Saat sedang menjalankan teknik SEO untuk keperluan penjualan dan sejenisnya, kita membutuhkan yang namanya tool.
Sayangnya tidak semua keyword tool gratis di luar sana. Ada juga alat berbayar yang menyajikan konten dalam jumlah yang lebih banyak.
Apabila Anda ingin melakukan riset kecil-kecilan yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan, coba gunakan keyword tool gratis saja.
Aplikasi ini mungkin tidak akan memberikan banyak sekali manfaat dibandingkan jenis premium. Namun, masih dipakai untuk keperluan SEO.
Rekomendasi Keyword Tool Gratis
Tidak semua keyword tool gratis bisa bermanfaat untuk melakukan riset dan meningkatkan SEO di mesin pencari.
Namun, ada beberapa tool gratis bermanfaat yang semuanya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari SEO sampai sosmed.
1. Wordtracker
Keyword tool ini banyak digunakan untuk mereka yang membutuhkan short tail keyword yang bermanfaat untuk situs mereka.
Kata kunci yang pendek ini bisa digunakan untuk mengisi konten seperti tulisan atau blog. Selain itu juga bisa dipakai Youtube dan media lainnya.
Dengan menggunakan tool kata kunci ini maka Anda akan mendapatkan kata kunci dalam jumlah banyak dan beberapa rekomendasi lainnya.
Biasanya rekomendasi ini bisa digunakan juga sebagai bagian dari kata kunci utama untuk mendukung pencarian.
Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk memakai alat ini jika butuh menulis blog atau artikel singkat lainnya.
Yang jelas alat ini tidak akan bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih spesifik. Jika ingin riset yang lebih dalam lagi anjurkan untuk menggunakan alat yang lain.
2. MOZ Keyword Explorer
Mengetahui kompetitor dan kata kunci yang digunakan adalah sesuatu hal penting dan akan diberikan oleh tool gratis ini.
Dengan memanfaatkan aplikasi ini Anda bisa mencari dengan kata kunci tertentu untuk memunculkan keyword suggestion beserta dengan volumenya.
Selain itu juga akan mengetahui kira-kira situs apa saja yang menggunakan kata kunci itu dan menduduki posisi paling atas.
Dengan menggunakan data ini kita bisa tahu seberapa besar persaingan yang terjadi dan tahu harus melakukan apa.
Alat ini juga bisa digunakan untuk mengetahui skala prioritas dari kata kunci.
Jadi, kita bisa memanfaatkannya saat ini atau menunggu dulu selama beberapa saat. Jadi, bisa menggunakan keyword yang paling diunggulkan saja.
3. Google Search Console
Alat yang disediakan oleh Google ini bermanfaat untuk mengetahui seberapa besar jumlah impresi yang masuk ke dalam situs tertentu.
Selain itu juga akan mengetahui seberapa besar klik yang masuk dengan kata kunci yang sudah disebutkan.
Ini bisa dilakukan dengan menggunakan situs sendiri ataupun situs orang lain untuk melakukan riset pada kompetitor.
Jadi kita akan tahu kira-kira seberapa besar traffic yang masuk ke dalam kompetitor beserta dengan kata kunci yang dipakai.
Artinya dengan menggunakan kata kunci yang sudah diketahui tersebut kita bisa mengetahui seberapa besar volume hingga kesulitan dari kata kuncinya.
Semakin besar volumenya maka akan semakin tinggi kesempatan untuk mendapatkan traffic.
Sementara itu jika kata kuncinya sangat sulit maka kesempatan untuk mejeng di halaman pertama juga sangat rendah.
Artinya berbagai jenis strategi harus benar-benar dilakukan agar bisa masuk ke dalam halaman pertama dari Google.
4. Google Search
Salah satu keyword tool gratis yang paling banyak digunakan. Dengan menggunakan kata kunci ini maka Anda bisa dengan mudah untuk menentukan kata kunci turunan ataupun LSI yang sebelumnya belum dimasukkan ke dalam konten.
Ketik kata kunci tertentu pada kolom pencarian yang sudah disediakan oleh Google.
Selanjutnya klik tombol spasi dan secara langsung di bagian belakangnya akan ada beberapa kata tambahan yang bisa dipakai sebagai LSI atau turunan.
Dengan menggunakan cara ini maka bisa dengan mudah mengetahui kira-kira kata kunci apa saja yang sedang dicari oleh masyarakat.
Jadi kita bisa menggunakannya secara langsung untuk kebutuhan konten atau untuk kebutuhan promosi lainnya.
5. Google Trends
Salah satu keyword tool gratis yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google Trends.
Dengan menggunakan alat ini maka anda akan mengetahui kira-kira apa yang sedang trending saat ini dan disukai oleh banyak orang.
Karena apa yang sedang trending atau menjadi viral bisa digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan traffic ke dalam web.
Biasanya ada banyak sekali hal yang bisa didapatkan di sana mulai dari keyword yang selalu berubah-ubah hingga area dari pencarian.
Selain itu juga ada beberapa topik yang berkaitan satu dengan yang lain. Berbagai bahan ini cocok sekali untuk Anda yang sedang mengembangkan website yang dipakai untuk menuliskan berita atau sesuatu yang viral lalu dibagikan ke media sosial.
Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan dengan Google Trend
6. LSI Graph
Fokus dari keyword tool gratis ini adalah untuk mengetahui LSI yang bisa ikut dimasukkan ke dalam konten.
Umumnya LSI ini akan berhubungan dengan kata-kata yang berhubungan dengan kata kunci atau kata yang sering mengikutinya.
Biasanya LSI ini dalam 1-2 kata saja dan bisa diletakkan bersamaan dengan kata kunci atau bisa juga diletakkan secara terpisah.
7. Google Keyword Planner
Alat lanjutan yang ditawarkan oleh Google ini juga cocok sekali untuk Anda yang ingin melakukan riset kata kunci tertentu dan membandingkannya.
Biasanya dengan riset kata kunci tertentu kita akan mengetahui seberapa besar volume pencarian dan tingkat kompetisinya.
Selain itu kita juga akan mengetahui kira-kira kata kunci turunan apa saja yang ada dan bisa digunakan.
Dengan memperhatikan dua hal ini maka bisa dengan mudah menentukan kata kunci yang nantinya bisa digunakan ketika menulis konten.
Selain itu kita juga akan mengetahui kira-kira seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan ketika beriklan dengan menggunakan kata kunci itu. Ini sangat penting apabila ingin melakukan promosi secara berbayar.
Katakanlah sedang menawarkan produk tertentu yang memiliki budget promosi cukup besar.
Dengan menggunakan alat ini maka bisa dengan mudah melakukan penawaran harga agar bisa dimunculkan di halaman utama dan paling atas dari Google.
8. Ahrefs Keyword Generator
Salah satu alat terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan pencarian kata kunci.
Dengan menggunakan situs ini kita hanya perlu melakukan proses pencarian sesuai dengan ranah yang sedang dibutuhkan.
Karena kan ada pencarian yang dilakukan pada Google hingga pencarian yang nantinya akan digunakan pada YouTube dan juga Amazon. Pencarian ini akan langsung menghasilkan kata kunci yang jumlahnya ada banyak.
Kunci yang nantinya muncul akan berhubungan dengan topik. Selanjutnya pada bagian belakang juga akan tersedia kira-kira seberapa besar tingkat persaingannya. Selain itu juga akan muncul seberapa besar volume pencarian.
9. SEMrush Keyword Magic Tool
Salah satu yang terbaik dari beberapa alat periset kata kunci. Dengan menggunakan alat ini Anda bisa dengan mudah untuk menentukan kata kunci yang memiliki volume tinggi dan kata kunci yang volumenya tidak terlalu besar.
Selain itu juga bisa digunakan untuk menentukan apakah kata kunci itu memiliki tingkat persaingan tinggi ada banyak.
Jadi, bisa menentukan kira-kira akan bersaing di kata kunci yang apa agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Alat ini bisa digunakan secara gratis meski di beberapa bagian akan dibatasi. Itulah kenapa sangat disarankan mengetahui kira-kira apa saja yang dibutuhkan.
Namun, jika tidak membutuhkan fitur premium lebih baik untuk tidak digunakan daripada harus membayar dalam jumlah banyak.
10. Ubersuggest
Aplikasi ini terdiri dari dua jenis yang pertama adalah aplikasi gratis yang kedua adalah aplikasi yang berbayar.
Apabila menggunakan versi yang gratis biasanya hanya akan mendapatkan kata kunci tertentu.
Sementara itu apabila menggunakan versi yang berbayar akan mendapatkan kata kunci dalam jumlah yang sangat banyak dan beberapa suggestion. Jadi bisa menggunakan banyak kata kunci yang diinginkan.
Selain itu juga bisa mengetahui kira-kira kata kunci apa saja yang sudah digunakan oleh kompetitor.
Jadi akan mengetahui kira-kira kata kunci apa saja yang bisa dimanfaatkan. Apalagi jika tersedia volume dari setiap pencarian.
11. Keyword Sheeter
Fokus dari tool gratis ini adalah untuk mencari berbagai kata kunci turunan.
Artinya dengan menggunakan kata kunci utama, Anda bisa mendapatkan aneka kata kunci turunan yang menarik dan sesuai dengan keinginan.
Sayangnya jika menggunakan versi gratis, kemungkinan besar akan sulit untuk menentukan volume hingga tingkat persaingannya.
Jadi, hanya mengetahui kira-kira apa saja kata kunci yang bisa digunakan untuk konten.
Sistem dari tool ini adalah menyajikan kata kunci yang jumlahnya banyak dan memberlakukan harga untuk membuka data.
Biasanya untuk membuka akan dikenakan tarif bervariasi mulai dari 5 dolar saja.
12. Keywordtool Io
Keyword Tool gratis terakhir yang bisa digunakan ini berhubungan dengan pencarian kata kunci turunan ataupun LSI.
Untuk menggunakan situs ini sebenarnya cukup mudah yaitu dengan memasukkan kata kunci tertentu pada kolom yang disediakan.
Setelah itu jangan lupa untuk memilih bahasa Indonesia sebagai ranah untuk pencariannya.
Dalam beberapa menit biasanya akan langsung muncul beberapa kata kunci turunan yang bisa dipakai dan saling berhubungan.
Apabila menggunakan versi yang gratis biasanya hanya akan muncul jenis kata kuncinya saja. Sementara itu apabila menggunakan versi yang premium akan diketahui volume pencarian hingga tingkat kompetisinya.
Baca Juga: SEO Tools Gratis dan Cari Tahu Rekomendasi Pilihan Utama
Manfaat Menggunakan Keyword Tool Gratis
Kata kunci yang didapatkan dari beberapa tool sangat bermanfaat untuk berbagai hal.
Berikut beberapa manfaat melakukan riset kata kunci khususnya yang menggunakan keywords tool gratis:
1. Mengetahui Kata Kunci yang Tepat
Salah satu manfaat dari keyword tool grafis adalah untuk mengetahui kata kunci yang paling tepat.
Karena kita tidak boleh menggunakan kata kunci yang sembarangan apabila ingin melakukan optimasi pada website ataupun produk tertentu.
Untuk mengetahui kata kunci yang paling tepat biasanya harus menggunakan beberapa alat yang sudah dibahas sebelumnya.
Dari sana bisa diketahui kira-kira kata kunci apa yang bisa digunakan dan seperti apa persaingan yang ada dalam mesin pencari.
Karena biasanya kata kunci yang cukup mudah untuk dicari memiliki persaingan yang sangat ketat sehingga akan sulit untuk bisa masuk ke halaman pertama. Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk melakukan riset dengan matang.
Jadi kita bisa menargetkan kata kunci tertentu dengan persaingan yang tidak terlalu besar.
Tetapi setiap bulannya masih memiliki banyak sekali orang yang mencari sehingga potensi untuk mendatangkan lead semakin besar.
Baca Juga : Pengertian Lead Adalah
2. Mengetahui Turunan Kata Kunci
Selain untuk mengetahui kata kunci yang biasanya digunakan untuk menargetkan posisi tertentu pada mesin pencari.
Kita juga harus mengetahui kira-kira kata kunci turunan apa saja yang bisa digunakan untuk bisa memaksimalkan SEO.
Dengan menggunakan keyword tool gratis kita bisa mengetahui kira-kira kata kunci turunan apa saja yang bisa digunakan.
Kata kunci itu bisa dimasukkan ke dalam konten bersamaan dengan kata kunci utama yang sudah dipakai sebelumnya.
Semakin banyak kata kunci turunan dan juga LSI yang digunakan maka konten akan lebih mudah dicari pada mesin pencari.
Artinya konten tersebut akan semakin mudah untuk ditemukan dan akan mendatangkan banyak reaksi ke dalam situs.
Semakin banyak travel yang masuk ke dalam situs biasanya akan semakin baik dan menjadi indikator jika SEO yang sedang dijalankan berjalan. Apabila jumlah traffic yang menurun bisa jadi tidak dilakukan secara maksimal.
3. Meningkatkan Traffic ke Web
Traffic menjadi salah satu yang sangat penting apabila sedang memaksimalkan kata kunci tertentu untuk website.
Artinya apabila mengalami peningkatan yang cukup signifikan bisa diartikan grafiknya mengalami kemajuan.
Traffic ataupun pengunjung yang masuk ke dalam situs menjadi sangat penting karena akan menentukan seberapa besar target yang akan didapatkan.
Traffic juga bisa dikatakan sebagai lead apabila situs itu digunakan untuk berjualan.
Pengunjung yang masuk memang tidak selalu berbanding lurus dengan banyaknya penjualan yang nantinya.
Namun ini bisa disiasati dengan pembuatan konten yang sangat menarik sehingga para pembeli jadi kepincut dan melakukan transaksi
Itulah kenapa biasanya kata kunci yang lebih spesifik akan dimasukkan ke dalam landing page.
Jangan begitu setiap orang mencari bisa langsung masuk ke sana dan bisa membaca informasi terkait produk. Selain itu juga sudah tersedia call to action untuk melakukan transaksi..
4. Meningkatkan Branding
Manfaat lain dari keyword atau gratis adalah digunakan untuk melakukan proses branding.
Karena mau bagaimanapun branding adalah bagian dari salah satu marketing funnel yang akan menentukan kesuksesan.
Apabila ini bisa dilakukan dengan maksimal maka kesadaran merek ataupun awareness yang dimiliki oleh produk akan dimiliki oleh banyak orang.
Ini bisa dilakukan juga dengan menggunakan kata kunci tertentu yang dimasukkan ke dalam situs.
Katakanlah seseorang ingin mencari produk tertentu dengan menggunakan kata kunci yang khusus.
Dengan menggunakan kata kunci tersebut mereka bisa langsung masuk ke dalam situs web yang sedang Anda dibangun.
Artinya ini akan meningkatkan proses branding sehingga masyarakat akan lebih percaya untuk melakukan transaksi di sana. Ini akan bertambah secara langsung terhadap penjualan.
5. Menaikkan Penjualan dan Keuntungan
Penjualan juga sangat penting karena akan menentukan seberapa besar keuntungan yang diperoleh oleh suatu perusahaan atau usaha. Ini tidak bisa lepas dari adanya marketing funnel yang sudah diciptakan sebelumnya.
Katakanlah ketika akan menciptakan marketing funnel, kita harus memperkuat yang namanya pondasi terlebih dahulu. Pondasi ini didapatkan dengan cara membuat konten marketing hingga melakukan promosi di media sosial.
Setelah ini dilakukan maka mau tidak mau akan terjadi peningkatan kualitas penjualan.
Dampaknya akan membuat seseorang menjadi lebih mudah untuk memperoleh keuntungan dari apa yang sudah ditawarkan.
Menggunakan keyword tool gratis sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis.
Jadi, kata kunci yang nantinya didapatkan bisa dipakai untuk berbagai hal seperti meningkatkan branding sampai meningkatkan penjualan.