Pengertian Agregator Logistik Serta Manfaatnya dalam Bisnis

Pengertian Agregator Logistik Serta Manfaatnya dalam Bisnis

Bagi yang merintis bisnis online, peran jasa pengiriman menjadi salah satu hal yang penting. Untuk mempermudah proses pengiriman barang, maka perlu memakai jasa agregator logistik. Pengertian agregator logistik adalah perusahaan yang sudah terhubung dengan berbagai jasa pengiriman.

Perannya bukan hanya sebatas mempermudah dalam pengiriman produk, namun masih banyak sekali dan akan dibahas lengkap dalam artikel ini.

Agregator logistik ini menjadi penghubung antara pemilik bisnis, pembeli, dan juga perusahaan ekspedisi.

Saat terjadi keterlambatan pengiriman barang, maka pihak agregator logistik yang menindaklanjuti masalah tersebut ke perusahaan ekspedisi.

Penjual tidak perlu repot mengatasi semua kendala selama proses pengiriman barang. Agregtor logistik adalah opsi tepat dalam membantu kelancaran bisnis.

Pengertian Agregator Logistik

Pengertian Agregator Logistik

Agregator logistik menjadi solusi untuk mengatasi masalah pengiriman barang yang banyak, dimana perusahaan atau pelaku bisnis akan mendapatkan opsi berbagai metode pengiriman barang kepada pelanggan.

Terlebih saat ini, kebiasaan berbelanja online sudah sangat meningkat.

Hal itulah yang menjadikan kebutuhan akan jasa pengiriman kian meningkat. Penggunaan layanan pengiriman instan saat ini masih menjadi tren.

Namun, untuk sektor bisnis lain, layanan jasa ekspedisi antar kota hingga antar pulau adalah favorit banyak orang.

Hal tersebut dikarenakan harganya lebih murah serta durasi pengiriman yang cukup cepat.

Dengan meningkatnya aktivitas belanja online, maka ini menjadi perhatian para pelaku bisnis, yaitu produsen ataupun distributor. Mereka dituntut untuk melakukan pengiriman barang secara cepat dan tepat.

Karena inilah kemudian muncul agregator logistik. Pengertian agregator logistik yaitu unit bisnis yang mengintegrasikan antara pelaku bisnis/penjual, pembeli, serta penyedia layanan ekspedisi. Tidak hanya mendukung segala aktivitas online saja, namun juga mendukung segala aktivitas offline.

Agregator logistik mampu mempersingkat waktu pengiriman serta mengatasi birokrasi yang berbelit.

Tugasnya yaitu mengumpulkan barang yang perlu dikirim ke dalam satu gudang, yang kemudian akan dikirim melalui jasa ekspedisi yang telah dipilihkan oleh klien.

Manfaat Memakai Agregator Logistik

Manfaat Memakai Agregator Logistik

Selama ini, ketika akan mengirim barang, maka seseorang akan melakukan drop-off di outlet layanan ekspedisi terdekat ataupun melakukan permintaan penjemputan.

Hal itu akan menjadi masalah jika memiliki volume pengiriman yang cukup besar, baik dari jumlah barang ataupun ukuran.

Karena itu, perlu memanfaatkan agregator logistik yang tugasnya melakukan penjemputan barang di lokasi pengirim, lalu menyalurkannya ke gudang layanan pengiriman yang kemudian akan diproses.

Dengan adanya agregator logistik ini, maka pelaku bisnis bisa menghemat tenaga dan waktu, karena tidak perlu mengirimkan barang sendiri ke pihak jasa ekspedisi. Hal ini sangat membantu, terutama di saat pesanan melonjak.

Ketika memutuskan kerjasama dengan perusahaan agregator, maka akan dapat banyak manfaat karena terkoneksi dengan banyak jasa pengiriman yang ada di perusahaan agregator tersebut. Perusahaan agregator menyediakan sebuah platform yang memberikan banyak kemudahan.

Pelaku bisnis bisa memonitor pengiriman pesanan serta berkomunikasi dengan banyak rekan ekspedisi sekaligus.

Pemantauan pengiriman produk cukup dengan menggunakan satu platform saja, walaupun pengirimannya memakai jasa ekspedisi yang berbeda-beda.

Ada beberapa manfaat strategis ketika menggunakan jasa agregator logistik bagi para pelaku bisnis ataupun bagi yang sedang menjalankan bisnis online jika menginginkan sistem pengiriman yang lebih praktis.

1. Mempermudah Proses Pengiriman dan Lebih Efisien

Munculnya sistem yang terpadu ke semua perusahaan ekspedisi membuat para pelaku bisnis lebih tenang dan tidak memerlukan tenaga lebih untuk melakukan komunikasi dengan berbagai pihak pengiriman.

Ditambah dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan agregator logistik, seperti melakukan penjemputan barang yang telah siap dikirim. Hal ini sangat mempermudah aktivitas operasional para pelaku bisnis maupun perusahaan.

2. Menambah Kepuasan Pelanggan

Pelanggan diberikan kemudahan dalam melacak barang yang dibeli tanpa perlu takut barang akan hilang dan tidak tepat sasaran.

Dengan begitu, pelanggan akan puas. Terlebih, sistem ini mampu memberikan estimasi sampainya barang yang sedang dikirim.

3. Harga yang Jauh Lebih Murah

Meskipun harga yang dibayarkan lebih murah, jangan khawatir karena akan dapat banyak keuntungan bagi siapa saja yang memanfaatkan jasa agregator logistik ini.

Para pelaku usaha atau perusahaan akan sangat terbantu dalam peningkatan skala bisnisnya.

4. Memiliki Peran Strategis dalam Kegiatan Ekspor Impor

Manfaat menggunakan jasa agregator logistik juga bisa dirasakan bagi siapa saja yang melakukan kegiatan ekspor impor. Saat mengirim barang ke luar negeri, pasti akan melalui pemrosesan pajak di negara tujuan yang banyak menyita waktu.

Beberapa di antaranya juga terkendala dengan biaya yang mahal dan dokumen pendukung yang cukup kompleks. Pastinya hal ini tidak menguntungkan bagi pihak importir maupun eksportir yang berskala kecil.

Karena itulah muncul agregator logistik yang membantu pengumpulan barang dari semua klien, sehingga pemrosesan memakan waktu lebih singkat serta terjamin keselamatannya.

Ini akan menguntungkan pihak eksportir dan importir untuk bisa menyalurkan barang secepatnya ke konsumen.

Karena prosesnya yang singkat, maka dapat memotong biaya yang menjadikan harga jual barang dapat ditekan. Dengan begitu, diharapkan mampu bersaing dengan para pebisnis berskala besar.

5. Berkontribusi dalam Perekonomian Negara

Agregator logistik memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian negara. Sektor bisnis ini terbilang baru di Indonesia dan jumlahnya cukup terbatas. Karena ini, agregator mempunyai potensi besar untuk berkembang ke depannya.

Ada beberapa manfaat dari adanya agregator logistik dalam membantu perekonomian negara, diantaranya yaitu:

  • Mampu menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang banyak
  • Merubah alur transaksi yang sangat kompleks menjadi lebih sederhana, mudah, dan cepat.
  • Membantu memudahkan para pelaku usaha berskala kecil yang awam dengan masalah pengiriman serta logistik.
  • Membantu peningkatan volume transaksi ekonomi untuk memacu pertumbuhan GDP serta kesejahteraan masyarakat.

6. Menambah Pengalaman Pelanggan

Pelanggan yang memanfaatkan jasa agregator logistik akan merasakan pengalaman belanja yang cepat dan mudah. Selain itu, proses pengiriman dan pelacakan bisa dipantau.

Karena itu, bagi pelaku bisnis, jasa agregator logistik bisa dipilih untuk memudahkan proses pengiriman barang.

Terlebih, ini berhubungan langsung dengan kepuasan pelanggan. Karena hal itu, pelaku bisnis perlu memanfaatkan jasa agregator logistik untuk membantu jalannya bisnis agar lebih optimal.

7. Penggunaannya Lebih Praktis

Sistem agregator logistik memang diciptakan untuk memudahkan proses pengiriman produk. Sebagai pelaku usaha, penjual, atau perusahaan yang menggunakan platform ini, bisa mengurus semua kebutuhan pengiriman barang ke pelanggan.

Pengguna bisa memilih jasa ekspedisi yang diinginkan serta disesuaikan dengan jenis bisnis.

Lalu, pihak agregator akan membantu proses integrasinya, yang mana semua perusahaan ekspedisi ada dalam satu dashboard tersebut. Jadi, pengguna tidak perlu melihat satu per satu perusahaan logistik.

Baca Juga: Bisnis Ekspor: Peluang, Kelebihan, Kekurangan dan Komoditas

Alasan Perlunya Memakai Agregator Logistik

Alasan Perlunya Memakai Agregator Logistik

Tidak ada pelaku bisnis online yang mampu mengantarkan pesanannya sendiri. Demi meningkatkan margin keuntungan serta kepuasan pelanggan, maka harus menjalin kerjasama dengan mitra yang bisa diandalkan.

Agregator logistik menjadi penyedia layanan pengiriman yang sangat berharga. Dengan memanfaatkan jasa ini, maka akan lebih hemat tenaga kerja serta waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman barang.

Agregator logistik mampu memberikan layanan pengiriman yang cepat, pengembalian barang yang lengkap, pengemasan yang aman, berbagai pilihan metode pembayaran, penjemputan barang tepat waktu, serta berbagai keunggulan lainnya jika memakai jasa ini.

Sudah banyak pelaku bisnis online yang beralih ke jasa agregator logistik dengan tujuan meningkatkan efisiensi bisnis serta mengoptimalkan proses supply chain management.

Agregator logistik sangat menguntungkan bagi pelaku usaha, terlebih bagi yang menggunakan banyak jasa ekspedisi.

Ada beberapa alasan mengapa harus menggunakan jasa agregator logistik untuk membantu kelancaran bisnis.

1. Memberikan Kemudahan dalam Pemakaiannya

Poin penting yang perlu dicari ketika akan menggunakan agregator logistik yaitu kemudahan sistem yang digunakan.

Untuk itu, bagi pelaku bisnis perlu mencari jasa agregator logistik terbaik, terpercaya, dan memberikan kemudahan pemakaian untuk mendukung jalannya bisnis agar lancar.

2. Tidak Perlu Mengirimkan Langsung ke Pihak Ekspedisi

Ada berbagai platform untuk mendukung bisnis online, misalnya marketplace, webstore, hingga social e-commerce yang dapat membantu menjangkau pelanggan secara luas, tidak terbatas dalam negeri saja, namun bisa menjangkau secara global.

Jika menggunakan jasa agregator logistik, maka pelaku bisnis tidak perlu mengirimkan barang ke pihak ekspedisi. Semuanya akan terbantu dengan pihak agregator logistik yang akan melakukan penjemputan barang.

Ini akan sangat membantu para pelaku bisnis karena dapat menghemat waktu serta tenaga tanpa perlu mengantarkannya sendiri ke pihak ekspedisi.

3. Menawarkan Berbagai Program Gratis Ongkir

Kelebihan dari penggunaan jasa agregator logistik yaitu menawarkan program gratis ongkir yang bisa diperoleh penjual atau pelaku bisnis.

Sudah terdapat subsidi pengiriman yang disediakan oleh pihak jasa pengiriman ini.

4. Jangkauannya Lebih Luas

Agregator logistik mampu menyediakan layanan pengiriman jarak jauh. Dengan begitu, pelaku bisnis bisa mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi serta memiliki banyak klien.

Agregator logistik mampu menjangkau banyak konsumen sekaligus.

5. Tersedia Banyak Pilihan Jasa Ekspedisi

Ada banyak pilihan jasa ekspedisi yang tersedia di satu platform. Pengguna bisa memilih jasa ekspedisi mana yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan.

Pengguna juga bisa memilih jasa ekspedisi yang memiliki tarif lebih murah.

6. Proses Pemesanan yang Anti Ribet

Karena memiliki banyak mitra layanan, maka akan memudahkan pihak agregator logistik untuk menangani semua pesanan.

Langkah pertama yaitu mengidentifikasi mitra bisnis yang sesuai syarat dan jenis bisnis yang dijalankan.

Dikarenakan platform telah terintegrasi menjadi satu, maka pengguna yang ingin melakukan pemesanan kembali caranya sangat mudah tanpa melalui langkah kedua.

7. Menyediakan Beberapa Opsi Pembayaran

Kadang, beberapa bisnis online tidak menyediakan berbagai program pilihan pembayaran, sehingga kurang mampu mengakomodasi kebutuhan pelanggan.

Namun, untuk jasa agregator logistik memberikan beberapa penawaran metode pembayaran yang bisa dipilih.

Ada beberapa pilihan seperti bayar di tempat (cash on delivery), transfer, dan pilihan lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

8. Terintegrasi API dengan Banyak Marketplace dan E-Commerce

Karena terintegrasi API, maka pengguna bisa berinteraksi dengan situs web secara cepat dan fleksibel.

API berperan dalam membantu pengambilan informasi dari situs web pengguna untuk menyimpan pesanan supaya pengiriman bisa dilakukan dan mudah diakses dari berbagai platform.

Baca Juga: Apa Perbedaan Perusahaan Warehouse dan Logistik?

Peluang Bisnis Agregator Logistik

Peluang Bisnis Agregator Logistik

Bisnis online kini sudah menjamur di Indonesia dan dapat dijadikan ladang subur karena saat ini banyak orang yang tertarik untuk berbelanja secara online.

Didukung dengan jumlah penduduk yang banyak serta perilaku konsumtif yang tinggi, maka peluang membuka bisnis online sangat potensial.

Selain itu, karena ketersediaan lapangan kerja yang jumlahnya terbatas, maka mendorong banyak orang untuk membuka bisnis sendiri. Faktor lain seperti munculnya banyak perusahaan ekspedisi menjadi alasan terbukanya peluang bisnis online.

Menjalankan bisnis online pastinya berhubungan erat dengan proses kirim barang yang melibatkan berbagai pihak untuk melakukannya.

Pengiriman barang ini akan berbanding lurus dengan bisnis yang dijalankan. Jika bisnis berskala besar, maka semakin banyak proses pengiriman yang harus dilakukan.

Hal ini menjadikan pelaku bisnis kewalahan mengatasinya. Dengan begitu, agregator logistik dapat dijadikan solusi mengatasi masalah tersebut karena menawarkan proses pengiriman barang melalui banyak jasa ekspedisi yang bisa dipilih.

Dari banyaknya bisnis online, maka peran perusahaan agregator logistik sangat dibutuhkan sebagai penghubung antara penjual, pembeli, serta mitra ekspedisi.

Pelaku bisnis dapat memilih jasa agregator logistik untuk membantu proses pengiriman barang dengan cepat.

Bahkan, perusahaan agregator logistik mampu menjangkau pelaku bisnis online yang berskala kecil dan selama ini masih awam dengan layanan pengiriman dalam skala besar.

Melalui situs yang mudah dipahami serta alur penggunaannya yang cukup sederhana, maka jasa agregator logistik ini mampu meraih pelanggan secara lebih luas.

Tips Memulai Usaha Agregator Logistik

Tips Memulai Usaha Agregator Logistik

Jika ingin memulai usaha agregator logistik, berikut beberapa tips yang harus diketahui.

1. Mulai Bangun Kerja Sama

Mulailah untuk belajar membangun relasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai mitra atau perusahaan ekspedisi, pelaku bisnis, dan stakeholder.

2. Tambah Penguasaan Teknologi

Penguasaan akan teknologi sangat penting di era sekarang ini. Terlebih jika ingin memulai usaha di bidang agregator logistik, maka wajib menguasai teknologi karena prosesnya sangat kompleks.

Contohnya dengan menyediakan situs yang mampu menyajikan informasi secara lengkap dan mudah dipahami, memilih customer service yang kompeten, tenaga yang cukup, serta gudang yang memadai.

3. Jalin Kerjasama dengan Asuransi

Penting untuk menjalin kerjasama dengan penyedia jasa asuransi, dengan tujuan untuk menjamin keutuhan serta keselamatan barang sampai di lokasi tujuan.

Terlebih jika jarak pengiriman cukup jauh atau jenis barang yang dikirim tergolong kategori barang mudah pecah. Keberadaan jasa asuransi inilah yang mampu memberikan kepercayaan bagi klien.

4. Perluas Jaringan Secara Global

Jangan ragu untuk melebarkan skala bisnis lebih luas lagi dengan menjangkau pengiriman antar negara hingga antar benua guna melayani para pelaku bisnis ekspor impor yang berskala kecil.

Masih banyak pelaku bisnis yang ragu melakukan kegiatan ekspor dikarenakan adanya kendala dalam biaya serta kerumitan dalam mengurus dokumen.

Agregator logistik bisa memberikan penawaran solusi untuk mengatasi masalah ini. Jalin kerjasama dengan stakeholder supaya prosesnya lebih gampang.

5. Melakukan Perluasan Bisnis

Perlu untuk menciptakan keberagaman bisnis di ranah terkait, seperti dengan menyediakan persewaan gudang bagi sesama pelaku bisnis.

Jadi, pengertian agregator logistik yaitu perusahaan yang telah terpadu dengan berbagai jasa ekspedisi yang memberikan kemudahan dalam proses pengiriman barang.

Hanya dengan melalui satu platform saja, maka pengguna bisa dengan mudah mengakses berbagai jasa ekspedisi yang tersedia.

Agregator logistik menjadi inovasi baru di bidang logistik yang dapat mempermudah pelanggan memilih jenis pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya.

Agregator logistik memberikan biaya murah, waktu yang cepat, dan layanan yang baik sehingga bisa meningkatkan efisiensi bisnis.

Baca Juga: Pengertian Logistik: Tujuan, dan Manfaat bagi Perusahaan

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar