15 Investasi Modal Kecil Tapi Menguntungkan dengan Cepat

Investasi Modal Kecil dan Cara Mendapat Keuntungan Dari Sana

Banyak orang yang tergiur dengan investasi yang menguntungkan, tapi dengan modal kecil. Tapi bagi para pemula banyak yang masih ragu dengan memulai investasi walaupun dengan modal kecil. Padahal investasi modal kecil bisa memberi keuntungan besar dan bisa juga menambah risiko kecil.

Keraguan akan berinvestasi membuat mereka lebih memilih untuk menyimpan/menabung saja di bank. Tapi jika memberanikan diri untuk berinvestasi walaupun dengan modal minim maka keuntungan di masa mendatang akan lebih besar.

Investasi bisa dilakukan oleh siapapun dan tidak selalu harus dimulai dengan modal besar. Banyaknya instrumen investasi saat ini membuat banyak orang mau mencobanya, karena bisa dimulai dengan investasi yang modalnya kecil.

Ide Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan

Orang-orang yang belum paham investasi juga sering beranggapan bahwa investasi itu sulit.

Ditambah lagi dengan risikonya yang besar dan berpotensi mengalami kerugian uang. Investasi menjadi cara yang tepat dalam menumbuhkan uang, walaupun dengan modal kecil.

Inilah beberapa ide peluang usaha investasi modal kecil yang bisa dicoba:

1. Investasi Properti Online

Investasi Properti Online

Investasi di bidang properti biasanya identik dengan modal yang besar alias uang dalam jumlah banyak.

Jenis investasi properti yang banyak dilakukan adalah melalui pembelian/penjualan rumah, ruko, kondiminium, tanah, apartemen dan sebagainya.

Kini, ada yang namanya investasi properti secara online yang bisa dimulai dengan modal kecil sekitar Rp.100.000,- saja. Investasi properti online merupakan cara berinvestasi di bidang properti dengan modal kecil.

Salah satu contoh investasi properti online dengan modal kecil tapi menguntungkan adalah property equity crowdfunding.

Property equity crowdfunding ini adalah investasi di bidang properti yang dimulai dengan cara patungan, dengan para investor yang lainnya baik di aplikasi/platform yang menyediakan layanan investasi itu.

Jenis investasi properti online ini sangat murah, tidak membutuhkan modal yang besar seperti misalnya membeli rumah secara offline dalam nominal yang tidak sedikit.

Cara investasi lainnya di bidang properti dengan cara membeli rumah yang harganya Rp.1 milyar. Cara investasinya hanya dengan menanam modal sekitar 1% dari harga properti secara keseluruhan atau sekitar Rp.10 juta.

Baca Juga : 10 Keuntungan Investasi Properti (Rumah dan Apartemen)

2. Investasi Perabotan Rumah

Investasi Perabotan Rumah

Perabotan rumah seperti misalnya furnitur juga bisa menjadi salah satu investasi modal kecil untung besar. Furnitur yang dibeli untuk investasi harus berfungsi sebagai jenis investasi jangka panjang.

Sehingga pembeliannya juga harus direncanakan dan diperhitungkan dengan baik, sama halnya dengan membeli mobil mewah dan juga berlian. Misalnya perabotan yang dibuat dari bahan kayu jati dengan kualitasnya yang sangat bagus.

Furnitur tersebut harus kuat dipakai hingga 10 – 15 tahun lamanya, dan tak akan mudah rusak. Jika tertarik dengan investasi perabotan ini maka cobalah berinvestasi untuk membeli furnitur meja kursi satu set.

Baik kursi atau meja ini pasti akan laku dijual karena harga kayu jati sudah semakin mahal. Maka pastikan harga perabotan memang sedang naik ketika Anda menjualnya.

3. Investasi Peternakan

Investasi Peternakan

Tak hanya bisa menjadi bisnis sampingan saja tapi bidang peternakan juga bisa dijadikan investasi yang juga menguntungkan. Modal untuk memulai investasi di bidang peternakan ini tidak terlalu besar hanya Rp.5 juta kurang lebih.

Keuntungan yang diperoleh dari bisnis peternakan bisa dikelola untuk tujuan ekspansi.

Contoh dari investasi dengan berbisnis peternakan yang menghasilkan profit misalnya ternak lele, burung, kambing, bebek, jangkrik, lebah madu, ayam, sapi, udang, belut, kroto atau telur semut, dan masih banyak lagi.

4. Investasi Saham

Investasi Saham

Bagi orang-orang yang senang dengan tantangan dan juga risiko investasi di bidang saham adalah pilihan yang tepat. Cobalah untuk membeli lot saham di suatu perusahaan, kemudian simpan sahamnya dan jual kembali ketika harga saham sedang naik.

Maka keuntungan dari investasi saham ini bisa dirasakan dengan lebih maksimal. Jika ingin mencoba investasi saham yang menguntungkan cobalah membeli saham dengan fundamental yang baik.

Lihat bagaimana laporan keuangannya, kredibilitas perusahaan, prospek bisnis di masa depan, hingga rekam jejak manajemennya.

Namun perhatikan juga bagaimana risikonya dan pantau bagaimana perkembangan harga saham, supaya tahu bagaimana kondisinya dan bisa mengambil langkah lebih cepat jika ada kenaikan ataupun penurunan harga.

Baca Juga: Apa Itu Saham? Bagaimana Cara untuk Membeli Saham?

5. Investasi Reksadana

Investasi Reksadana

Investasi reksadana merupakan jenis instrumen investasi dengan risiko yang rendah dan cocok dipilih oleh investor pemula. Ada beberapa jenis reksadana yang bisa dipilih yang sesuai dengan profil risikonya.

Jenis-jenis reksadana tersebut adalah reksadana pasar uang, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, dan juga reksadana saham. Apabila ingin reksadana saham yang menguntungkan tapi juga aman maka coba saja investasi reksadana secara online.

Modalnya pun kecil hanya Rp.10.000,- saja dan sudah ada di situs belanja online atau aplikasi sekuritas yang menjual reksadana.

6. Investasi Emas

Investasi Emas

Investasi modal kecil terpercaya dan juga menguntungkan lainnya adalah investasi emas, dan ada juga investasi emas secara online.

Membeli emas bisa dilakukan di e-commerce atau di marketplace atau bisa juga menabung secara online di aplikasi khusus untuk berinvestasi emas, misalnya saja di Pegadaian dan di Antam.

Investasi emas secara online juga modalnya kecil alias receh, dan bisa dimulai dengan Rp.5000,-. Ada juga yang menawarkan emas dengan berat 0,0001 gr dengan harga Rp.100 perak.

Tapi untuk investasi emas jangka panjang akan memberi return sebesar 12% setiap tahunnya.

7. Investasi Barang Antik

Investasi Barang Antik

Barang antik biasanya dijadikan koleksi bagi orang-orang yang menyukainya, tapi banyak juga orang yang menjadikan barang antik ini sebagai investasi. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya kolektor barang-barang antik.

Tak heran jika harga dari barang antik tersebut sangat mahal karena memang banyak sekali orang yang mencarinya, agak sulit menemukan barang-barang zaman dulu, dan sebagainya.

Jika berinvestasi barang antik, perhatikan bagaimana cara merawat barang tersebut.

Jaga kebersihannya dan perhatikan juga tempat menyimpan barang-barang antik tersebut, sehingga tetap dalam kondisi awet sampai bertahun-tahun lamanya walaupun bukan barang baru.

8. Investasi Valas

Investasi Valas

Investasi valas atau mata uang asing merupakan suatu kegiatan dalam menanam modal dengan cara membeli mata uang asing yaitu valas atau valuta asing.

Dalam investasi valas ini belilah mata uang asing dengan harga murah kemudian jual saat harganya sudah naik.

Selisih dari harga inilah yang akan menjadi keuntungan dalam investasi valas itu sendiri.

Investasi mata uang asing yang paling menguntungkan dan bisa dicoba diantaranya yaitu Poundsterling, Dolar Australia, Yen Jepang, Dinar kuwait, Dolar AS, Euro, Dolar Singapura, Dolar Hongkong, dan Rial Oman.

9. Investasi Deposito

Investasi Deposito

Deposito merupakan sebuah produk simpanan di perbankan. Namun bisa juga dijadikan salah satu sarana investasi yang menguntungkan di bank.

Tingkat suku bunga pada deposito lebih besar dibandingkan dengan tabungan, dengan suku bunga antara 5 – 6 % per tahun.

Investasi deposito juga termasuk jenis penghasilan investasi modal kecil dan juga minim risiko. Deposito telah dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan, apabila jumlah simpanan di bank sudah mencapai Rp.2 milyar.

Setoran minimal untuk investasi deposito saat ini mulai dari Rp.1 juta dengan tenor sekitar 1 – 24 bulan.

Baca Juga: Apa Itu Deposito? Berikut Pengertian dan Jenis-jenisnya

10. Investasi Pakaian

Investasi Pakaian

Fungsi utama dari pakaian adalah untuk dikenakan, tetapi pakaian juga dapat menjadi sarana investasi jangka panjang yang cukup menggiurkan.

Pakaian yang diinvestasikan bukan berupa blus, kaos, atau kemeja biasa tetapi pakaian vintage yang sempat hits di tahun 80an misalnya atau di tahun 90an di zaman dulu.

Pakaian zaman dulu kini booming kembali di tahun 2022 dan banyak dipakai kembali.

Beberapa rumah mode yang sudah terkenal pun banyak yang memproduksi lagi pakaian dari zaman dulu.

Investasi pakaian rasanya lebih cocok dijalankan oleh orang-orang yang memang passionnya di bidang fashion, karena sudah tahu dan hapal mode.

11. Investasi Karya Seni

Investasi Karya Seni

Bisnis investasi modal kecil lainnya yang juga direkomendasikan dan menguntungkan adalah, investasi di bidang karya seni. Jika dilihat dari fungsinya karya seni lebih cocok menjadi aset dalam membuat ruangan menjadi tampak indah.

Namun ada beberapa jenis karya seni seperti misalnya guci, lukisan atau kaligrafi yang dapat dijadikan investasi dan juga sangat menguntungkan. Khususnya jika lukisannya dibuat oleh seorang pelukis yang sudah populer.

Cara penjualan lukisannya bisa dengan cara dilelang dengan harga tinggi. Buka saja lelang dengan harga yang cukup tinggi kemudian biarkan para kolektor lukisan tersebut menawar lukisannya sampai harga paling tinggi.

Orang yang berani menawar dengan harga paling tinggi itulah yang nantinya akan mendapatkan lukisan tersebut.

12. Investasi Crypto

Investasi Crypto

Ada lagi jenis investasi yang bisa dimulai dengan modal kecil saat ini yaitu investasi crypto.

Crypto merupakan mata uang digital yang hanya ada di dunia maya, seperti misalnya bitcoin ethereum, dogecoin, dashcoin, ripple, mrai, litecoin, dan masih banyak lagi.

Trading crypto ini bisa dimulai dengan modal hanya Rp.10.000,- saja. Tapi investasi ini sangat menguntungkan karena harganya bisa melambung tinggi dan membuat pemilik investasinya untung besar.

Tapi hal itu akan sebanding dengan risikonya karena bisa juga mengalami kerugian hanya dalam waktu sekejap saja, yang diakibatkan oleh fluktuasi yang cepat sekali.

Perdagangan di bidang aset crypto yang ada di bursa berjangka Indonesia ini, telah resmi dan legal serta mendapat izin dari Bappebti. Aset crypto tersebut dikategorikan sebagai komoditas yang sama dengan karet, kopi, teh, dan sebagainya.

13. Investasi Fintech Landing

Investasi Fintech Landing

Dalam belajar investasi modal kecil juga bisa dimulai dengan menggunakan investasi fintech landing.

Investasi P2P lending ini mulai banyak diminati karena prospeknya yang cerah, kemudian modalnya juga recehan alias murah hanya dengan modal Rp.100.000,- saja.

Namun sama halnya dengan investasi apapun, investasi P2P lending ini juga memiliki risiko walaupun dapat diminimalisir dengan perusahaan fintech lending yang sudah ada. Biasanya perusahaan akan menyeleksi dengan lebih ketat pada setiap calon peminjam dana.

Supaya tidak ada kejadian gagal bayar atau kredit yang macet yang nantinya dapat merugikan pihak investor. Maka dari itu investor atau pihak pemberi pinjaman akan memiliki risiko yang minim dalam melakukan investasi tersebut.

Apalagi jika investasinya dilakukan di perusahaan yang sudah legal dan terdaftar dengan resmi di OJK.

Baca Juga: Apa Itu Peer to Peer (P2P) Lending? Yuk Mengenalnya Lebih Jauh!

14. Investasi Bisnis Sayuran

Investasi Bisnis Sayuran

Bisnis sayuran untuk saat ini menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dan berpotensi besar, karena sayuran menjadi menu pokok dan utama yang banyak dicari orang dan merupakan menu lengkap makanan.

Maka bisnis dan investasi di bidang sayuran ini tidak akan ada matinya. Investasi bisnis sayuran juga sangat menguntungkan seperti misalnya berjualan timun, kacang panjang, cabai, kangkung, daun bawang, buncis, tomat, jagung manis, dan masih banyak lagi.

Contohnya untuk para pengepul sayuran yang akan membeli timun di petani dengan harga Rp.2000,- per kg, kemudian dijual kembali di pasar Rp.3000,- per kg. sesudah dikurangi dengan biaya-biaya maka keuntungannya masih ada Rp.700,- per kg.

Tapi jika menjual timun sebanyak 500 kg atau 5 kwintal maka keuntungannya bisa sampai Rp.350.000,-.

Hanya dengan modal Rp.1 juta saja sudah bisa mendapat untung dari satu jenis sayuran saja. Tentu sangat menguntungkan untuk investasi di bidang bisnis sayuran.

15. Investasi Pengalaman

Investasi Pengalaman

Investasi tidak hanya selalu berupa portofolio seperti misalnya saham, surat utang, emas, obligasi, reksadana, atau deposito. Tapi coba juga investasikan uang Anda untuk menambah sebanyak-banyaknya pengalaman di bidang investasi apapun.

Misalnya dengan mengikuti kursus atau seminar kewirausahaan, investasi di bidang pendidikan dengan meneruskan kuliah, magang, dan sebagainya.

Maka akan ada banyak pengalaman yang diperoleh seperti kuliah di luar negeri, bekerja di dunia kerja yang nyata, menambah relasi agar lebih luas, meningkatkan keterampilan dan juga skill, mendapat pekerjaan yang diimpikan, dan sebagainya.

Pengalaman seperti itu tentu akan lebih bernilai dibanding dengan apapun, ilmu dan wawasan pun bertambah luas.

Cara Mendapat Keuntungan dari Investasi Modal Kecil

Banyak orang yang menganggap bahwa diperlukan banyak dana yang akan menjadi modal awal dalam melakukan investasi.

Tapi dengan banyaknya pilihan jenis investasi modal kecil yang sudah dijelaskan di atas, maka keuntungan bisa diperoleh dengan mudah.

Begini cara mendapatkan keuntungan yang berasal dari investasi dengan modal kecil:

1. Menerapkan Konsep Cookie Jar

Menerapkan Konsep Cookie Jar

Menabung dan juga berinvestasi akan selalu memiliki keterkaitan atau hubungan yang erat. Maka untuk memiliki modal awal di investasi cobalah untuk menabung terlebih dulu.

Dalam menabung ini gunakan istilah cookie jar yang sering muncul di dunia perbankan dan akuntansi. Cookie jar adalah membuat cadangan dana dan bisa digunakan saat dibutuhkan.

Ketika uang yang sudah terkumpul jumlahnya sudah cukup banyak maka investasikan uang itu ke beberapa instrumen investasi, yang tentunya sudah terpercaya dan aman digunakan. Seperti misalnya saham, P2P lending, atau emas.

Intinya, biasakan untuk menabung dari pendapatan yang ditabung terlebih dulu untuk kemudian diinvestasikan. Tingkatkan jumlahnya secara perlahan sesuai dengan penghasilan yang diperoleh.

2. Investasi dengan Robo Advisor

Investasi dengan Robo Advisor

Sesuai dengan namanya, Robo Advisor ini memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan investasi. Fiturnya pun sederhana dan ada kemudahan akses di dalamnya, dengan membuat investasi cara ini lebih banyak diminati.

Robo Advisor akan bekerja dengan otomatis dan berdasarkan pada sebuah algoritma yang khusus, dalam membuat sebuah portofolio investasi yang sudah sesuai dengan kebutuhan. Maka tak perlu ada konsultasi lagi dengan konsultan atau perencana keuangan.

Akan ada imbal hasil juga yang dapat diprediksi karena sudah fixed. Ditambah lagi dengan risiko yang cenderung rendah.

Banyaknya keuntungan dalam investasi modal kecil membuat banyak orang tidak ragu lagi melakukannya, karena tidak semua investasi harus dimulai dalam jumlah besar.

Tapi tetap waspada dengan risikonya dan atur strategi untuk menghindari atau meminimalisir risiko dengan tepat.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar