9 Ide Startup yang Menjanjikan Keuntungan di Tahun 2024

Rekomendasi Ide Startup Menjanjikan Tahun 2023

Bisnis startup merupakan konsep bisnis yang sedang populer pada saat sekarang ini. Pertumbuhannya bisa dibilang sangat pesat selama beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat banyak pengusaha ingin beralih dan mencari referensi ide startup yang menjanjikan.

Perkembangan teknologi menjadi alasan utama mengapa bisnis ini terus dicari dan dimanfaatkan oleh pengusaha terutama anak muda.

Konsep usaha yang simple membuatnya mudah berkembang dan dikenal oleh masyarakat.

Ide Startup Simple di Tahun 2024

Sejak kondisi pandemi yang terus berlanjut, dunia bisnis mulai mengubah orientasinya dalam transaksi jual beli barang dan jasa. Salah satunya adalah mengembangkan bisnis yang ada dan ditambah dengan ide bisnis startup.

Dalam bisnis tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan kebebasan dalam mengatur konsep bisnis sehingga mampu memberikan kepuasan kerja dan penghasilan yang lebih tinggi.

Beberapa contoh startup yang bisa Anda kembangkan adalah sebagai berikut.

1. Jasa Terjemah Dokumen

Jasa Terjemah Dokumen

Bisnis pertama yang bisa Anda jadikan sebagai referensi adalah terjemahan dokumen bahasa asing.

Seiring berkembangnya teknologi, kebutuhan bahasa asing semakin meningkat. Akan tetapi tidak semua orang mampu untuk memahami bahasa tersebut.

Jika Anda mempunyai kemampuan lebih dalam bahasa, maka bisa dikembangkan jasa terjemahan bahasa asing baik dalam bentuk dokumen atau visual.

Apalagi jika Anda memiliki lisensi bahasa khusus, nantinya bisa mendapatkan bayaran yang cukup tinggi.

Kemudian manfaat bahasa asing tersebut bisa digunakan diberbagai bidang, seperti hiburan, pendidikan, ekonomi, dan politik.

Dengan demikian makin banyak peluang yang bisa Anda dapatkan dengan membuka bisnis start up terjemahan dokumen bahasa asing.

2. Konsultasi Kesehatan Daring

Konsultasi Kesehatan Daring

Sejak pandemi COVID-19, semua kegiatan banyak yang dialihkan ke dalam sistem daring atau online.

Begitu juga dengan konsultasi kesehatan. Saat ini banyak pebisnis start up yang menyediakan jasa konsultasi dokter secara online.

Untuk itu, pasien yang hanya ingin sekedar berkonsultasi dan mengobrol tentang kesehatan bersama dokter tidak perlu datang ke rumah sakit.

Bisa melalui website atau platform jasa konsultasi kesehatan. Pengelolaan website tersebut biasa diatur oleh perusahaan startup.

Ide startup yang satu ini sangat cocok bagi Anda seorang dokter yang ingin menambah penghasilan.

Kemudian Anda bisa menjalin kerja sama dengan pengusaha yang mahir di bidang teknologi untuk mengembangkan fitur daring sebagai tempat untuk konsultasi kesehatan.

3. Aplikasi Kursus dan Bimbingan Belajar

Aplikasi Kursus dan Bimbingan Belajar

Berikutnya bisnis startup yang bisa Anda coba adalah kursus atau bimbingan belajar. Sejak pandemi COVID-19 hingga saat ini, sistem pembelajaran online berkembang dengan sangat baik.

Oleh karena itu, tidak jarang siswa sekolah masih ingin belajar dengan nyaman di rumah.

Hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis ini adalah mengumpulkan dan survey materi sekolah mulai dari SD hingga SMA.

Kemudian lakukan rekrutmen tutor yang bersedia memberikan pengajaran secara daring atau online.

Guru tersebut bisa Anda arahkan untuk membuat video pelajaran atau meluangkan waktunya pada saat proses belajar mengajar berlangsung.

Jangan lupa lakukan branchmaking bersama kompetitor yang sudah menguasai bisnis startup sehingga Anda mampu meningkatkan kualitas bisnis Anda.

4. Membuka Kelas Pelatihan

Membuka Kelas Pelatihan

Salah satu ide startup yang cukup booming akhir-akhir ini adalah kelas pelatihan secara online dan offline.

Kelas tersebut akan sangat bermanfaat bagi lulusan bagu atau freshgraduate yang membutuhkan skill tambahan untuk mencari kerja.

Nantinya Anda harus mampu bekerja sama dengan orang-orang yang ahli di bidangnya.

Nantinya orang tersebut akan membantu Anda dalam menjelaskan materi skill yan dibuka untuk peserta. Jika Anda berhasil menghubungkan pemateri kelas dan peserta maka bisnis Anda akan semakin lancar.

Platform kelas atau kursus pelatihan pada umumnya menyediakan video materi skill yang bisa diakses oleh peserta lengkap dengan website ujiannya.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan ruangan komunikasi baik untuk kelas offline maupun online.

5. Mesin Pencari Kosan

Mesin Pencari Kosan

Ide bisnis startup bisa dibilang cukup unik. Bahkan saat ini Anda bisa mencari dan melakukan survey kos-kosan hanya melalui ponsel saja.

Dengan begitu, akan sangat mudah dalam menemukan kamar kos yang diinginkan. Layanan seperti ini sudah banyak berkembang di Indonesia.

Apabila Anda tertarik di bidang ini, maka bisa Anda kembangkan melalui bisnis start up. Anda cukup membuat aplikasi yang berisi informasi lengkap mengenai kamar kos di suatu daerah.

Informasi yang akan dimasukkan adalah alamat, harga sewa, fasilitas dan jumlah kamar yang tersedia.

6. Jasa Katering Online

Jasa Katering Online

Anda mempunyai kemampuan di bidang boga?

Nah, ide startup berikut ini wajib untuk Anda coba. Jasa katering online melalui sebuah aplikasi atau website adalah solusi terbaik yang sangat diperlukan oleh masyarakat yang membutuhkan katering.

Di era digital ini, pastinya orang-orang hanya perlu membeli dan memesan apapun lewat ponsel.

Keadaan seperti inilah yang menambah peluang jasa katering online patut untuk dikembangkan. Target pasar bisa dijangkau dengan lebih mudah.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan banyak konsumen dan bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan cepat dan mudah karena mereka tidak perlu datang jauh-jauh ke lokasi produksi Anda.

7. Bisnis E-Niaga

Bisnis E-Niaga

Berikutnya adalah bisnis E-Niaga. Bisnis ini bergerak di bidang perbelanjaan yang menggunakan sistem E-Commerce.

Konsepnya adalah memperluas koleksi barang atau jasa yang dipilih oleh pembeli dan tetap menjualnya kepada pembeli baru terlepas dari siapa dan di mana orangnya.

Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi pembeli yang ingin membeli barang tanpa harus datang langsung ke toko.

Inilah yang membuat bisnis E-Niaga cocok bagi kaum milenial karena sudah memahami teknologi lebih dalam.

8. Jasa Penitipan

Jasa Penitipan

Jasa penitipan atau biasa disebut dengan jastip adalah metode bisnis yang dilakukan untuk mempertemukan pebisnis lepas atau freelancer dengan pembeli melalui layanannya di dalam platform online.

Melalui platform tersebut akan dicantumkan biaya, lokasi dan informasi terkait barang atau produk yang dibeli dengan jasa titipan ini.

Biasanya, jasa seperti ini dibutuhkan untuk membeli barang dari luar negeri sehingga pelanggan tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

9. Aplikasi Komunitas Secara Online

Aplikasi Komunitas Secara Online

Bisnis startup pada umumnya banyak dikembangkan di bidang teknologi, sehingga mayoritas pengusahanya menjalankan bisnis secara online.

Seperti aplikasi pencarian komunitas secara online atau daring. Aplikasi tersebut mampu menghubungkan orang-orang dari frekuensi atau minat yang sama.

Manfaatnya adalah orang-orang tersebut bisa menjalin komunikasi dan memperluas koneksi untuk mencapai sebuah tujuan.

Dengan demikian, akan lebih mudah jika difasilitasi melalui komunitas daring seperti media sosial yang digunakan sehari-hari.

Perlu diingat, untuk mengembangkan aplikasi semacam ini Anda harus membuat inovasi aplikasi yang berbeda dari seluruh aplikasi yang sudah ada.

Ini sangat berguna untuk menarik minat pengguna sehingga bisnis aplikasi yang dijalankan mendapatkan banyak pelanggan.

Seluruh ide startup di atas bisa Anda kembangkan sesuai dengan kemampuan dan minat yang dimiliki.

Jika mempunyai minat di bidang kuliner, Anda dapat memilih startup katering atau penjualan makanan dan minuman secara online.

Apabila lebih berminat di bidang jasa dan aplikasi, maka bisnis jastip dan aplikasi lainnya sangat cocok untuk Anda.

Perlu diingat bahwa setiap bisnis yang dijalankan akan lebih mudah jika sesuai dengan kemampuan dan hal-hal yang disukai.

Baca Juga: Cara Membuat Bisnis Startup Digital Zaman Sekarang

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar