8 Tips Memilih Program Afiliasi yang Tepat untuk Pemula

8 Tips Memilih Program Afiliasi yang Tepat untuk Pemula

Sebagai pebisnis pemula, maka perlu untuk mengetahui tentang beberapa tips memilih program afiliasi yang tepat.

Dengan begitu, maka proses pemasaran produk yang dijual dalam kegiatan bisnis pun bisa semakin terkenal dan menjangkau khalayak yang lebih luas lagi.

Apa itu Program Afiliasi?

Apa itu Program Afiliasi

Program afiliasi adalah strategi pemasaran di mana sebuah perusahaan atau penjual memberikan komisi kepada mitra afiliasi yang berhasil mempromosikan dan menjual produk atau layanan mereka.

Mitra afiliasi ini, yang bisa berupa individu atau entitas bisnis, memasarkan produk atau layanan perusahaan melalui berbagai saluran seperti situs web, blog, atau media sosial.

Umumnya, mitra afiliasi mendapatkan komisi berdasarkan kinerja, yang berarti pembayaran hanya terjadi ketika ada tindakan tertentu, seperti penjualan atau klik pada tautan afiliasi.

Program afiliasi memberikan keuntungan ganda, di mana perusahaan mendapatkan promosi lebih luas tanpa biaya pemasaran tetap, sementara mitra afiliasi memiliki peluang penghasilan tambahan melalui komisi yang diberikan.

Baca Juga : Apa Itu Bisnis Afiliasi? Terapkan Tips Ini Jika Ingin Sukses

Tips Memilih Program Afiliasi yang Tepat

Tips Memilih Program Afiliasi yang Tepat

Ketika ingin menekuni bisnis afiliasi, maka Anda harus mempertimbangkan banyak hal dan berbagai faktor agar bisa memilih program yang tepat.

Sebab, apabila Anda salah memilih program afiliasi yang kurang kredibel maka hal itu bisa membuat bisnis menjadi kacau dan rugi.

Berikut adalah daftar tips memilih program afiliasi yang tepat dan bisa diperhatikan:

1. Program yang Jelas dan Transparan

Tips memilih program afiliasi yang tepat pertama adalah dengan memperhatikan secara saksama pada halaman FAQ (Frequently Asked Question) yang disediakan oleh situs web afiliasi tersebut.

Pada halaman itu, maka Anda bisa melihat program afiliasi tersebut memiliki mekanisme seperti apa dan apa saja yang harus dilakukan ketika ingin memilih untuk bekerja sama dengan mereka.

Apabila terdapat beberapa sistem dan peraturan yang ternyata terlalu berbelit dan rumit, maka ada baiknya jika Anda memilih program afiliasi yang lain saja.

Sebab, terkadang hal tersebut justru akan membuat Anda kesulitan terlebih jika Anda adalah pebisnis pemula yang memerlukan waktu dan tenaga untuk menjalankan bisnis.

Salah satu contoh peraturan yang rumit yaitu ketika program afiliasi tersebut melakukan proses verifikasi transaksi yang tidak real time dan berlangsung terlalu lama.

Sistem seperti ini akan memperlebar peluang untuk terjadi kecurangan dari pihak yang mengelola program afiliasi tersebut sehingga lebih baik jika Anda menghindarinya.

2. Pilih yang Memberikan Komisi Tinggi

Tips memilih program afiliasi yang tepat nomor kedua adalah Anda harus bisa memilih program afiliasi yang memang bersedia untuk memberikan komisi tinggi.

Kini, sudah ada banyak sekali afiliasi yang beredar di internet, akan tetapi tidak semua program afiliasi ini bersedia untuk membantu klien dan pelanggannya dalam memiliki komisi yang sesuai.

Padahal, tujuan utama dalam melakukan promosi dengan afiliasi adalah untuk menghasilkan uang tambahan secara online, sehingga ini merupakan faktor paling krusial ketika hendak memilih program yang sesuai.

Apabila Anda menganggap bahwa komisi yang dijanjikan oleh mereka ternyata kurang dari yang diharapkan, maka lebih baik cari program lain yang bersedia memberikan insentif tambahan yang sesuai.

3. Memiliki Reputasi Bagus

Mempunyai reputasi dan ulasan yang bagus dari klien sebelumnya juga bisa menjadi tips memilih program afiliasi yang tepat.

Pastikan bahwa program afiliasi yang diinginkan memang mempunyai reputasi yang bagus ketika berada di masyarakat publik dan pasar.

Untuk mengenali hal ini, maka Anda harus melakukan pemeriksaan terhadap latar belakang perusahaan tersebut secara menyeluruh.

Langkah ini cukup mudah untuk dilakukan, sebab Anda bisa membaca ulasan dari orang-orang tentang perusahaan tersebut di forum, Google, situs web, dan lain-lain untuk memeriksa tingkat kredibilitas mereka.

Salah satu tanda perusahaan program afiliasi yang bagus adalah mereka memiliki konsumen yang banyak dan produknya sering ditemui di berbagai macam bidang pada kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, afiliasi yang tidak memiliki reputasi bagus cenderung memiliki produk yang kurang terkenal dan sepi di pasaran.

Tidak hanya itu, mereka pun juga menjual produk yang tidak dibutuhkan oleh pasar serta tersedia banyak ulasan yang tidak merekomendasikan jasa mereka.

4. Ketahui Metode Pembayaran

Ketika ingin menghasilkan uang dari program afiliasi, maka tips memilih program afiliasi yang tepat yaitu dengan memperhatikan metode pembayaran yang sudah disediakan oleh pihak tersebut.

Usahakan untuk membuat orang-orang yang melihat iklan mampu membeli layanan yang sebelumnya sudah Anda rekomendasikan.

Proses ini akan menjadi lebih mudah dan efisien ketika produk itu menyediakan beberapa metode pembayaran yang bervariasi dan dapat dipilih secara mandiri dengan mudah.

Dengan adanya hal ini, maka siapa saja bisa memiliki kesempatan untuk membeli produk tertentu ketika mereka merasa tertarik dan secara otomatis Anda juga turut serta memperoleh uang.

5. Menyesuaikan Topik Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu kunci untuk mendukung tingkat keuntungan yang hendak diperoleh ketika melakukan program afiliasi.

Ada beberapa media sosial yang bisa digunakan, mulai dari Blog, WhatsApp, Facebook, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anda akan diajak untuk memasang link affiliate pada akun media sosial yang sudah memiliki jumlah pengikut sangat banyak.

Namun, perlu diketahui bahwa cara ini menggunakan komisi per aksi, sehingga Anda hanya akan memperoleh bayaran ketika sudah berhasil menjual produk melalui tautan afiliasi yang sudah terpasang.

Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan produk dengan audiens di media sosial yang hendak dijual.

Apabila Anda berkeinginan untuk menjual produk kecantikan, maka program afiliasi yang sesuai adalah dengan membuat toko online produk kosmetik.

6. Bisa Melacak Penjualan

Agar Anda tidak ketinggalan informasi mengenai track record dari promosi yang dilakukan, maka perhatikan apakah program afiliasi sudah menyediakan fitur untuk melacak penjualan atau tidak.

Seorang affiliate akan berusaha untuk membantu menyediakan sistem pelacakan khusus untuk membantu Anda dalam mencari tahu tingkat keuntungan yang diperoleh.

Sistem ini bisa membantu Anda untuk mengetahui tentang tingkat naik turun penjualan, sehingga bisa menjadi patokan bagi Anda untuk memasang strategi baru agar bisa memperoleh keuntungan yang lebih maksimal lagi.

Tidak hanya itu saja, namun sistem ini bisa mendokumentasikan berapa banyak jumlah pembeli yang menggunakan kode referal Anda.

7. Konversi Bagus

Tips yang selanjutnya yaitu program afiliasi yang baik akan memiliki konversi produk berkualitas.

Meskipun produk sudah sesuai dan branding pun cukup luas, akan tetapi apabila sales letter tidak mempunyai konversi yang bagus maka tingkat penjualan juga tidak akan bisa berjalan dengan lebih optimal.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tingkat konversi yang dimiliki agar Anda tidak salah pilih.

Kini, tingkat konversi suatu produk dapat dilihat dengan mudah ketika Anda menggunakan program afiliasi yang memang sudah disediakan oleh mereka sendiri.

8. Riwayat Pembayaran Bagus

Tips memilih program afiliasi yang tepat yang terakhir yaitu ada baiknya jika Anda memilih program afiliasi yang memiliki riwayat pembayaran bagus dan tidak ada catatan hitam sama sekali.

Mengetahui rekam jejak perusahaan tersebut dapat dilakukan dengan cara menelusuri riwayat mereka di internet.

Apabila riwayat mereka kurang baik dan banyak yang memberikan komplain kepada mereka, sebaiknya Anda tidak mengikutinya.

Apabila Anda memang ingin mengikuti perusahaan yang masih baru, maka cari tahu secara mendalam mengenai perusahaan induk atau pemilik perusahaan itu.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memahami tentang tips memilih program afiliasi yang tepat.

Dengan begitu, maka proses Anda dalam mendapatkan keuntungan yang tinggi pun bisa berjalan dengan lebih lancar tanpa ada hambatan apa pun.

Baca Juga : Mengenal Jenis Affiliate Marketing yang Harus Diketahui

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.