3+ Cara Membuat Pop Up di WordPress yang Mudah Diterapkan

3+ Cara Membuat Pop Up di Wordpress yang Mudah Diterapkan
3+ Cara Membuat Pop Up di Wordpress yang Mudah Diterapkan

Apakah Anda mencari plugin popup WordPress terbaik?

Plugin popup WordPress yang bagus membantu Anda mengajak pengunjung situs web menjadi pelanggan email dan pelanggan yang berbayar.

Cara membuat pop up di WordPress bisa sangat mudah karena terdapat lusinan plugin popup WordPress yang dapat membantu Anda meningkatkan tingkat konversi.

Namun, kebanyakan dari plug in tersebut akan memperlambat situs web Anda, menawarkan statistik yang tidak akurat, atau yang terburuk keduanya.

Pada artikel ini, akan dibandingkan pula plugin popup WordPress paling populer di pasaran, sehingga Anda dapat melihat mana plugin popup WordPress terbaik.

Baca Juga : Apa Itu WordPress? Ini Sejarah, Cara Kerja, dan Fungsinya

Mengapa perlu menggunakan Pop Up WordPress?

Mengapa perlu menggunakan Pop Up WordPress

Pemasangan pop up merupakan ide yang cemerlang bagi pemilik usaha kecil untuk meletakkan formulir kontak tidak hanya di halaman “Contact Us”, tetapi juga di popup WordPress.

Hal itu  dikarenakan Anda dapat memberi pembaca Anda cara cepat untuk menghubungi Anda tanpa keluar dari halaman tempat mereka berada.

Sebagai pemilik website, Anda juga dapat menggunakan formulir kontak popup WordPress untuk:

  • Umpan Balik – Mengumpulkan umpan balik dengan meminta komentar atau bahkan membuat survei.
  • Info Kontak – Mendapatkan detail lebih lanjut tentang pembaca Anda dengan mendapatkan kontak dan informasi pribadi mereka.
  • Berlangganan – Membuat daftar buletin email Anda dengan membuatnya mudah untuk berlangganan dengan mengklik tautan.

Hal Penting pada Pemasangan Pop Up WordPress

Hal Penting pada Pemasangan Pop Up WordPress

Popup pada WordPress harus digunakan dengan hati-hati. Popup WordPress yang dibuat dengan buruk dapat dengan mudah mengganggu dan merusak pengalaman pengguna bersama sehingga menurunkan reputasi merek atau situs website Anda.

Jenis pop up yang terpasang pada WordPress baiknya yang menawarkan interaksi perilaku, penargetan, dan fitur personalisasi yang tepat, sehingga Anda dapat menawarkan pengalaman pengguna terbaik sambil memastikan konversi maksimum.

Selain itu pada plugin popup WordPress juga mempengaruhi kinerja dari website yang dimiliki. Karena banyak plugin popup WordPress menggunakan WordPress untuk melacak analitik, sehingga plug in secara signifikan meningkatkan beban server dan memperlambat situs web Anda.

Seperti yang sudah Anda ketahui, kecepatan halaman yang lambat berdampak negatif pada peringkat SEO Anda.

Inilah sebabnya mengapa Anda memerlukan plugin popup WordPress yang menawarkan fitur konversi yang kuat tanpa memperlambat situs Anda.

Selain itu juga Anda perlu memastikan bahwa plugin popup WordPress yang Anda pilih benar-benar berfungsi dengan lingkungan hosting WordPress Anda.

Banyak plugin popup yang memiliki kode yang buruk, sehingga fitur lanjutannya seperti pengujian dan pelaporan A/B tidak akan berfungsi dengan solusi caching paling canggih yang sekarang digunakan oleh banyak perusahaan hosting.

Tujuan utama menggunakan plugin popup untuk WordPress adalah untuk membantu Anda menangkap prospek dan meningkatkan pelanggan daftar email Anda.

Anda perlu memperhatikan 3 hal di atas saat memilih plugin popup WordPress untuk situs web atau toko online Anda.

Cara Membuat Pop Up di WordPress

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat  popup di WordPress, ulasan artikel ini akan membantu Anda.

Beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Langkah 1 : Menginstal Plugins WordPress

Untuk memulai pembuatan pop up WordPress, Anda harus menginstal dan mengaktifkan 2 plugin. Pertama, Anda membutuhkan Popup Maker. Anda bisa mendapatkannya DISINI

Selanjutnya, Anda juga memerlukan plugin WPForms. Berikut panduan mudah tentang cara menginstal plugin WPForms.

Langkah 2 : Membuat Formulir Kontak Sederhana

Cara Membuat Pop Up di WordPress

Selanjutnya, Anda harus membuat formulir yang ingin Anda masukkan ke dalam formulir popup WordPress Anda. Jika Anda telah membuat formulir kontak, Anda dapat melewati langkah ini.

Untuk membuat formulir Anda, buka WPForms »Tambah Baru dan pilih template. Untuk contoh ini, Anda dapat menggunakan formulir kontak sederhana.

Anda juga dapat membuat tampilan formular tetap sederhana dengan formulir popup WordPress, sehingga Anda dapat memaksimalkan tingkat konversi formulir Anda.

Setelah formulir dimuat, formular tersebut akan memuat semua data yang Anda butuhkan untuk memulai termasuk: Nama depan, Nama keluarga, Surel atau email, dan Komentar.

Anda dapat menarik dan melepas bidang tambahan apapun yang Anda inginkan dari sisi kiri ke jendela pratinjau.

Anda juga dapat menghapus bidang dengan mengkliknya dan memilih ikon tempat sampah merah yang muncul di sebelah kanan.

Setelah Anda selesai membuat formulir Anda, Anda perlu mengklik tombol simpan untuk menyimpan perubahan Anda. Formulir kontak Anda sekarang siap digunakan!

Dan sekarang setelah Anda memiliki formulir yang siap dan Anda dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Langkah 3 : Membuat Popup di Popup Maker

Setelah plugin Anda diinstal dan diaktifkan. Selanjutnya, Anda akan masuk ke plugin Popup Maker untuk membuat popup Anda.

Plugin WordPress gratis ini memungkinkan Anda membuat popup dari awal, dengan mudah.

Buka dasbor WordPress Anda dan buka Popup Maker »Add Popup, dan Anda akan melihat layar pengeditan popup muncul.

Layar untuk menyisipkan  Formulir akan muncul. Di sini, Anda dapat memilih formulir yang ingin Anda masukkan ke dalam pop up WordPress ini dengan memilihnya dari menu tarik-turun.

Setelah formulir dipilih, klik tombol Tambah Formulir berwarna biru untuk menambahkannya ke popup Anda.

Selanjutnya Anda akan melihat kode pendek unik yang memberi tahu popup formulir mana yang akan digunakan. Langkah berikutnya Anda perlu sesuaikan beberapa pengaturan popup dengan menggulir ke bawah dan mulai dengan Pemicu.

Pemicu memberi tahu popup Anda kapan harus dibuka. Klik tombol biru Tambahkan Pemicu Baru.

Pada jendela opsi pemicu yang muncul, buka dropdown dan pilih Time Delay/Auto Open. Hal ini akan memicu popup untuk terbuka setelah pengunjung situs web Anda berada di halaman untuk waktu yang ditentukan.

Anda dapat mengatur waktu untuk apa pun yang Anda inginkan, tetapi kami sarankan untuk memulai dengan 5 detik (5.000 milidetik). Saat Anda siap, klik tombol Tambah untuk melanjutkan.

Secara default, popup ini akan muncul di setiap halaman situs WordPress Anda dan untuk semua orang di semua perangkat.

Anda dapat menyesuaikan setelan ini untuk menargetkan orang, perangkat, tempat tertentu (seperti postingan atau halaman), dan lainnya di bagian Penargetan. Bahkan, untuk pengaturan lebih lanjut, lihat dokumentasi Popup Maker.

Selanjutnya, rapikan tampilan popup Anda dengan mengklik Display di bawah pengaturan popup. Dari dropdown Tema Popup, pilih tema untuk pop up Anda. Anda dapat memilih Tema Popup manapun yang Anda suka. Untuk contoh ini, kami memilih gaya Light Box yang populer.

Sekarang, sesuaikan pengaturan lain yang Anda inginkan dan ketika Anda siap, lanjutkan dan publikasikan formulir Anda. Gulir ke atas pada halaman ke atas dan klik tombol Terbitkan untuk membuat formulir sembulan WordPress Anda hidup.

Anda sekarang dapat melihat pratinjau formulir popup WordPress Anda untuk memastikan tampilannya persis seperti yang Anda inginkan, dan menyesuaikan pengaturannya.

Untuk membuat lebih banyak popup formulir kontak, Anda dapat mengulangi proses ini dan menyesuaikan pengaturan dan aturan tampilan agar muncul pada posting atau halaman yang berbeda, dll. Atau Anda bisa berkreasi dan membuat survei WordPress popup.

Kembali ke halaman edit untuk mengawasi Analytics jika Anda ingin tahu berapa banyak orang yang telah melihat formulir popup WordPress Anda. Juga, jika Anda telah menyiapkan Google Analytics di situs web Anda, Anda dapat melacak Pembuat Popup melalui pelacakan peristiwa khusus.

Dan jangan lupa, Anda dapat mengatur formulir popup WordPress untuk terhubung langsung dengan layanan pemasaran email Anda agar lebih mudah diatur dan secara otomatis menjangkau kontak baru Anda.

Kumpulan Plugin Pop Up WordPress

1. OptinMonster

OptinMonster adalah perangkat lunak penghasil prospek paling populer di pasaran. Situs ini memungkinkan Anda dengan mudah mengubah pengunjung situs web menjadi pelanggan.

Muncul dengan pembuat popup WordPress yang kuat dan serangkaian fitur penargetan dan personalisasi paling komprehensif.

Sederhananya, OptinMonster memungkinkan Anda untuk memaksimalkan potensi konversi Anda seperti pemasaran yang pro.

Fitur penargetan OptinMonster memungkinkan Anda untuk menargetkan pengguna berdasarkan halaman yang mereka kunjungi, aktivitas di situs Anda, lokasi geografis mereka, dan puluhan lainnya.

Anda dapat membuat aturan sendiri untuk menampilkan popup yang lebih personal dan sangat efektif. Di bawah ini adalah beberapa fitur OptinMonster yang paling menonjol:

  • Popup lightbox non-intrusif yang dirancang dengan indah
  • Opsi penargetan yang canggih dengan tingkat halaman, penargetan geografis, penargetan ulang di tempat, penargetan berbasis perangkat, dan banyak lagi.
  • Deteksi adblock untuk menampilkan pesan yang ditargetkan kepada pengguna
  • Puluhan template popup cantik siap pakai
  • Terintegrasi dengan semua layanan pemasaran email teratas, plugin formulir kontak, platform eCommerce, dan banyak lagi.

2. TrustPulse

TrustPulse adalah plugin popup WordPress yang menggunakan bukti sosial untuk membantu Anda meningkatkan konversi di situs web Anda.

Plugin ini menunjukkan pemberitahuan bukti sosial di situs web Anda untuk membantu membangun kepercayaan pengguna, memicu efek FOMO (takut ketinggalan), dan mendorong lebih banyak pengguna untuk mendaftar atau melakukan pembelian.

TrustPulse membantu Anda memenangkan kepercayaan pengguna secara instan dengan membagikan bukti sosial menggunakan popup yang tidak terlalu mengganggu tetapi sangat efektif.

Berikut adalah beberapa fitur yang membuatnya unik di antara daftar plugin popup WordPress terbaik.

  • Memicu FOMO – Menggunakan urgensi dan bukti sosial untuk memicu efek FOMO (takut ketinggalan). Ini mendorong pengguna untuk mendaftar atau menyelesaikan pembelian.
  • Pelacakan Waktu Nyata – Ini menunjukkan pembelian, aktivitas, dan pendaftaran waktu nyata
  • Penargetan pintar – Tampilkan sembilan bukti sosial kepada pengguna yang tepat pada waktu yang tepat
  • Kustomisasi popup – Gunakan desain default atau buat sendiri dengan opsi kustomisasi yang mudah

Artikel pluqin lainnya untuk WordPress :

Pemahaman yang baik dalam cara membuat popup di WordPress bagi para pemilik website akan sangat membantu dalam meningkatkan jumlah pelanggan, interaksi pengguna dan pemilik website, dan bahkan meningkatkan penjualan (pada website komersial).

Disertai dengan berbagai plugin gratis menjadikan pembuatan pop up WordPress semakin mudah.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar