10 Tips Aman Belanja Online di Marketplace dan Media Sosial

7+ Tips Aman Belanja Online, Lindungi Informasi Pribadi dan Keuangan

Di era serba digital seperti sekarang, transaksi secara online termasuk berbelanja sudah menjadi kegiatan yang sangat umum dilakukan. Namun, pastikan untuk tetap mengetahui dan melakukan beberapa tips aman belanja online.

Tips ini akan membuat Anda terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggungjawab ketika belanja online di berbagai marketplace.

Memangnya, apa saja tips yang bisa dilakukan? Temukan tips untuk berbelanja online agar tetap aman melalui artikel ini!

Tips Aman Belanja Online

Belanja online sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, beberapa orang masih khawatir tentang keamanan data pribadi dan penipuan dalam melakukan transaksi secara online.

Berikut ini beberapa tips dan trik yang diperlukan untuk melakukan transaksi online dengan aman, yaitu:

1. Gunakan Situs Web yang Aman

Gunakan Situs Web yang Aman

Belanja online dapat dilakukan melalui situs website tertentu. Sebaiknya, pilih dan gunakan situs web yang aman dapat memberikan perlindungan terhadap data pribadi dan keuangan Anda.

Tips belanja online yang aman melalui website adalah periksa apakah situs mempunyai sertifikat keamanan valid dan dikeluarkan oleh otoritas keamanan terpercaya atau tidak.

Anda dapat memeriksanya dengan mengklik ikon kunci atau gembok di bagian alamat atau link.

Cek juga ulasan dari pelanggan sebelumnya dan pastikan bahwa situs tersebut memuat informasi lengkap tentang perusahaan atau penjual, seperti alamat, nomor telepon, dan email.

Hindari menggunakan situs web yang mencurigakan atau yang mungkin tidak terpercaya. Selalu gunakan situs web resmi dari perusahaan atau penjual yang Anda kenal dan percayai.

2. Verifikasi Identitas Penjual

Verifikasi Identitas Penjual

Tips lainnya yang dapat dilakukan adalah mencari informasi atau verifikasi terhadap identitas penjual produk secara online.

Salah satu tips aman belanja online untuk memverifikasi identitas penjual atau pelapak adalah dengan membaca ulasan atau testimonial dari pelanggan sebelumnya.

Ulasan dan testimonial dapat memberikan gambaran yang baik tentang kualitas produk dan layanan yang ditawarkan oleh penjual atau pelapak, serta membantu menentukan apakah situs tersebut dapat dipercaya atau tidak.

3. Jangan Mengungkapkan Informasi Pribadi

Jangan Mengungkapkan Informasi Pribadi

Informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, nomor identitas pribadi, nomor telepon, alamat rumah, dan informasi lainnya dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara aman belanja online adalah jangan pernah memberikan informasi pribadi Anda kepada orang yang tidak dikenal secara langsung maupun melalui email atau pesan.

Hal ini karena e-mail dan pesan dapat dicuri atau diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Jadi, jika Anda merasa tidak nyaman dengan informasi yang diminta, jangan ragu untuk meminta penjelasan lebih lanjut atau bahkan menolak transaksi tersebut.

4. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Salah satu tips aman belanja online adalah dengan menggunakan metode pembayaran yang aman dan terpercaya.

Terdapat beberapa metode pembayaran yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi online, yaitu:

  • Kartu kredit
  • Transfer bank
  • E-wallet (PayPal, OVO, GoPay, dan lainnya)
  • Virtual credit card

Baca Juga: Pengertian Kredit, Tujuan, Jenis, Unsur, serta Persyaratan

5. Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Aman

Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Aman

Penting sekali untuk menggunakan kata sandi yang kuat saat bertransaksi online. Kata sandi yang lemah dapat mudah ditebak oleh orang lain, bahkan dapat mengakibatkan akun bisa diretas dan uang Anda dicuri.

Hindari kata sandi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan.  Anda dapat membuatnya dari kombinasi huruf, angka, maupun simbol.

Selain itu, pastikan panjang kata sandi minimal 8 karakter dan jangan gunakan kata sandi yang sama untuk akun yang berbeda.

6. Periksa Harga yang Wajar

Periksa Harga yang Wajar

Sebelum melakukan transaksi online, sebaiknya cek dulu harga produk yang akan dibeli. Hal ini akan membantu Anda untuk menghindari risiko tertipu karena harga yang tidak wajar.

Beberapa tips aman belanja online untuk memeriksa harga yang wajar, yaitu:

  • Bandingkan harga produk yang akan dibeli di beberapa situs web atau toko online. Pastikan untuk membandingkan harga yang sama untuk produk yang sama pula
  • Periksa harga di situs web resmi produsen atau distributor. Harga yang tertera di situs web resmi biasanya lebih akurat dan terpercaya
  • Periksa ulasan atau review dari pelanggan lain mengenai harga produk. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai harga yang wajar untuk produk tersebut
  • Setelah memeriksa harga yang wajar, pastikan juga untuk memeriksa kualitas produk dan reputasi penjual sebelum melakukan transaksi. Jangan tergoda dengan harga yang sangat murah karena hal tersebut dapat menunjukkan adanya risiko penipuan atau produk palsu

7. Gunakan Perangkat yang Aman

Gunakan Perangkat yang Aman

Perangkat yang tidak aman dapat membuka celah bagi para pelaku kejahatan untuk mengambil data dan informasi pribadi Anda, seperti nomor kartu kredit atau informasi login.

Berikut beberapa tips aman untuk belanja online menggunakan perangkat, yaitu:

  • Perbarui perangkat Anda secara teratur untuk membantu meningkatkan keamanannya
  • Aktifkan fitur keamanan, seperti password, kunci layar, dan fitur pelacak lokasi
  • Gunakan program anti-virus atau anti-malware agar terlindung dari serangan virus atau malware
  • Jangan menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman saat melakukan transaksi online karena data dan informasi pribadi Anda bisa dicuri

8. Periksa Syarat dan Ketentuan

Periksa Syarat dan Ketentuan

Membaca dan memahami syarat dan ketentuan platform digital saat berbelanja online sangatlah penting.

Setiap platform memiliki aturan yang berbeda dan sebagai pembeli, Anda harus memahami peraturan tersebut agar dapat berbelanja dengan aman dan terhindar dari masalah.

Syarat dan ketentuan tersebut dapat mencakup mata uang dan metode pembayaran yang diterima, kebijakan pengembalian barang, biaya pengiriman, serta jangka waktu pengiriman.

Selain itu, kebijakan privasi dan penggunaan informasi pribadi juga harus dipahami agar tidak perlu khawatir data pribadi disalahgunakan.

Tips aman belanja online juga pastikan untuk memahami persyaratan dan batasan penggunaan situs web yang digunakan agar tidak melanggar aturan dan terkena sanksi.

9. Perhatikan Gambar Produk

Perhatikan Gambar Produk

Pastikan untuk melihat gambar produk dari berbagai sudut dan ukuran, serta memperhatikan detail produk seperti bahan, warna, dan dimensi.

Jika gambar produk terlalu kecil atau buram, maka jangan ragu untuk meminta penjual untuk mengirimkan gambar lain atau informasi yang lebih detail.

Perhatikan juga bahwa warna produk yang ada di foto mungkin sedikit berbeda dari warna asli produk, tergantung pada pengaturan monitor Anda.

Selain itu, pastikan untuk membaca deskripsi produk dengan cermat, termasuk bahan, ukuran, dan informasi lainnya.

10. Beli di Marketplace atau E-commerce Terpercaya

Beli di Marketplace atau E-commerce Terpercaya

Membeli produk di marketplace atau e-commerce dapat menjadi salah satu tips aman belanja online terbaik dan membantu Anda terhindar dari penipuan.

Beberapa marketplace atau e-commerce menawarkan perlindungan pembeli yang memungkinkan untuk mendapatkan pengembalian dana jika produk yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi atau rusak saat tiba.

Dalam era digital saat ini, belanja online telah menjadi pilihan yang praktis bagi banyak orang. Terdapat beberapa tips aman belanja online yang perlu diperhatikan ketika Anda belanja di berbagai platform digital.

Berbelanja secara online memang sangat efektif dan efisien. Transaksi yang dilakukan dengan aman membuat pengalaman belanja online semakin menyenangkan.

Baca Juga: Payment Gateway, Apa Itu? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Bagikan:

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar