7 Manfaat Pentingnya Testimoni dalam Dropshipping Bagi Pebisnis

7 Manfaat Pentingnya Testimoni dalam Dropshipping Bagi Pebisnis

Dalam menjalankan bisnis online di pasaran, tak sedikit pebisnis online yang terkadang masih penasaran mengenai berbagai manfaat pentingnya testimoni dalam dropshipping.

Jika Anda tertarik untuk terjun dalam bisnis online dropshipping, sebaiknya kenali terlebih dahulu manfaat pentingnya testimoni pelanggan di artikel berikut ini.

Apa Saja Manfaat Pentingnya Testimoni dalam Dropshipping?

Zaman sekarang, bisnis online dropshipping menjadi salah satu bisnis yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat, dikarenakan bisa dijalankan tanpa perlu modal dengan keuntungan menjanjikan di dalamnya.

Dalam membantu mendongkrak kesuksesan bisnis dropshipping tersebut, setiap pebisnis perlu menerapkan strategi bisnis yang tepat di dalamnya.

Salah satunya, yakni dengan melakukan testimoni dari pelanggan bisnis untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli nantinya.

Istilah testimoni sendiri, sering kali diartikan sebagai suatu bentuk kesaksian dari konsumen yang menentukan apakah mereka puas atau kecewa, terkait produk atau jasa yang sudah mereka beli sebelumnya.

Perlu Anda ketahui, bahwa pentingnya testimoni dalam dropshipping dapat membantu menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap produk / jasa layanan yang Anda tawarkan.

Di samping itu, adanya testimoni juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan baru Anda nantinya.

Dimana dalam hal ini, testimoni akan membantu memudahkan calon pembeli Anda dalam melihat seberapa banyaknya kesaksian konsumen lain yang sudah membeli produk/layanan yang Anda tawarkan.

Oleh karena itulah, tidak mengherankan jika testimoni memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu kegiatan promosi produk bisnis.

Agar Anda lebih paham mengenai manfaat pentingnya testimoni dalam dropshipping, maka bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Pada dasarnya, testimoni bisa diperoleh dari para pelanggan produk sebelumnya, yang mana dapat memengaruhi emosi atau pikiran bagi calon pembeli baru yang lain.

Ketika mendapati testimoni satu ini, maka calon pembeli akan jauh lebih percaya akan suatu produk yang ditawarkan oleh penjual.

Terlebih seperti yang kita ketahui, bahwa kepercayaan konsumen dan calon konsumen baru menjadi kunci utama dalam mengembangkan bisnis di pasaran.

Dengan adanya testimoni positif yang diperoleh dari pelanggan sebelumnya, maka akan menjadikan reputasi bisnis dropshipping Anda semakin baik di mata calon pembeli lainnya.

Sehingga, hal inilah yang akan membantu Anda dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dalam melakukan kegiatan transaksi bisnis.

2. Sebagai Media Promosi Terjangkau

Seperti yang kita ketahui, bahwa hampir semua bisnis yang ada di pasaran umumnya memerlukan yang namanya kegiatan promosi di dalamnya.

Yang mana, hal ini bertujuan untuk mengenalkan produk bisnis kepada calon pelanggan, agar tertarik dan mau membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, manfaat pentingnya testimoni dalam dropshipping selanjutnya, yakni bisa dijadikan sebagai media promosi yang relatif terjangkau.

Jika bisnis dropshipping Anda masih terbilang baru dan memiliki modal kecil, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan adanya testimoni pelanggan sebagai sarana promosi bisnis yang murah meriah.

Bahkan disini dikatakan, bahwa testimoni pelanggan merupakan sarana promosi gratis lantaran tidak memerlukan modal sepeserpun.

3. Menjadikan Proses Transaksi Lebih Cepat

Keberadaan testimoni dalam bisnis online dropshipping, umumnya sangat membantu dalam proses transaksi bisnis di dalamnya.

Hal ini dikarenakan, konsumen Anda nantinya tidak perlu lagi harus repot-repot mencari informasi detail mengenai bisnis yang Anda jalankan nantinya.

Dengan hanya melihat testimoni pelanggan, maka calon pembeli Anda akan lebih cepat untuk memutuskan apakah akan membeli produk yang Anda tawarkan tersebut atau justru sebaliknya.

Apabila nantinya calon pembeli Anda mendapati banyaknya testimoni positif dari pelanggan Anda sebelumnya, maka bukan tidak mungkin mereka akan langsung membeli produk Anda tersebut.

Sehingga, proses transaksi pembelian produk akan berjalan dengan cepat lantaran mereka percaya akan kualitas produk yang Anda tawarkan.   

4. Membantu Proses Identifikasi Konsumen

Manfaat pentingnya testimoni dalam dropshipping yang perlu Anda ketahui selanjutnya, yakni akan dapat memudahkan Anda dalam proses identifikasi konsumen.

Bukan hanya itu saja, adanya testimoni juga akan membantu bisnis online dropshipping Anda bisa bertahan lebih lama, dikarenakan semakin paham dengan target konsumen yang dituju.

Apabila Anda sudah semakin mengenal jauh tentang target konsumen, maka akan memperoleh banyak keuntungan lain di dalamnya.

Salah satunya, yakni Anda akan lebih mudah dalam menciptakan berbagai inovasi baru, yang mana dapat menjadikan konsumen tetap tertarik pada bisnis Anda.

Sebagai contoh disini, Anda nantinya akan lebih mudah dalam menciptakan produk baru yang sedang tren di pasaran seperti sekarang ini.

5. Dapat Mengangkat Citra Positif Bisnis

Umumnya, ada banyak sekali cara yang bisa pebisnis online lakukan demi mengangkat citra positif bisnis yang dijalankan di pasaran.

Dari sekian banyaknya cara yang bisa dilakukan, disini Anda bisa memanfaatkan adanya testimoni pelanggan di dalamnya.

Dimana Anda nantinya bisa mengunggah testimoni positif dari para pelanggan Anda, terkait produk yang Anda tawarkan kepada calon pelanggan.

Meski demikian, Anda juga perlu memahami bahwa testimoni pelanggan terkadang tidak selalu bernilai positif.

Oleh karena itu jika Anda mendapatkan testimoni buruk dari pelanggan, maka Anda bisa langsung melakukan perbaikan pada produk bisnis yang Anda tawarkan.

Sehingga, hal inilah yang nantinya tidak akan memengaruhi penurunan omzet bisnis Anda.

6. Memberikan Apresiasi ke Pelanggan

Setiap orang, umumnya sangat senang ketika memperoleh perhatian atau apresiasi dari orang lain.

Bahkan faktanya sendiri, banyak sekali dari para pelanggan yang mengaku lebih suka membaca hasil testimoninya sendiri yang diunggah di sebuah toko online.

Berkaitan dengan hal tersebut, manfaat pentingnya testimoni dalam dropshipping disini, yakni Anda akan dianggap mampu memberikan apresiasi ke pelanggan.

Jika konsumen Anda merasa puas dan dihargai oleh Anda, maka bukan tidak mungkin mereka akan lebih loyal dengan Anda dan nantinya akan menjadikan bisnis Anda sebagai langganan.

Dengan demikian, maka nantinya mereka akan dipastikan untuk melakukan pembelian produk kembali di toko Anda.

7. Sebagai Bahan Evaluasi Bagi Pebisnis

Anda perlu tahu, bahwa tidak semua konsumen akan rela memberikan testimoni positif atas produk yang mereka sudah beli.

Sebab meskipun Anda sudah berusaha keras dalam menawarkan produk dengan kualitas unggulan, terkadang masih ada sebagian pembeli yang memberikan testimoni negatif.

Baik itu karena alasan kemasan produk yang kurang menarik, proses pengiriman barang yang lambat dan lain-lain.

Karena alasan itulah, manfaat pentingnya testimoni dalam dropshipping disini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi pebisnis.

Yang mana dalam hal ini, Anda bisa melakukan perbaikan mengenai hal apa saja yang memang harus diperbaiki.

Sehingga bisa disimpulkan disini, bahwa testimoni negatif umumnya tidak selalu buruk karena bisa membantu Anda dalam meningkatkan kemajuan bisnis di masa depan.

Melihat begitu banyaknya manfaat pentingnya testimoni dalam dropshipping di atas, tentunya akan sangat membantu para pebisnis dalam mendongkrak kesuksesan bisnis di pasaran.

Jadi bagi Anda di rumah yang berencana membuka bisnis online dropshipping, pastikan jangan melewatkan adanya testimoni pelanggan.

Baca Juga : Inilah 8 Cara Memulai Bisnis Dropshipping Untuk Pemula

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar