9 Daftar Kelebihan WordPress Secara Lengkap untuk Diketahui

9 Daftar Kelebihan WordPress Secara Lengkap untuk Diketahui

Kelebihan WordPress menjadi salah satu informasi penting untuk diketahui. Hal ini karena semakin banyak masyarakat, yang mulai menggunakan platform ini untuk berbagai tujuan.

Namun sebelum itu pastikan Anda mengenal tentang platform ini lebih dahulu. Seperti yang sudah diketahui bahwa layanan ini termasuk kategori CMS. Hal tersebut merupakan content management system untuk berbagai informasi di internet.

Sedangkan layanan ini menjadi salah satu yang paling populer dan banyak dipakai. Tentunya hal ini terjadi begitu saja, namun terdapat beberapa alasan sebagai latar belakangnya.

Sehingga hal ini menjadi alasan yang mendukung masyarakat untuk memakai layanannya.

Baca Juga : Apa itu WordPress?

Kelebihan WordPress yang Wajib Diketahui dengan Lengkap

Kelebihan WordPress yang Wajib Diketahui dengan Lengkap

Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna platform ini sangat besar. Hal tersebut ditunjukkan dengan 500 ribu lebih web berhasil dibuat dan dikembangkan pada platform tersebut bahkan saat ini pihaknya memiliki pangsa pasar senilai 60,8% sebagai CMS.

Website tersebut adalah platform blogging dan manajemen konten, yang populer dan mudah digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa kelebihan WordPress yang harus diketahui, yaitu:

1. Open-source dan gratis

Keunggulan pertama adalah open source, sehingga semua pihak di dunia bisa mengaksesnya dengan mudah. Bukan hanya itu saja tentunya open source ini akan memberikan banyak keunggulan lain untuk pengguna.

Sebab disini bisa untuk mengedit atau mengolah website lagi sesuai dengan kreatifitas masing-masing. Disini pengguna tidak perlu khawatir mengeluarkan sejumlah biaya jika hendak merubah atau desain ulang.

Pengguna juga tidak khawatir tentang biaya lisensi ketika mengakses website tersebut.

Hal ini membuat kreatifitas blogger menjadi tidak terbatas. Tentunya Anda juga dapat menyesuaikan dan memodifikasi platform sesuai kebutuhan dan niche masing-masing.

2. Mudah digunakan

Kelebihan WordPress kedua adalah mudah untuk digunakan bahkan dari kalangan pemula. Semua tools dan bagian-bagiannya dibuat dengan susunan sederhana, sehingga membuatnya sangat user friendly.

Selain itu tampilannya dirancang secara antarmuka yang mudah digunakan. Bahkan bagi pengguna yang tidak memiliki latar belakang teknis mengelola website akan terasa sangat mudah.

Tentu ini menjadi alasan banyak pemula memilih memakai platform tersebut.

Semua tools bisa dipelajari secara cepat dan singkat. Bahkan bisa menambahkan konten baru, mengedit halaman, atau menambahkan gambar hanya beberapa klik saja.

3. Fleksibel

Kelebihan WordPress selanjutnya bisa dilihat dari fleksibilitasnya. Platformnya bisa digunakan pada banyak kebutuhan. Semua jenis niche market masyarakat bisa dikelola menggunakan layanan ini dengan mudah.

Sehingga platformnya tidak hanya membidik satu sub industri saja. Namun sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk membangun situs web berbagai jenis dan ukuran. Dari blog pribadi hingga situs web bisnis besar bisa ditangani disini.

Hal ini tentu memberikan banyak sekali keuntungan bagi masyarakat. sehingga hanya dari satu tempat Anda bisa memanfaatkannya pada berbagai kebutuhan.

4. Dukungan Komunitas yang Besar

Disini Anda perlu mengetahui bahwa fiturnya memiliki komunitas yang besar dan aktif. Hal tersebut terdiri dari pengembang, desainer, dan pengguna. Keseluruhannya memiliki hubungan saling berdedikasi satu sama lain.

Tentu hal ini menjadi salah satu kelebihan WordPress sebagai komunitas. Point ini dapat membantu dalam menyelesaikan masalah, memberikan saran, dan bahkan menyediakan sumber daya dan plugin gratis.

Bahkan untuk mengembangkan situs menjadi profesional tersedia disini. Sehingga dalam skala kebutuhan bisnis kehadirannya cukup diharga oleh masyarakat.

5. Mudah Disesuaikan

Platformnya memungkinkan untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas situs web dengan mudah.

Hal tersebut bisa terjadi karena terdapat ribuan tema dan plugin gratis untuk digunakan pengguna. Selain itu terdapat beragam pilihan layanan bisa digunakan.

Mulai dari gratis maupun secara berbayar. Keunggulan fitur berbayar tersebut dapat Anda gunakan untuk menambahkan layanan dan membuat tampilan situs web lebih menarik.

Tentu hal ini menjadi kelebihan WordPress dan banyak dicari oleh pengguna.

6. SEO-friendly

Salah satu tips pemilihan CMS adalah unsur seo friendlynya. Disini hal tersebut akan memudahkan pengguna dalam melakukan optimasi konten.

Tujuan utamanya adalah memudahkan orang lain menemukan dan mengakses informasi dari situ Anda.

CMS ini dirancang dengan baik untuk SEO (Search Engine Optimization). Pastinya dengan plugin SEO yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan konten situs web. Sehingga nantinya mesin pencari bisa dengan menemukan situs tersebut.

Selain itu sebagai salah satu kelebihan WordPress, Anda bisa mendapatkan peningkatan visibilitas situs di hasil pencarian. Tentu hal ini menjadi salah satu manfaat yang tidak bisa dikecualikan

7. Mobile Friendly

Jika dahulu website lebih mendukung bagi pengguna komputer dan sejenisnya. Namun saat ini kebutuhan lain agaknya mulai bermunculan. Hal ini dapat terjadi karena perkembangan gaya hidup dipengaruhi oleh teknologi.

Seperti yang diketahui bahwa saat ini manusia cenderung lebih mudah mengakses internet menggunakan smartphone.

Sedangkan perangkat tersebut menjadi salah satu alat yang penting dan dekat dengan manusia. Disini salah satu kelebihan WordPress untuk Anda.

Layanan tersebut memiliki keunggulan bagi pengguna smartphone. Hal tersebut karena websitenya yang mobile friendly. Sehingga memungkinkan pengguna gadget lebih mudah mengakses informasi secara lengkap dan cepat.

Bahkan jika seorang kreator pada platform ini hal tersebut membuat produktivitas menjadi meningkat. Sebab jika ingin menulis konten tidak perlu lagi membuka laptop dan cukup dari smartphone yang Anda genggam.

Dari smartphone tersebut bisa mendapatkan banyak sekali optimalisasi tema. Sehingga pengguna tidak perlu melakukan peningkatan maupun terpaku pada satu perangkat saja dalam pengoperasionalannya.

Dalam era yang didominasi oleh perangkat seluler, salurannya memungkinkan Anda untuk membuat situs web secara responsif dan mobile-friendly.

Ini berarti situs web akan terlihat dan berfungsi dengan baik di perangkat desktop maupun seluler.

8. Terintegrasi Media Sosial

Kelebihan WordPress selanjutnya adalah dalam hal penggunaan untuk media sosial.

Disini pengguna mampu untuk menambahkan konten dari beragam media sosial dengan sangat mudah. Tentunya jika ingin menautkan laman media sosial di web juga bisa dilakukan.

Bukan hanya postingan dari media sosial lainnya, namun juga bentuk konten lain seperti video dari Youtube atau TikTok. Sehingga dari sini Anda dapat mengetahui bahwa layanannya tidak hanya mengunggah teks saja.

Sejauh ini ada banyak konten berhasil upload oleh platform. Mulai dari file dalam bentuk audio bahkan video bisa disematkan dengan mudah.

9. Aman

Tentu saja salah satu hal penting yang harus dicari masyarakat ketika memilih layanan adalah keamanan. Dalam hal ini Anda perlu memastikan lebih lanjut terkait keamanan yang disediakan.

Sebab dalam pembuatan situs terdapat data pribadi dan penting akan diserahkan. Tentu saja ketika memilih CMS yang tidak aman, Anda bisa mengalami beberapa kerugian dikemudian hari.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika menggunakan WordPress sebagai tempat pembuatan situs. Sebab layanannya akan sangat aman dan anti hack.

Selain itu ada banyak programmer terpercaya sudah bergabung untuk membuatnya lebih powerfull.

Ada banyak keunggulan yang menjadikannya platform blogging dan manajemen konten populer.

Tentu saja hal ini menjadi salah satu informasi tepat bagi yang ingin membuat situs. Kelebihan WordPress ini tentu akan memudahkan dalam memilih CMS.

Bagikan:

Tags

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar