Logo Adalah: Jenis, Fungsi, Kriteria, dan Tipsnya

Logo Adalah Jenis, Fungsi, Kriteria, dan Tips

Saat sedang membangun brand, logo adalah salah satu hal terpenting. Tanpa logo maka suatu brand tidak akan bisa berkembang dengan sangat pesat dan akhirnya dikenal oleh banyak orang.

Itulah kenapa pembuatan logo harus dilakukan dengan benar.

Logo harus diciptakan dengan sempurna agar bisa dimaksimalkan seluruh penggunaannya.

Jadi pastikan untuk selalu memanfaatkan logo dengan baik. Selain itu pastikan juga untuk memahami logo dan seluk beluknya.

Logo Adalah?

Logo Adalah

Logo adalah salah satu visual yang biasanya terdiri dari gambar dan juga tulisan yang dibuat sedemikian rupa.

Nantinya visual tersebut akan digunakan sebagai salah satu bagian dari identitas brand atau perusahaan.

Logo ini merupakan representasi dari apa yang dilakukan oleh perusahaan sehingga mudah dikenal oleh masyarakat.

Nantinya logo ini akan digunakan di berbagai tempat seperti pada pamflet hingga pada produk yang sedang dijual.

Hadirnya produk akan membuat calon konsumen lebih mengenal brand ataupun produk yang dijual.

Dengan hanya melihat logonya saja maka sudah tahu kira-kira produk itu berasal dari perusahaan mana dan bagaimana kualitasnya.

Dengan fungsi yang sangat banyak ini logo wajib dibuat sedemikian rupa agar bisa dimaksimalkan.

Selain itu logo juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan brand image dari perusahaan secara menyeluruh.

Jenis Logo

Ternyata ada banyak sekali jenis logo yang selama ini jarang dikenal oleh masyarakat.

Agar bisa membuat logo yang baik disarankan untuk memahami jenis logo itu sendiri.

1. Letter Mark

Letter Mark

Salah satu hal yang membuat logo adalah salah satu nyawa dari perusahaan adalah kemudahannya untuk diingat.

Itulah kenapa salah satu jenis logo yang banyak digunakan adalah logo dalam bentuk kumpulan huruf.

Huruf itu berjajar dan nantinya merupakan simbol ataupun singkatan dari merek. Misal logo itu bertuliskan BMW.

Jangan hanya melihat logo ini saja maka semua orang akan tahu jika ini adalah merek dari mobil.

2. Word Mark

Word Mark

Selain logo yang hanya berisi beberapa huruf yang merepresentasikan produk dan juga perusahaan.

Ada juga logo yang nantinya berisi kata-kata tertentu sehingga begitu membacanya seseorang akan mengenali produknya.

Banyak sekali logo yang menggunakan kata seperti eBay, Panasonic, Sharp, dan lainnya.

Alih-alih menggunakan singkatan mereka langsung menggunakan nama yang digunakan pada print dan dikenal oleh banyak orang.

Biasanya pemilihan kata ini harus mudah untuk diucapkan dan berhubungan dengan hal-hal di sekitar.

Jadi begitu membaca pada logo maka seseorang ataupun target market akan langsung memahaminya.

3. Pictorial Mark

Pictorial Mark

Logo ini berupa gambar kecil yang akan langsung merepresentasikan perusahaan ataupun produk yang dijual.

Logo ini tidak akan ada tulisan atau simbol apapun karena hanya berupa gambar kecil yang memiliki warna tertentu.

Banyak sekali perusahaan yang menggunakan pictorial mark ini dan digunakan sebagai salah satu daya tarik.

Kita ambil contoh saja salah satu logo dari makanan cepat saji yang menggunakan gambar huruf M.

Hanya melihatnya dari kejauhan saja kita sudah tahu jika logo itu merupakan milik merek tertentu.

Ini sangat penting sehingga harus dibuat dengan sempurna sehingga mudah diingat oleh banyak orang.

4. Logo Abstrak

Logo Abstrak

Logo yang abstrak juga bisa digunakan dan biasanya merupakan gabungan dari beberapa hal.

Pada logo yang abstrak ini akan sulit untuk ditentukan sumbernya tetapi mudah diingat oleh banyak orang.

Beberapa logo abstrak terdapat di merek yang ada di Indonesia seperti merk dari bank hingga merk dari operator.

Logo ini memang merepresentasikan hal penting dari visi misi perusahaan.

5. Logo Kombinasi

Logo Kombinasi

Logo ini merupakan kombinasi dari gambar dan juga tulisan secara langsung.

Kombinasi ini sangat penting karena akan menentukan apakah logo itu memang benar-benar bermanfaat atau tidak.

Karena logo adalah merek itu sendiri maka bisa langsung dilihat dari gambar dan juga tulisan yang ada di bawahnya.

Jadi pembuatannya harus benar-benar dilakukan dengan sangat sempurna.

Fungsi Logo

Fungsi Logo

Logo adalah hal yang sangat penting sehingga kita harus memahami juga apa fungsi dari gambar tersebut.

Untuk memahaminya bisa menyimak beberapa ulasan berikut.

1. Branding

Fungsi pertama yang dimiliki oleh logo adalah bisa melakukan branding secara maksimal pada perusahaan ataupun produk.

Ini sangat penting karena akan meningkatkan kesadaran merek di masyarakat.

Itulah kenapa pembuatan print harus benar-benar dipikirkan dari berbagai jenis aspek.

Apabila ini bisa dilakukan dengan baik maka proses branding bisa berjalan dengan sempurna dan penjualan juga akan mengalami peningkatan.

2. Brand Image

Tugas dari seorang pemilik perusahaan adalah mengenalkan logo yang sempurna.

Dari logo inilah maka akan terbentuk brand image di masyarakat terkait dengan kualitas dari produk hingga hal lain yang mengelilinginya.

Apabila memiliki logo yang sangat sempurna kemungkinan besar pilihan image-nya juga akan meningkat.

Ini akan berhubungan dengan kualitas dari layanan yang diberikan serta pandangan logo itu di masyarakat.

Itulah kenapa pembuatan logo harus memperhatikan print image yang mungkin akan terbentuk di masyarakat.

Jadi begitu melihat logo tersebut akan langsung menimbulkan kesan tertentu. Itulah brand image yang harus dipikirkan.

3. Presentasi dan Promosi

Logo juga merupakan representasi dari suatu perusahaan dan akan digunakan juga sebagai promosi.

Itulah kenapa logo yang dibuat harus benar-benar sempurna dan memberikan kesan positif di masyarakat.

Dengan hanya melihat logo saja di beberapa tempat masyarakat akan tahu sehingga mereka akan tertarik untuk melihatnya.

Dengan fungsi promosi inilah maka proses transaksi penjualan bisa dilakukan.

Untuk ada pada fase ini memang bukan bacaan yang mudah dan harus melakukan banyak sekali percobaan.

Namun jika sudah berhasil hasilnya bisa akan maksimal.

4. Memotivasi

Dengan hanya melihat lebih logo saja seseorang akan termotivasi untuk melakukan tertentu.

Katakanlah brand ataupun logo yang digunakan adalah untuk produk perawatan tubuh seperti sabun ataupun gel untuk cuci muka.

Seseorang melihat logo tersebut maka mereka akan termotivasi untuk menggunakan. Hal ini juga berlaku untuk produk-produk lain yang dekat dengan masyarakat sehingga begitu melihatnya mereka jadi ingin mencoba.

Sekali lagi untuk ada pada fase ini memang bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan.

Tetapi harus benar-benar dilakukan uji coba sehingga brand yang dibuat dengan logo terpasang harus benar-benar sempurna.

5. Memberikan Empati

Saya memberikan motivasi juga harus ada empati yang nantinya akan muncul akibat melihat logo.

Karena logo adalah bagian terpenting dari perusahaan maka pembuatannya harus memperhatikan emosi yang nantinya muncul di masyarakat.

Misal aku ini merepresentasikan salah satu brand yang hanya muncul pada saat puasa.

Begitu melihat akan langsung menimbulkan rasa tertentu seperti emosi positif sehingga ingin segera membelinya.

Selain itu logo yang berisi hal-hal yang bersifat kemanusiaan juga akan memberikan efek yang sama.

Kriteria Logo yang Baik

Kriteria Logo yang Baik

Terdapat beberapa kriteria logo yang dianggap baik sehingga banyak digunakan oleh masyarakat dan juga brand besar.

Berikut beberapa kriteria logo terbaik yang ada saat ini.

1. Unik

Kriteria logo yang paling penting adalah unik sehingga akan sulit ditiru oleh banyak orang.

Itulah kenapa pembuatan harus benar-benar dipikirkan dengan mata agar begitu orang melihat langsung mengenali.

Dengan kemampuan inilah maka pembuatan logo harus dilakukan dengan sempurna dan tidak boleh sembarangan.

Apabila dilakukan secara sembarangan akan sulit memaksimalkan branding yang dilakukan.

2. Sederhana

Banyak yang mengatakan jika logo harus sesuatu yang sangat rumit sehingga sulit ditiru oleh orang lain.

Namun logo yang sederhana sebenarnya sangat penting karena akan semakin sulit untuk ditiru oleh orang lain.

Jadi buatlah logo yang sederhana tetapi memang merepresentasikan brand ataupun perusahaan yang sedang dibangun.

Kriteria ini sangat penting agar hasil dari pembuatan logo semakin sempurna dan bisa dimanfaatkan di banyak tempat.

Biasanya jika logo itu terlalu rumit akan sulit ditentukan. Jadi pastikan terlebih dahulu untuk membuat logo dalam jumlah yang banyak lalu dipilih kira-kira mana yang paling sederhana tetapi juga sangat elegan.

3. Mudah Diingat

Membuat logo yang mudah diingat bukan pekerjaan yang mudah tetapi harus dilakukan oleh semua orang.

Itulah kenapa wajib untuk logo yang sederhana tetapi bisa dimaksimalkan penggunaannya.

Di luar sana ada banyak sekali logo-logo yang mudah diingat seperti logo dari brand terkenal.

Kita ambil contoh saja logo dari Nike. Logo ini terlihat sangat menarik dan begitu orang melihatnya langsung mengetahui.

Jadi tugas kita adalah untuk membuat logo yang memang benar-benar memorable sehingga mudah diingat oleh banyak orang.

Ini bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan tetapi harus dicoba karena bisa dimaksimalkan semuanya.

4. Sesuai

Tokoh yang dibuat harus benar-benar sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.

Maksud dari sesuai di sini adalah logo yang dibuat sesuai dengan trennya ada dan logo tersebut juga tidak melanggar etika.

Misal logo-logo yang digunakan untuk printer tertentu memakai simbol-simbol dari agama.

Apabila menggunakan logo seperti ini akan menyebabkan masalah apalagi jika perusahaan itu sangat besar.

Kemungkinan besar akan memicu masalah seperti diprotes ataupun mengalami pelaporan.

Jadi buat logo yang memang benar-benar aman dan sesuai dengan kondisi ataupun kultur yang ada pada negara tersebut.

5. Serba Guna

Pastikan untuk membuat logo yang memang benar-benar serbaguna sehingga bisa digunakan di manapun dan juga kapanpun.

Logo yang serbaguna ini sangat penting karena akan membuat penggunaannya menjadi sangat mudah.

Salah satu bentuk dari logo yang serbaguna adalah kemudahan untuk memakainya di berbagai jenis media.

Sebagai contoh saat digunakan pada media cetak maupun Media elektronik logo tersebut masih sesuai dan tidak terlihat norak.

Itulah kenapa sangat disarankan untuk memperhatikan hal ini secara matang. Apabila tidak serbaguna, kemungkinan besar akan sulit untuk digunakan di berbagai tempat.

6. Tidak Terikat Waktu

Logo tidak akan terikat oleh waktu adalah sesuatu yang sangat penting dan harus benar-benar dipikirkan.

Logo adalah sesuatu yang sangat penting sehingga pastikan untuk tidak berubah-ubah dalam jangka waktu tertentu.

Jadi ketika membuat brand atau membuat produk untuk pertama kali logo harus tetap sama.

Jadi pastikan logo itu masih bisa digunakan kapanpun dan tidak akan terlihat sangat kuno.

Kalaupun akan terjadi pergantian logo di kemudian hari pastikan jangka waktunya juga cukup lama.

Biasanya logo hanya akan berganti desain saja dan keseluruhannya akan tetap sama dari waktu ke waktu.

Tips Membuat Logo

Tips Membuat Logo

Karena logo adalah komponen yang bisa dimasukkan ke berbagai tempat dengan mudah.

Kita disarankan untuk membuat logo terbaik dengan memanfaatkan beberapa tips yang akan dibahas di bawah ini.

1. Memperhatikan tipografi

Logo adalah suatu kehalusan yang ada pada suatu brand ataupun merek. Jadi ketika melakukan pembuatan harus memperhatikan tipografinya terlebih dahulu agar sesuai dan tidak berlebihan. Jadi ketika dibentuk tidak akan terlihat sia-sia.

Normalnya logo yang berkualitas akan memiliki tipografi yang baik serta memiliki kandungan emosi di dalamnya.

Jadi meskipun hanya dalam bentuk logo saja orang yang melihatnya akan langsung menerima emosi yang sangat baik.

Itulah kenapa pembuatan logo harus merepresentasikan brand ataupun merek yang sedang dibangun.

Jadi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika dilakukan secara sembarangan hasilnya tidak akan maksimal.

2. Memilih warna yang tepat

Pastikan untuk melakukan pembelian warna yang tepat pada logo yang nantinya akan digunakan.

Apabila pembelian warnanya kurang tepat akan sulit untuk merepresentasikan brand ataupun merek yang sedang dibangun.

Jadi pastikan untuk memilih warna yang memang benar-benar sesuai dengan jenis brand.

Jadi dengan hanya melihat warna dari logo saja orang lain akan tahu jenis dari merek yang sedang mereka lihat.

Itulah kenapa pemilihan warna harus dilakukan dengan mudah bahkan akan ada berbagai pilihan yang tersedia.

Dengan begitu logo bisa diganti-ganti tergantung dengan kebutuhan apakah dipakai untuk kemasan produk atau untuk media.

3. Selalu seimbang

Pasukan untuk pembuatan logo harus seimbang seperti tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil.

Maksud dari logo yang seimbang ini adalah logo bisa digunakan untuk berbagai media baik itu cetak ataupun dicetak.

Kesesuaian logo ini dengan tulisannya ada di sekitarnya juga tidak terlihat berlebihan.

Artinya logo ini juga akan sesuai antara tulisan dan dan gambar yang nantinya akan digunakan menjadi satu di dalam gambar.

Keseimbangan ini akan meningkatkan visual yang sangat menarik di mata banyak orang.

Jadi dihancurkan untuk selalu melihat logo dari berbagai sisi dan tidak hanya melihat logo secara mentahan saja.

4. Riset yang matang

Lakukan riset dengan baik sebelum memutuskan untuk membuat logo yang berkualitas.

Karena logo adalah representasi sehingga proses riset harus benar-benar dilakukan dengan sempurna termasuk dengan mengetahui target.

Karena logo yang berkualitas harus menyesuaikan dengan apa yang nantinya akan dipakai. Apabila logo memiliki kualitas yang rendah kemungkinan besar akan dianggap sebelah mata oleh masyarakat.

Mau bagaimanapun logo akan menentukan brand image yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau merek.

Apabila brand image yang diberikan sangat buruk bisa jadi akan memicu boomerang tersendiri pada pemiliknya.

5. Memperhatikan opini

Selalu perhatikan opini dari masyarakat terhadap logo yang sedang dibuat. Karena masyarakat tidak mungkin diberikan logo yang masih belum jadi biasanya harus ada opini dari tim inti dan juga tim eksternal lainnya.

Dengan opini atau pemasukan itu maka logo yang dibuat bisa lebih sempurna dan sesuai dengan keinginan.

Selain itu logo juga tidak akan dibuat secara asal-asalan karena sudah mendapatkan banyak sekali masukan.

Berbagai masukan dari masyarakat akan membuat logo menjadi lebih sempurna.

Itulah kenapa dianjurkan untuk membuat beberapa jenis logo sebelum ditentukan mana yang paling baik dan bisa digunakan.

Logo adalah hal yang tidak bisa dilupakan ketika sedang mengembangkan brand dengan baik. Itulah kenapa pastikan untuk membuat logo secara maksimal. Dengan begitu logo bisa dimanfaatkan di berbagai tempat. Untuk mendapatkan logo terbaik, saat ini banyak penyedia Jasa Desain Logo yang bisa membantu bisnis Anda.

Baca Juga: Apa itu Digital Branding?

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar