12 Bahaya Penggunaan Nulled Themes untuk Website

12 Bahaya Penggunaan Nulled Themes untuk Website

Salah satu kelebihan dalam penggunaan WordPress adalah penggunanya bisa meng-impor theme dari mana saja, mulai dari situs resmi maupun bajakan yang biasa disebut dengan nulled themes. Namun, yang dinamakan bajakan selalu ada resiko dan bahaya penggunaan nulled themes.

Tema merupakan komponen penting saat membangun sebuah website karena dapat meningkatkan tampilan dan fungsionalitas dari website itu sendiri. Meski begitu, tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya, apalagi menggunakan nulled themes.

Pengertian Nulled Themes pada WordPress

Pengertian Nulled Themes pada WordPress

Nulled themes merupakan tema bajakan yang biasa digunakan pada WordPress. Nulled themes biasanya didapatkan dari tema berbayar yang didistribusikan secara ilegal di internet.

Tema bajakan seperti ini banyak beredar di internet karena para distributornya berdalih menggunakan alasan bahwa tema WordPress sudah memiliki lisensi GPL, yang mereka anggap bisa didistribusikan dengan bebas.

GPL merupakan singkatan dari General Public License yang biasa digunakan untuk memberi lisensi software-software gratis.

Lisensi GPL dikeluarkan oleh Richard Stallman dari Free Software Foundation dimana lisensi ini memperbolehkan sebuah software untuk digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan secara gratis oleh siapa saja.

Menilik definisi dari lisensi GPL, sesungguhnya perbuatan distributor nulled themes tidaklah sepenuhnya salah. Tapi di samping itu semua, dengan menggunakan nulled themes akan memberikan dampak kerugian pada developer tema WordPress maupun ke diri sendiri.

Para developer tema WordPress yang temanya didistribusikan secara gratis dan ilegal pastinya akan membawa dampak kerugian. Sedangkan untuk penggunanya, tema bajakan ini akan mengancam keamanan website sehingga memungkinkan untuk menjadi sasaran pelaku hacking.

Masih banyak bahaya penggunaan nulled themes yang kemungkinan terjadi, berikut penjelasannya melalui uraian di bawah ini.

Bahaya Penggunaan Nulled Themes

Bahaya Penggunaan Nulled Themes

1. Privasi tidak aman

Bahaya pertama seperti yang telah disebutkan diatas bahwa dapat menjadi sasaran hacker, sehingga data privasi website yang sangat penting berpotensi untuk dicuri. Data-data ini dapat berupa username, alamat email bahkan password.

Nulled themes bisa menyembunyikan kode-kode berbahaya yang dapat digunakan untuk mencuri data-data penting tersebut. Terlebih apabila Anda mengelola website toko online, data privasi ini tidak hanya milik Anda tetapi juga data konsumen juga terancam dicuri.

Selama pencurian privasi, website akan berjalan normal seolah tidak terjadi apa-apa. Oleh karena itu, kejahatan seperti ini sangat sulit dideteksi dan dapat menghancurkan reputasi website yang telah Anda bangun.

Penggunaan nulled themes memang tidak mengeluarkan biaya, tetapi apabila sudah terjadi pencurian data privasi seperti ini malah memerlukan biaya yang sangat besar untuk membayar denda dan mengatasi kerugian.

2. Berbahaya untuk keamanan website

Seperti yang telah kita ketahui bahwa WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang rentan terhadap aksi peretasan, terlebih dengan nulled themes yang kemungkinan besar mengandung malware.

Telah dijelaskan pada bahaya penggunaan nulled themes nomor 1 di atas, pembuat tema bajakan bisa menyebarkan kode-kode berbahaya ke dalam file untuk menyamarkan diri.aksi seperti ini yang pada akhirnya sulit dideteksi dan diperbaiki setelah website Anda terserang pembobolan.

Akibatnya website akan kehilangan data-data penting atau yang lebih parah website Anda bisa dihapus dari index Google. Hal ini akan menyebabkan website Anda tidak bisa muncul di hasil pencarian.

3. Rawan disisipi iklan

Tema yang bajakan bisa saja disisipi malware yang tiba-tiba akan mengganggu kinerja website. Malware ini bisa saja berupa iklan yang terdapat dalam nulled themes yang bisa muncul kapan saja tanpa persetujuan owner web tersebut.

Curangnya lagi, earning pada iklan tersebut menjadi milik si penyisip, bukan masuk ke pendapatan pemilik website.

4. Berimbas buruk pada SEO

SEO yang berfungsi untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik pengunjung melalui algoritma mesin pencari sering kali menjadi sasaran malware yang disisipkan pada nulled themes.

Tema bajakan ini menghancurkan kualitas SEO website Anda dengan cara mengarahkan pengunjung ke website berbahaya atau memenuhi website dengan link spam. Pemilik website akan kesulitan untuk mengetahui atau mendeteksinya karena karena tersembunyi rapi dalam file-file tema bajakan.

Sebaliknya, mesin pencari dapat dengan mudah mendeteksi link spam sehingga website Anda terancam terkena penalti atau kemungkinan buruknya adalah terhapus dari indeks mesin pencari (de-index).

Kerugian ini tentunya dialami oleh pengguna tema nulled themes karena kita semua tahu bahwa SEO bukanlah strategi yang bisa membuahkan hasil dalam waktu cepat.

Apabila SEO website terpengaruh maka akan sulit pula untuk memperbaikinya, bahkan bukan tidak mungkin sudah tidak bisa diperbaiki lagi sehingga mengharuskan untuk membuat website baru.

5. Bahaya link spam

Telah disebutkan pada poin ketiga bahwa nulled themes dapat membahayakan website dengan menggunakan link spam yang bisa menyebabkan Google menjatuhkan penalti atau de-index.

Apabila sudah terkena penalti atau de-index, pilihan yang bisa Anda lakukan adalah memperbaikinya tetapi dengan kurun waktu yang tidak singkat atau jalan tercepat adalah membuat website baru.

6. Penggunaan software ilegal

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel bahwa nulled themes merupakan versi bajakan dari tema premium WordPress. Dengan begitu, apabila Anda menggunakan nulled themes artinya Anda sedang menggunakan software ilegal.

Selain banyak resiko bahaya yang mungkin terjadi pada website, Anda bisa mendapat penalti untuk membayar denda dan ganti rugi kepada developer pemilik tema legal karena telah menggunakan barang bajakan yang tentunya ilegal.

Biaya denda dan ganti rugi ini juga bukan termasuk uang yang sedikit dan tentunya lebih murah membeli tema secara legal.

7. Tidak bisa update

Pembaruan pada software dilakukan dengan merilis versi terbaru dan berfungsi untuk memperbaiki bugs, menambah fitur baru serta memperbaiki masalah keamanan. Tema WordPress bajakan tenu tidak dapat melakukan update ke versi terbaru karena merupakan software ilegal.

Dengan menggunakan tema bajakan, website Anda akan tetap menggunakan tema versi lama yang mungkin saja penuh dengan bug sehingga tidak aman. Pelajari juga : Apa itu bug?

Di saat bersamaan, Anda harus selalu melakukan pembaruan WordPress ke versi terbaru.

Permasalahan kerap kali terjadi dimana tema harus selalu terupdate mengikuti update WordPress agar tetap kompatibel atau berfungsi dengan baik. Selain berbahaya, tema yang tidak diupdate dapat menyebabkan website Anda menjadi error.

8. Akses pada fitur terbatas

Seperti yang telah dijabarkan pada poin sebelumnya bahwa tema yang digunakan harus selalu diupdate mengikuti update WordPress dimana hal ini mencakup fitur-fitur baru yang berpotensi ditambahkan.

Apabila tidak melakukan update, maka tidak akan bisa menikmati fitur baru yang mungkin bisa digunakan untuk meningkatkan performa website secara signifikan. Kerugian seperti ini terjadi karena kesalah pengguna itu sendiri.

9. Tidak mendapatkan support developer apabila terjadi masalah

Versi gratis dari tema premium tidak mendapatkan fitur support, berbeda dengan versi berbahayanya yang tersedia fitur support untuk membantu para pengguna premiumnya apabila terjadi masalah atau untuk menggunakan tema secara maksimal.

Bahaya penggunaan nulled themes lainnya adalah tidak adanya support bagi penggunanya karena developer tentu tidak mau membantu pihak yang telah menggunakan karya bajakannya.

Apabila Anda ingin mendapatkan support secara penuh dari developer maka lebih baik menggunakan tema premium yang bisa didapatkan dengan membeli lisensi aslinya.

Pengguna profesional yang sudah lama berkecimpung di WordPress terkadang masih membutuhkan support dari developer apabila terdapat fitur baru, terlebih lagi jika Anda adalah orang baru yang masih mencoba menekuni dunia blogging.

10. Tidak menghargai developer

Para developer tidak sekedar iseng belaka saat membuat sebuah tema, tetapi untuk memperoleh penghasilan darinya. Apalagi pembuatan tema tidak semudah menuliskan kode saja, tapi juga mencurahkan waktu, tenaga, uang, dan pikiran untuk menghasilkan sebuah karya.

Oleh karena itu, dengan menggunakan tema yang ilegal, Anda telah mencuri penghasilan para developer itu dan tidak menghargai jerih payah mereka.

Baca Juga : Apa itu developer?

11. Tidak bisa merasakan tema gratis dan berkualitas

WordPress memiliki ribuan tema gratis dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan tema premium. Tema seperti ini lebih terpercaya dan pastinya tidak membahayakan website Anda.

12. Website akan susah berkembang

Tema bajakan yang digunakan dalam sebuah website biasanya akan membuat website tersebut sulit berkembang. Hal ini disebabkan oleh sang pemilik website yang kurang menganggap serius proses pembuatan website dengan mengabaikan bahaya yang mungkin bisa terjadi pada websitenya.

Saat menggunakan nulled themes, pemilik website bisa menghemat uang yang seharusnya dibelikan tema legal tetapi bisa memperolehnya secara gratis. Meski begitu kerugian yang dialami bisa lebih besar karena efek penggunaan nulled themes bersifat jangka panjang.

Cara Cek Theme Nulled di WordPress

Sebelum mengaplikasikan tema pada website, sebaiknya dipastikan bahwa tema yang diunduh bukan Nulled Themes. Untuk melakukan pengecekan tersebut sangatlah mudah, yaitu dengan melakukan scan virus menggunakan aplikasi antivirus yang Anda percaya.

Aplikasi antivirus ini berfungsi untuk mengecek apakah file dan url tema yang telah diunduh terdapat malware atau tidak. Namun ada beberapa cara lain yang bisa digunakan, yaitu diantaranya:

1. Mengecek langsung dengan membongkar file tema

Mengecek langsung dengan membongkar file tema

Pengecekan menggunakan cara ini cukup rumit karena harus mengetahui bahasa pemrograman, dimana Anda bisa mengecek script yang ada di dalam tema yang telah di download. Hal ini dikarenakan orang yang membagikan tema secara gratis biasa menyisipkan code berbahaya.

Kode ini sering kali berbentuk seperti backlink untuk situs blog pribadinya maupun virus malware. Script dalam tema ini biasanya dimodifikasi agar dapat masuk ke dalam website dan melakukan hacking atau defacing.

2. Melakukan proses scanning menggunakan plugin Wordfence atau iThemes

Melakukan proses scanning menggunakan plugin Wordfence atau iThemes

Plugin Wordfence atau iThemes ini dapat diperoleh secara gratis melalui WordPress secara langsung.

3. Menggunakan plugin Exploit Scanner

Menggunakan plugin Exploit Scanner

Plugin gratis kedua yang bisa digunakan untuk mengecek nulled themes adalah Exploit Scanner. Setelah diinstal, plugin ini secara otomatis akan bekerja sendiri dan mulai melakukan scanning secara berkala.

Apabila terdapat malware atau kode berbahaya bagi website yang telah disisipkan dalam tema akan langsung ditampilkan oleh Exploit Scanner.

4. Mengecek nulled themes menggunakan plugin Theme Authenticity

Mengecek nulled themes menggunakan plugin Theme Authenticity

Cara untuk mengecek nulled themes yang terakhir adalah dengan menggunakan plugin Theme Authenticity. Plugin ini bekerja dengan mengecek ada tidaknya backlink yang disisipkan oleh orang yang mendistribusikan tema secara gratis.

Menyayangi website kita dapat dilakukan secara sederhana seperti menggunakan tema legal, sehingga tidak beresiko mengalami bahaya penggunaan nulled themes.

Baca Juga: 10+ Cara Mempercepat Loading Website dan Manfaat yang Didapatkan

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar