Aplikasi Live Chat Murah Terbaik untuk Keperluan Bisnis

Oleh

Assyfa

Aplikasi live chat murah sebagai media informasi maupun media bisnis miliki Anda. Hampir semua orang memiliki handphone yang terhubung dengan jaringan internet untuk mencari kebutuhan sehari-hari, informasi, serta hiburan melewati media online. Banyaknya orang menggunakan handphone dan jaringan internet, Anda dapat memanfaatkan aplikasi tersebut.

Ikuti komunitas yang memiliki latar belakang akan ketertarikan terhadap sesuatu hal sama serta berkomunikasi menggunakan aplikasi live chat yang murah.

Dengan hubungan melewati jaringan internet, Anda dapat memiliki banyak teman untuk saling menceritakan hal-hal seperti hobi, aktivitas, dan minat bakat beranekaragam. Jaringan internet yang luas akan memberikan jaringan pertemanan atau pemasaran luas bahkan bisa sampai ke seluruh dunia.

Selain itu aplikasi live chat murah juga bisa digunakan untuk sarana prasarana pendukung bisnis online. Kegunannya untuk memiliki akses dan berhubungan secara langsung dengan pembeli untuk berdiskusi ataupun bernegosiasi.

Live chat sendiri dapat diartikan sebagai sistem kerja perangkat lunak yang dilakukan sebagai bentuk upaya pelayanan, permintaan, maupun diskusi secara online secara real time. Fitur ini pertama kali di gunakan pada tahun 2002 untuk sekarang ini dikembangkan dan ditawarkan melalui bentuk bisnis SaaS oleh Live Chat Software S.A.

Arti real time sendiri yaitu waktu nyata yang pengoprasiannya memiliki batas waktu jelas atau bisa dikatakan tidak ada perbedaan. Tanggapan seseorang real time atau secara langsung disaat itu juga ketika kita menggunakan suatu program di internet.

Ada banyak aplikasi live chat ini yang dapat digunakan tanpa mengeluarkan banyak uang. Tidak sampai jutaan rupiah Anda sudah dapat menggunakan aplikasi live chat yang murah dengan kualitas dan fitur yang bagus.

Berikut Manfaat Aplikasi Live Chat
Berikut Manfaat Aplikasi Live Chat

Berikut Manfaat Aplikasi Live Chat

Pada saat Anda mengunjungi suatu website milik seseorang maupun milik perusahaan, terdapat ikon yang akan membantu untuk menanyakan suatu informasi kepada pemilik website tersebut. Itu merupakan contoh penggunaan aplikasi live chat murah di dalam website.

Kebanyakan pengguna aplikasi live chat yang murah yaitu seorang pebisnis milenial dengan menggunakan jaringan internet dan pemasaran melewati website. Jaringan internet akan memperluas pemasaran bisnis Anda ke seluruh penjuru dunia serta produk Anda dapat dikenal oleh orang banyak.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan salah satu aplikasi live chat murah pada website untuk keperluan bisnis.

  1. Memanfaatkan aplikasi live chat yang murah sebagai fitur diskusi dengan agen pada lapak jualan maka memudahkan calon pembeli karena mereka akan secara langsung mengetahui barang yang ditawarkan.
  2. Sistem komunikasi dua arah karena bersifat real time dalam pertanyaan, tanggapan, serta diskusi dilakukan dalam waktu nyata walaupun lokasi Anda dengan agen terpaut jarak jauh tentunya membawa kemudahan.
  3. Menghemat biaya karena dalam komunikasi dua arah hanya menggunakan kuota internet, jika dibandingkan dengan media telfon tentu aplikasi live chat murah lebih hemat.
  4. Dalam live chat tentu akan ada banyak pertanyaan , sebagai pemilik bisnis Anda harus fast respon dalam menanggapinya. Sebagai contoh dalam jual beli Anda akan mendapat pertanyaan dan tawaran dari beberapa orang dalam satu waktu, tanpa disadari telah terjadi beberapa penawaran dalam waktu yang sama. Hal tersebut dapat menguntungkan secara waktu dan mampu menghemat tenaga.
  5. Karena website bisnis dapat dilihat di seluruh dunia maka pengunjung website tidak bisa dipastikan jam kunjungan favorit. Dengan adanya fitur robot Anda dapat mengatur balasan ketika ada pesan masuk selama 24 jam, terutama ketika sedang sibuk beraktivitas atau sedang beristirahat.
  6. Menjadikan usaha memiliki daya saing tinggi dengan kompetitor usaha lainnya karena website dengan adanya aplikasi live chat murah akan lebih menonjol dibandingkan dengan website yang tidak menggunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Layanan Live Chat Pada WordPress

Cara Pasang Aplikasi Live Chat pada Website Bisnis
Cara Pasang Aplikasi Live Chat pada Website Bisnis

Cara Pasang Aplikasi Live Chat pada Website Bisnis

Saat mengunjungi sebuah website biasanya terdapat ajakan untuk berkomunikasi melewati fitur chat, bagaimana untuk menginstal fitur tersebut pada website Anda.

  1. Download dan instal aplikasi live chat murah yang ingin digunakan
  2. Buat akun pada aplikasi yang Anda pilih
  3. Login ke wordpress milik Anda
  4. Pilih plugins dan add new pada menu plugins
  5. Masukkan nama aplikasi yang Anda instal di pencarian keyword
  6. Klik instal now dan aktifkan
  7. Login menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya pada aplikasi live chat

Sekarang akun website pada wordpress terhubung dengan aplikasi live chat murah yang digunakan. Anda dapat mengontrol percakapan tanpa perlu mengunjungi website cukup dengan membuka pada aplikasi.

Daftar Aplikasi Live Chat Murah
Daftar Aplikasi Live Chat Murah

Daftar Aplikasi Live Chat Murah

Jika memerlukan aplikasi live chat yang murah, Anda dapat menemukannya di google play store maupun apps store tersedia banyak. Khususnya aplikasi yang dapat dihubungkan dengan widged milik Anda untuk mempermudah pemantauan.

Berikut daftat rekomendasi aplikasi live chat murah terbaik untuk dapat dipasang pada website bisnis.

1. Live Agent

Live Agen merupakan salah satu penyedia live chat untuk diskusi dengan pelanggan dari produk Anda. Sistem aplikasi ini menggunakan sistem multi saluran dalam membalas pesan pelanggan.

Harga yang harus dibayar untuk berlangganan aplikasi Live Agen yaitu sebesar $15 atau kurang lebih Rp. 225.000 rupiah per bulannya dengan rincian keuntungan fitur bisa di dapatkan.

  • Kontak masuk yang universal
  • Tiket email
  • Pelacakan waktu
  • Obrolan langsung serta obrolan vidio

2. Live Chat

Aplikasi live chat mudah diatur dan dihubungkan dengan website bisnis Anda. Kelebihan aplikasi ini yaitu jendela dan room chat dimuat dengan cepat dan dapat digunakan di semua perangkat widget.

Harga bayar Anda untuk menggunakan aplikasi live chat yaitu sebesar $16 kurang lebih sekitar Rp. 240.000 rupiah dengan fitur terbaik yang bisa Anda dapatkan.

  • Pelayanan pelanggan lebih detail
  • Sistem percakapan multi saluran
  • Dapat mengirim file berkas dengan mudah
  • Notifikasi khusus
  • Dapat mengubah list profil pelanggan

3. Fresh Chat

Dalam aplikasi fresh chat Anda dapat menggunakan chat bot ketika Anda tidak memegang kendali widged. Fresh chat dibuat apik dalam tampilan menu chat roomnya untuk memudahkan penggunaannya.

Harga yang harus dibayar untuk berlangganan fresh chat sebesar $15 atau kurang lebih Rp. 225.000 rupiah dengan keuntungan fitur yang bisa didapatkan yaitu.

  • Room chat dikemas lebih modern
  • Mendapatkan akses menuju profil pembeli untuk mempermudah transaksi
  • Notifikasi push agar tidak melewatkan tawaran dari pembeli

4. Olark

Kelebihan aplikasi olark yaitu tampilan unik serta menarik karena Anda bisa mengubah tema room chat tersedia beraneka ragam pilihan. Untuk mendapatkannya Anda perlu membayar $12 kurang lebih Rp. 180.000 rupiah operator/bulan dengan pelayanan full service untuk fitur yang disediakan olark yaitu.

  • Penargetan cerdas
  • Laporan feedback dari pelanggan
  • Mengintegrasi CRM, CSS, serta shortcut agar dapat melayani pelanggan dengan cepat

5. Zopim

Kelebihan aplikasi live chat murah zopim yaitu memudahkan integrasi website dengan room chat zopim dan media sosial yang Anda punya.

Harga yang harus Anda bayar untuk mendapatkan fitur zopim yaitu $11.20 atau kurang lebih Rp. 168.000 rupiah dengan keuntungan fitur rincian sebagai berikut.

  • Integrasi yang bagus dengan zendesk agar mendapatkan support multi channel media sosial
  • Laporan penilaian dari agen untuk tolak ukur pelayanan dan kesuksesan toko Anda

6. Nextiva

Penggunaan nextiva memungkinkan pelanggan ataupun pelayanan mendapat pengalaman bisnis yang baik. Harga untuk berlangganan nextiva yaitu sebesar $18.95 kurang lebih sekitar Rp. 283.000 rupiah per bulan dengan keuntungan fitur nextiva yaitu.

  • Kecepatan room chat yang memudahkan pelayanan
  • Internal room chat yang memprivasi percakapan
  • Riwayat chat yang tidak terbatas
  • Memantau percakapan yang aman dan dapat melaporkannya
Berikut Tips Menggunakan Live Chat
Berikut Tips Menggunakan Live Chat

Berikut Tips Menggunakan Live Chat

Penggunaan live chat berfungsi untung mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih maju. Penggunaan aplikasi live chat murah merupakan langkah untuk memudahkan pelayanan terhadap pembeli.

Lakukanlah pelayanan dengan baik agar menambah pengalaman berbisnis serta bertransaksi secara profesional. Lakukan beberapa tips agar pelayanan Anda pada aplikasi live chat menjadi lebih baik.

1. Pelatihan tim pelayanan pada aplikasi live chat murah untuk menguasai materi pada website bisnis yang Anda gunakan. Cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan selembaran catatan rangkuman di website dan daftar pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh pembeli.

Kiat ini dilakukan agar tim live chat memberikan pelayanan maksimal dan menjadi tenaga pelayanan yang lebih profesional.

2. Lakukan pelayanan dengan memperkirakan waktu yang sering di pakai untuk berbelanja para pembeli. Seperti pada saat malam hari sebagian orang memegang kendali penuh terhadap widged setelah seharian bekerja.

Pada tanggal-tanggal tertentu juga memungkinkan banyaknya orang untuk melakukan transaksi untuk membeli suatu barang seperti pada awal bulan setelah menerima gaji.

3. Gunakan sistem shift pada jam pelayanan mungkin dapat membantu ketika sedang terjadi pelonjakan permintaan seperti pada awal bulan setela pembeli menerima gaji. Contoh bagi pelayanan menadi 3 shift, shift pertama memberikan pelayanan pada jam 08:00-16:00, shift kedua 16:00-00:00, dan shift ketiga jam 00:00-08:00.

Anda dapat melayani pembeli selama 24 jam dengan beberapa orang secara bergantian mengingat agen mungkin tidak hanya berasal dari daerah terdekat Anda yang memiliki waktu sama. Dengan kata lain pembeli bisa berasal dari seluruh penjuru dunia.

4. Kurangi penggunaan fitur robot karena agen dapat merasakan waktu menunggu balasan lama dari pemilik bisnis, bahkan tidak sesuai harapan dibandingkan pelayanan yang sesungguhnya. Karena pelayanan robot mungkin tidak sesuai dengan apa yang diharapkan pembeli.

Gunakan robot hanya ketika Anda maupun tim live chat tidak dapat memegang kendalai penuh terhadap akses aplikasi live chat yang murah seperti saat melakukan perjalanan luar kota, keperluan yang tidak dapat ditinggalkan, serta liburan.

5. Pilih aplikasi live chat murah berkualitas terintegrasi baik dengan media sosial, website, dan email. Ada banyak macam aplikasi untuk dapat mendukung bisnis pada website, gunakan aplikasi guna mendapatkan fitur lengkap dan terbaik sesuai kebutuhan.

6. Optimalkan media sosial sebagai pemasaran produk agar mencakup lebih luas pembeli. Selain untuk pemasaran, instruksikan pelanggan yang telah bertransaksi untuk memberikan penilaian positif pada halaman sosial media Anda.

Gunakan aplikasi live chat yang murah untuk mengembangkan bisnis di website dan media sosial. Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut dengan membayar untuk berlangganan harga murah berkisar antara $10 – $20 atau sekitar Rp. 150.000 sampai Rp. 300.000 rupiah tergantung aplikasi pilihan.

Pilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis, dengan mempertimbangkan fitur yang ditawarkan. Lakukan optimasi penggunaan aplikasi live chat murah seperti pelatihan tim pada pelayanan dll, agar menjadi tim pelayanan ahli dan profesional.

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.