Cara Membuat Proposal Bisnis Cepat dan Mudah Dicoba

Oleh

Assyfa

Membuat suatu pengajuan kerja sama usaha tentu membutuhkan cara membuat proposal bisnis sebagai ajakan secara formal. Biasanya dalam membuat suatu usaha memerlukan modal besar.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ketika Anda belum memiliki dana yang mencukupi namun ingin membuka sebuah bisnis. Maka solusinya adalah mengajak orang untuk berinvestasi atau membangun usaha bersama.

Dengan kata lain mengajak orang tertentu dalam membangun bersama. Untuk memenuhi semua itu maka Anda harus mengetahui cara membuat proposal bisnis yang baik dan benar.

Pada jenjang sekolah menengah atas pasti sudah diajarkan bagaimana membuat suatu proposal dengan baik dan sesuai terhadap kaidah kebahasaan. Ketika sudah mendapat
dasarnya maka akan terada mudah langkah selanjutnya.

Kemudian, cara membuat proposal bisnis pada umumnya memiliki kesamaan terhadap proposal lainnya. Sehingga jika Anda sudah pernah membuatnya maka akan mudah mengerjakannya.

Tujuan dari dibuatnya proposal sendiri adalah tidak lain untuk meminta bantuan dana yang didalamnya terdapat rincian dana apa saja dibutuhkan serta hal penunjang lainnya.

Jika Anda mengetahui cara membuat proposal bisnis yang benar dan tepat. Maka tentu akan sangat mudah dalam mencapai tujuan dari dibuatnya surat usulan tersebut.

Investor tentu akan tertarik dalam menanamkan modal kepada pelaku usaha jika proposal diajukan sangat berantakan atau tidak sesuai standar. Maka dari itu surat usulan ini harus dibuat secara benar dan baik serta memang terstruktur.

Cara membuat proposal bisnis juga dianggap hal penting terhadap penanaman modal dan akan berpengaruh dalam usaha yang dijalankan apakah bisa berkembang atau tidak.

Susunan serta proposal yang baik tentu akan menarik perhatian dari investor apalagi surat berbentuk laporan itu dibuat dengan sangat jelas dengan melampirkan hal-hal penting.

Tidak ada alasan dari investor untuk tidak menanamkan modal kepada pelaku usaha. Jika cara membuat proposal bisnis Anda sangat jelas dan terutama menguntungkan kedua belah pihak.

Sebab pada hakikatnya manusia hanya mau membantu orang dalam kata lain yang dimaksudkan adalah pendana tentu harus membawa keuntungan juga bagi orang tersebut.

Dengan demikian dapat dikatakan hubungan kerja sama dimiliki sama-sama menguntungkan dari segala arah sehingga tidak ada akan keberatan dengan hal tersebut.

Berikut Manfaat Membuat Proposal Bisnis
Berikut Manfaat Membuat Proposal Bisnis

Berikut Manfaat Membuat Proposal Bisnis

Walaupun terdengar sangat sederhana namun percaya atau tidak hal ini dapat menjadi penentu dalam memutuskan apakah suatu usaha dapat berkembang atau tidak.

Mencari investor untuk menanamkan modal pada bisnis merupakan hal biasa. Hal tersebut sangat lumrah ketika Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan modal yang sangat besar tersebut.

Dengan kata lain, mendirikan sebuah usaha tidak bisa sendiri saja. Dalam hal ini cara membuat proposal bisnis sangat diperlukan untuk diketahui dan dipelajari agar bisa mengaplikasikannya secara benar.

Anda harus mengerti dan paham apa saja yang termuat dan dicantumkan pada surat usulan tersebut. Sehingga ketika investor membacanya sudah tidak perlu lagi bertanya karena semua hal sudah ada di sana.

Cara membuat proposal bisnis juga memberikan banyak sekali manfaat untuk semua orang. Salah satunya mendapatkan investor dalam memajukan atau membangun suatu usaha.

Selain itu, surat usulan berbentuk laporan ini sangat bermanfaat dan biasa digunakan dalam melaporkan sebuah perkembangan dan kemajuan suatu usaha pada investor.

Investor juga berhak tahu dan menjadi bagian dari perkembangan serta kemajuan bisnis yang dibangun. Sebab, Anda menjadikannya sebagai sebuah bagian dari kegiatan usaha.

Cara membuat proposal bisnis juga memberikan manfaat kepada Anda. Agar dapat mengetahui bagian-bagian yang terkandung dan apa saja dimasukkan ke dalam laporan tersebut.

Hal ini juga akan sangat berpengaruh apakah pengajuan laporan Anda dapat diterima ataukah tidak. Maka dari itu sangat diperlukan proposal yang baik dan benar dalam pembuatannya.

Cara membuat proposal bisnis juga akan melatih Anda dalam membuat dan mengaplikasikan dengan baik tata bahasa serta dapat menguasai pembuatan laporan secara tepat.

Membuatnya juga akan menjadi sangat mudah jika Anda sudah paham urutan dan apa saja ingin ditunjukkan kepada investor sebagai bentuk meyakinkan bahwa bisnis dapat berkembang dengan baik.

Cara Membuat Proposal Bisnis yang Baik dan Benar
Cara Membuat Proposal Bisnis yang Baik dan Benar

Cara Membuat Proposal Bisnis yang Baik dan Benar

Walaupun sering dipandang mudah, namun tidak semua orang bisa membuat laporan tersebut secara benar. Anda harus tahu kerangka serta bagian yang ingin dijelaskan pada surat usulan ini.

Anda harus memahami dan mengerti apa saja harus dicantumkan ke dalamnya sehingga cara membuat proposal bisnis perlu untuk dipelajari lebih lanjut ketika ingin membuatnya.

Sebagai ajakan untuk melakukan kerja sama tentu harus memiliki bahasa sopan dan santun serta urutan yang baik agar tidak terkesan monoton ketika investor membacanya.
Kami akan memberikan bagaimana pembuatan dan apa saja terkandung dalam surat usulan ini secara benar dan tepat tentunya sesuai dengan tata bahasa.

1. Cara membuat proposal bisnis untuk bagian pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian untuk menjelaskan apa yang ingin dibuat serta apa saja menjadi latar belakang sehingga memutuskan dalam membangun sebuah usaha.

Dapat dikatakan hal ini bagian awal atau pengenalan bisnis Anda kepada investor. Dalam bagian ini, Anda bisa membuatnya menarik agar orang semakin tertarik menanamkan
modalnya.

Cara membuat proposal tersebut memerlukan bagian ini dalam menjelaskan mengenai perusahaan atau lembaga serta usaha yang sedang dibangun.

2. Cara membuat proposal bisnis dengan mengisi profil perusahaan

Bagian ini juga termasuk pada pengenalan sebuah usaha yang sedang dibangun kepada klien atau investor. Orang akan tertarik kepada bisnis Anda jika memuat informasi perusahaan yang jelas.

Informasi mengenai perusahaan yang jelas juga bisa menambah kepercayaan dari investor untuk menanamkan modalnya dalam pengembangan dan kemajuan suatu usaha.

Cara membuat proposal ini harus mencantumkkan visi, misi dan tujuan perusahaan secara jelas, agar investor dapat mengetahui apa yang ingin dicapai dalam pengembangannya.

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Adalah

3. Membuat struktur organisasi dalam perusahaan

Memperkenalkan pejabat atau pemegang kekuasaan dalam perusahaan kepada investor merupakan hal tidak boleh dilewatkan. Pasalnya dapat menjadi petunjuk kepada siapa orang akan berkoordinasi.

Kemudian, struktur organisasi yang baik juga akan menunjang kinerja dari sebuah perusahaan dan dapat dilihat pengembangannya apakah sudah sesuai atau tidak.

Walaupun sistem manajerial perusahaan Anda belum baik, namun investor juga dapat menilai sebuah sistem kerja dari struktur organisasi sebuah lembaga atau perusahaan.

4. Menjelaskan apa yang ingin diproduksi atau dibuat

Salah satu bagian ini tidak bole terlewatkan sedikitpun. Tujuan utama pembuatan proposal untuk meminta dana memerlukan produk apa ingin diproduksi.

Cara membuat proposal bisnis memerlukan sebuah alasan dalam meminta dana kepada investor. Hal ini juga menjadi alasan kenapa laporan tersebut harus dibuat.

Produk yang jelas dan menjanjikan banyak keuntungan akan menarik perhatian orang dalam mendanai apa yang ingin diproduksi, sehingga Anda sebagai pelaku usaha harus kreatif dan inovatif.

5. Menentukan target pasaran

Saat membuat produk dari suatu usaha, target pasar menjadi hal tidak bisa dipisahkan terhadap pembuatan produk. Dalam pembuatan produk sendiri pertama harus mengetahui untuk siapa dibuat.

Ketika suatu barang diproduksi untuk bayi maka dapat dikatakan bahwa target pasaran atau pemasaran dilakukan untuk bayi contohnya popok bayi atau susu formula.

Target pasar sendiri harus jelas dan dapat tepat seperti yang diharapkan. Maka dari itu membuat proposal bisnis memerlukan hal ini sebagai titik acuan menentukan harga dan kualitas suatu produk.

6. Memasukan rencana promosi serta pemasaran

Dalam membuat sebuah surat usulan berbentuk laporan ini memerlukan namanya promosi atau pemasaran agar produk yang dibuat terkenal dan dapat menjangkau target pasar.

Dalam bagian ini, Anda harus menjelaskan rencana pemasaran apa yang ingin dilakukan untuk mengupayakan kemajuan penjualan suatu produk yang dibuat.

Promosi ini juga sangat berpengaruh terhadap kebutuhan investor apakah ingin mananamkan modal atau tidak. Sehingga dalam mengaplikasikan cara membuat proposal bisnis ini harus dibuat semenarik mungkin.

7. Menyusun laporan keuangan

Mencari investor untuk menanamkan modal kepada usaha Anda berarti harus siap untuk berbagi masalah keungan dengan orang tersebut. Pasalnya yang mendanai tidak hanya Anda sendiri sebagai pelaku usaha.

Keuangan merupakan hal riskan atau sangat sensitive, investor menanamkan modal kepada Anda dengan tujuan uang mereka akan berkembang dengan baik.

Sehingga dalam memenuhi kebutuhan tersebut, laporan keuangan harus dibuat dengan baik dan tepat serta terbuka dan benar dibuktikan oleh beberapa dokumen penunjang.

Cara membuat proposal bisnis memerlukan hal ini agar investor dapat mengetahui alokasi dari dana yang digunakan oleh perusahaan dan pelaku usaha.

8. Menuliskan bagian penutup

Dalam bagian penutup sendiri, Anda bisa menuliskan apa saja yang dapat mnambah keyakinan investor agar mendanai dan ikut membangun bisnis Anda kembangkan.

Uraikan alasan dan keunggulan serta keuntungan yang akan didapat jika investor ikut mengembangkan usaha tersebut dan apa saja risikonya namun tetap menonjolkan kelebihannya.

Dengan begitu, investor tidak akan ragu dan mempertimbangkan dalam menjadi pendana pada usaha atau bisnis yang sedang dikembangkan lebih baik lagi.

Dalam hal ini, membuat keyakinan serta kepercayaan pendana merupakan bagian penting sehingga Anda harus percaya diri dan ikut yakin dalam menjelaskannya.

9. Menambah lampiran

Lampiran adalah bagian dokumen pendukung sebuah surat usulan yang berkaitan dengan isi dari laporan tersebut. Biasanya terdiri dari biodata pemilik udaha, surat izin, perjanjian usaha, sertifikat dan lainnya.

Lampiran ini dapat berfungsi sebagai pembuktian bahwa yang dibahas dalam laporan benar adanya dan sudah terverifikasi dengan baik sehingga pendana akan percaya.

Dokumen pendukung seperti ini juga akan mengambarkan karakter dari perusahaan Anda. Ketika menjelaskan kelebihan perusahaan maka harus disertai bukti pendukung seperti sertifikat dan semacamnya.

Mendapat kepercayaan dari orang yang mendanai usaha sebenarnya bukanlah hal sulit. Investor akan merasa tertarik untuk menjadi bagian dari pengembangan bisnis Anda jika itu menguntungkan.

Bisnis juga merupakan sebuah hal tidak main-main. Harus tekun dalam mengembangkannya apalagi jika terdapat investor yang sudah mendanai semua terdapat didalamnya.

Tentu Anda sebagai pelaku usaha tidak ingin rugi. Begitupun dengan investor ingin uang digunakan aman dan dapat berkembang lebih banyak menggunakan cara berinvestasi.

Kegiatan tersebut seperti sebuah simbiosis mutualisme dimana kedua belah pihak sama-sama diuntungkan dari kerja sama tersebut. Untuk menjalin kerja sama tersebut dibutuhkan cara membuat proposal bisnis yang baik dan benar.

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar