Apa Itu Bot? Bagaimana Bisa Mempengaruhi Situs Anda ?

Oleh

Assyfa

Pernahkah Anda bertanya apa itu bot sebenarnya? Padahal kalau Anda merupakan seorang pemilik situs atau semacamnya, hal seperti ini perlu untuk diketahui. Pasalnya, tools ini akan mempengaruhi SEO ranking situs dengan berbagai cara dan ciri khas yang perlu diketahui.

Bot adalah program yang sering kali dimasukkan ke dalam situs untuk dapat proses index, koleksi data dan informasi dengan cepat. Jika kita gali lebih dalam ke elemen intinya, ini juga berkaitan dengan perangkat lunak yang diprogram untuk hasilkan data lebih cepat.

Industri ini juga berkembang dengan sangat cepat. Di satu sisi, ini membuat kinerja orang lebih mudah, dan di sisi lain, orang yang memiliki posisi sebagai programmer itu harus pilih yang sesuai dengan situs. Serta harus rajin juga menambah layanan agar lebih optimal.

Sehingga adalah satu fakta jika ada orang yang mengatakan kalau ingin membangun situs yang atraktif, efisien, dan juga populer itu harus ada kinerja perangkat lunak tambahan. Dan nyatanya, hampir 50% dari traffic internet mengandalkan ini untuk jaringan sosial situs.

3 Cara Bot Mempengaruhi Ranking SEO Anda?
3 Cara Bot Mempengaruhi Ranking SEO Anda?

3 Cara Bot Mempengaruhi Ranking SEO Anda?

Kami sudah mengatakan kalau program ini adalah alat bantu digital yang bisa dimanfaatkan untuk situs. Dan lebih spesifik lagi, efeknya untuk situs adalah berkaitan dengan ranking SEO. Bot atau mechanical robot ini akan mengerjakan tugas spesifik untuk ranking SEO situs.

Untuk melakukan hal demikian, biasanya situs akan mengandalkan yang namanya algoritma juga. Ini berkaitan dengan human input untuk cara kerja yang bisa diandalkan. Agar tahu lebih banyak tentang apa itu bot dan caranya mempengaruhi ranking SEO situs, ini caranya:

1. Spamming

Dalam banyak tahu, salah satu tugas dan target dari tools ini adalah Spamming. Ini adalah untuk menyebarkan satu pesan atau informasi ke pengakses internet dengan cepat dan hanya sekali klik. Jadi, sang programmer tidak perlu kirim berulang kali.

2. Scraping

Scrapping juga adalah aktivitas di internet yang dilakukan untuk mencuri konten yang ada di situs lain, bisa dibilang sebagai plagiarism. Anda sudah tahu apa itu bot, dan ini adalah yang berkaitan dengan duplikasi dari situs utama dengan bantuan robot.

3. Hacking

Hacking dan Suntikan malware ke situs tertentu jelas adalah satu bahaya. 3 dari 5 pengunjung situs akan mendapatkan tools tambahan yang bisa mempengaruhi situs. Di sisi lain, juga akan tahu kalau ada malware di dalamnya dan segera dibersihkan.

10 Cara dalam Bot Mempengaruhi Situs Anda dan Mempengaruhi Ranking SEO
10 Cara dalam Bot Mempengaruhi Situs Anda dan Mempengaruhi Ranking SEO

10 Cara dalam Bot Mempengaruhi Situs Anda dan Mempengaruhi Ranking SEO

Dengan mengetahui definisi dan cara kerja utama dari program ini, maka yang tidak boleh ketinggalan adalah mengetahui bagaimana mempengaruhi ranking SEO. Situs kebanyakan akan memanfaatkan tools yang ada di dalamnya untuk membuat situs mereka di urutan atas.

Dengan berada di urutan atas juga, situs mereka lebih accessible oleh pengguna internet. Jika ada yang ingin melihat distribusi traffic situs, maka ranking SEO adalah yang utama. Dan dari ranking SEO ini juga tidak bisa mengabaikan peran dari apa itu bot, karena ini kinerjanya:

1. Meningkatkan User Experience

Percaya atau tidak, situs akan lebih nyaman dinikmati oleh customer karena bot, yang akan membuat situs lebih optimal cara kerjanya, terutama untuk menyampaikan informasi tertentu dan menghilangkan malware. Dan user experience meningkat.

Baca Juga : Pengertian User Experience

2. Apa Itu Bot Membuat Anda Bisa Personalisasi Situs

Bot juga adalah yang pengguna internet butuhkan, dan adalah yang berkaitan dengan yang mereka mau dan juga inginkan, serta dapat membuat pengguna internet berinteraksi satu sama lain. Sehingga customisasi bisa dilakukan di sana.

3. Membantu Pengunjung tentang Apa yang Sedang Mereka Cari

Salah satu tujuan utama bot adalah sebagai alat pembantu di dalam situs. Karena tidak mungkin operator bisa online selama 24/7, maka bot di sini akan banyak membantu. Android akan menjadi pemberi jawaban karena itu sudah diberi bahasa program.

4. Mengumpulkan Data

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, apa itu bot dan cara kerjanya berkaitan soal scrapping. Mereka akan menentukan ide konten lewat situs organik, dan dari sana juga mereka bisa kumpulkan data dari pengunjung dan pengguna internet lain.

5. Membuat Pengunjung Bisa Menghabiskan Waktu Lebih Lama di dalam Situs

Ranking situs Anda akan ditentukan lewat berapa lama pengguna internet berada di dalam situs. Dan salah satu faktor yang bisa membuat pengunjung situs tidak cepat pergi dan merasakan pengalaman baru di situs Anda, itu adalah berkat bot situs.

6. Apa Itu Bot Mempengaruhi Pengunjung Situs untuk Mengunjunginya Lagi

Selain membuat mereka berada di dalam situs untuk waktu yang lama, juga akan mempengaruhi pengalaman pengunjung untuk datang lagi dan lagi. Sistem seperti ini berkaitan dengan bahasa program, dan ini akan pengaruhi ranking juga.

7. Web and Price Scraping

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Scraping ini adalah tugas utama dan cara kerja vital. Jika ada konten yang dicuri dan berada di situs lain, maka itu akan membuat ranking situs turun. Dan bisa cari tahu dan melaporkannya.

8. Spam Konten

Untuk konten dan informasi yang tidak ingin Anda kirim secara berulang, tetapi ingin pesan itu tetap tersampaikan, maka bisa manfaatkan content spamming bots. Dengan cara ini, pengguna internet akan melihat langsung konten yang Anda ingin sebat.

9. Membuat Anda Bisa Melihat Data Analitis

Selain itu juga bertugas untuk mengumpulkan data, apa itu bot akan merangkum total pengunjung dalam satu waktu dan juga melaporkan detail waktu kunjungan. Sehingga ini dapat menjadi strategi baru Anda dalam menentukan web traffic setelah itu.

10. Anonymous Proxies

Proxies adalah yang berkaitan dengan Random IP Address, dan minim tugas manusia. Ini juga berkaitan dengan pembuatan akun palsu dan sejenisnya. Dengan ada tools ini di dalam situs Anda, seluruh informasi proxy seperti itu akan dihapus dengan cepat.

Dengan Tahu Apa itu Bot, Anda juga akan Sadar Kalau Terdapat Bad Bot di dalam Situs
Dengan Tahu Apa itu Bot, Anda juga akan Sadar Kalau Terdapat Bad Bot di dalam Situs

Dengan Tahu Apa itu Bot, Anda juga akan Sadar Kalau Terdapat Bad Bot di dalam Situs

Namun, karena ini berkaitan dengan program internet, maka kami bisa kaitkan ini dengan yang biasa disebut dengan istilah virus. Cara kerjanya memang berbeda, tetapi
ada kesamaan, yaitu Bad Bot. Dan sejauh ini 1 dari 5 mechanical device tergolong ke dalam jenis ini.

Bad Bot ini didesain untuk melawan mesin internet langsung, yaitu agar bisa mencuri konten orang lain, hingga mempengaruhi ranking dengan cara curang. Ada tugas dan informasi yang spesifik mengenai apa itu bot. Coba saja konsolidasi semua ini agar tahu lebih banyak.

Secara umum, ini adalah sesuatu yang sudah ada di internet untuk waktu yang lama. Bahkan untuk search engine, ini adalah hal yang biasa, tetapi tetap perlu adanya konfigurasi pada situs itu untuk mencegah efek agresif dan membahayakan bandwith dalam situs.

Apa itu bot, terkhusus yang tergolong ke jenis bad adalah yang mempengaruhi traffic dalam situs. Ini juga yang membuat akun atau situs Anda bisa terkena hacking. Ibaratnya, tanpa adanya tools yang positif, bad Bot dapat membuka akses untuk kejahatan dalam internet.

Bad Bot ini juga yang biasanya bertugas untuk mengumpulkan data. Data yang dimaksud itu jelas bukan data yang positif, tetapi yang berkaitan dengan pencurian konten. Ada juga yang bisa dicuri adalah data personal hingga finansial yang bisa mereka temukan secara online.

Struktur di dalam Bot, Apa Saja yang Perlu diketahui?
Struktur di dalam Bot, Apa Saja yang Perlu diketahui?

Struktur di dalam Bot, Apa Saja yang Perlu diketahui?

Melihat efek buruk yang bisa dihasilkan oleh bad bot, seperti price scraping hingga muncul iklan yang tidak senonoh, maka pengguna internet juga harus tahu tentang struktur dari jenis satu ini. Anda tentu saja tidak ingin konten yang sudah Anda buat dicuri orang lain.

Sebelum membahas tentang strukturnya secara pasti, kami akan coba jelaskan dulu tentang cara kerjanya. Dan itu bekerja dengan tidak simpel, dan lebih kompleks kalau apa itu bot yang jenis bad bot. Ada bahasa program yang harus dipahami dulu agar bisa mengerti lebih.

Tetapi untuk strukturnya secara keseluruhan, ada 3 komponen paling dasar. Pertama adalah tentang Application Logic, yaitu bahasa program dan internet yang dibuat untuk hasilkan efek yang bagus untuk mesin, dan ini baru bisa didapatkan setelah programmer execute.

Komponen dan struktur kedua adalah Database, yaitu pusat informasi di dalam situs. Ini juga yang berkaitan dengan berapa banyak informasi yang bisa didapatkan dari situs, dan apa yang ada di situs lain. Dan struktur terakhir adalah Application Programming Interface (API).

Apa itu bot API ini berkaitan dengan fungsi aplikasi dan akses. API bisa terintegrasi dengan software dari daerah lain, sehingga dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan traffic. Dan dari sini, ranking situs akan meningkat dengan pesat dengan kode spesifik.

Jenis-Jenis Bot yang Bisa Anda Gunakan untuk Situs dan Ranking SEO
Jenis-Jenis Bot yang Bisa Anda Gunakan untuk Situs dan Ranking SEO

Jenis-Jenis Bot yang Bisa Anda Gunakan untuk Situs dan Ranking SEO

Tidak lupa, kami akan membahas tentang apa saja jenisnya yang dapat Anda temukan. Semua bot ini jelas memiliki cara kerja spesifiknya masing-masing, serta dengan
fungsi khusus yang berbeda. Bagi Anda yang sedang mempelajari tentang bot itu juga perlu tahu semua ini.

Dengan mengetahui apa sekiranya yang ada dan dapat menjadi pilihan di internet, ini dapat membuat fungsinya jauh lebih strategis. Apa itu bot akan mempengaruhi cara kerja situs. Dan untuk segala macam jenis machine yang tersedia, ini yang akan pengaruhi ranking SEO:

1. Spider Tools

2. Social Media Automaton

3. Download Android

4. Ticketing Cyborg

5. Malicious and Non Malicious Activity

6. Monitoring Computer

7. Partner Automation

8. Aggregator / Feed Fetcher

9. Search Engine Crawler Bots

Selain Tipe Bot yang Bagus, ada Juga Beberapa Tipe Bad Bots
Selain Tipe Bot yang Bagus, ada Juga Beberapa Tipe Bad Bots

Selain Tipe Bot yang Bagus, ada Juga Beberapa Tipe Bad Bots

Dan 9 bot yang kami sebutkan di atas adalah yang cara kerjanya lebih ke security dan juga optimasi situs. Tetapi seperti yang kami bilang sebelumnya, apa itu bot bukan hanya yang positif. Dalam setiap situs, ada saja bot yang sifatnya negatif, dan jenisnya juga berbeda.

Untuk traffic internet yang penuh dengan fungsi serta kegunaan yang lain, ada beberapa yang jenisnya untuk membahayakan internet. Kami juga sudah menjelaskan secara detail apa saja fungsi utamanya. Tetapi untuk yang lebih spesifik, bot itu dibagi lagi menjadi ini:

1. Scraper Device

2. Spam Automation

3. Scalper Machine

4. Propaganda and Manipulative Automation

5. Scam / Phising Android

6. Keylogging Mechanical Device

7. File-Sharing Machine

8. Zombie Robot

9. Botnets

Semua hal yang ada di internet tidak selamanya Anda andalkan. Bahkan dalam banyak kasus, ini semua cenderung membahayakan personalisasi akun. Sehingga untuk hasil penggunaan yang lebih optimal, Anda harus tahu penjelasan apa itu bot serta apa fungsinya ke situs.

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar