Apa Itu Sidebar? Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya Pada Website

Apa Itu Sidebar ini pengertiannya

Ketika ingin menekuni dunia blogging, Anda harus mengetahui apa itu sidebar. Hal ini dikarenakan sidebar adalah salah satu komponen yang paling penting saat membuat blog atau website.

Banyak orang menganggap sidebar hanya sebagai komponen tambahan, tetapi sebenarnya apabila dimanfaatkan dengan maksimal akan sangat membantu meningkatkan nilai blog atau website.

Apa Itu Sidebar?

Apa Itu Sidebar pada blog

Sidebar dalam website dapat diartikan sebagai sebuah area berbentuk kolom-kolom di tepi website yang digunakan untuk menempatkan widget, serta berfungsi sebagai pelengkap konten utama yang letaknya berada di tengah.

Desain pada awal tahap pengembangannya berupa versi lain kolom menu yang letaknya di samping, baik itu samping kanan maupun samping kiri. Di menu samping ini, Anda dapat menambahkan widget sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Seiring perkembangan website desain sidebar juga mulai berkembang, dengan munculnya berbagai macam, misal pada footer kanan, tengah atau kiri. Walau berada pada bagian paling bawah, karena sudah terlanjur populer dengan penyebutan sidebar, maka bagian ini tetap disebut sebagai sidebar.

Dengan demikian penggunaan sidebar sesungguhnya tidak wajib, tetapi akan sangat berguna apabila disamping informasi utama, website Anda memiliki informasi tambahan yang ingin ditampilkan.

Oleh karenanya, agar website berjalan optimal pemilihan sidebar harus disesuaikan dengan jenis website yang Anda jalankan. Dari sekian banyak jenis sidebar, pilih yang paling bermanfaat dalam mencapai tujuan dibuatnya website.

Setelah memilih sidebar yang sesuai, pastikan pula desain tersebut bagus, rapi dan sesuai dengan tema website yang digunakan serta tentukan posisinya agar strategis dan mudah dilihat pengunjung.

Manfaat Sidebar

Manfaat Sidebar pada blog

Setelah mengetahui pengertian apa itu sidebar, kini dilanjutkan dengan informasi mengenai manfaat penggunaannya yang tidak bisa disepelekan, karena memiliki sangat banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan engagement

Sidebar bisa menjadi salah satu area yang menonjol pada sebuah website, oleh karena itu bisa meletakkan tombol navigasi ke halaman lain atau link sosial media yang digunakan di sini. Dengan begitu maka engagement website akan meningkat.

2. Meningkatkan reputasi

Sidebar juga dapat dimanfaatkan untuk menampilkan informasi website yang bisa menunjukkan kredibilitasnya. Contoh informasi ini adalah testimonial pelanggan, statistik berlangganan, dan lain sebagainya.

Peletakan sidebar ini haruslah strategis agar informasi penting ini dapat dilihat oleh pengunjung dengan mudah. Terlebih lagi jenis informasi di atas akan sangat menentukan penilaian pengunjung untuk bisa melanjutkan menggunakan website Anda atau tidak.

3. Merapikan tampilan

Website yang memiliki banyak konten tidak mungkin diletakkan dalam satu halaman secara bersamaan.

Dengan menggunakan sidebar, Anda dapat merapikannya berdasarkan beberapa kategori seperti related posts, newest posts dan lainnya dengan penambahan kolom pencarian untuk memudahkan pengunjung mencari informasi yang diinginkan.

4. Meningkatkan konversi

Selain informasi, dalam sidebar dapat disisipkan tombol-tombol yang tidak kalah penting seperti call-to-action, subscribe dan masih banyak lagi. Dengan adanya tombol ini, pengunjung akan diarahkan untuk terjadinya konversi dalam sebuah website.

5. Memanfaatkan ruang untuk promosi

Fitur ini juga dapat dimanfaatkan sebagai ruang untuk promosi postingan terbaru, konten terbaik channel sosial media atau beriklan dari pihak ketiga.

6. Mencantumkan informasi diri

Salah satu penggunaan sidebar yang populer adalah biografi atau deskripsi singkat mengenai pemilik website. Apabila bisnis yang Anda jalankan mengharuskan pengunjung mengenal Anda, maka sidebar jenis ini wajib dimiliki.

Anda bisa mencantumkan foto beserta informasi pribadi yang masih berhubungan dengan website seperti nama, hobi, niche website dan lainnya.

Jenis Sidebar

Tidak hanya tentang apa itu sidebar, ternyata sidebar juga memiliki berbagai macam jenis berdasarkan kegunaannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mini profil

Mini profil

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa sidebar berisi mini profil diri atau perusahaan merupakan yang paling populer digunakan. Sidebar ini berfungsi untuk mendekatkan diri dengan pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan.

Sidebar jenis ini dapat dibuat dengan mencantumkan beberapa informasi personal seperti foto, biodata singkat, minat dan hobi atau seputar niche yang digunakan di website. Supaya lebih maksimal, Anda dapat mencantumkan backlink ke halaman lain, contact form, atau link akun media sosial yang digunakan.

Baca Juga: 13+ Plugin Contact Form WordPress Terbaik yang Layak Dicoba

2. Navigasi Breadcrumb

Navigasi Breadcrumb

Breadcrumb merupakan sebuah elemen yang terdapat pada sebuah website dengan fungsi untuk secara spesifik menunjukkan halaman yang dibuka oleh pengunjung dalam website. Elemen ini umumnya akan hilang saat halaman di scroll, oleh karena itu dapat diletakkan di sidebar.

Breadcrumb dapat diletakkan pada sticky sidebar, yang mana sticky sidebar ini tidak akan hilang dan tetap berada di tempatnya meski halaman discroll pengunkung hingga paling bawah.

Hal ini dapat membuat pengunjung lebih mudah mengetahui letak halaman yang sedang mereka kunjungi karena posisi sidebar yang berada di samping.

Baca Juga : Cara Membuat Breadcrumb di WordPress

3. Kategori konten

Kategori konten

Apabila website Anda memiliki banyak konten, alangkah baiknya dikelompokkan ke menjadi kategori-kategori tertentu. Penggunaan kategori dapat membuat website terlihat lebih rapi dan teratur serta memudahkan pengunjung untuk menemukan konten sesuai dengan yang mereka inginkan.

Dalam mengelompokkan postingan, baiknya terdiri dari 1 sampai 3 tag saja, karenaefektifitas tag akan menjadi berkurang apabila menggunakannya terlelu banyak.

4. Popular posts

Popular posts

Postingan populer yang memiliki trafik tinggi dapat membuat pengunjung betah berada di website Anda. Hal ini dikarenakan pengunjung merasa penasaran mengenai postingan tersebut dan berakhir mengunjunginya untuk menuntaskan rasa penasaran itu.

Sidebar yang berisi popular post akan memberikan dampak pada peningkatan jumlah klik serta trafik pada website. Namun, pastikan sidebar untuk popular posts memiliki nomor untuk setiap postingan sebagai peringkat kepopuleran postingan tersebut.

Agar memberikan tampilan yang lebih rapi dan enak dilihat, berikan whitespace untuk membuat pengunjung tertarik serta informasi yang hendak disampaikan dapat diterima dengan baik.

5. Latest posts

Latest posts
Latest posts berfungsi untuk menampilkan postingan paling baru pada website. Dalam penggunaan sidebar untuk latest posts, pastikan konten yang ditampilkan diurutkan berdasarkan waktu pengunggahan terbaru.

Selain itu, dapat mencantumkan foto yang unik dan menarik beserta jumlah share dan like pada tiap-tiap artikel agar pengunjung tertarik dan berujung dengan menambahkan jumlah klik pada artikelnya.

6. Related posts

Related posts

Sidebar berisi related posts juga bisa membuat pengunjung berlama-lama dalam website. Kenapa? Karena ketika pengunjung sedang melihat sebuah artikel, mereka pastinya akan tertarik juga dengan artikel yang lain dengan topik yang masih berkaitan.

Related posts dapat menambah wawasan yang lebih luas pada pengunjung sedangkan Anda diuntungkan dengan trafik dan performa SEO yang semakin meningkat.

7. Search box

Search box

Sama halnya dengan pengkategorian konten, kolom pencarian juga memudahkan pengunjung dalam mencari konten yang diinginkan di tengah banyaknya konten di website Anda.

Kolom pencarian melakukan pekerjaannya dengan menghemat waktu pengunjung untuk menemukan langsung postingan yang mereka inginkan. Letakkan kolom pencarian pada sidebar yang strategis dan mudah ditemukan oleh pengunjung.

8. Tombol sharing

Tombol sharing

Tombol sharing akan memudahkan pelanggan untuk berbagi postingan website yang dianggap bermanfaat ke teman maupun keluarganya. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi website Anda, yaitu bertambahnya trafik pada website.

Sidebar dapat diisi berbagai macam pilihan tombol share ke sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, Whatsapp, LINE dan lain sebagainya. Hal ini juga dapat dijadikan strategi agar website Anda mendapat banyak pengunjung.

9. Testimoni pelanggan

Testimoni pelanggan

Dalam sebuah bisnis, testimoni pelanggan dapat meningkatkan kepercayaan dan minat beli calon pelanggan. Informasi yang dapat dicantumkan dalam testimoni pelanggan berupa foto atau informasi lain terkait pengalaman pelanggan menggunakan produk atau jasa Anda.

Anda dapat meminta mereka untuk menampilkan akun sosial media atau email yang dapat dijadikan bukti keaslian testimoni tersebut.

10. Opsi berlangganan

Opsi berlangganan

Setelah berhasil mendapatkan pengunjung, Anda pasti menginginkan mereka untuk datang kembali. Oleh karena itu sidebar berisi opsi untuk berlangganan akan memudahkan mereka untuk kembali mengunjungi website Anda.

Sidebar ini dapat berisi form sederhana atau tombol Call to Action yang bisa didapatkan melalui plugin website. Contoh dari penggunaan sidebar jenis ini adalah adanya form subscribe melalui email yang dimana pelanggan langsung mendapat pemberitahuan ketika Anda memposting konten baru.

11. Progress bar

Progress bar

Sebuah website dapat dibuat sedemikian rupa menjadi simpel namun tetap memuat banyak informasi penting dengan menggunakan progress bar. Progress bar pada sidebar akan membuat konten yang ditampilkan secara full screen terlihat rapi.

Progress bar biasanya dibuat dengan wujud titik-titik di tepi website yang tiap-tiap titiknya akan menampilkan halaman berbeda. Jangan tampilkan titik yang terlalu banyak karena hanya akan membuat pengunjung kebingungan dan kemudian malas membuka halaman berikutnya.

12. Akun sosial media

Akun sosial media

Sosial media bersifat wajib dan harus ada di dalam sebuah website. Hal ini bertujuan agar pengunjung bisa langsung melihat pemberitahuan terkait postingan terbaru yang diunggah ke website melalui sosial media.

Akun sosial media juga dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pengunjung dengan menampilkan snippet atau cuplikan mengenai postingan yang langsung terarah ke halam website sehingga dapat menaikkan trafik.

Selain itu, dengan adanya sosial media dan interaksi di dalamnya, pengunjung baru akan lebih percaya dan tertarik terhadap website Anda. Anda dapat mencantumkan tombol Call to Action seperti follow atau like untuk meningkatkan interaksi dengan pengunjung.

13. Kegiatan promosi

Kegiatan promosi

Website yang ramai pengunjung dapat mendatangkan penghasilan secara langsung dengan menggunakan iklan yang ditampilkan pada halaman website. Karena sidebar yang sifatnya mudah dilihat oleh pengunjung, maka dapat membantu untuk meningkatkan konversi.

Widget promosi dapat dibuat semenarik mungkin agar pengunjung tertarik untuk sekedar melihat atau bahkan langsung membeli barang yang diiklankan. Sebaiknya gunakan warna mencolok tetapi tidak menabrak tema dengan CTA simpel dan menarik agar pengunjung mudah melihatnya.

14. Filter produk

Filter produk

Sidebar ini wajib digunakan apabila website Anda berbentuk e-commerce atau toko online lainnya. Filter akan membantu memudahkan pengunjung untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Filter bekerja dengan menyortir jenis produk secara spesifik berdasarkan warna, ukuran, harga dan lain sebagainya.

15. Shopping cart

Shopping cart

Sidebar lain yang wajib ada dalam website toko online adalah shopping cart. Hal ini dapat dijadikan sebagai Call to Action yang langsung mengarahkan pengunjung untuk melakukan transaksi secara langsung di website.

Shopping cart dapat dioptimalkan dengan menampilkan jumlah produk yang dipilih dan total harga yang harus dibayarkan sehingga memudahkan pembeli untuk melakukan transaksi serta menambah minat beli dari pengunjung.

Itulah uraian mengenai apa itu sidebar yang perlu diketahui agar website dapat dijalankan secara optimal. Perlu diingat, bahwa sidebar yang baik adalah yang sesuai dengan tujuan dibuatnya website dan terletak di area yang strategis.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

5 pemikiran pada “Apa Itu Sidebar? Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya Pada Website”

  1. masuk akal sih penggunaan sidebar untuk mempermudah pengunjung yg ngak mau anti ribet,,thanks in advance gan informasinya,,,sangat bermanfaat…

    Balas
  2. Sidebar memang sangat penting dalam tata letak/layout blog, sebagai seorang blogger dan pembuat website, dengan membaca tulisan ini saya menjadi lebih manfaat lain dan jenis-jenis sidebar, saya sendiri yang biasanya saya buat di sidebar yaitu, postingan terbaru, label, postingan populer dan kolom iklan

    Balas
  3. kolom atau area yang berada di kanan atau atau kiri konten utama. Elemen tersebut tidak hanya sebatas informasi pendukung, melainkan juga bisa terdiri dari menu utama, widget, hingga navigasi ke halaman lain.

    Balas
  4. Pemanfaatan ruang menjadi pilihan favorite bagi saya sebagai fungsi sidebar yang utama karena ruang yang terisi penuh dapat memaksimalkan informasi yang tersedia pada sebuah web dan berfungsi layaknya toko yang penuh dengan berbagai macam jenis barang yang siap dijual tanpa harus beralih ke toko yang lain

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.