8 Cara Mengembangkan Usaha UMKM via Strategi yang Efektif

Cara Mengembangkan Usaha UMKM dengan Strategi Pemasaran yang Efektif

UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mengambil peran yang sangat penting penting dalam dalam perekonomian Indonesia. Cara mengembangkan usaha UMKM harus dipelajari karena persaingan bisnis di era digital saat ini semakin pesat.

Perlu dilakukan langkah-langkah strategis untuk mengembangkan bisnis agar dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat.

Bagaimana caranya? Anda bisa langsung mempelajarinya melalui artikel di bawah ini tentang strategi mengembangkan UMKM.

Cara Mengembangkan Usaha UMKM

UMKM seringkali menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan bisnis mereka, mulai dari bingung harus mulai dari mana hingga penghasilan yang stagnan.

Berikut beberapa strategi yang dapat membantu mengembangkan bisnis UMKM agar lebih sukses, yaitu:

1. Membangun Identitas Merek yang Kuat

Membangun Identitas Merek yang Kuat

Salah satu cara memajukan UMKM dan meningkatkan daya saing serta keberlangsungan usaha adalah membangun identitas merek yang kuat.

Identitas merek yang kuat mencakup logo, tagline, hingga gaya visual konsisten dan dapat dikenali oleh pelanggan.

Membangun identitas merek yang kuat juga perlu melibatkan riset tentang target pasar untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Langkah pertama dalam membangun identitas merek sendiri adalah membuat logo yang menarik dan mudah dikenali. Logo ini harus mencerminkan nilai dan misi dari usaha Anda.

Selain itu, kembangkan tagline yang sesuai dan mudah diingat. Tagline harus mampu menyampaikan pesan utama dari bisnis dengan singkat dan jelas.

Semua elemen identitas merek sebaiknya terlihat sama di seluruh saluran pemasaran, baik itu di website, media sosial, atau kemasan produk.

2. Menerapkan Inovasi

Menerapkan Inovasi

Inovasi dapat membantu bisnis UMKM untuk menciptakan produk atau layanan yang lebih baik atau unik dibandingkan pesaing.

Terdapat beberapa cara mengembangkan usaha UMKM dengan menerapkan inovasi, yaitu:

  • Meningkatkan kualitas produk atau layanan yang sudah ada akan membantu meningkatkan pula kepuasan pelanggan dan menjadikan bisnis UMKM lebih kompetitif di pasar
  • Menciptakan produk atau layanan yang benar-benar baru bisa membantu bisnis UMKM membedakan diri dari pesaing dan menarik pelanggan baru
  • Menggunakan teknologi terbaru dapat membantu bisnis UMKM meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta memperluas jangkauan pasar mereka

3. Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Meningkatkan kualitas produk dan layanan dapat menjadi kunci agar bisa mempertahankan serta meningkatkan pangsa pasar.

Pelanggan akan lebih memilih produk yang berkualitas dan mereka akan lebih cenderung untuk kembali membeli bahkan merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain.

Cara untuk mengembangkan usaha rumahan dengan meningkatkan kualitas produk atau layanan perlu dilakukan perbaikan dalam setiap aspek produksi atau layanan yang ditawarkan.

Misalnya, pastikan produk yang dihasilkan berkualitas baik, mulai dari bahan baku, desain, dan kemasan.

Jika bisnis berfokus pada layanan, pastikan pelanggan mendapatkan pengalaman yang nyaman dan berkualitas, mulai dari pelayanan hingga pengiriman.

Anda juga perlu selalu memantau tren pasar dan berupaya untuk mengikuti perkembangan teknologi maupun industri terkait.

Hal ini untuk membantu memastikan produk atau layanan yang ditawarkan selalu sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan up-to-date.

4. Menjalin Kemitraan dengan Mitra Strategis

Menjalin Kemitraan dengan Mitra Strategis

Mitra strategis akan memberikan manfaat dalam bentuk akses ke pasar yang lebih luas, dukungan teknologi, hingga dukungan keuangan.

Cara mengembangkan usaha UMKM bisa dimulai dengan identifikasi mitra strategis dengan visi dan nilai yang sejalan dengan bisnis.

Kemitraan yang baik harus didasarkan pada kepercayaan, komitmen, dan kesepakatan saling menguntungkan.

Selain itu, pastikan bahwa kemitraan bisa memberikan manfaat nyata bagi bisnis.

Misalnya, jika menjalin kemitraan dengan mitra dengan akses pasar yang lebih luas, pastikan Anda dapat menyesuaikan produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang baru tersebut.

5. Menggunakan Media Sosial untuk Pemasaran

Menggunakan Media Sosial untuk Pemasaran

Media sosial adalah salah satu alat pemasaran yang paling efektif dan hemat biaya untuk mengembangkan bisnis UMKM.

Hanya menggunakan media sosial, Anda bisa menjangkau target pasar lebih luas, memperluas jangkauan bisnis, dan membangun komunitas pelanggan yang setia.

Langkah pertama dalam cara mengembangkan usaha dagang menggunakan media sosial untuk pemasaran adalah buat akun bisnis di platform media sosial yang populer, seperti Instagram, Facebook, atau LinkedIn.

Pastikan untuk memilih platform media sosial yang sesuai dengan target pasar dari UMKM yang dijalani.

Setelah itu, kembangkan strategi pemasaran media sosial yang sesuai dengan target pasar tersebut.

Hal ini bisa mencakup konten yang menarik dan bermanfaat, promosi, dan diskon khusus, serta interaksi dengan pelanggan melalui komentar maupun pesan.

Anda juga bisa menggunakan fitur iklan di platform media sosial untuk meningkatkan jangkauan dan eksposur bisnis.

Fitur iklan di platform media sosial memungkinkan untuk menargetkan pelanggan potensial dengan demografi dan minat yang tepat.

6. Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Cara mengembangkan usaha UMKM lainnya dapat dilakukan dengan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Misalnya, dengan menyediakan produk atau layanan yang berkualitas.

Selain itu, Anda juga harus berkomunikasi secara teratur, baik melalui email, media sosial, atau DM.

Hal ini membantu membangun koneksi yang lebih kuat dengan pelanggan dan memberikan kesempatan untuk mendengarkan umpan balik dari mereka.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan setia dengan program loyalitas dan promosi khusus.

Hal ini membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan dan memberikan motivasi bagi mereka untuk terus membeli produk atau layanan.

7. Memperluas Jangkauan dengan E-commerce atau Marketplace

Memperluas Jangkauan dengan E-commerce atau Marketplace

E-commerce atau marketplace adalah cara mengembangkan peluang usaha online untuk memperluas jangkauan bisnis hingga berbagai wilayah bahkan seluruh dunia.

Langkah pertama dalam memperluas jangkauan dengan cara ini adalah pilih platform yang sesuai dengan bisnis.

Beberapa platform populer di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Setelah memiliki platform e-commerce, pastikan untuk membangun toko online yang menarik dan mudah digunakan.

Hal ini mencakup desain menarik, deskripsi produk jelas dan rinci, serta sistem pembayaran yang aman dan mudah.

8. Membangun Tim yang Kuat

Membangun Tim yang Kuat

Tim yang kuat terdiri dari orang-orang dengan keterampilan dan pengetahuan untuk memajukan bisnis Anda.

Hal pertama yang perlu dikerjakan sebagai pemilik bisnis dalam membangun tim kuat adalah tentukan peran dan tanggung jawab setiap anggota tim.

Pastikan rekrut orang dengan keterampilan sesuai peran yang diinginkan. Selain itu, cara mengembangkan usaha UMKM juga dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pengembangan kepada anggota tim Anda.

Hasilnya, keterampilan dan pengetahuan mereka semakin meningkat sehingga dapat lebih banyak berkontribusi pada bisnis.

Terakhir, pastikan juga untuk membangun budaya kerja positif dan kolaboratif untuuk membantu meningkatkan motivasi serta produktivitas anggota tim hingga memperkuat hubungan tim yang baik.

Mengembangkan bisnis UMKM membutuhkan waktu, usaha, dan dedikasi yang besar.

Namun, dengan menerapkan strategi tepat dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, Anda dapat memperluas jangkauan bisnis hingga UMKM dapat terus berkembang.

Oleh karena itu, segera terapkan berbagai cara mengembangkan usaha UMKM tersebut.

Pastikan untuk melakukan setiap proses secara konsisten agar bisnis UMKM yang dijalani tetap berkembang maju dan menghasilkan banyak keuntungan.

Baca Juga: Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil yang Bisa Diikuti

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar