10 Ide Bisnis Tanpa Modal, Bisa Dapat Profit Banyak!

Bisnis Tanpa Modal

Memulai usaha adalah impian semua orang, akan tetapi sebagian orang memiliki pendapat untuk memulai usaha dengan menggunakan modal. Beberapa jenis usaha memang memerlukan modal, akan tetapi terdapat bisnis tanpa modal yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Ide usaha saat ini bermacam-macam jenisnya, mulai dari berjualan hingga membuka usaha sewa. Semua ide tersebut dapat dilakukan dengan menyesuaikan budget modal yang dimiliki.

Jika saat ini belum memiliki modal untuk usaha, terdapat ide usaha yang dapat dicoba sehingga mendapatkan keuntungan.

Tidak hanya menjalankan ide saja, namun terdapat  beberapa tips yang dapat dilakukan agar bisnis berjalan dengan lancar.

Berikut ini ide bisnis tanpa modal yang dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa saja beserta tips memulainya agar mendapatkan keuntungan:

Ide Bisnis Tanpa Modal dan Bisa Online

Jika Anda bingung untuk memulai bisnis tanpa modal, maka tidak perlu khawatir karena banyak sekali ide yang dapat dilakukan dengan mudah. Tentunya tidak mengeluarkan modal sama sekali.

Jika penasaran, berikut peluang bisnis tanpa modal awal yang dapat dicoba oleh siapa saja, diantaranya:

1. Menjual hasil foto ke situs online

Menjual hasil foto ke situs online

Jika Anda merupakan fotografer atau seorang yang suka dalam bidang fotografi, maka cocok sekali dengan ide bisnis pertama ini.

Jika selama ini fotografi hanya dijadikan sebagai hobi, namun saat ini bidang ini dapat dijadikan lading untuk menghasilkan uang.

Usaha tanpa modal seperti ini melakukannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengambil objek foto secara acak lalu kemudian unggah hasil tersebut pada situs jual beli foto seperti Shutterstock, Unsplash, Adobe Stock.

Selain itu juga dapat membuka jasa fotografer event seperti pernikahan, ulang tahun, dan lainnya.

2. Menjual jasa desain grafis

Menjual jasa desain grafis

Contoh bisnis tanpa modal yang kedua adalah dengan menjual jasa desain grafis. Apabila memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, cara ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Saat ini banyak yang berminat dikarenakan mudah untuk dilakukan

Akan tetapi cakupan dalam desain grafis sangat banyak, mulai dari membuat ilustrasi, logo, desain postingan media sosial, kemasan produk, dan sebagainya.

Jika ingin melakukan bisnis ini dengan kemampuan yang dimiliki, maka mulai terlebih dahulu dengan membuat portofolio hasil desain yang telah dibuat.

3. Menjual jasa pembuatan website

Menjual jasa pembuatan website

Sama seperti ide sebelumnya, jika tertarik untuk membuka usaha ini maka dibutuhkan skill yang mumpuni agar pelanggan puas dengan hasil yang telah dibuat.

Saat ini website banyak dibutuhkan dan masih sedikit orang yang dapat membuat website sesuai dengan keinginan pelanggan.

Sehingga jasa pembuatan website dapat dikatakan suatu bisnis tanpa modal yang menjanjikan untuk dicoba. Untuk membuka bisnis ini maka harus memiliki skill programming yang hebat.

Dengan bisnis ini, maka yang dibutuhkan hanyalah laptop dan kuota internet agar dapat mengakses yang yang dibutuhkan.

Baca Juga: Ide Bisnis Digital yang Bisa Jadi Pemasukan Anda

4. Menjadi penulis lepas

Menjadi penulis lepas

Kemampuan lainnya untuk membuka bisnis yaitu dengan menulis lepas. Hal tersebut dikarenakan tulisan merupakan hal yang penting agar dapat ditampilkan kepada audiens.

Terdapat beberapa jenis penulis antara lain, penulis makalah, artikel, konten, atau caption untuk kebutuhan sosial media.

Jika penasaran bisnis tanpa modal seperti ini, maka hal penting yang harus dilakukan yaitu dengan mencarinya di portal kerja freelancer atau komunitas yang serupa.

Contoh portal kerja yang dapat dicoba yaitu Sribulancer, Upwork, Fiverr. Contoh komunitas yaitu Freelancer Indonesia, Kami Kerja Remote, dan lainnya.

5. Menjadi translator

Menjadi translator

Menjadi translator juga dapat dilakukan agar dapat memulai usaha tanpa modal. Memang saat ini sudah tersedia aplikasi dan situs website untuk menerjemahkan dokumen yang diinginkan.

Namun tingkat akurasi aplikasi dan situs masih jauh berbeda jika dibandingkan dengan terjemah yang dilakukan oleh manusia.

Selain itu dengan menggunakan jasa ini, hasil akurasinya tinggi dan biasanya digunakan untuk dokumen yang legal. Meskipun begitu, model bisnis ini masih banyak diminati oleh siapapun.

Hanya bermodal koneksi internet dan laptop, siapapun dapat melakukan bisnis ini dengan mudah.

6. Menjadi guru les privat

Menjadi guru les privat

Saat ini banyak orang yang membuka les privat karena paling mudah untuk dilakukan. Jika Anda memiliki kemampuan akademis, maka bisnis ini cocok untuk dilakukan.

Caranya yaitu dengan menawarkan keahlian yang dimiliki seperti mata pelajaran sekolah, keterampilan memasak atau berenang.

Bisnis tanpa modal ini fleksibel dilakukan dalam bentuk online ataupun offline sesuai dengan keinginan.

Contohnya yaitu, jika Anda menawarkan les privat mata pelajaran sekolah, siswa tersebut dapat melakukan tatap muka atau menggunakan media seperti Zoom, Google Meeting untuk berkomunikasi.

7. Membuka usaha rental kaset game

Membuka usaha rental kaset game

Game konsol dalam bentuk kaset juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan. Jangan salah, bisnis ini juga cukup menjanjikan saat ini.

Tidak semua orang memiliki kaset game konsol sebagai hiburan dikarenakan harganya yang cukup mahal.

Kaset tersebut dapat disewakan kepada orang lain yang ingin memainkan game dengan berbagai durasi yang ingin ditawarkan.

Cara untuk melakukannya juga cukup mudah yaitu dengan menawarkan sewa kaset game konsol kepada teman atau kerabat terdekat sehingga berpeluang untuk dipromosikan di sosial media.

8. Membuka toko barang preloved

Membuka toko barang preloved

Bisnis tanpa modal di rumah yang dapat dilakukan oleh siapa saja yaitu membuka toko barang preloved yang sudah tidak terpakai tetapi kondisinya masih bagus.

Jangan salah karena sistem menjual barang preloved masih tinggi peminatnya. Dengan menjual barang bekas, maka usaha ini tidak mengeluarkan uang sedikitpun.

Jika tertarik, maka caranya cukup mudah yaitu dengan menjual barang yang Anda miliki ke sosial media dengan mengambil foto barang semenarik mungkin.

Setelah itu, tuliskan informasi seperti nama barang, deskripsi, dan harga yang ditawarkan agar calon pembeli mengetahui barang tersebut.

9. Membuka usaha dropship online shop

Membuka usaha dropship online shop

Bisnis dropship merupakan salah satu bisnis tanpa modal yang menarik untuk dicoba agar mendapatkan keuntungan. Sistem dropship yaitu menjualkan barang milik orang lain.

Jadi tidak perlu menyetok barang untuk menjualnya. Sebisa mungkin lakukan promosi agar barang tersebut terjual.

Jika ada pembeli yang akan membeli produk tersebut, maka hubungi supplier tersebut agar produk dikirimkan kepada alamat pembeli.

Hasil keuntungan dari dropship didapatkan dari selisih harga yang telah dipatok dari harga jual yang dipatok oleh supplier.

10. Bergabung dengan program afiliasi online shop

Bergabung dengan program afiliasi online shop

Bisnis afiliasi tanpa modal juga dapat dicoba oleh siapa saja dengan mudah. Afiliasi adalah program dimana penggunanya menjual suatu produk, pada saat produk tersebut terjual maka pengguna akan mendapatkan keuntungan.

Semakin banyak produk yang terjual, maka keuntungan yang didapatkan juga semakin besar.

Selain itu diperlukan ketekunan untuk mempromosikan produk menggunakan kode afiliasi agar mendapatkan keuntungan dari pembeli. Promosi dapat dilakukan diantaranya seperti review produk, atau promosi biasa ke sosial media.

Bergabung dengan program affiliate lebih mudah jika Anda sudah punya audiens sebelumnya. Seperti jumlah follower TIktok dan Instagram yang banyak.

Ini sudah banyak dibuktikan terutama oleh para influencer di luar sana yang dapat dengan mudah mendapatkan uang dari hasil affiliate ini.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari, Wajib Tahu!

Tips Memulai Bisnis Dengan Mudah

Tips Memulai Bisnis Dengan Mudah

Jika Anda baru pertama kali melakukan bisnis tanpa modal, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis tersebut berkembang baik dan menghasilkan keuntungan. Berikut tips memulai usaha tanpa modal dengan mudah, yaitu:

1. Fokus pada pekerjaan utama Anda

Sebagian orang yang menjalankan bisnis memiliki pekerjaan utama, bisnis hanya digunakan untuk mendapatkan income lain.

Apabila Anda memiliki pekerjaan utama, maka sebisa mungkin pertahankan pekerjaan tersebut. Jika menjalani bisnis dan hanya berhenti di awal, maka dapat mengurangi pemasukan.

Jika sudah memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan yang tetap, fokuslah kepada bisnis yang saat ini tengah dirintis agar mendapatkan pemasukan jika bisnis tersebut sedang turun.

Pekerjaan utama merupakan hal pengaman yang mampu menyelamatkan ketika bisnis sedang tidak baik-baik saja.

2. Manfaatkan beberapa hal yang dimiliki

Sebisa mungkin dalam melakukan bisnis, maka manfaatkan barang yang sekiranya dapat digunakan untuk menunjang keperluan.

Seperti contoh menjual barang yang tidak terpakai lagi. Tidak hanya itu, manfaatkan kemampuan dan skill yang dimiliki untuk menghasilkan keuntungan seperti menulis, programming, dan lainnya.

3. Rela untuk bersusah payah

Tips bisnis tanpa modal berikutnya yaitu dengan merintis mulai dari nol. Artinya semua bisnis tidaklah mudah dilakukan di awal waktu.

Seperti pepatah, berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian. Usahakan konsisten untuk memulai sesuatu agar mendapat keuntungan dengan maksimal..

4. Gunakan platform online untuk menunjang bisnis

Cara memasarkan bisnis agar dikenal oleh banyak orang yaitu dengan menggunakan platform online yang saat ini tersedia banyak di internet.

Dengan menggunakan platform online tentu akan mendapatkan keuntungan lebih. Adapun platform online yang dapat dicoba diantaranya WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain.

5. Ketahui tentang crowdfunding

Terakhir, tips memulai bisnis tanpa modal dengan mudah yaitu pelajari crowdfunding lebih lanjut.

Crowdfunding sendiri merupakan suatu cara mendapatkan dana dengan kolektif yang biasanya dilakukan oleh startup dan juga UMKM. Contoh dari crowdfunding sendiri di Indonesia yaitu Kitabisa dan Ayopeduli.

Dengan crowdfunding dapat membuka jalan untuk memulai bisnis. Akan tetapi diperlukan kreativitas dan inovatif agar produk yang dihasilkan dapat menarik minat masyarakat agar bersedia berdonasi untuk bisnis yang dikembangkan.

Sebelum itu, lakukan penyusunan proposal terlebih dahulu agar menarik.

Baca Juga: Ide Mengembangkan Bisnis Berskala Kecil yang Bisa Diikuti

Cara Mempromosikan Bisnis Yang Anda Miliki

Cara Mempromosikan Bisnis Yang Anda Miliki

Agar bisnis tanpa modal yang Anda miliki makin berkembang dan mengundang pelanggan untuk membeli produk yang dimiliki tentu terdapat cara tersendiri.

Beberapa cara tersebut sangat mudah dilakukan oleh pelaku bisnis pemula. Berikut cara mempromosikan bisnis tanpa modal dengan mudah, antara lain:

1. Manfaatkan media sosial untuk memasarkan produk

Cara pertama untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai media untuk berpromosi.

Setiap media sosial memiliki karakteristik pengguna yang berbeda-beda. Adapun media sosial yang dapat digunakan diantaranya Facebook, Instagram. TikTok, Whatsapp, dan sebagainya..

2. Mencoba iklan digital melalui influencer

Saat ini banyak ini iklan digital melalui influencer atau yang biasa dikenal dengan selebgram. Untuk melakukannya tentu harus mengeluarkan modal berupa harga.

Adapun tarif dari endorsement tersebut bervariasi sesuai dengan popularitasnya. Semakin populer maka akan semakin mahal biaya iklan tersebut.

Akan tetapi, juga terdapat influencer yang tidak menetapkan tarif atau gratis. Hanya saja sebagai gantinya pelaku bisnis harus mengirimkan produk yang akan ditawarkan ke media sosial.

Tidak hanya itu, platform Facebook dan Instagram juga menawarkan iklan digital dengan harga yang bervariasi.

Baca Juga : Apa itu Influencer?

3. Memperkuat komunitas bisnis

Cara ketiga untuk mempromosikan bisnis tanpa modal yang dimiliki juga dapat dilakukan dengan memperkuat komunitas bisnis.

Komunitas yang berisi dari kumpulan para pelaku bisnis yang biasa melakukan pertemuan baik virtual ataupun online. Dengan begitu, produk yang Anda miliki dapat ditawarkan ke konsumen lain.

4. Pelajari tentang SEO (Search Engine Optimization)

Website adalah hal utama yang digunakan pelaku bisnis untuk memberikan kredibilitas pada suatu usaha atau perusahaan.

Apabila budget untuk membuat website terbatas, maka solusi untuk membuat website dengan mudah. Manfaatkan WordPress atau Blogspot. Pelajari juga bagaimana SEO bekerja pada website tersebut.

5. Gunakan program referral

Jika dahulu promosi sering dilakukan melalui mulut ke mulut, maka saat ini cara lain untuk melakukannya yaitu dengan menggunakan program referral.

Akhir-akhir ini program referral banyak digemari oleh banyak orang. Bahkan beberapa orang menjadikan pekerjaan sampingan agar mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Hal yang Harus Dihindari Bagi Pebisnis Pemula

Hal yang Harus Dihindari Bagi Pebisnis Pemula

1. Tidak Mengatur Keuangan dengan Baik

Keuangan adalah jiwa dari sebuah bisnis. Dengan memulai bisnis, maka secara otomatis Anda akan memulai sebuah perputaran uang.

Sebaik apapun promosi, tingginya penjualan, jika keuangan tidak dikelola dengan baik, maka ini bisa membawa bisnis ke jurang kehancuran.

Ada banyak cara untuk mengatur keuangan usaha agar bisnis semakin maju, tidak jalan di tempat apalagi harus tutup. Salah satunya dengan memisahkan rekening usaha dan rekening pribadi.

Selain memudahkan dalam pengelolaan, cara ini juga dapat menghindari terpakainya uang usaha untuk keperluan pribadi yang berpotensi tidak tercatat.

Cara selanjutnya adalah dengan mencatat setiap keluar masuknya uang tanpa terkecuali.

Ini membantu pengusaha untuk melakukan tracking terhadap uang yang masuk dan keluar. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa diandalkan untuk melakukan ini.

2. Berlebihan Mengadakan Promo

Tidak bisa dipungkiri mengadakan promo adalah salah satu cara paling jitu untuk menggaet konsumen. Tapi promo yang tidak direncanakan dengan baik bisa membuat bisnis berjalan dengan tidak sehat.

Apalagi jika bisnis yang dijalankan memiliki banyak persaingan yang menuntut promo besar-besaran.

Hal ini bukan berarti kita tidak boleh membuat atau mengadakan promo. Akan tetapi ketika mengadakan promo tersebut, jangan lupa untuk melakukan perencanaan yang matang dan target yang jelas.

Jangan sampai berlebihan membuat promo namun tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

3. Tidak Mengembangkan Bisnis Ketika Ada Kesempatan

Selain harus berjalan, sebuah bisnis akan lebih baik lagi jika berhasil dikembangkan.

Jika Anda mengelola bisnis dengan baik, pasti ada beberapa kesempatan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Seperti membuka cabang, menambah produk, dan lain-lain.

Ketika kesempatan ini datang, jangan sia-siakan dengan tidak keluar dari zona nyaman. Karena bisa saja kesempatan tersebut tidak datang dua kali dan menjadi jalan bagi bisnis agar bisa menjadi lebih besar lagi.

Namun lagi-lagi jangan lupa untuk membuat perencanaan matang sebelum mengambil langkah yang besar.

Ada banyak jenis bisnis tanpa modal yang bisa dicoba dan dapat menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

Akan tetapi seperti jenis bisnis pada umumnya, Anda perlu mengelolanya dengan baik dan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan bisnis macet atau bahkan mengalami kebangkrutan.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar