Apa Itu Pop Up? Fungsi, Tipe dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Pop Up Fungsi, Tipe dan Cara Mengatasinya
Apa Itu Pop Up Fungsi, Tipe dan Cara Mengatasinya

Mungkin bagi anda yang tahu dengan dunia gadget dan teknologi, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Pop Up.

Terlebih bila kalian yang sering membaca maupun menonton ulasan seputar aplikasi, ponsel, komputer, laptop, dan berbagai perangkat gadget lainnya baik lewat website maupun dari Video Youtube.

Bisa dibilang Pop Up sendiri merupakan salah satu dari sekian bamyak istilah dalam dunia teknologi yang paling banyak digunakan pastinya.

Tentu saja secara tidak langsung anda juga harus mengetahui apa sih yang dimasksud dengan Pop Up beserta fungsi dan tipe-tipe dari Pop Up tersebut.

Kali ini kami akan mengulasnya secara detail hingga tuntas sehingga anda jadi tahu tentang popup itu sendiri.

Apa Itu Pop Up?

Apa Itu Pop Up

Istilah Pop Up sebenarnya bukan hanya ada pada jaman kemunculan Andoid atau jaman-jaman gadget yang semakin canggih seperti sekarang.

Jauh sebelum itu, istilah PopUp sendiri juga sudah banyak dikenal oleh para pengguna gadget seperti komputer atau laptop. Lalu sebenarnya Pop Up artinya apa?

Secara definisi, memiliki arti yang luas. Perlu anda ketahui, Pop Up adalah jendela kecil melayang yang berisi beberapa elemen menu yang muncul setelah pengguna mengklik pada salah satu opsi.

Bisa Dibilang akan selalu muncul dalam setiap perangkat yang anda gunakan dan akan muncul seperti layaknya adanya notifikasi yang masuk ke gadget anda.

Biasanya akan muncul berupa iklan yang sering muncul tiba-tiba seperti saat anda bermain game atau membuka website.

Nah itu juga yang sering disebut sebagai PopUp Advertisement yang akan me-redirecting pengguna jika anda mengkliknya. Misalnya seperti iklan Pop Up E-Commerce yang akan terintegrasi dengan Play Store misalnya.

Fungsi Dari Pop Up

Pop Up sendiri memiliki banyak sekali fungsi dan fitur yang mungkin juga perlu anda ketahui.

Meskipun terkadang itu sering dianggap tidak penting dan kerap menggangu, banyak sekali fungsi-fungsi yang juga perlu anda cermati baik-baik berikut ini.

1. Pop Up Sebagai Notifikasi

Kegunaan pertama adalah untuk menampilkan berbagai notifikasi atau papan peringatan khusus yang mengambang di layar.

Hal ini ada agar para pengguna bisa melakukan suatu aksi seperti memilih, mencentang, atau bahkan hanya dengan melihat info yang ada di layar tersebut juga bisa terdeteksi dengan adanya Pop Up tersebut.

2. Pop Up Menu

Yaitu berisi berbagai elemen-elemen yang berfungsi membuat anda sebagai pengguna bisa berinteraksi dengan perangkat yang anda miliki.

Halaman Pop Up yang muncul akan menutupi halaman aktif biasa digunakan sebagai pilihan suatu opsi tertentu yang bisa anda pilih.

Seperti misalnya saat pengguna masuk ke dalam sebuah pengaturan smartphone android dan memilih opsi jaringan.

Disana ada opsi yang akan taampak menutupi layar aktif sehingga para pengguna harus memilih opsi jaringan yang anda mau seperti 2G, 3G, 4G, 5G, atau atur jaringan secara otomatis sebagai contoh dasarnya.

3. Pop Up Sebagai Sistem Pencegahan

Fungsi berikutnya adalah bisa menunjukan ke pengguna ponsel saat ada sistem di dalam gadget anda yang bermasalah.

Misalnya seperti ada contoh ketika ada masalah crash aplikasi atau program yang tidak bisa berjalan secara normal sesuai semestinya, maka seringkali muncul halaman Pop Up yang akan berfungsi untuk memberitahu kalau aplikasi sedang berhenti atau peringatan lainnya.

4. Pop Up Sebagai Alat Promosi

Fungsi berikutnya adalah sebagai alat promosi dan iklan. Misalnya seperti ada sebuah iklan yang akan muncul di surat kabar onlone atau berbagai website yang harus ditutup dulu agar bisa kita bisa mengakses beritanya.

Pop Up akan muncul saat akan membuka suatu situs atau laman tertentu yang sudah terpasang Adsense. Sehingga tidak sadar para pengguna gadget tidak akan tahu kapan halaman Pop Up tersebut muncul.

Hal ini terjadi karena adanya script khusus yang memang sengaja dipasang oleh si pembuat aplikasi atau pemilik swebsite agar tampilan tersebut bisa dibaca.

Bahkan memaksa si pengguna gadget untuk melakukan aksi terhadap pesan yang tampil menutupi halaman yang sedang terbuka dengan iklan atau penawaran tertentu.

Tipe-Tipe Pop Up

Nah berikutnya yang juga tidak kalah penting untuk anda ketahui yaitu berbagai jenis yang perlu anda ketahui.

Karena memiliki banyak sekali jenis yang perlu anda ketahui. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Pop Up Menu

Adalah yang berisi elemen-elemen menu yang berfungsi untuk membuat penggunan dapat berinteraksi dengan sistem.

Biasanya di dalam Pop Up Menu ada juga jendela PopUp. Jendela ini merupakan bagian dari unsur Pop Up iu sendiri.

Dengan kata lain akan membawa beberapa menu terkait dengan opsi yang anda klik sesuai keinginan.

Misalnya anda klik kanan pada Chrome yang ada di laptop, maka akan muncul beberapa opsi seperti Open, Open With, Add To Archive, Send To, Copy, Properties, dan lain sebagainya.

Lalu juga saat melakukan klik kanan sembarang di dekstop atau halaman utama Windows, maka anda akan mendapati beberapa opsi pilihan didalam sebuah jendela kecil seperti adanya opsi Refresh, View, New, Display Settings, dan Personalize.

2. Pop Up Notifikasi Aplikasi

Lalu ada juga Pop Notifikasi Aplikasi yang dapat berisi pemberitahuan seperti pembaruan pada aplikasi, pesan yang masuk, iklan, serta lain sebagainya.

Yang membedakan adalah Pop Up notifikasi pada aplikasi ini biasanya akan muncul secara tiba-tiba atau secara otomatis di layar ponsel atau komputer, dan cenderung tidak kita inginkan serta berpotensi membuat gadget justru menjadi lemot.

3. Pop Up Dialog Box

Tipe berikutnya adalah berjenis Dialog Box. PopUp ini berbeda dengan jenis Popup menu yang mengacu pada fungsinya yang cendrung memberikan konfirmasi maupun peringatan kepada pengguna.

Jenis ini akan muncul sebagai peringatan apabila anda melakukan kesalahan atau mungkin melakukan sesuautu yang justru akan membahayakan gadget yang sedang anda gunakan.

Misalnya saat anda mengetik di Microsoft Excel atau Word, lalu anda langsung close atau klik tanda x tanpa save terlebih dahulu, maka sebelum aplikasi ini ditutup, maka sistem akan menampilkan jendela kecil yang muncul berisi konfirmasi berisi beberapa opsi seperti save file, membatalkan aksi, atau continue without save atau anda akan melanjutkannya tanpa menyimpannya terlebih dahulu.

4. Pop Up Iklan

Adalah sebuah yang berisi sebuah poster atau tulisan yang bertujuan untuk memasarkan atau mempromosikan suatu brand atau produk.

Tapi banyak diantara anda yang berpikir, apakah PopUp Iklan ini aman untuk anda klik?

Jenis ini akan sangat berguna untuk mempromosikan produk atau brand apabila produk tersebut aman digunakan oleh semua orang.

Meskipun begitu, Pop Up iklan ini tidak seluruhnya aman 100 persen. Karena biasanya yang tidak aman dan berisi malware banyak ditempatkan pada web-web illegal seperti website nonton film illegal yang gratis, website berisi cheat atau software untuk hacking atau pembajakan serta dan website ilegal lainnya.

5. Pop Up Graphics

Tipe yang terakhir adalah PopUp Graphics. Istilah ini biasanya sering anda temukan saat anda bermain video game.

Istilah ini diasosiasikan pada sebuah fenomena yang terkait dengan jarak penarikan terbatas dalam sebuah video game 3 dimensi.

Biasanya tipe ini akan ditampilkan dalam layout yang tergolong menarik sebagai esensi pelengkap dari sebuah video game yang anda mainkan tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Pop Up di WordPress

Cara Mengatasi Agar Tidak Muncul Pop Up Iklan

Cara Mengatasi Agar Tidak Muncul Pop Up Iklan

Nah terkadang ada diantara anda yang merasa kalau Pop Up iklan sangat menggangu dan justru menggangu kinerja gadget anda.

Selain itu pop up iklan juga menutupi layar sehingga akan sangat menjengkelkan terlebih bila anda bermain game di gadget anda.

Nah bagi anda yang meras bahwa PopUp terutama yang berisi iklan-iklan yang sering muncul tersebut kerap menggangu anda. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa anda coba praktekan dan sangat mudah.

1. Menggunakan Aplikasi Adblock

Dengan menggunakan aplikasi seperti Adblock sangat berguna bagi anda yang kerap merasa terganggu dengan Pop Iklan yang sering muncul secara tiba-tiba.

Pasalnya aplikasi Adblock ini akan bekerja untuk memblokir iklan yang masih.

Ada banyak pilihan aplikasi pemblokiran Adblock yang tersedia di Play Store maupun dan App Store. Namun yang yang perlu anda perhatikan tidak emua aplikasi Adblock bisa bekerja sesuai keinginan anda.

2. Berlangganan atau Upgrade Akun Menjadi Akun Premium

Tips ini masih ada kaitannya dengan tips pertama yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Dalam penggunaan aplikasi Adblock ini bisa dibilang tidak semuanya gratis, alias anda harus berlangganan agar aplikasi pemblokir iklan atau Adblock  bekerja dengan optimal.

Ada juga pada beberapa game atau aplikasi menerapkan sistem seperti ini, dimana anda bisa menghilangkan iklan yang menganggu dengan melakukan upgrade akun menjadi premium. Dan setiap aplikasi Adblock yang berbayar tersebut memiliki harga berangganan yang tergolong bervariatif.

3. Tidak Membuka Website Yang Ilegal

Hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah sebaikan anda menghindari untuk membuka situs-situs yang illegal.

Karena situs-situs yang illegal tersebut banyak mengandng malware yang siap menyusupi sistem perangkat dan akan melakukan spam iklan secara terus menerus maupun memata-matai aktivitas diperangkat yang sedang anda gunakan tersebut.

Pop Up Ads Yang Perlu Anda Waspadai

Dan yang tidak kalah penting adalah, tidak semua PopUp ads yang anda gunakan aman untuk digunakan.

Karena biasanya banyak sekali efek negatif yang justru akan membaut gadget malah menjadi rusak atau nge hang.

Nah berikut merupakan 3 Pop Up Ads yang perlu anda hindari berikut ini.

1. Malware

Pengertian Malware merupakan singkatan dari Malucious Software atau yang bisa berarti juga perangkat lunak yang berbahaya serta sebuah program yang memang dirancang untuk menyusup dan merusak perangkat keras yang anda miliki tersebut.

Malware dapat memiliki berbagai bentuk seperti Trojan, spyware, worm, adware, ransomware, virus dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Dalam dunia internet, Malware dapat dengan mudah menyusup ke sistem dengan sebuah klik sederhana dari iklan pop-up pada sebuah situs.

Malware tersebut akan terinstal secara otomatis, dimana berpotensi dapat mencuri data pribadi yang ada di gadget anda.

Sulit untuk mengenali penggunan malware pada PopUp Ads, sehingga oleh karena itu sebaiknya anda bisa menggunakan internet dengan lebih bijak, jangan mengklik iklan yang sudah lama, banner atau PopUp Ads.

Terutama, hindari tautan yang mengiklankan penawaran khusus, kupon atau hal meragukan lainnya.

2. Multiple Pop Up

Bagi anda yang memiliki kuata internet terbatas, sudah pasti sangatlah berbahaya bukan.

Misalnya dalam sebuah website anda bisa mendapatkan 4 buah PopUp Ads atau bahkan lebih yang berisi gambar foto/video.

Jadi bisa dibayangkan kan berapa banyak data kuota yang terpakai dan terbuang percuma bukan.

Selain itu penggunaan Multiple PopUp yang melewati batas wajat ini akan membuat kinerja browser serta kinerja gadget anda menjadi berkurang secara signifikan atau lemot.

3. Adanya Konten Dewasa

Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan internet tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja. Tetapi juga banyak anak0anak yang dapat dengan mudah mengakses internet kapan saja dan dimana saja.

Sayangnya, mengendalikan konten internet merupakan sebuah tantangan tersendiri, dan seringkali PopUp Ads yang mengandung unsur konten “dewasa” muncul entah dari mana.

Awalnya, iklan tersebut mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi setelah diklik, laman atau situs justru akan berpindah ke sebuah situs dewasa.

Setelah kamu mengklik PopUp dengan konten dewasa, maka akan ada cookies yang tertinggal di browser kamu.

Ke depannya pun akan kembali menampilkan konten dewasa di browser yang sedang anda gunakan tersebut. Untuk itulah peran orang tua sangatlah penting dalam hal ini.

Baca Juga : Pengertian Internet

Penutup

Itulah bahasan secara lengkap ap itu Pop Up beserta beberapa bahasan penting lainnya seperti fungsi, tipe-tipe, kegunaan, dan masih banyak lainnya.

Jadinya anda sudah semakin paham bukan tentang Pop Up yang mungkin saja belum pernah anda ketahui sebelumnya.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar