6+ Cara Memasang Google Maps di Website untuk Tujuan Bisnis!
6+ Cara Memasang Google Maps di Website untuk Tujuan Bisnis!

6+ Cara Memasang Google Maps di Website untuk Tujuan Bisnis!

Diposting pada

Selain cara promosi lainnya, menandai lokasi bisnis/usaha di Google Maps merupakan salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda.

Meskipun demikian, masih ada beberapa orang yang belum mengetahui mengenai cara memasang Google maps di website. Sehingga terkadang, hal ini menimbulkan kesulitan tersendiri.

Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini akan diulas mengenai hal tersebut. Bukan hanya itu saja, dalam pembahasan kali ini juga akan dijelaskan mengenai apa itu Google Maps dan manfaat menggunakan Google Maps untuk bisnis Anda.

Untuk itu, pastikan agar Anda terus menyimak ulasan ini hingga akhir, agar Anda tidak ketinggalan informasi mengenai cara memasang Google Maps ini.

Pengertian dan Cara Memasang Google Maps di Website

Seperti diketahui, Google Maps merupakan salah satu layanan dari Google yang bisa diakses secara gratis. Berbeda dengan layanan Google lainnya, Google Maps dibuat secara khusus untuk memberikan informasi mengenai lokasi dan peta jalan, yang bisa dikunjungi dan dilalui oleh pengguna.

Secara spesifik, dalam Google Maps, Anda akan melihat peta jalan, lokasi, kondisi lalu lintas, perencanaan rute untuk bepergian, hingga panorama jalan dengan skala 360 derajat, yang sepenuhnya ditampilkan dengan layanan citra satelit.

Dengan kata lain, Google Maps merupakan salah satu layanan dari Google yang bisa Anda andalkan untuk mencari informasi mengenai lokasi dan rute jalan yang bisa Anda kunjungi dan lalui. Baik itu dengan berjalan kaki, mengendarai sepeda, sepeda motor, mobil, hingga menggunakan angkutan umum.

Lebih jauh lagi, Google Maps kini sering dijadikan sebagai cara untuk mempromosikan bisnis. Dimana dengan menandai lokasi bisnis yang Anda miliki di Google Maps, maka pelanggan dari bisnis Anda akan lebih mudah menemukan lokasi tersebut.

Meskipun demikian, hingga kini, masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai cara untuk memasang Google Maps.

Khususnya mengenai cara memasang Google Maps di website. Untuk itu, Anda perlu menyimak beberapa pembahasan selanjutnya berikut ini.

Manfaat Menggunakan Google Maps untuk Bisnis

Manfaat Menggunakan Google Maps untuk Bisnis

Sebelum membahas mengenai cara memasang Google Maps di website, ada baiknya Anda bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa manfaat Google Maps, yang bisa Anda rasakan untuk bisnis Anda.

Untuk memudahkan Anda, berikut ini beberapa manfaat Google Maps untuk bisnis yang perlu Anda ketahui. Diantaranya:

1. Membantu Pelanggan dalam Menemukan Lokasi Bisnis dengan Mudah

Bagi sebagian besar pelanggan, manfaat terbesar dari adanya  Google Maps yaitu bisa memudahkan mereka dalam mencari lokasi. Khususnya mengenai lokasi dari bisnis yang Anda tandai sebelumnya di Google Maps.

2. Menghindarkan Pelanggan akan Kemungkinan Tersesat

Selain ditampilkan mengenai lokasi bisnis, Google Maps juga sebenarnya menampilkan mengenai rute yang harus ditempuh pelanggan, agar bisa sampai di lokasi bisnis tersebut.

Dengan kata lain, dengan adanya Google Maps tersebut, maka secara langsung bisa membantu pelanggan akan kemungkinan tersesat.

3. Membantu Pelanggan dalam Mengetahui Deskripsi Bisnis yang Anda Jalankan

Saat Anda menandai bisnis Anda dengan cara memasang Google Maps di website, maka sebenarnya saat itu pula adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menyertakan sejumlah deskripsi mengenai bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Beberapa deskripsi yang dimaksud diantaranya, produk yang Anda jual, estimasi harga, jam buka toko, dan yang lainnya.

4. Merupakan Strategi Promosi Terbaik

Jika dibandingkan dengan cara lainnya, menandai lokasi bisnis dengan cara memasang Google Maps di website, sebenarnya merupakan cara promosi terbaik.

Dengan kata lain, setiap pengunjung dari website Anda akan lebih mudah mengetahui lokasi dari bisnis Anda, hanya dengan menggunakan layanan Google yang satu ini.

5. Sebagai Riset dan Evaluasi Bisnis Terbaik

Pada umumnya, selain menampilkan lokasi, rute, hingga deskripsi dari bisnis yang dimiliki, Google Maps juga akan memberikan ruang khusus bagi para pelanggan dari bisnis Anda.

Dimana dalam ruang khusus ini, pelanggan bisa memberikan review mengenai bisnis yang Anda miliki tersebut. Baik itu mengenai komentar terbaik, maupun komentar buruk sekalipun.

Dengan demikian, hal ini bisa menjadi riset bisnis terbaik untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari bisnis yang selama ini Anda jalankan tersebut.

Bukan hanya itu saja, dengan review pelanggan ini juga, secara tidak langsung bisa menjadi cara terbaik untuk mengevaluasi bisnis Anda dengan mudah.

6. Menghemat Biaya

Jika dibandingkan dengan media promosi lainnya, Google Maps merupakan media promosi yang paling murah, bahkan bisa dikatakan sebagai media promosi yang tidak berbayar, alias gratis.

Karena hanya dengan menandai lokasi dari bisnis Anda di Google Maps, yang disertai dengan menyertakan informasi lainnya mengenai bisnis Anda tersebut, maka bisnis Anda bisa dengan mudah dikenal masyarakat.

Cara Memasang Google Maps pada Website Bisnis

Setelah membahas mengenai sejumlah manfaat dari Google Maps untuk bisnis Anda, maka kini tiba waktunya bagi Anda untuk mencari tahu mengenai cara memasang Google Maps di website.

Sebagaimana diketahui, selain di website, Google Maps juga bisa dipasang di Whatsapp, Instagram, dan juga beberapa media sosial lainnya.

Namun untuk kesempatan kali ini, hanya akan dibahas mengenai cara memasang layanan Google sebagai penanda lokasi ini, yang bisa dilakukan di website. Dalam hal ini, yaitu website bisnis.

Adapun caranya kurang lebih seperti di bawah ini. Diantaranya:

1. Mengunjungi Situs Google Maps

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memasang Google Maps di website yaitu dengan mengunjungi situs Google Maps terlebih dahulu. Anda bisa mengunjungi situs ini di laman https://www.google.co.id/maps/.

2. Klik Kolom Search

Setelah berhasil memasuki situs Google Maps tersebut, maka untuk selanjutnya, Anda bisa mencari kolom search, maupun di kolom dengan gambar sebuah kaca pembesar.

Biasanya, kolom ini berada di bagian atas halaman utama Google Maps. Barulah kemudian, Anda bisa menulis kota dimana bisnis/usaha Anda tersebut berada. Misalnya Jakarta, Bandung, Surabaya, dan yang lainnya.

3. Klik Menu Create maupun Opsi Bagikan atau Sematkan Peta

Untuk menandai lokasi, sekaligus memasang Google Maps pada  website, maka Anda perlu menge-klik menu create. Pada beberapa Google Maps lainnya, Anda mungkin akan menemukan opsi bagikan atau sematkan peta.

Anda bisa memilih salah satu dari kedua menu tersebut. Setelah menge-klik salah satu dari kedua menu tersebut, maka untuk selanjutnya, Anda bisa dengan mudah menandai lokasi dari bisnis/usaha Anda, serta mendapatkan titik koordinat dari lokasi.

4. Mulai Menandai Lokasi

Untuk menandai lokasi dengan cara memasang Google Maps di website ini, Anda bisa melakukan sejumlah langkah-langkah berikut ini. Diantaranya:

  • Tulis nama bisnis/usaha yang Anda miliki, yang ingin ditampilkan pada Google Maps pada kolom yang tersedia
  • Cari lokasi dari bisnis/usaha yang Anda miliki tersebut
  • Jika lokasi tersebut telah Anda temukan, maka selanjutnya, Anda bisa langsung menandainya dengan menggunakan tombol add marker, ataupun dengan menggunakan pointer
  • Untuk selanjutnya, Anda bisa mengisi deskripsi dari bisnis/usaha Anda, segera setelah menandai lokasi dengan menge-klik tombol add marker

5. Menyimpan Data/Informasi

Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa menyimpan data/informasi yang telah Anda masukkan sebelumnya pada Google Maps tersebut. Untuk melakukannya, Anda perlu menge-klik opsi add layer.

Sementara di Google Maps lainnya, mungkin saja Anda akan melihat sebuah tampilan dalam bentuk jendela pop up, yang menampilkan titik koordinat dari lokasi bisnis Anda tersebut, dalam bentuk script frame (HTML).

Jika Anda melihat tampilan jendela pop up dengan bentuk seperti itu, maka Anda bisa menge-klik opsi sematkan peta.

6. Copy dan Paste Kode Script (HTML)

Cara memasang Google Maps di website lainnya yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menyalin (copy) kode script HTML yang Anda lihat pada jendela pop up sebelumnya.

Anda bisa menyalinnya (copy), kemudian menempelkannya (paste) pada bagian/kolom HTML yang ada pada website Anda.

Adapun letaknya yaitu biasanya berada antara <body> …. dan juga … <body>. Jika Anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, maka secara otomatis, Google Maps telah terpasang di website Anda, dan Anda bisa membagikannya ke para pelanggan Anda.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Memasang Google Maps di Website

Sebelum Anda memasang Google Maps, ada baiknya Anda memperhatikan sejumlah hal-hal penting seperti di bawah ini. Diantaranya:

1. Pastikan Bahwa Lokasi Sesuai dengan yang Sebenarnya

Cara Menggunakan FileZilla yang Mudah Dilakukan

Sebelum Anda menandainya di Google Maps, kemudian memasangkannya ke website bisnis yang Anda miliki, maka Anda perlu memastikan terlebih dahulu, bahwa lokasi yang Anda tandai tersebut, sesuai dengan lokasi yang sebenarnya.

Dengan demikian, pelanggan akan mudah mencari lokasi, dan mulai mencari tahu mengenai cara untuk sampai ke tempat bisnis/usaha tersebut.

Hal ini akan sangat jauh berbeda, jika Anda menandai lokasi yang tidak tepat, maka besar kemungkinan, Anda akan kehilangan pelanggan dengan cepat.

Karena dengan lokasi/peta yang salah, akan membuat pelanggan tidak akan pernah sampai ke tempat bisnis/usaha Anda.

2. Pastikan bahwa Website Bisnis yang Anda Miliki Aktif dan Bisa Diakses

Apa gunanya jika memasang Google Maps di website bisnis, jika website bisnis Anda tersebut tidak bisa diakses sama sekali.

Untuk itu, selalu pastikan bahwa website bisnis yang Anda miliki tersebut bisa selalu aktif, barulah Anda memikirkan untuk memasang Google Maps dengan cara memasang Google Maps di website, seperti yang telah dijelaskan diatas.

3. Pastikan Jaringan Internet Tidak Terputus

Adakalanya, saat Anda harus memasang Google Maps di website bisnis Anda, jaringan internet yang Anda gunakan tersebut tiba-tiba terputus, sehingga proses penandaan lokasi dan pemasangan Google Maps menjadi terhenti, dan Anda harus mengulangnya dari awal.

Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa jaringan internet yang Anda gunakan bisa berjalan tanpa ada kendala.

Itu dia beberapa informasi dan cara memasang Google Maps di website bisnis dengan mudah. Semoga penjelasan tersebut bisa memberikan inspirasi bagi Anda, untuk mempromosikan bisnis Anda pada salah satu layanan dari Google ini. Terima kasih!

Baca Juga : Pengertian Google Bisnisku

Gambar Gravatar
Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.