Bagaimana Cara menghapus File yang Dibagikan di Google Drive?

Bagaimana Cara menghapus File yang Dibagikan di Google Drive

Layanan Google Drive merupakan penyimpanan online yang banyak digunakan. Meski efisien untuk menyimpan data terkadang file pada Google Drive perlu dihapus agar tidak menghabiskan ruang.

Maka dari itu cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive berguna agar tidak menghabiskan ruang penyimpanan dan melindungi data pribadi.

Dengan menghapus file yang dibagikan, data anda bisa lebih aman dan tidak menambah penyimpanan di Google Drive.

Jika telah lama mengenal Google Drive hal ini cukup mudah dan praktis. Namun, bagi yang belum mengenal menggunakan Google Drive perlu belajar untuk membagikan file bahkan mengupload file di dalamnya.

Kenapa Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive Diperlukan?

Menghapus file Google Drive yang dibagikan nyatanya berguna bagi privasi data pengguna. Ketika file dibagikan, orang lain bisa mengedit bahkan menghapus file tersebut.

Maka dari itu, menghapus file merupakan jalan keluar agar informasi tersebut tidak disebarluaskan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Di sisi lain, Google Drive hanya menyediakan ruang penyimpanan terbatas. Hal ini membuat file yang dibagikan akan memakan ruang maupun tempat penyimpanan.

Untuk itu, disarankan lebih baik menghapus file yang telah dibagikan agar mengoptimalkan Google Drive dengan penyimpanan yang terbatas.

Tidak perlu lagi, ada situasi di mana file tersebut pernah dibagikan tetapi anda tidak membutuhkannya.

Hal ini hanya membuang ruang dan tempat sehingga file yang dibagikan perlu dihapus agar Google Drive anda mudah dikelola.

Berbagai perangkat bisa menggunakan Google Drive  seperti tablet, laptop bahkan ponsel. Jadi, Google Drive bisa digunakan kapan saja jika internet lancar.

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive

Menghapus file di Google Drive sangat mudah. Anda hanya perlu membuka Google Drive dan mencari di mana file yang dibagikan tersebut perlu dihapus. Berikut caranya:

1. Buka Google Drive

Buka peramban browser seperti chrome di laptop. Namun, jika anda ingin membukanya di ponsel maka buka melalui aplikasinya.

Masuk ke halaman utama dan cari file yang telah dibagikan untuk menghapus file tersebut. Namun, jika belum masuk maka anda perlu login dengan email dan kata sandi yang telah terdaftar.

2. Cari File yang ingin Dihapus

Mencari file yang akan dihapus merupakan hal mudah. Anda hanya perlu menavigasi file yang ada di Google Drive dengan melakukan pencarian dan menemukan file tersebut di dalamnya.

Cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive ini sangat simpel, setelah menemukan filenya anda klik kanan pada file dan pilih opsi berhenti berbagi.

Setelah opsi tersebut dibuka, maka opsi tersebut akan memberikan hak akses pada pengguna. Kemudian anda dapat menghapus file dan pindahkan folder tersebut di sampah.

Di sisi lain, sampah ini berguna agar file bisa dihapus dari Google Drive dan file tidak menumpuk terlalu lama di ruang penyimpanan.

3. Cek Folder Sampah

Kemudian, anda dapat cek folder sampah dan pilih file yang akan dihapus permanen. Dengan menghapusnya, file akan hilang dari Google Drive dan penyimpanan tersebut akan mengurangi beban file yang ada.

Maka dari itu, menghapus file secara permanen bersifat opsional jika penyimpanan Google Drive anda hampir penuh.

Langkah tersebut berguna jika anda ingin data privasi lebih aman. Untuk itu, menghapus file yang telah dibagikan di Google Drive merupakan pilihan terbaik.

Pastikan juga yang terhapus merupakan file yang tidak dibutuhkan lagi, selalu cek file yang akan dihapus agar file penting lainnya tetap aman dan tersimpan di Google Drive.

Tips Kembalikan File yang Terhapus

Mengembalikan folder sampah yang telah terhapus bisa dikembalikan dengan mudah. Berikut caranya:

  • Buka folder sampah di Google Drive dan klik opsi sampah di panel navigasi sebelah kiri
  • Kemudian, cari file yang ingin dikembalikan. Jika terlalu banyak file, maka gunakan fitur pencarian untuk mencari file yang diinginkan
  • Pilih file yang ingin anda kembalikan, klik kembalikan dari menu. Setelah itu, file akan dipindahkan pada lokasi awal
  • Periksa apakah file tersebut telah kembali ke tempatnya semua

Jika file tersebut tidak ada di tempat sampah, maka kemungkinan file tersebut telah dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan. Maka, pentingnya mengecek file sebelum dihapus berguna untuk menghindari hal tersebut.

Apa Pentingnya Membagikan File di Google Drive?

Membagikan file di Google Drive memiliki beberapa manfaat. Diantaranya adalah berkolaborasi secara tim dan rekan kerja untuk bisa mengakses file penting bersamaan.

Hal ini berguna dalam melakukan presentasi kelompok maupun proyek tim sehingga lebih efisien dan terstruktur.

File di Google Drive bisa dibagikan dengan mudah ketika setiap orang memiliki link yang telah dibagikan.

Di sisi lain, penyimpanan online ini berguna untuk memudahkan perusahaan maupun organisasi tertentu menyimpan berbagai file penting. Sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan file penting lainnya saat disimpan di Google Drive.

Google Drive juga memudahkan setiap orang mengedit file tersebut seperti membuat catatan dan menambahkan komentar di dalamnya.

Hal ini membuat Google Drive lebih efisien dan membantu kolaborasi tim lebih solid dan mudah. Keamanan data di Google Drive juga terjamin, pasalnya Google Drive menawarkan file yang bisa diakses oleh orang tertentu.

Enkripsi data yang kuat dan terhindar dari cybercrime membuat Google Drive banyak digunakan setiap orang. Selain itu, Google Drive memiliki ruang penyimpanan cukup luas sehingga perangkat ponsel anda dapat memanfaatkannya untuk hal-hal penting.

Maka dari itu, Google Drive banyak dibutuhkan setiap orang dalam melakukan berbagai hal. Tidak heran jika Google Drive menjadi tools penyimpanan yang digunakan dalam menyimpan file penting.

Akses yang mudah dan fitur yang digunakan juga lengkap menjadikan software ini diminati dan digunakan.

Cara mengupload, mengedit dan membagikan file dengan mudah membuat Google Drive lebih praktis dibanding software lainnya.

Terdapat gratis penyimpanan yang bisa digunakan menyimpan file-file penting.  Dengan menggunakan Google Drive, efektivitas dan produktivitas meningkat dengan kolaborasi dan memahami langkah-langkah dalam menggunakan software ini.

Adanya Google Drive mempermudah berbagai pekerjaan dalam melakukan backup file. Di sisi lain, melakukan kolaborasi bahkan membagikan file dengan mudah di google lebih efisien dibanding menggunakan manual.

Meski banyak tools penyimpanan lain, Google Drive tetap digunakan setiap orang karena fiturnya dan tampilan yang mudah dipahami.

Maka dari itu, Google Drive merupakan tools yang nyaman digunakan setiap orang dalam melakukan penyimpanan. Jadi, tidak heran Google Drive selalu digunakan untuk berbagai kebutuhan dan menyediakan penyimpanan gratis.

Namun, jika ingin memiliki penyimpanan lebih maka anda perlu membayar untuk mendapatkan penyimpanan tambahan.

Dengan membagikan file di Google Drive, anda perlu menghapusnya sebelum orang lain mengakses file tersebut sehingga datanya bisa bocor.

Seharusnya, jika file tidak lagi digunakan sebaiknya menghapus file tersebut agar tidak disalahgunakan.

Untuk itu, cara menghapus file yang dibagikan di Google Drive ini berguna agar anda dapat menghapus file tersebut dan terhindar dari kebocoran data.

Baca Juga : Apa itu Dropbox? Manfaat, Cara Kerja dan Kelebihan

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar