15 Jenis Software ERP Untuk Berbagai Macam Bisnis

Pengertian dan Jenis Software ERP Untuk Berbagai Macam Bisnis

Jenis software ERP untuk bisnis berbeda-beda tergantung kepada tipe bisnis yang dibangun, sistem perusahaan, dan juga berbagai faktor lainnya.

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah layanan software yang memiliki banyak kegunaan.

Beberapa kegunaannya adalah untuk melakukan pembagian gaji karyawan, pemasaran, penjualan, pengadaan barang, akunting, dan lainnya. Sistem ini sangat berguna terlebih lagi dalam sebuah perusahaan besar.

Dalam prakteknya, ERP dapat diatur dengan menggunakan software tertentu yang disebut dengan software ERP.

Penggunaannya adalah untuk merekam seluruh aktivitas bisnis dalam sistem, sehingga dapat terekam dan lebih mudah dalam mengendalikannya.

Jenis Software ERP yang Banyak Digunakan

Ada beberapa jenis software ERP yang sangat populer di kalangan pengguna karena sangat membantu kerja dari pemilik bisnis dan usaha.

Untuk itulah menggunakan aplikasi ini tentunya akan mempermudah kinerja pengaturan manajemen perusahaan.

1. NetSuite ERP

NetSuite ERP

Aplikasi ini dapat memberikan berbagai fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Penggunaan utamanya adalah pada perekaman catatan keuangan di dalam bisnis. Contohnya seperti untuk tujuan audit pengeluaran dari sebuah bisnis.

Selain itu, NetSuite ERP memiliki control dalam bidang supply chain yang sangat baik.

Hal ini digunakan untuk pengelolaan keuangan dan juga sumber daya sehingga kondisi bisnis tetap stabil. Jangan khawatir jika Anda sudah menggunakan aplikasi lain sebelumnya.

Fitur built in intelligence systemnya menawarkan berbagai solusi menarik untuk bisa melakukan migrasi data.

Keunggulan lainnya adalah memiliki penganggaran dan pengelolaan SDM yang baik, reputasi brand yang sangat terkenal, dan semua dikelola dengan sangat akurat.

2. FinancialForce ERP

FinancialForce ERP

Produk ini terintegrasi dengan CRM Salesforce yang lebih menitikberatkan pada pengelolaan keuangan dan juga pelanggan secara bersamaan.

Jadi, tidak hanya keuangan atau internal perusahaan saja yang diperbaharui, akan tetapi juga layanan pelanggan yang baik.

Penekanannya adalah pada efisiensi waktu dan juga biaya dalam bisnis yang dilakukan. Selain itu penting juga untuk menangkap semua informasi tentang pelanggan sehingga bisa dipergunakan inovasi dan pembaharuan produk.

FinancialForce ini sangat membantu bagi tim keuangan dan profesional di perusahaan untuk berbagai informasi lintas departemen, kolaborasi, dan juga mempercepat kemajuan perusahaan.

Aplikasi ini adalah salah satu jenis software ERP yang banyak dicari oleh perusahaan.

3. SAP S/4 HANA

SAP S4 HANA

Ada banyak software SAP sehingga Anda harus memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk aplikasi ini dapat dipergunakan untuk pemaparan dan juga penyajian dari nilai bisnis.

Di dalamnya sudah terdapat tools analitik yang tersimpan dalam cloud, mobile, dan juga di dalam memori.

Dengan adanya hal ini tentu akan mempermudah Anda untuk untuk melakukan analisis demi memperlancar arus kas dan juga transaksi.

Dalam sistem umum manajemen basis data telah diatur sedemikian rupa. Sehingga dapat terintegrasi secara real time dengan perjalanan bisnis Anda.

Fungsi dan keunggulan lainnya adalah untuk melacak berbagai sumber daya dalam bisnis, aliran dana dan uang, bahan dasar utama, kapasitas produksi, arus kas dan penjualan, dan juga masih banyak yang lainnya.

Untuk itulah banyak pengusaha menggunakan SAP S/4 HANA.

4. IDEMPIERE ERP

IDEMPIERE ERP

Software ini merupakan ERP open source, yang artinya dapat dengan mudah di download di internet karena tidak terhubung atau afiliasi tertentu dengan perusahaan pengembang.

Meski begitu, biasanya kelemahannya adalah terletak pada fitur yang terbatas.

Coba kita lihat jenis software ERP yang satu ini, keunggulannya adalah dapat dikustomisasi dengan kebutuhan bisnis masing-masing.

Karena sejatinya sistem bisnis sangatlah bergantung kepada jenis usaha itu sendiri. Belum tentu jenis satunya akan dapat diterapkan ke yang lain. Begitu juga sebaliknya.

Untuk aplikasi ini sebaiknya Anda gunakan pada bisnis skala kecil dan menengah karena sistemnya sangat sederhana dan mudah untuk dimengerti.

Misalnya saja dalam bisnis manufaktur sangat cocok diterapkan karena mampu menyederhanakan kompleksitasnya.

Baca Juga: 26 Aplikasi Pencatatan Keuangan Terbaru (Berbagai Fitur & Gratis)

5. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal

Jenis software ERP ini merupakan aplikasi yang baru dikembangkan dan juga dioperasikan dengan berbasis cloud.

Sehingga dalam penggunaannya tidak perlu melakukan instalasi pada perangkat, cukup dengan terhubung ke internet. Selanjutnya Anda sudah bisa mengakses Mekari Jurnal.

Kegunaan utamanya adalah dalam akuntansi perusahaan untuk beberapa tujuan seperti invoice dan PO untuk membuat faktur penjualan, pembelian, surat jalan, langsung tersedia secara otomatis.

Anda hanya tinggal melakukan input tanggal dan data barang yang akan dikirim.

Selain itu juga terdapat kontrol stok persediaan dan opname. Terintegrasi dengan akun bank pembayaran, sehingga lebih mudah melakukan pelacakan.

Laporan keuangan juga sudah tersusun dengan aktivitas bisnis secara real time sehingga ANda hanya tinggal melakukan kontrol sistem.

6. Infor Visual

Infor Visual

Software ini sangat cocok untuk industri manufaktur yang menawarkan berbagai solusi lengkap yang mencakup seluruh siklus operasional dalam perusahaan. Semua proses dapat Anda dokumentasikan dan analisis di dalam software.

Mulai dari perencanaan, pembuatan produk, pengiriman barang, dan manajemen dapat dikontrol dengan menggunakan aplikasi ini.

Semua perencanaan termasuk proses produksi yang kompleks, rantai pasok, akuntansi, SDM, keuangan, manajemen, pelaporan, layanan pelanggan juga terlayani.

Beberapa industri manufaktur yang menggunakan layanan dan jasa software ini adalah otomotif, elektronik, peralatan perindustrian, alat-alat medis, dan berbagai jenis industri lainnya.

Aplikasi ini sepenuhnya terintegrasi dengan sistem canggih sehingga dapat merencanakan sistem terpadu.

7. Jenis Software ERP untuk Bisnis Pemula Ecount

Jenis Software ERP untuk Bisnis Pemula Ecount

Biasanya pengguna aplikasi ini adalah bisnis dalam skala kecil dan menengah yang sedang mengembangkan usahanya.

Fungsinya sangat baik yaitu mengintegrasikan faktur, sistem penggajian, anggaran, manufaktur, manajemen pembelian, dan lain sebagainya.

Program ini juga sudah tersedia dalam cloud sehingga tidak perlu lagi melakukan berbagai setting yang rumit untuk dapat menggunakannya.

Selain itu, sistemnya juga langsung mendapatkan pembaruan terbaru tanpa perlu membayar biaya kembali. Hal ini sangat mempermudah pekerjaan.

Beberapa keunggulan lainnya seperti adanya sistem grup untuk memantau tim secara terorganisir, sistem customer service aplikasi yang dapat diandalkan saat Anda mengalami kesulitan dengan Ecount.

Selain itu juga tersedia berbagai fitur yang lengkap sehingga digunakan banyak pengusaha.

8. ERP Next

ERP Next

Jenis software ERP ini juga merupakan open source yang sangat berguna untuk manajemen persiapan dan juga melakukan penyederhanaan penjualan produk.

Berbagai usaha kecil dan menengah biasanya menggunakan sistem ini untuk mengelola penjualan, inventarisasi, dan akuntansi.

Bentuk sistem operasi yang sifatnya open source membuatnya mudah untuk disinergikan dengan perangkat lunak pihak ketiga lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan cloud penyimpanan secara online, instalasi lokal pengguna, dan komunitas pengguna yang cukup besar.

Untuk itulah banyak keunggulan dari menggunakan ERP Next dalam hubungannya dengan kontribusi pengembangan sistem dan manajemen perusahaan.

Anda dapat memilih menggunakan aplikasi ini jika masih dalam tahap pengembangan bisnis di tahap awal.

9. Odoo ERP

Odoo ERP

Odoo dapat dipergunakan untuk mengelola berbagai macam bisnis mulai dari manajemen proyek, CRM, SDM, inventarisasi control, hingga penjualan omnichannel.

Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur canggih yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menambahkan berbagai jenis fitur lainnya.

Apabila menggunakan sistem ini, maka Anda akan mendapatkan sistem modern dan canggih yang bisa melakukan update segala proses dalam perjalanan usaha.

Mulai dari pengiriman, menghitung biaya inventaris, administrasi, dan juga pelaporan yang sangat akurat.

Untuk itulah Anda bisa menekan biaya TCO dengan sistem yang sangat baik.

Fleksibilitas yang tinggi juga menjadi keunggulan dari Odoo sebagai jenis software ERP terbaik, sehingga banyak digunakan oleh pengusaha untuk melakukan control dan menciptakan sistem dalam usahanya.

10. Deltek Vision

Deltek Vision

Aplikasi ini berbasis web dan tersedia dalam sistem cloud atau on premise. Untuk itulah Anda tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan layanan dari Deltek Vision.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan nya adalah manajemen sumber daya, proyek, akuntansi.

Selain itu juga memberikan fitur tentang pengembangan bisnis, manajemen waktu dan biaya, juga berbagai fitur lainnya.

Deltek juga mengelola berbagai aspek keuangan seperti hutang piutang, pendapatan, penganggaran, dan juga dukungan perusahaan.

Berbagai fitur aplikasi yang berhubungan dengan kinerja karyawan juga digunakan dalam software ini yaitu untuk mengelola klien, memantau penjualan, melacak berbagai peluang, riset pasar, konsultasi IT, manajemen, dan lain sebagainya.

11. GT Enterprise Suite

GT Enterprise Suite

Sedangkan yang satu ini merupakan aplikasi pengelola SDM yang sangat cocok diterapkan untuk berbagai perusahaan.

Modul yang diberikan tidak hanya memberikan tentang perencanaan keuangan akan tetapi lebih banyak memberikan solusi perencanaan SDM.

Misalnya saja Anda bisa membuat berbagai divisi yang jelas tentang unit bekerja dalam perusahaan yang Anda bangun. Semuanya juga tertuang dalam penjelasan dari perencanaan divisi SDM tersebut.

Anda harus mengetahui berapa jumlah sumber daya yang digunakan untuk dapat melakukan produksi.

Ada juga fitur manajemen inventori dan aset. Anda bisa menginput berbagai aset yang dimiliki termasuk juga alur penggunaan ataupun peminjamannya.

Disana akan tertera dengan jelas perjalanan aset dari perusahaan sehingga tidak perlu bingung untuk melacaknya.

12. PeopleSoft ERP

PeopleSoft ERP

PeopleSoft adalah jenis software ERP yang dikembangkan oleh Oracle, salah satu developer terkenal yang sering mengembangkan berbagai software utamanya untuk bisnis.

Jenis software ini juga sangat menitikberatkan pada vitalisasi fungsi sumber daya manusia.

Anda bisa mendapatkan tips dan cara untuk meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya ownership, merampingkan kinerja bisnis, dan lain sebagainya.

Selain itu juga dapat untuk merekrut pekerja yang memiliki bakat dengan menyaring tenaga kerja yang akurat.

Aplikasi ini sangat membantu kinerja HR selain juga membantu untuk melakukan inisiatif bisnis strategis dalam perencanaan keuangan dan bisnis.

Pengguna PeopleSoft biasanya banyak menyasar perusahaan besar yang membutuhkan manajemen karyawan yang baik.

13. SAP EWM

SAP EWM

Seperti yang sudah dijelaskan tentang SAP sebelumnya, untuk SAP EWM sangat berfungsi dalam membuat supply chain management dalam pendistribusian juga penyimpanan barang.

Tugasnya adalah untuk memberikan peringatan, tanggung jawab kepada pekerja, tracking.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh perusahaan ekspedisi dan juga berbagai jenis usaha lainnya yang banyak melakukan pengiriman dan distribusi barang.

Untuk itulah pengusaha pergudangan dan pengiriman barang membutuhkan kinerja dari SAP EWM.

Manfaat yang bisa didapatkan adalah memaksimalkan control dan juga visibilitas gudang untuk dapat memuat barang dalam volume yang maksimal. Kualitas yang ditawarkan dari aplikasi ini juga sangat baik dan bagus untuk dipergunakan.

14. WorkWise ERP

WorkWise ERP

Seperti slogannya yaitu work wise, aplikasi ini mampu memberikan saran kepada Anda untuk dapat bekerja lebih bijak, cerdas, dan efisien.

Saat ini WorkWise menggabungkan delapan unsur manajemen pelanggan seperti perencanaan, konfigurasi produk, metric seluler, dan lain sebagainya.

Jenis software ERP ini memberikan segala fitur dalam bisnis pada satu aplikasi ini. Sehingga sering disebut juga dengan one stop shop.

Anda juga bisa mengembangkannya dan membuat sistem tersendiri yang sesuai dengan usaha yang sedang dijalankan.

Beberapa testimoni pengguna menyatakan bahwa software ini sangat mudah digunakan dengan menggunakan sistem terstruktur.

Selain itu, juga dapat dikonfigurasi secara penuh bahkan dioperasikan dalam ponsel atau tablet sehingga bisa diakses diluar kantor.

15. Brightpearl

Brightpearl

Aplikasi ini memiliki kelebihan yang terintegrasi dengan berbagai toko online di seluruh dunia misalnya saja Ebay, Amazon, Shopify, dan yang lainnya.

Untuk itu jika Anda juga berjualan di platform online dengan pasar internasional sangat cocok menggunakan fitur bisnis ini.

Anda bisa melakukan control berbagai data stok barang, data penjualan secara real time. Jika ada barang masuk maupun sudah terjual akan diupdate secara real time.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu alur kerja bidang SDM dalam melakukan pengembangan bisnis.

Anda juga mendapatkan berbagai data dan statistic terkini dari penjualan juga trend yang sedang berlangsung. Dari hasil analisis tersebut, Anda bisa menentukan strategi dan juga ide pembaharuan bisnis untuk kedepannya.

Cara Memilih Jenis Software ERP

Cara Memilih Jenis Software ERP

Tentunya semua orang memiliki berbagai jenis usaha yang berbeda-beda. Begitu juga produk, iklim usha, manajemen karyawan, dan lain sebagainya.

Semua itu dapat menentukan besar kecilnya usaha, atau dilakukan dalam skala kecil, menengah, sampai besar.

Semuanya membutuhkan manajemen usaha yang baik. Begitu juga penggunaan software bisnis. Semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan dari usaha yang sedang dijalankan. Beberapa tips dalam memilih software yang digunakan adalah:

1. Keamanan

Isu utama yang paling penting adalah keamanan pengguna. Bayangkan jika Anda memiliki data perusahaan yang bersifat rahasia akan tetapi bocor ke tangan orang lain. Hal ini akan membuat rahasia perusahaan bisa diketahui oleh pihak luar.

Untuk itulah biasanya pengguna memilih software yang dikelola dengan server daripada yang menggunakan cloud. Akan tetapi semuanya ada kekurangan dan juga kelebihannya, tinggal menyesuaikan dengan keinginan pengguna.

2. Harga

Hal ini juga sangat krusial dalam perusahaan. Ada berbagai jenis software ERP yang dijual dengan harga murah begitu juga sebaliknya. Tentunya semua berkaitan dengan fitur dan keamanan yang mampu ditawarkan oleh pengembang.

Selanjutnya pemilik bisnis haruslah menyesuaikan skala bisnisnya dengan aplikasi yang akan digunakan.

Jika masih dalam skala kecil, tidak masalah menggunakan software yang murah terjangkau bahkan gratis sambil menyesuaikan sistem dan mengembangkan sistem usaha.

Penggunaan software haruslah disesuaikan dengan masing-masing pengguna dan juga pemilik bisnis. Beberapa software mungkin tidak cocok diterapkan pada satu bisnis begitu juga sebaliknya.

Sehingga Anda harus mempelajari terlebih dahulu maksud dari aplikasi tersebut.

Ada banyak jenis software ERP yang dapat Anda gunakan untuk berbagai skala usaha. Tidak perlu terburu-buru untuk menentukan penggunaannya.

Pelajari terlebih dahulu sebelum membeli software. Anda juga bisa bertanya kepada orang yang sudah menggunakannya atau langsung ke penjualnya.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar