6 Cara Memutar Uang Agar Bisnis Semakin Menguntungkan

6 Cara Memutar Uang Agar Bisnis Semakin Menguntungkan

Berbisnis memang tidaklah mudah, apalagi mengharapkan bisnis yang maju dan menguntungkan. Selain mengeluarkan uang untuk modal, dan menjalankannya, pebisnis harus cerdas dalam mengelola finansial. Nah, agar pebisnis cerdas dalam mengelola finansial, pebisnis wajib mengetahui, memahami, serta menerapkan cara memutar uang.

Cara Memutar Uang agar Bisnis yang Maju dan Menguntungkan

Cara Memutar Uang agar Bisnis yang Maju dan Menguntungkan

Saat Anda berkeinginan membangun sebuah bisnis, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk memutar uang atau modal yang ada.

Tujuannya, agar Anda bisa memanfaatkan dan menjalankan peluang bisnis dengan lebih mudah. Dijamin, bisnis Anda bisa menjadi maju, sukses dan menguntungkan.

Baca Juga : Rekomendasi Bisnis yang Menjanjikan, Wajib Dicoba di Tahun Ini!

Nah, berikut ini beberapa cara memutar uang untuk mewujudkan bisnis yang sukses dan menguntungkan:

1. Cerdas Melihat Peluang Bisnis yang Ada

Seperti penjelasan di atas, dalam membangun bisnis, seorang pebisnis memang harus selalu memanfaatkan peluang yang ada. Pasalnya, peluang tersebut bisa membawa bisnis Anda ke sebuah kesuksesan dalam hidup.

Sayangnya, seorang pebisnis sebaiknya jangan tergiur dulu dengan peluang yang ada di depan mata. Justru, Anda harus berpikir cerdas tentang peluang tersebut.

Dalam hal ini, sangat wajib untuk seorang pebisnis untuk menyelidiki peluang yang ada. Misalnya, perhatikan tren, harga, target pasar, dan lainnya.

Sekalipun, Anda ingin mengambil peluang tersebut, Anda sudah membuat perencanaan yang baik, dan memperhitungkan plus dan minusnya dari peluang tersebut.

Bukan tanpa alasan, saat Anda mengambil peluang tersebut, maka Anda sedang memutar uang Anda untuk sebuah bisnis.

2. Manfaatkan Keuntungan untuk Bisnis Baru

Diharapkan, jangan merasa puas terlebih dahulu dengan keuntungan yang Anda peroleh dari bisnis pertama. Namun, Anda harus berpikir bagaimana caranya dari keuntungan tersebut Anda bisa memperoleh keuntungan yang lebih banyak lagi.

Di sini, Anda bisa putar kembali uang hasil keuntungan bisnis pertama untuk membangun sebuah bisnis baru. Akan tetapi, jangan terburu-buru juga dalam membangun bisnis baru.

Pastikan, keuntungan tersebut cukup atau kalau bisa lebih dari cukup untuk menjadi sebuah modal bisnis. Untuk itu, alangkah baiknya, hindari hasil keuntungan pertama untuk menjadi modal bisnis baru.

Cobalah untuk menyisihkan hasil keuntungan bisnis pertama Anda dalam kurun waktu tertentu. Selagi berjuang mengumpulkan modal dari keuntungan, susun perencanaan bisnis baru.

Ketika Anda sedang menyusun rencana bisnis, jangan lupa lihat dan pahami apa saja yang konsumen butuhkan. Ini memudahkan Anda dalam menyusun rencana tentang bisnis baru.

Meskipun begitu, memahami kebutuhan konsumen tidaklah mudah. Dalam hal ini, Anda perlu mempelajari pasar dan itu pun tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal menjadi bahan pertimbangan. Salah satunya adalah pesaing.

Dengan begitu, saat Anda bisa mengubah keuntungan menjadi modal, perencanaan bisnis pun juga semakin matang.

Hasilnya, Anda bisa menjalankan bisnis baru dengan mudah, baik dari sisi perencanaan dan finansial. Kesempatan untuk memupuk keuntungan pun lebih besar.

3. Jadikan Keuntungan sebagai Tambahan Modal

Masih ragu untuk mengalokasikan uang menjadi bisnis baru? Tenang saja, masih ada cara memutar uang lainnya agar keuntungan terus semakin besar.

Cukup arahkan fokus Anda pada perkembangan bisnis. Buatlah bisnis menjadi lebih besar. Contohnya, dari segi penambahan produk, target pasar hingga penjualannya. Bila perlu, Anda bisa membuka cabang dari bisnis Anda ini di tempat yang berbeda.

Bukan lagi menjadi rahasia umum, untuk memperbesar jaringan bisnis, hal utama yang paling dibutuhkan adalah modal. Umumnya, pebisnis akan melakukan pinjaman ke pihak ketiga, baik itu bank  maupun investor.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang cerdas dan pintar dalam memutar uang. Bila Anda pebisnis yang cerdas, pasti Anda lebih memilih menggunakan uang hasil keuntungan untuk tambahan modal.

Dampak baiknya, Anda tidak akan pernah membagi keuntungan untuk pembayaran kreditur ke pihak bank. Anda pun tidak perlu membagi keuntungan atau membayar dividen ke pihak investor.

Semua keuntungan yang Anda peroleh adalah milik Anda. Sebab, tambahan modalnya berasal dari Anda sendiri, bukan dari pihak lain.

4. Meningkatkan Skill Bisnis

Tidak ada salahnya untuk meningkatkan kemampuan bisnis dari keuntungan atau bahkan modal bisnis. Kendati begitu, pastikan cash flow dan hal yang berkaitan dengan finansial tidak terganggu atau bermasalah.

Mengasah terus skill  bisnis sesuai bidang yang Anda geluti menggunakan hasil keuntungan adalah cara memutar uang bisnis yang cerdas. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun dari uang pribadi Anda.

Keuntungan lainnya, meningkatnya skill merupakan salah satu modal untuk selalu mengikuti dunia bisnis yang terus berkembang.

Alhasil, Anda pun mampu mengembangkan bisnis menjadi lebih baik seusai perkembangan yang ada, seperti tren, dan kebutuhan konsumen.

Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk terus meningkatkan kemampuan dalam dunia bisnis. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan, seperti mengikuti pelatihan, mengikuti seminar, serta membeli modul tentang bisnis.

5. Lakukan Investasi

Berikutnya, manfaatkan keuntungan bisnis untuk mendapatkan income yang pasif. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan pendapatan pasif adalah dengan melakukan investasi.

Sebelum melakukan investasi, perhatikan beberapa hal penting ini:

  • Hindari Mengalokasikan Semua Keuntungan untuk Investasi

Hal pertama  yang menjadi perhatian yaitu dana untuk investasi. Karena modal atau dana dari investasi berasal dari keuntungan bisnis, jangan gunakan semua keuntungan sebagai modal awal investasi.

Sebaiknya, gunakan saja sebagian hasil keuntungan tersebut untuk modal awal investasinya. Itupun Anda lakukan setelah keadaan keuangan sudah stabil.

Kenapa begitu? Ini perlu dilakukan karena untuk menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, investasi tersebut tidak berhasil.

Alasan lainnya yaitu agar Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif secara berkala. Artinya, Anda bisa mendapatkan keuntungan secara continue.

  • Pilih Investasi yang Tepat

Pertimbangan lain sebelum melakukan investasi adalah jenis investasi yang akan Anda pilih. Pilih satu jenis investasi yang sekiranya mudah untuk Anda kelola.

Jadi, Anda berpeluang mendapatkan untung lebih besar karena Anda bisa mengelolanya dengan baik.

6. Pisahkan Uang Bisnis dan Uang Pribadi

Terakhir, Anda bisa memisahkan uang bisnis dan uang pribadi agar Anda bisa terus mendapatkan keuntungan dari bisnis. Justru, cara tersebut adalah cara yang paling mudah dalam memutar atau mengalokasikan uang dalam dunia bisnis.

Cara yang mudah untuk memisahkan uang bisnis dan uang pribadi adalah mencatat transaksi yang berkaitan dengan bisnis dalam buku kas. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui dengan pasti dan real time tentang cash flow bisnis tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa membuat rekening baru untuk menampung keuntungan bisnis dan diatasnamakan nama dari Anda.

Karenanya, semua pendapatan dari bisnis bisa terlihat jelas. Lalu, Anda pun tahu berapa besar keuntungan dari bisnis tersebut.

Tak hanya itu, uang dari keuntungan bisnis pun tidak akan bercampur. Anda pun akan terhindar dari pemakaian uang bisnis untuk keperluan pribadi.

Ketika Anda butuh tambahan modal untuk bisnis atau ada masalah dalam bisnis, Anda tidak perlu pusing lagi. Uang dari hasil keuntungan di rekening atas nama bisnis Anda bisa mengcovernya.

Demikian, berbagai cara memutar uang dalam bisnis. Diharapkan setelah Anda mengetahui, memahami dan menerapkan cara di atas, Anda tidak kesulitan dalam menjalankan bisnis.

Malahan, cara di atas bisa mendatangkan keuntungan yang besar untuk bisnis Anda.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Tanpa Modal, Bisa Dapat Profit Banyak!

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar