website juga bisa menjadi media untuk menampilkan identitas sebuah bisnis secara virtual.
Saat membangun sebuah website, alangkah baiknya untuk membeli domain dan hosting agar nama bisnis Anda terdaftar dengan domain .co.id atau .com sehingga dapat membangun citra perusahaan dan menunjukkan sisi profesionalitas perusahaan.
Berikut estimasi biayanya:
- Platform pilihan : Bootstrap dan WordPress
- Variabel Harga : Fitur yang digunakan, pilihan hosting dan tampilan website
- Pertimbangan : Kualitas, pilihan platform, pengelolaan penuh atau tidak
- Estimasi Biaya : Rp1,5 juta hingga Rp 8 juta
5. Jasa Pembuatan Artikel
Artikel merupakan salah satu pilihan mudah untuk pemasaran bisnis Anda.
Sangat mudah untuk menemukan jasa digital marketing pembuatan artikel sebab jumlahnya yang banyak.
Untuk menarik konsumen dan calon konsumen, pilihlah artikel yang sesuai dengan jenis usaha.
Biasanya dengan bidang penyedia layanan marketing ini akan mendongkrak bisnis Anda dengan teknik Copywriting.
Melalui tulisan yang menarik dan persuasif agar orang tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Berikut rincian biayanya:
- Platform pilihan: Ms Word
- Variabel harga : Pilihan bahasa dan jumlah kata yang dipakai
- Pertimbangan : Portofolio dalam bentuk artikel dan cek plagiat
- Estimasi biaya : Mulai harga Rp 25.000
6. Manajemen Akun Media Sosial
Strategi yang paling banyak diterapkan oleh perusahaan untuk menarik minat konsumen yakni dengan social media marketing, contohnya seperti digital marketing Instagram.
Layanan jasa satu ini membuat akun bisnis dikelola secara profesional sehingga bisa meningkatkan penjualan.
Untuk menerapkan social media marketing perlu dilakukan riset audiens secara mendalam, membuat konten yang unik dan evaluasi dengan monitoring insight dari data pemasaran melalui media sosial yang digunakan.
Berikut estimasi kisaran harga yang harus dikeluarkan:
- Platform pilihan : Instagram, Facebook, Twitter
- Variabel harga : Jumlah konten yang diposting dan kualitas postingan itu sendiri
- Pertimbangan : Tingkat profesionalitas agensi
- Estimasi biaya : Mulai dari Rp 1,5 juta per bulan.
7. Jasa Blog Placement
Jasa digital marketing yang selanjutnya adalah penggunaan layanan blog placement.
Ini cocok bagi Anda yang ingin memperluas jangkauan dalam pemasaran bisnis.
Cara ini banyak digunakan oleh para pegiat bisnis bahkan untuk perusahaan berskala besar.
Di bawah ini beberapa hal yang mempengaruhi estimasi anggaran dana yang harus disiapkan untuk menggunakan layanan blog placement:
- Platform pilihan : Sosiago.id
- Variabel harga : Pilihan backlink yang dipakai dan data traffic blog
- Pertimbangan : Domain dan hubungan blog dengan bisnis
Alasan Menggunakan Jasa Digital Marketing
Dunia digital marketing semakin berkembang dengan pesat sebab konsep pemasaran secara digital banyak memberikan manfaat dan keuntungan bagi para pegiat bisnis.
Itulah alasan jasa digital marketing semakin populer dan banyak dibutuhkan.
Dengan menggunakan jasa digital marketing akan membantu Anda untuk menjual produk dengan lebih mudah.
Selain itu, Anda juga bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.
Ada beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan jasa digital marketing :
1. Membantu Mengembangkan Bisnis
Untuk menerapkan strategi digital marketing, terdapat banyak cara yang harus dilakukan supaya proses pemasaran layanan atau produk dalam bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar, termasuk dalam hal personal branding.
Agar penggunaan social media bisa berjalan dengan optimal maka harus menerapkan teknik SEO.
Menggunakan jasa digital marketing akan terasa lebih efisien sebab jasa ini membantu mengatur aktivitas digital marketing secara kompleks, terstruktur serta lebih tepat sasaran.
2. Anda Dapat Lebih Fokus Menjalankan Bisnis
Dengan bantuan perusahaan jasa digital marketing, maka tidak perlu repot lagi memikirkan soal pemasaran produk.
Sebab jasa tersebut akan membantu mempromosikan bisnis dengan cara dan teknik yang terbaik.
Maka, Anda akan lebih fokus dengan menjalankan bisnis, seperti peningkatan layanan, melakukan inovasi produk, lebih memperhatikan kualitas produk dan sumber daya manusia, serta memperluas area penjualan.
3. Menghemat Pengeluaran dan Biaya Operasional Usaha
Jasa digital marketing yang profesional tentu akan membantu dalam menyusun rencana anggaran untuk pemasaran bagi bisnis Anda.
Mereka akan memberikan rekomendasi mengenai teknik promosi sebagai bagian dari strategi pemasaran.
Dengan begitu, pebisnis akan terhindar dari resiko terjadinya kesalahan atau meminimalisir kesalahan dalam kegiatan promosi sebuah produk.
Juga, tentunya lebih hemat terhadap anggaran karena Anda tidak memiliki resiko testing dan gagal yang terlalu besar.
4. Mendapatkan Hasil Promosi yang Memuaskan
Bagi pelaku usaha yang baru pertama kali menjalankan bisnis online maupun yang belum mengerti mengenai teknik marketing, seringkali merasa kesulitan dalam kegiatan promosi.
Untuk efisiensi waktu, tenaga dan biaya, sebaiknya menggunakan jasa digital marketing terbaik.
5. Dapat Meraih Target Pasar yang Tepat
Jika Anda merasa kesulitan dalam menetapkan dan meraih target pasar, tak perlu khawatir lagi.
Sebab jasa digital marketing, dengan pengalamannya bertahun-tahun, bisa membantu untuk mengatasi kesulitan dalam merencanakan target pasar.
Langkah-Langkah Memulai Digital Marketing Bagi Pemula
Bagaimana cara memulai digital marketing?
Sebelum memulai bisnis digital marketing atau menjalankan strategi pemasaran digital, perhatikan dulu tips suksesnya.
Untuk menjadi panduan, mulailah dengan langkah-langkah di bawah ini:
1. Menentukan Target Pasar dan Pemilihan Produk
Langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih target pasar yang akan menjadi audince untuk digital marketing.
Setelah menentukan dan mengenali target pasar, selanjutnya pelajari mengenai produk yang akan ditawarkan yang bisa menjadi solusi bagi konsumen.
2. Memilih Produk yang Solutif Bagi Konsumen
Jika bingung dengan jenis produk yang akan ditawarkan dalam jasa digital marketing, pilihlah produk yang terbaik dan solutif.
Pastikan bahwa produk yang akan ditawarkan menjadi solusi dan bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.
3. Membangun Media Sosial
Seperti yang telah diketahui sebelumnya, media sosial merupakan media yang paling populer untuk melakukan promosi.
Pilih platform yang paling banyak penggunanya, seperti Facebook dan Instagram.
Selain itu, sebagai pertimbangan pilih pula yang sesuai dengan target pasar.
4. Membuat Website
Setelah menemukan produk dan target pasar yang tepat, buatlah website untuk membangun citra jasa digital marketing yang ditawarkan.
Meskipun marketplace merupakan pilihan yang bagus untuk bisnis, tetapi sebaiknya buatlah website tersendiri.
5. Maksimalkan Content Marketing Untuk Website
Setelah membuat website resmi untuk bisnis digital marketing, Anda bisa mengisinya dengan konten-konten marketing yang bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Untuk permulaan, belajarlah dan sering mencoba membuat content marketing. Buatlah konten-konten yang bersifat informatif dengan tujuan agar audiens bisa memperoleh informasi mengenai suatu produk atau jasa.
6. Perkuat Jumlah Traffic
Jasa digital marketing memberikan strategi dengan cara membangun website dengan pengunjung yang banyak.
Sementara sosial media berfungsi untuk mencari dan menambahkan jumlah followers dan sarana interaksi dengan pengguna.
Maka carilah traffic sebanyak-banyaknya.
Selain itu akan lebih baik jika menerapkan SEO sebagai upaya optimalisasi agar kata kunci website dapat muncul di halaman pertama mesin pencarian.
Ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website setiap harinya.
Kesimpulan
Penggunaan jasa digital marketing memang sangat layak untuk dipertimbangkan.
Sebelum menentukan jenis digital marketing yang akan digunakan, pilihlah yang sesuai dengan anggaran biaya dan bisnis Anda.
Selain itu pilihlah jasa digital marketing yang handal, profesional dan juga berpengalaman.
Dengan itu diharapkan Anda bisa merasakan manfaat dari menggunakan strategi digital marketing dalam bisnis dan tujuan pemasaran bisa tercapai.
Baca Juga : Apa itu Marketing?