Panduan dan Cara Memilih Email Blast untuk Email Marketing

Panduan dan Cara Memilih Email Blast untuk Email Marketing
Panduan dan Cara Memilih Email Blast untuk Email Marketing

Email blast merupakan salah satu strategi marketing online yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Sebenarnya banyak macam strategi marketing yang bisa dilakukan untuk menjangkau konsumen terhadap produk yang kita jual.

Email marketing adalah strategi pemasaran dengan mengirimkan email ke sekelompok orang atau prospek.

Email tersebut isinya mempromosikan, memperkenalkan produk atau layanan jasa, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Apa Itu Email Blast?

Apa Itu Email Blast

Email blast adalah aktifitas pengiriman satu email ke beberapa atau banyak orang secara bersamaan.

Anda dapat mengirimkan pesan kepada ratusan bahkan ribuan orang sekaligus sehingga menghemat waktu dalam mempromosikan bisnis Anda.

Banyak kalangan pebisnis yang melakukan pengumpulan email dan disimpan sebagai database.

Dengan database tersebut mereka dapat mengirim secara rutin email seperti voucher, diskon, layanan jasa, produk baru, katalog, dan lain-lain.

Apa Saja Manfaat Email Blast?

Apa Saja Manfaat

Saat ingin mempertahankan dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan, Anda dapat menggunakan email jenis ini untuk menginformasikan tentang bisnis Anda.

Berikut beberapa manfaat dari strategi email blast tersebut.

1. Meningkatkan Branding dan Penjualan

Email blast merupakan salah satu strategi yang cukup efektif untuk memperkenalkan bisnis Anda dan membangun hubungan dengan konsumen.

Anda dapat mengubah pelanggan biasa menjadi loyal dengan menawarkan berbagai voucher atau diskon.

Dengan secara rutin mengirimkan email kepada calon pelanggan ataupun yang sudah jadi pelanggan, brand awareness bisnis Anda dapat terbentuk dan terjaga.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan revenue atau penjualan pada bisnis Anda.

2. Biaya Relatif Kecil

Jika dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional, email blast ini hanya mengeluarkan biaya yang relatif kecil.

Anda tidak perlu mencetak brosur, pamflet, surat, spanduk, dan lain-lain.

Bahkan jika dibandingkan dengan jenis marketing lainnya, strategi email blast masih lebih efektif  dan lebih murah.

Hanya sekali klik Anda dapat menjangkau ratusan bahkan ribuan email pelanggan yang tertarget.

3. Informasi Lebih Detail

Salah satu yang membuat kurang maksimalnya materi promosi di sosial media adalah adanya pembatasan konten yang berupa gambar, video, ataupun caption.

Email blast hadir sebagai solusi untuk Anda agar dapat menyampaikan informasi secara detail dan lebih lengkap.

4. Mudah Dijalankan

Untuk dapat menjalankan, Anda tidak membutuhkan tim yang besar atau professional.

Anda hanya perlu membuat konten dengan memilih template yang tersedia yang dipadukan dengan gambar atau video dan pesan yang persuasif.

Bagaimana Caranya Membuat Email Blast?

Bagaimana Caranya Membuat Email Marketing

Setelah mengetahui manfaat di atas, langkah selanjutnya adalah Anda harus menyiapkan dan memiliki perencanaan yang matang agar strategi email blast ini sukses.

Berikut beberapa langkah cara membuat email blast.

1. Menetapkan Tujuan

Sebelum membuat, Anda harus menetapkan tujuan dari email tersebut, apakah untuk traffic, penjualan, pendaftaran, atau yang lainnya.

Hal ini sangat penting untuk menyesuaikan dengan platform yang akan dipakai.

Setiap platform memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda.

Dengan menetapkan tujuan di awal, Anda dapat memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak mengeluarkan biaya untuk fitur yang tidak perlukan.

2. Pemakaian Platform

Anda dapat memilih tools atau platform untuk mengirimkan email blast, baik email blast gratis maupun yang berbayar.

Umumnya platform gratisan itu mempunyai fitur yang terbatas, lain halnya dengan yang berbayar dengan fitur yang lengkap dan keamanan yang terjamin.

Untuk yang berbayar, Anda harus menyiapkan biaya untuk pembayaran platform email.

Baca Juga : Pengertian dan Kelebihan Platform Email

3. Buat Konten yang Menarik dan Strategis

Setelah memilih platform yang tepat, langkah berikutnya adalah membuat konten email yang akan dikirim.

Setiap tools atau platform mempunyai fitur template yang berbeda. Pilihlah template sesuai kebutuhan atau tujuan yang akan dicapai dari email tersebut.

Dengan banyaknya fitur template pada platform, Anda dapat membuat konten dan tampilan email menjadi lebih menarik.

Pemilihan kata atau kalimat pada isi email juga dapat menentukan apakah calon pelanggan Anda tertarik atau tidak.

Jadi, gunakanlah kalimat yang persuasif pada bagian judul atau headline dan bagian subjek dari email blast.

Anda harus membuatnya semenarik mungkin agar penerima email membuka dan membaca pesannya.

Selain pemakaian template dan penggunaan kata yang persuasif, Anda juga harus memperhatikan kapan waktu terbaik untuk mengirimkan email blast. Karena jika timingnya tidak tepat, email blast Anda bisa jadi akan diabaikan.

Untuk strategi pengiriman email blast, sebaiknya dikirim saat sebelum aktifitas pagi hari, jam istirahat siang, atau malam hari sebelum jam 20.00.

Agar tidak ditandai sebagai spam oleh pelanggan Anda, jadwalkan secara rutin dengan jeda waktu satu minggu.

4. Pembagian Segmentasi Audiens

Kelompokan audiens penerima email Anda berdasarkan kecenderungan belanja, tipe pelanggan, umur, lokasi pelanggan, minat, dan lain-lain.

Pembagian segmentasi pelanggan ini bertujuan agar email yang terkirim tepat sasaran sesuai apa yang ditargetkan.

5. Pemilihan Platform Dengan Layanan Customer Support

Keberadaan layanan customer support juga sangat penting ketika terjadi kendala pada layanan email blast Anda.

Ada kemungkinan Anda bingung saat pertama kali pemakaian layanan dan menghadapi masalah.

Maka customer support dapat menjadi solusi dari masalah Anda.

6. Fitur Otomatis

Anda juga perlu mempertimbangkan fitur email otomatis agar dapat mengirimkan email secara otomatis menyesuaikan perilaku pelanggan.

Fitur ini dapat memudahkan Anda dalam pengiriman konten email yang berbeda untuk pelanggan yang perilakunya berbeda pula.

Pada fitur otomatis ini Anda dapat mengatur pengiriman email kepada pelanggan.

Apakah saat pelanggan pertama kali subscribe, ketika penerima tidak membuka email atau ketika penerima email tidak melakukan Click To Action pada email sebelumnya.

7. Lakukan Analisa Email Marketing

Menganalisa email blast yang terkirim secara berkala juga merupakan hal yang perlu dilakukan.

Sehingga Anda dapat mengetahui dan menilai sejauh mana keberhasilan dari promosi dengan email marketing ini.

Pada beberapa platform email marketing saat ini sudah terdapat fitur analisis data dan laporan.

Berdasarkan fitur analisis tersebut, Anda dapat mengetahui berapa orang yang membuka email, mengklik tautan, dan yang membatalkan atau unsubscribe newsletter email Anda.

Contoh Email Blast yang Efektif

Contoh Email Marketing yang Efektif

Setelah mengetahui cara email blast di atas, mungkin Anda memerlukan beberapa contoh email blast yang efektif untuk marketing bisnis Anda.

Dengan email blast yang efektif ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan.

1. Email Terpercaya

Sebagai sebuah bisnis atau perusahaan, memiliki email dengan nama bisnisnya dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Hal ini yang menjadi salah satu pertimbangan dan mendorong konsumen untuk membuka dan membaca lebih dalam email yang diterima.

2. Pengenalan Produk Baru

Memperkenalkan produk baru juga banyak yang dilakukan melalui email blast. Tujuannya agar pelanggan tertarik dengan value dari produk baru yang Anda tawarkan.

Anda juga dapat menawarkan promo menarik seperti voucher, diskon, dan lain-lain.

3. Informasi Promo

Email blast marketing biasanya mengirimkan informasi secara rutin berbagai promo menarik dari bisnis Anda untuk pelanggan.

Untuk informasi promo ini umumnya terbuat dari template berupa e-banner yang berisi link aktif menuju ke aplikasi atau website bisnis Anda.

4. Reminder Diskon

Banyak pelaku bisnis yang sudah menggunakan email marketing ini sebagai reminder atau pengingat diskon kepada pelanggannya.

Hasilnya sangat efektif karena pada umumnya pelanggan sangat menyukai diskon.

5. Buatlah Survey

Setelah beberapa lama Anda mengirimkan promo-promo kepada pelanggan dan merasa bosan, maka cobalah cara lain yaitu dengan membuat survey.

Cara ini untuk menyamarkan konten Anda yang sebelumnya selalu menawarkan produk atau jasa.

Isi surveynya sederhana, pelanggan hanya diminta memberikan opini atau pendapat antara suka atau tidak suka.

Berikutnya pelanggan akan diarahkan ke halaman yang berisi alasan mengapa suka atau tidak suka.

Strategi ini hasilnya cukup powerful karena dapat meningkatkan trafik dan keuntungan perusahaan.

Email blast marketing ini bisa ditujukan pada pelanggan baru maupun pelanggan lama. Pelanggan baru akan tertarik melihat-lihat produk baru dan pelanggan lama bisa repeat order.

Rekomendasi Platform Aplikasi Untuk Mengirim Email Blast

Rekomendasi Platform Aplikasi

Saat ini terdapat banyak platform aplikasi email blast yang tersedia di pasaran, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Anda dapat memilih salah satu yang sesuai budget dan kebutuhan.

Berikut rekomendasi beberapa platform yang dapat Anda pilih.

1. Mailchimp

Mailchimp merupakan salah satu tools email blast yang populer dan banyak penggunanya.

Aplikasinya mudah dipakai dan dapat diintegrasikan dengan sistem yang lain seperti HTML, wordpress, custom, dan landing page.

Mailchimp menyediakan layanan gratis untuk Anda yang subscribe akunnya kurang dari 2000 akun.

Dengan layanan email blast gratis ini, pengiriman email Anda terbatas hingga 12.000 email dalam satu bulannya.

Dalam versi gratisnya, mailchimp sudah menyediakan fitur yang cukup banyak.

Di antaranya Anda dapat menikmati template gratis yang tersedia, fitur segmentasi audiens, dan laporan performa dari email blast.

Jika layanan gratis ini belum memenuhi kebutuhan bisnis Anda, mailchimp menyediakan layanan paket premium berbayar.

Biaya per bulan berlangganan paket premium mulai dari $10. Fitur yang tersedia pada fitur berbayar di antaranya :

  • Drag and drop template builder
  • Email transaksi
  • Real time analitik
  • Marketing otomatis
  • Content studio, dll

2. Vertical Response

Vertical response merupakan platform yang menyediakan layanan email blast free dan premium berbayar.

Dengan versi gratisnya, Anda dapat mengirim empat ribu email per bulan dan maksimal tiga ratus penerima.

Berikut beberapa fitur yang Anda peroleh dengan versi gratis :

  • Template sudah mobile friendly
  • Email editor
  • Pengaturan kontak
  • Otomatis email welcome
  • Berbagi ke sosmed Facebook dan Twitter
  • Pengaturan HTML

Sayangnya, pada versi gratis ini belum ada layanan customer support dan masih terbatasnya fitur report dan analisis.

Agar dapat fitur yang lengkap, vertical response menyediakan layanan premium berbayar mulai US$ 11 per bulan.

3. Kirim.email

Kirim.email merupakan platform email blast yang berbayar.

Tapi tidak usah khawatir, karena layanan berbayar disini hanya seratus ribuan per bulannya. Anda dapat mengakses penuh semua fitur yang tersedia.

4. Zoho Campaign

Platform Zoho campaign menyediakan layanan email blast marketing gratis dan berbayar.

Dari versi gratisnya, Anda dapat mengirim email per bulan maksimal dua belas ribu email untuk dua ribu penerima.

Kekurangannya adalah tidak dapat fitur layanan marketing otomatisnya.

Untuk dapat layanan penuh dan mengakses semua fiturnya, Anda harus memilih layanan premium berbayar dari US$ 5 hungga US$ 350 per bulan.

Besarnya biaya ini menyesuaikan jumlah penerima email blast yang Anda butuhkan.

5. Benchmark

Seperti platform sebelumnya, Benchmark juga menyediakan layanan email blast marketing free dan premium berbayar.

Versi gratisnya dapat mengirim empat belas ribu email per bulan dengan maksimal dua ribu penerima.

Berikut beberapa fitur gratis yang dapat Anda akses di Benchmark :

  • Template email responsive
  • Desain email
  • Form pendaftaran (sign up form)
  • Customer support
  • RSS email
  • Pengaturan email delivery
  • Tracking Google analytics
  • Pengaturan list dan segmentasi

Pada layanan gratisnya ini, email otomatis dan segmentasi audiens yang tersedia masih terbatas.

Untuk dapat akses penuh, Anda harus memilih paket premium berbayar per bulan mulai US$ 13.99.

6. GetResponse

GetResponse adalah platform email blast marketing yang cukup populer karena mudah dalam penggunaanya sehingga banyak pebisnis yang memakai layanannya.

Platform ini hanya menyediakan layanan berbayar dengan berlangganan per bulan mulai dari US$ 15.

Email blast marketing dari GetResponse kebanyakan dipakai untuk mengirim newsletter dan email follow up secara instan dan otomatis.

Anda juga dapat menggunakan fitur analisis dan survey customer untuk meningkatkan konversi bisnis Anda.

Berikut beberapa fitur yang tersedia di GetResponse :

  • Email follow up otomatis
  • Buletin
  • Email otomatis
  • Email transaksi
  • Waktu pengiriman yang tepat
  • Dan lain-lain

7. Aweber

Aweber merupakan salah satu platform penyedia layanan email blast marketing yang terlama eksis.

Platform ini juga ditujukan untuk pebisnis kecil dan menengah. Aweber menyediakan layanan gratis selama 30 hari dan berikutnya berbayar mulai US$ 17 per bulan.

Beberapa fitur yang tersedia di Aweber antara lain :

  • Template mobile responsive lebih dari 700 template
  • Drag and drop tampilan konten email
  • RSS to email untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog
  • Pengaturan list dan email follow up
  • Segmentasi audiens
  • Fitur report dan analisis
  • Tagging berdasarkan klik, pembelian, trafik, demografi, dan lain-lain

8. Constant Contact

Constant Contact merupakan salah satu platform email blast marketing terbaik dan sudah ada sejak dua puluh tahun lalu.

Platform ini hanya menawarkan uji coba gratis selama 30 hari dan berikutnya layanan premium berbayar mulai US$ 20 per bulan.

Salah satu keunggulan dari Constant Contact adalah dapat mendorong penerima untuk memberikan respon dari email.

Anda pun dapat mengetahui pelanggan mana yang sudah membuka pesan Anda dan yang sudah memberikan jawaban.

Fitur yang ditawarkan Constant Contact di antaranya :

  • Drag and drop desain email
  • Template responsive
  • Email otomatis
  • Segmentasi audiens
  • Tools list building powerful
  • Dan lain-lain

9. Drip

Drip merupakan salah satu platform email blast marketing yang mudah digunakan.

Platform ini dilengkapi dengan live chat, kursus, webinar, pelatihan, panduan secara gratis, serta dokumentasi yang sangat baik.

Harga layanan berbayar mulai US$ 41 per bulan.

Fitur yang tersedia di antaranya :

  • Pengaturan desain yang mudah
  • Template responsive
  • Kustomisasi konten
  • Kustomisasi data visual
  • Email otomatis
  • Dan lain-lain

10. ConvertKit

ConvertKit merupakan salah satu platform email blast yang dilengkapi auto responder sehingga dapat membantu Anda membalas email secara otomatis.

Platform ini menyediakan layanan berbayar mulai dari US$ 29 per bulan.

Berikut beberapa fitur yang terdapat di ConvertKit :

  • Form dan landing page unlimited
  • Live chat dan email support
  • Send email broadcasts
  • Sell digital products & subscription
  • Dan lain-lain

Kesimpulan

Salah satu cara terbaik mengirimkan email secara massal adalah dengan menggunakan platform atau aplikasi email blast.

Pilihlah platform yang lengkap dan sesuai dengan budget serta kebutuhan bisnis Anda.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.