16+ Hobi yang Menghasilkan Uang dan Menguntungkan

Hobi yang Menghasilkan Uang

Kebanyakan orang saat ini akan mengisi waktu luang mereka dengan melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat. Padahal ada banyak sekali jenis hobi yang menghasilkan uang di era digital saat ini. Pekerjaan yang menyenangkan adalah jenis hobi yang dibayar bukanlah hal yang bohong.

Ketika melakukan sesuatu pekerjaan yang disukai maka mengerjakannya pun dilakukan dengan semangat. Ketika menikmati pekerjaan tersebut ada kenikmatan tersendiri yang dirasakan saat itu. Apalagi jika hobi ini mampu menghasilkan uang yang menguntungkan.

Berbeda dengan jenis pekerjaan yang hanya dilakukan karena untuk memenuhi kebutuhan hidup saja. Tentu dalam mengerjakannya pun belum tentu nyaman, dan bisa mudah lelah, mudah bosan, dan bahkan jenuh dengan pekerjaan tersebut.

Macam-macam Hobi yang Menghasilkan Uang dan Cara Menghasilkannya

Pekerjaan yang didasarkan dari hobi atau kesukaan, juga bisa menambah penghasilan setiap bulan. Lihat ada peluang apa saja dari hobi yang atau sesuatu yang disukai, yang bisa dijadikan suatu pekerjaan.

Inilah beberapa jenis hobi yang menghasilkan uang lengkap dengan cara menghasilkannya:

1. Hobi Blogging

Hobi Blogging

Sejak lama hobi blogging atau ngeblog menjadi salah satu hobi yang dapat menghasilkan uang, sehingga mulai ditekuni oleh banyak orang.

Banyak orang yang tidak hanya menjadikannya sebagai hobi tapi juga sebagai penghasilan utama atau sampingan.

Menekuni sesuatu yang disukai memang menjadi sesuatu yang fleksibel dan memberikan kebebasan pada orang yang menekuninya. Misalnya dengan blogging ini, maka pemilik blog dapat mengatur kapan harus memposting artikelnya.

Kapan juga harus memilih topik apa saja yang ingin ditulis, dan dapat dikerjakan kapan saja sambil liburan atau sambil keliling dunia.

Jika memiliki hobi menulis jurnal/diary maka cobalah untuk mengalihkannya ke platform online seperti blog untuk menyulapnya menjadi suatu pekerjaan yang nantinya menghasilkan uang.

Cara menghasilkan uang dari menjadi seorang blogger adalah:

  • Memasang link affiliate.
  • Membuat ebook/kursus.
  • Menulis sponsored post.

Namun penghasilan yang diperoleh dari blogging ini tentu saja tidak instan. Tetap dibutuhkan kesabaran dan juga ketekunan yang nantinya akan menghasilkan rupiah. Dalam membuat blog ini dibutuhkan website untuk menampung seluruh artikel yang ditulis.

Kemampuan dalam menulis konten pun harus terus diasah dan ditingkatkan. Buat blog dengan niche/topik yang disukai misalnya di bidang kuliner lalu tulis review mengenai tempat-tempat makan ternama.

Baca Juga: Apa Itu Blogger? Sejarah, Manfaat dan Fiturnya

2. Hobi Menulis

Hobi Menulis

Suka menulis apa saja tapi tidak mau menuangkannya ke dalam blog? Tentu hal itu tetap bisa menjadi pilihan, karena dari hobi menulis maka Anda bisa menulis di platform manapun dan nantinya hal itu akan menjadi hobi yang menghasilkan uang.

Cara menghasilkan uang dari hobi menulis bisa dengan menjadi seorang freelance writer, caranya yaitu upload tulisan/artikel yang menarik yang nantinya diposting di website klien.

Ada banyak kesempatan di sana, dalam membangun relasi dengan para freelancer atau menemukan calon-calon klien yang potensial. Cara menghasilkan uang dari hobi menulis ini bisa juga dengan menjadi:

  • Content marketing.
  • Menulis review produk atau review tempat.
  • Menulis deskripsi dari sebuah produk.

Hal penting dan utama dalam mempersiapkan hobi yang menghasilkan uang banyak dari menulis adalah, mempersiapkan kemampuan menulis yang mumpuni.

Tapi jika menekuni hobi menulis ini sudah sejak lama seharusnya skill menulisnya sudah meningkat.

Menulis konten dapat dilakukan di mana saja misalnya workspace, rumah, ataupun kantor. Diperlukan komputer/laptop pribadi untuk menjalankan profesi ini disertai tempat kerja yang nyaman.

Kemudian buat akun dan sharing contoh tulisannya di situs freelance, dengan mengekspos karya tersebut maka peluang mengembangkan sayap akan semakin melebar.

Baca Juga: Pengertian Content Writer, Dapatkan Uang dari Menulis!

3. Hobi Fotografi

Hobi Fotografi

Skill di bidang fotografi tentunya akan terus dibutuhkan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Ada fotografer yang dibayar mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, yang diperlukan untuk mengabadikan momen penting seperti misalnya pernikahan, mendokumentasikan acara-acara penting, hingga membuat foto produk.

Jika memiliki kreatifitas yang tinggi dalam bidang fotografer tersebut dan senang dengan dunia foto-foto, maka hobi di bidang ini bisa menjadi salah satu pekerjaan yang menghasilkan uang.

Cara menghasilkan uang dari hobi fotografi dan mendapat uang tambahan, adalah dengan cara berikut:

  • Menekuni fotografi pernikahan.
  • Menekuni fotografi udara.
  • Menekuni fotografi produk.

Masih banyak bidang lainnya yang bisa ditekuni dari hobi yang dibayar tersebut. Dalam menjadi seorang fotografer yang profesional maka dibutuhkan aksesori berupa kamera yang juga profesional.

Perlengkapan esensial lainnya seperti drone, properti foto, tripod, hingga lensa kamera juga bisa dipersiapkan. Dalam mengubah hobi fotografi menjadi uang tentu harus memiliki spesialisasi yang jelas dan keahlian.

Setelah itu buatlah website fotografi untuk menampilkan seluruh hasil foto yang telah diambil.

4. Hobi Dekorasi Rumah

Hobi Dekorasi Rumah

Mendekorasi rumah juga bisa menjadi salah satu tren baru dari hobi yang menghasilkan uang mudah. Banyak orang yang dengan senang hati mendekorasi rumah mereka sehingga huniannya menjadi lebih nyaman dan juga cantik.

Menata sebuah ruangan menjadi lebih indah, mengecat tembok, hingga memasang aksesoris atau hiasan di dinding tentunya membutuhkan skill yang mumpuni.

Itulah sebabnya mendekorasi rumah juga bisa menjadi salah satu hobi yang dapat menghasilkan uang. Cara mendapat penghasilan dari mendekor ruangan atau rumah bisa dengan cara berikut ini:

  • Menawarkan layanan jasa dekor.
  • Menjadi home organizer.
  • Membuat desain interior.

Dari hobi mendekorasi rumah maka seseorang bisa menjadi seorang desainer interior yang profesional, apalagi jika sudah mempunyai kualifikasi yang sesuai.

Apalagi biasanya klien tidak memiliki perabotan yang diperlukan dalam mendekor rumah mereka.

Maka jika ingin menjadi desainer interior sebaiknya beli perlengkapan yang mendukung seperti toolkit, kuas cat, kain penutup yang akan melindungi furnitur dan juga lantai yang dipakai saat mengecat, dan juga tangga.

Supaya klien yakin dengan kemampuan dalam mendesain interior ruangan tersebut, buat juga portofolio melalui media sosial atau website dan membangun online presence.

5. Hobi Bermain Game

Hobi Bermain Game

Banyak sekali orang yang memiliki hobi bermain game, apalagi jika hobinya ini bisa dibayar.

Kini impian menjadi pemain game dan dibayar bisa menjadi kenyataan, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan dari hobi main game tersebut di era digital saat ini.

Dalam menjadi seorang gamer sejati yang berpenghasilan bisa melakukan cara berikut:

  • Membuat acara live streaming main game.
  • Menjadi game tester.
  • Membuat video review mengenai sebuah game tertentu.

Headset dan juga komputer gaming harus dimiliki jika ingin berpenghasilan dari bermain game. Hal itu akan sangat menunjang performa dalam penampilan ketika memainkan game.

Jika bermain game di hadapan audiens secara langsung sebaiknya siapkan juga alat-alat seperti webcam yang profesional, mikrofon, dan koneksi internet yang harus stabil.

Alat lain yang tak kalah penting adalah kursi gaming yang akan memberi kenyamanan sekaligus membuat tampilan menjadi lebih profesional.

6. Hobi Membuat Video

Hobi Membuat Video

Mencari hobi yang menghasilkan uang caranya sangat mudah, ketahui dulu apa yang disukai dan ahli di bidangnya. Misalnya hobi dalam membuat video atau yang berkaitan di bidang videografi.

Jasa video shooting saat ini sudah sangat dibutuhkan, apalagi semakin banyaknya orang yang membuat konten video. Jasa ini juga biasa diperlukan dalam dokumentasi sebuah acara, membuat konten pemasaran, hingga membuat video profil untuk suatu perusahaan.

Tak hanya diperlukan teknik shooting yang baik tapi dalam menghasilkan uang di bidang videografi juga diperlukan keahlian dalam mengedit, yang akan menghasilkan video yang memuaskan dan juga berkualitas.

Cara menghasilkan uang dari hobi videografi ini bisa dengan cara seperti di bawah ini:

  • Membuat channel di Youtube.
  • Membuat video untuk perusahaan.
  • Mendokumentasikan sebuah acara.

Sebagai seorang videografer pastikan juga sudah memiliki kamera video beserta perlengkapan penting lainnya seperti kamera, lensa, tripod, dan sejenisnya. Tapi untuk usaha permulaan gunakan saja peralatan yang sudah ada saat ini.

Jika sudah punya cukup uang bisa menginvestasikan alat-alat lainnya yang diperlukan. Siapkan juga software editing jika bagian editor juga dilakukan sendiri, jika tidak bisa menggunakan jasa editor video.

7. Hobi Desain dan Ilustrasi

Hobi Desain dan Ilustrasi

Hampir seluruh bidang kreatif memang bisa dijadikan sebagai hobi yang menghasilkan uang. Termasuk hobi dalam bidang membuat desain dan ilustrasi.

Sama halnya dengan menjadi videografer dan fotografer seorang desainer grafis dan ilustrator juga dapat menghasilkan keuntungan yang besar, dengan menjual karyanya pada orang-orang yang memerlukannya.

Jenis bisnis yang bisa dijalankan yang berkaitan dengan desain dan ilustrasi yaitu:

  • Bisnis print on demand.
  • Berjualan di marketplace.
  • Menjadi freelancer.

Hal pertama yang harus dan wajib dimiliki saat menjadi desainer grafis dan ilustrator adalah, alat-alat untuk menggambar dan mendesain.

Alatnya bergantung pada spesialisasi yang dimiliki dan sangat beragam seperti misalnya buku gambar, pensil, printer, cat air, sampai drawing pad.

Seorang desainer grafis biasanya juga memerlukan software khusus untuk mendesain agar bisa memoles karyanya menjadi lebih optimal dan lebih detail. Pertimbangkan juga untuk memiliki investasi berupa kursi kerja yang ergonomis, dan meja yang adjustable.

Supaya proses bekerja menjadi lancar dan nyaman dan bisa menjaga kesehatan punggung dan juga leher.

Baca Juga: 10 Tips Menulis Portofolio (Semua Bidang), Jobseeker Wajib Tahu!

8. Hobi Memasak

Hobi Memasak

Punya hobi memasak dan sudah percaya diri dengan rasa dari hasil masakannya?

Maka memasak bisa menjadi salah satu hobi yang dapat menghasilkan uang. Ada banyak sekali jalan yang bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan dari bidang kuliner.

Cobalah dengan membuka bisnis kuliner sendiri secara kecil-kecilan terlebih dulu. Mulai dengan cara sederhana misalnya berjualan secara online.

Bisnis waralaba ini dapat menjadi bisnis yang paling aman karena makanan adalah kebutuhan pokok dan yang paling banyak dicari oleh banyak orang. Dalam mulai menghasilkan uang dari hobi memasak bisa mencoba cara-cara ini:

  • Membuka usaha katering.
  • Membuka kursus memasak.
  • Bisnis makanan secara online.

Sertifikasi yang diperlukan dalam bidang kuliner diantaranya yaitu sertifikasi halal, kebersihan makanannya, dan masih banyak lagi. Sedangkan jika ingin memulai atau membuka kursus memasak harus mempersiapkan alat masak yang lengkap.

Buat juga website khusus kuliner yang digunakan untuk mempromosikan bisnis, menjual produk secara online atau berupa gift card, dan menerima pesanan.

9. Hobi Programming

Hobi Programming

Dari seluruh hobi yang menghasilkan uang unik ini, ada lagi hobi lainnya yaitu hobi programming/coding.

Hobi ini akan menjadi hobi yang paling tricky dan challenging, karena diperlukan ketelatenan dan juga waktu yang tidak sebentar untuk mempelajari skillnya.

Tapi bagi seseorang yang suka dengan mengutak atik baris kode maka hobi ini akan menjadi peluang yang sangat tepat. Menghasilkan uang dengan menjadi seorang programming bisa dilakukan dengan langkah ini:

  • Membuat aplikasi baru yang bermanfaat.
  • Mengikuti kompetisi.
  • Membuka kursus coding.

Dalam memulai bisnisnya, pastikan sudah ada komputer yang kompatibel dengan beragam aplikasi pemrograman yang digunakan.

Pastikan storage di aplikasinya cukup, terdapat keyboard yang memadai, dan sudah ada prosesor minimal menggunakan Intel Core i3.

Jika sudah ada komputer yang tepat maka lengkapi lagi dengan software khusus programming seperti SQL, Linux, Text Editor, dan sebagainya.

Dibutuhkan juga kesabaran dalam mempelajari bidang ini dan bisa mengembangkan skill coding, sampai akhirnya bisa menghasilkan uang dari sana.

10. Hobi Melukis

Hobi Melukis

Melukis hampir selalu menjadi hobi banyak orang sejak kecil, dan setelah dewasa juga dapat menjadi hobi yang menghasilkan uang. Melukis tidak hanya sekadar kegiatan yang menyenangkan saja, atau untuk mengisi waktu luang.

Tapi hobi melukis juga cukup potensial untuk menjadi salah satu sumber penghasilan saat ini. Apalagi saat ini sudah ada teknologi internet yang akan membantu dan mendukung pekerjaan sehingga lukisan yang dibuat bisa dijual ke seluruh dunia.

Cobalah untuk menguangkan karya seni melukis Anda dengan cara berikut:

  • Menjual hasil lukisannya di marketplace.
  • Menerima komisi.
  • Membuat galeri online melalui website.

Jika ingin menjadi seorang pelukis profesional tentu harus memiliki peralatan melukis yang lengkap. Setidaknya memiliki alat-alat dasar seperti cat, kuas, kanvas dan sebagainya, sambil dipertimbangkan untuk memiliki alat lainnya yang lebih lengkap.

Para seniman di zaman sekarang juga memerlukan website untuk mempublikasikan karya, menjual karya seni, dan juga menarik para klien.

Akun media sosial juga tidak kalah penting dalam mempromosikan skill yang dimiliki dan dalam membangun audiens.

11. Hobi Crafting

Hobi Crafting

Hobi crafting juga menjadi salah satu jenis hobi yang sedang populer saat ini, yang juga sering digunakan untuk mengisi waktu luang. Tak hanya bagi orang tua tapi juga bagi para generasi muda yang ikut menggandrungi hobi tersebut.

Bahkan tak sedikit orang-orang yang rela membeli kerajinan tangan dengan harga yang tidak murah. Modal dalam menjalankan hobi crafting sebenarnya cukup banyak, maka manfaatkan saja hobinya untuk menghasilkan uang.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan hobi crafting tersebut, diantaranya yaitu:

  • Memperbarui furniture lama.
  • Membuat kerajinan tangan custom atau sesuai pesanan.
  • Mengadakan sebuah workshop.

Sama halnya dengan jenis hobi kreatif yang lainnya, perlengkapan dan juga peralatan yang dibutuhkan harus sudah ada. Apakah hobi ini akan menjadi penghasilan utama/sampingan, website juga tetap dibutuhkan.

Website ini nantinya akan membantu para calon konsumen dalam memilih koleksi hasil kerajinan tangan mana saja yang akan dibeli, dan menghubungi penjual dengan lebih mudah jika sudah ada website.

Membuka kursus membuat kerajinan tangan juga bisa menjadi pilihan tepat, tapi siapkan juga asuransi yang akan menjamin keselamatan para peserta ketika mengikuti kursus untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

12. Hobi Bermusik

Hobi Bermusik

Musik menjadi salah satu hal yang disukai banyak orang dari anak kecil hingga orang dewasa. Hobi dalam bermusik pun bisa menjadi pilihan tepat jika memang memiliki kesukaan sekaligus keahlian dalam bidangnya.

Bermain musik tidak hanya menjadi suatu kesenangan saja, tapi jika ditekuni dengan baik bahkan bisa menjadi profesi yang menghasilkan uang. Bahkan bermain musik juga bisa menghasilkan pemasukan yang menguntungkan.

Hobi menulis lagu, menyanyi, atau bermain alat musik bisa menjadi ide bisnis yang dapat dicoba seperti berikut ini:

  • Membuat lagu yang bebas royalti.
  • Menjual musik yang dibuat sendiri.
  • Membuka kursus musik.

Peralatan yang diperlukan di bidang musik tentunya tidak sama karena ada yang ingin membuat musik sendiri, maka dibutuhkan headphone studio dan juga digital audio workstation.

Jika menjadi guru musik ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk memiliki sertifikasi. Cobalah untuk berlangganan platform musik secara digital juga, untuk membangun networking dan profil dengan para musisi yang lainnya.

13. Hobi Olahraga

Hobi Olahraga

Bahkan hobi berolahraga pun bisa menghasilkan uang. Lihat saja para atlet yang bisa mendapatkan uang dari keahliannya dalam berolahraga, yang diawali dari hobi mereka.

Hobi yang menghasilkan uang yang satu ini, harus dibarengi dengan skill mumpuni serta semangat yang kuat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam menjalankan hobi olahraga agar bisa menghasilkan uang, dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

Apalagi sekarang ini semakin banyak orang yang sadar mengenai pentingnya menjaga kesehatan tubuh, dengan cara berolahraga. Peluang bisnis yang terbuka tersebut semakin bervariasi dan semakin lebar.

Ide bisnis yang bisa dijalankan dari hobi olahraga diantaranya sebagai berikut:

  • Menjual alat-alat olahraga.
  • Membuat video workout.
  • Menjadi personal trainer.

Pertama-tama kuasai skill dalam berolahraga tersebut jika ingin membuka bisnis di bidang olahraga, misalnya membuat video workout.

Tapi jika minatnya lebih besar ke personal trainer maka dapatkan sertifikasi terlebih dulu, karena bisa saja di masa mendatang ada kejadian tak terduga yang berkaitan dengan fisik si klien.

Gunakan juga akun media sosial untuk membangun dan menambah jumlah followers, dan membentuk personal branding yang baru.

14. Hobi Merawat Hewan Peliharaan

Hobi Merawat Hewan Peliharaan

Dibayar untuk merawat hewan peliharaan sambil bermain-main dengan hewan yang lucu dan menggemaskan?

Tentu akan menjadi suatu pekerjaan yang menyenangkan. Apalagi jika pada dasarnya memang suka dengan binatang apapun atau jenis binatang tertentu.

Tapi ketahui terlebih dulu bagaimana cara merawat binatangnya kemudian tentukan kira-kira jenis bisnis apa yang bisa dijalankan nantinya. Jenis bisnis yang cocok dengan hobi merawat hewan peliharaan misalnya:

  • Membuka salon hewan.
  • Menjual makanan dan juga mainan hewan.
  • Membuka usaha penitipan hewan.

Dari banyaknya hobi yang menghasilkan uang di atas, kebanyakan dari jenis hobinya harus memiliki keahlian khusus yang berkaitan dengan hobi tersebut. Bahkan dibutuhkan pelatihan khusus dan kualifikasi.

Sama dengan bisnis yang berkaitan dengan hobi hewan peliharaan ini, yang tidak hanya dibutuhkan skill tapi juga peralatan yang memadai dan lakukan pekerjaannya dengan optimal.

Alat yang dibutuhkan misalnya alat mandi, perlengkapan P3K hewan, dan juga grooming set. Jika bisnisnya mulai berjalan tentu dibutuhkan rekan kerja yang akan menjalankan usaha atau menemaninya saat senggang.

15. Hobi Hiking

Hobi Hiking

Hiking menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan dan juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bahkan banyak juga orang yang menganggap hiking bukan sekadar hobi tapi juga gaya hidup.

Namun saat ini hobi hiking juga bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan, walaupun hanya dilakukan di sela waktu kerja saja. Tapi hobi ini juga bisa menghasilkan uang yaitu dengan cara:

  • Menjadi guide selama dilakukannya pendakian.
  • Menjadi seorang content creator.
  • Survei di daerah.

Seorang pendaki gunung yang sudah profesional akan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan aktifitas di luar ruangan.

Maka dari itu, siapkan tas punggung yang memiliki daya tahan kuat, perlengkapan P3K, botol air minum dengan kapasitas besar, dan sebagainya.

Walaupun sudah tidak asing lagi dengan rute pendakiannya tetapi tidak menutup kemungkinan saat sedang mendaki, Anda kehilangan arah bahkan sampai tersesat di gunung tersebut.

Untuk itu diperlukan juga sistem navigasi seperti misalnya aplikasi, peta, atau bisa juga kompas yang akan sangat berguna ketika menemui kejadian tidak terduga seperti tersesat atau kehilangan arah.

Diperlukan juga website yang sederhana saja, yang isinya adalah informasi kontak, booking form, dan jadwal tur jika bisnis yang akan dijalankan adalah tur dalam pendakian gunung.

16. Hobi Fashion

Hobi Fashion

Fashion menjadi salah satu bidang paling populer saat ini, dan banyak dijadikan bidang bisnis. Hobi yang menghasilkan uang lainnya dan diperlukan juga pengetahuan serta keahlian khusus, bisa memasukkan kategori fashion di dalamnya.

Apalagi jika sudah tahu istilah yang ada di dunia fashion, bisa menjahit baju sendiri, pandai dalam memadupadankan busana yang dipakai, dan sebagainya maka cara menghasilkan uang dari bidang fashion bisa menjadi passion tersendiri.

Ide bisnis yang berkaitan dengan hobi fashion diantaranya adalah:

  • Menjadi fashion stylish.
  • Bisnis pakaian custom.
  • Bisnis permak pakaian.

Untuk memulai bisnisnya buat website terlebih dahulu dan akun sosmed yang krusial dalam mendatangkan pelanggan, untuk bisnis fashion tersebut.

Jika ingin membuka bisnis dalam bidang Tailor atau permak pakaian, beli mesin jahit yang awet dan kualitasnya bagus.

Ditambah dengan peralatan untuk menjahitnya lengkap dan pernak pernik lain yang diperlukan. Sebaiknya miliki juga selera fashion yang bagus, unik, dan kekinian dengan memilih paduan pakaian yang tepat serta berkreatifitas tinggi.

17. Hobi Make Up

Hobi Make Up

Hobi yang menghasilkan uang besar lainnya biasa diuangkan melalui channel Youtube atau media sosial yang lainnya. Seperti misalnya hobi make up yang banyak dibutuhkan, dan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Sehingga banyak sekali peluang dalam bisnis make up ini yang menjanjikan, menghasilkan uang, dan menguntungkan, dari merias wajah orang lain. MUA atau Make Up Artis menjadi profesi yang banyak dibutuhkan untuk acara tertentu.

Menghasilkan uang dari hobi make up ini bisa dilakukan dengan bisnis berikut:

  • Make up pengantin.
  • Berjualan kosmetik atau skincare.
  • Membuat tutorial make up di channel Youtube.

Seorang MUA yang profesional juga harus memiliki alat dan juga produk make up yang lengkap, seperti brush, primer, foundation, lipstik, dan yang lainnya. Jika membuat label kosmetik sendiri juga bisa tapi harus melalui beberapa tahapan.

Contohnya saja melakukan kolaborasi dengan laboratorium yang sudah memiliki lisensi, kemudian menawarkan jasa membuat suatu produk kosmetik.

Apabila hasil produksinya layak digunakan daftarkan langsung pada lembaga kesehatan yang memiliki wewenang.

Lakukan juga survei atau riset di pasar kosmetik untuk mencari tahu seperti apa produk kosmetik yang dibutuhkan oleh pasar. Prosesnya memang tidak mudah, tapi keuntungannya bisa melimpah.

Banyaknya pilihan hobi yang menghasilkan uang dan sudah dijelaskan di atas, bisa menjadi pilihan tersendiri bagi Anda yang ingin menghasilkan uang hanya dari hobi atau dari keahlian yang dimiliki. Apalagi jika hasilnya pun fantastis dan juga sangat menguntungkan.

Baca Juga : 9 Cara Menambah Penghasilan dari Internet yang Mudah dan Aman

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar