Plugin Ongkos Kirim, Manfaat dan Jenis yang Populer di Indonesia
Plugin Ongkos Kirim, Manfaat dan Jenis yang Populer di Indonesia

Plugin Ongkos Kirim, Manfaat dan Jenis yang Populer di Indonesia

Diposting pada

Transaksi online makin populer di zaman sekarang ini, bukan tanpa alasan, melainkan karena banyak orang yang merasakan kemudahan dalam berbelanja. Karena tak perlu kemana-mana cukup dari rumah saja.

Nantinya barang akan dikirim lewat sebuah jasa ekspedisi yang Anda pilih. Diantara pertimbangan yang pastinya akan dipikirkan sebelum membelinya adalah harga atau tarif.

Hal inilah yang membuat para pelaku bisnis online harus selalu menyediakan fitur untuk mengecek ongkos kirim yang diberikan tersebut.

Tentunya selain memberikan informasi terkait dengan ongkos kirim yang dibebankan, adanya fitur ini membantu pelanggan untuk lebih mudah di dalam memilih jasa kirim yang akan digunakan.

Itulah mengapa tidak heran jika seandainya mereka selalu menyematkan plugin ongkos kirim pada setiap websitenya tersebut. Lalu sebenarnya apakah itu? Beberapa diantara Anda mungkin sudah tidak asing dengan hal ini.

Pengertian Plugin Ongkos Kirim

Plugin ongkos kirim ini pada dasarnya merupakan sebuah software yang memungkinkan bagi Anda untuk lebih mudah di dalam mengecek ongkos kirim, mereka juga umumnya akan menyediakan berbagai macam fitur lain didalamnya yang akan membantu penjual maupun juga pembeli di dalam melakukan transaksi online.

Plugin ini juga sering kali disebut sebagai extension, yaitu salah satu plugin toko online yang sekarang mulai banyak digunakan dengan berbagai alasan dan tuntutan kebutuhan.

Manfaat Plugin Ongkos Kirim

Tentunya ada banyak manfaat dengan menggunakan plugin ongkos kirim ini yang patut untuk Anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Memberikan informasi yang akurat terkait ongkos kirim setiap ekspedisi

Sesuai dengan namanya plugin ongkos kirim ini memang akan memberikan informasi secara akurat mengenai tarif atau biaya kirim dari masing-masing jasa ekspedisi.

Mengingat pada dasarnya setiap jasa ekspedisi ini memiliki syarat terkait dengan harga yang berbeda-beda, ada yang memang memberikan harga murah, namun juga ada yang tarifnya mahal.

Disini informasi mengenai tarif yang Anda dapatkan lebih akurat, karena terhubung secara langsung dengan pihak jasa ekspedisi tersebut.

2. Bisa dijadikan sebagai pertimbangan konsumen sebelum memilih jasa ekspedisi

Umumnya setiap orang yang ingin belanja online pastinya akan benar-benar mempertimbangkan jasa ekspedisi apa yang mereka gunakan, diantaranya adalah dengan melihat dari tarif yang dibebankan tersebut.

Dengan adanya plugin ongkos kirim maka nantinya mereka akan membanding-bandingkan dulu tarif antara satu jasa ekspedisi dengan yang lainnya, maka bisa menentukan tarif yang paling murah untuk dijadikan sebagai pilihan.

3. Praktis bagi pelaku bisnis online tersebut

Karena memang kehadiran dari toko online sendiri adalah dengan memberikan efisiensi bagi masyarakat yang ingin belanja online, tentu dibekali dengan berbagai macam fitur yang ada termasuk diantaranya adalah plugin ini maka nantinya semakin praktis bagi pemilik bisnis online di dalam bekerja, termasuk juga kemudahan yang ditawarkan kepada konsumen mereka.

Baca Juga : 18+ Ide Peluang Bisnis Online Terbaik

4. Menarik pembeli

Dibandingkan dengan website penjualan online yang tidak memberikan informasi terkait dengan biaya pengiriman atau ongkir, maka website yang memiliki fitur satu ini pastinya akan menarik bagi pembeli, karena mereka bisa melihat tawaran ongkir secara transparan, sehingga otomatis menarik mereka untuk berbelanja di situs tersebut.

5. Memberikan hasil perhitungan yang akurat

Tak sedikit orang yang berbelanja online dalam jumlah yang banyak, sehingga berat atau bobot dari barang tersebut nantinya juga akan meningkat.

Dengan adanya plugin ongkos kirim maka akan memungkinkan bagi Anda di dalam memberikan hasil perhitungan secara akurat, berapa besar biaya yang akan dikenakan untuk pengiriman sesuai dengan bobot dan juga jarak lokasi tujuan.

Rekomendasi Plugin Ongkos Kirim Terbaik

Rekomendasi Plugin Ongkos Kirim Terbaik

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis online, punya toko sendiri dan membutuhkan plugin ongkos kirim ini, maka berikut diantaranya ada beberapa rekomendasi terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, yaitu:

1. Raja ongkir

Tentunya sudah tidak asing dengan nama yang satu ini bukan, Raja Ongkir pada dasarnya merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan bagi Anda untuk lebih mudah dalam melakukan pengecekan biaya pengiriman atau ongkir.

Ia sekarang ini juga sudah memiliki aplikasi di smartphone dan dalam bentuk plugin yang nantinya dapat Anda tambahkan kedalam website toko online yang Anda miliki.

API Raja Ongkir ini bisa secara mudah Anda dapatkan dan digunakan untuk website, ada banyak yang memakainya karena memang kemudahan di dalam pemasangan, serta jika dilihat dari segi fitur-fitur yang ada didalamnya cukup banyak.

Data ongkos kirim yang mereka sediakan lengkap untuk hampir semua jasa ekspedisi yang ada di Indonesia.

2. Tanjoo Studio plugin ongkos kirim

Tanjoo Studio nyatanya juga mengeluarkan plugin ongkos kirim. Ia sebenarnya dikenal sebagai agensi pengembang website serta software terkenal yang ada di Indonesia.

Selain menyediakan sebuah jasa pengembangan website sebenarnya juga mengembangkan sebuah plugin website, termasuk diantaranya adalah untuk ongkos kirim ini sendiri.

Awalnya ia juga masih menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir. Namun sekarang ini sudah berkembang secara mandiri dengan mengembangkan API mereka sendiri.

Untuk menggunakan plugin yang satu ini maka Anda bisa memilih berlangganan di beberapa paket yang mereka tawarkan, diantaranya ada paket basic yang gratis dimana ada fitur free API ongkir untuk tingkat kecamatan dan juga dalam berbagai pilihan kurir dengan masa aktif hanya 14 hari saja.

Selanjutnya jika ingin memperpanjang maka nantinya Anda dapat meningkatkan ke paket yang selanjutnya, yaitu paket personal, multi atau developer.

Baca Juga : Apa itu Devoloper?

Guna meningkatkan paket plugin tersebut maka Anda harus membayar sejumlah biaya, diantaranya mulai dari 280 ribu rupiah pertahun.

Tentunya juga ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan meningkatkan paket tersebut, diantaranya menikmati beberapa fitur penting mereka yaitu shipping report untuk semua pengiriman yang dilakukan oleh toko online Anda juga adanya fitur kupon diskon.

Plugin tersebut juga sudah tersedia dalam beberapa bahasa termasuk diantaranya adalah Bahasa Inggris serta menyediakan beberapa informasi kurs. Jadi sangat berguna bagi yang jaringan penjualannya sampai luar negeri.

3. IndoOngkir

Plugin ongkos kirim yang ketiga adalah IndoOngkir, berbeda dengan milik Tanjoo Studio maka mereka tidak menyediakan pilihan paket gratis, melainkan semuanya sudah berbayar.

Sehingga jika Anda ingin menggunakan plugin yang satu ini maka perlu membayar sejumlah 297 ribu rupiah pertahun untuk menikmati paket basic.

Selain paket basic ini, masih ada beberapa paket lain yang mereka tawarkan, diantaranya adalah Paket Pro, Paket Extend dimana untuk fitur yang Anda dapatkan dari masing-masing paket tersebut juga berbeda, diantaranya adalah perbedaan dari jumlah kapasitas website yang nantinya dapat dipasangi dengan plugin.

Ketika Anda menggunakan Paket Basic maka batasannya untuk 1 website saja, sedangkan untuk Paket Pro maka Anda akan dibatasi dengan 5 hingga 10 website.

Diantara fitur yang cukup menarik ditawarkan oleh IndoOngkir ini adalah dapat mengaktifkan fitur kurir berbeda, contohnya adalah ketika di wilayah Jawa Timur hanya menggunakan kurir JNT, sedangkan di Jawa Tengah JNE dan sebagainya. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Epeken

Ada juga diantara plugin ongkos kirim menarik lainnya yang bisa Anda pilih yaitu Epeken, namun mereka tidak menyediakan versi gratis karena memang semuanya berbayar.

Namun sebelumnya Anda dapat mencoba demo plugin ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan atau berlangganan dengannya.

Jika IndoOngkir dan juga Tanjoo Studio ini hanya menyediakan tawaran paket pertahun maka untuk Epeken ini bisa perbulan.

Jadi akan sangat cocok bagi pemula yang masih coba-coba, Anda tidak perlu mengambil paket tahunan, melainkan cukup bulanan dulu, jika cocok bisa perpanjang lagi.

5. Ongkoskirim.ID

Bagi Anda yang ingin mencoba dulu plugin ongkos kirim dengan versi gratis, agaknya OngkosKirim.ID ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan terbaik.

Tidak seperti Tanjoo Studio yang memberikan gratis uji coba hanya 14 hari, maka disini berlaku selamanya.

Hanya saja tentunya dengan menggunakan versi gratis yang satu ini memiliki banyak batasan. Termasuk diantaranya adalah dari segi pilihan kurir yang begitu terbatas.

Pada versi gratis dari plugin ini maka hanya menyediakan beberapa kurir yaitu JNE YES, JNE OKE, TIKI ONS dan juga SiCepat.

Sedangkan jika Anda ingin melihat informasi jasa kirim dari beberapa kurir yang lainnya sudah pasti tidak bisa.

Untuk mendapatkan fitur yang lebih baik, termasuk diantaranya adalah pilihan kurir yang lebih lengkap maka Anda dapat upgrade akun tersebut menjadi premium, harganya sendiri ada yang 199 ribu rupiah pertahun serta 399 ribu rupiah pertahun. Tentunya beda paket akan berbeda pula fiturnya.

6. WooCommerce JNE Shipping

Plugin yang satu ini secara khusus hanya memberikan informasi harga untuk jasa ekspedisi dari JNE sesuai dengan namanya. Artinya ia memang tidak menyediakan informasi tarif untuk jasa ekspedisi yang lainnya.

Anda dapat memilih yang versinya JNE Regular ataupun dengan cara upgrade ke versi JNE Full jika seandainya ingin menikmati lebih banyak fitur yang lainnya.

Diantara fitur-fitur premium yang ditawarkan olehnya adalah pilihan jenis pengiriman yang sudah terintegrasi dengan WooCommerce POS Shipping, bisa melakukan perhitungan berat, widget cek ongkir dan juga informasi tracking.

7. Woongkir

Plugin ongkos kirim yang selanjutnya adalah dari Woongkir, dimana ia menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir. Ia adalah sebuah plugin gratis yang dibuat oleh Sofyan Sitorus.

Ada banyak pilihan jasa kirim yang bisa Anda dapatkan disini mulai dari JNE, TIKI, POS Indonesia, J&T serta yang lain sebagainya.

Sehingga Anda juga bisa lebih bebas di dalam pilah-pilih, paling nyaman juga bagi konsumen mengingat mereka diberikan keleluasaan di dalam melihat informasi ongkos kirim disertai dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk pengirimannya.

8. WooGoSend

Sesuai dengan namanya sebenarnya plugin yang satu ini dikembangkan oleh Gojek. Sehingga secara khusus ia memberikan informasi biaya pengiriman atau ongkir yang berasal dari Gojek atau ketika ingin melakukan pengiriman barang memakai layanan dari Go-Send.

Dimana untuk Go-Send ini sendiri juga menawarkan beberapa pilihan jenis layanan pengiriman, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

9. Deliveree

Ada juga nama lain yaitu Deliveree yang pastinya sudah sangat familiar di telinga Anda bukan, ini adalah plugin terbaik yang bisa Anda gunakan jika seandainya fokus pengirimannya adalah barang dalam ukuran besar layaknya cargo, ia dapat dijadikan sebagai solusi oleh para pelaku bisnis online.

Deliveree ini sendiri bahkan juga mendukung banyak pilihan platform penjualan seperti diantaranya adalah WooCommerce, Shopify serta masih banyak yang lainnya.

10. Borzo

Sebelumnya ia bernama My Speedy dan sekarang beralih dengan nama Borzo. Mungkin banyak diantara Anda yang masih asing dengan plugin yang satu ini.

Padahal sebenarnya ia menawarkan begitu banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Nantinya Anda juga dapat mengecek ongkos kirim secara otomatis dengan data yang real time.

Tentunya juga ada banyak aspek yang Borzo ini gunakan untuk menentukan ongkos kirim atau ongkir. Diantaranya adalah jarak, waktu sampai dengan berat atau bobot barang tersebut.

Tips Memilih Plugin Ongkos Kirim Terbaik

Tentunya bagi Anda yang menjalankan bisnis online dan juga butuh untuk menggunakan plugin ongkos kirim ini tidak bisa sembarangan di dalam memilih, setidaknya pertimbangkan dulu beberapa hal berikut ini, yaitu:

1. Ketahui fitur-fitur apa saja yang ada didalamnya

Faktanya sendiri pastinya Anda sudah tahu di setiap plugin ongkos kirim ini sudah dibekali dengan berbagai macam fitur yang berbeda antara yang satu dengan yang lain bukan.

Tentunya fitur-fitur ini sendiri juga punya fungsi yang berbeda-beda. Alangkah lebih baiknya bagi Anda untuk mengecek terlebih dahulu fitur-fitur apa sajakah yang mereka tawarkan.

Termasuk diantaranya apakah memang fitur tersebut Anda butuhkan ataukah tidak.

2. Biaya berlangganan

Meskipun ada banyak plugin ongkos kirim di luar sana yang gratis alias tidak membebankan biaya kepada pemakainya.

Namun juga harus diketahui bahwa pada dasarnya plugin gratis ini punya banyak keterbatasan. Sehingga untuk menikmati fasilitas atau fitur lebih maka Anda juga harus menaikkan paketnya menjadi yang berlangganan.

Anda juga harus mempertimbangkan biaya berlangganan ini apakah sesuai dengan kondisi keuangan ataukah tidak.

3. Cek developer atau perusahaan yang mengeluarkannya

Dari sini Anda juga bisa melihat apakah layanan yang ditawarkan tersebut benar-benar bagus ataukah tidak.

Biasanya developer-developer terpercaya mengeluarkan produk plugin yang memang berkualitas, dari segi fitur maupun juga penawaran biasanya. Namun juga ada yang kualitasnya kurang begitu bagus.

4. Promo-promo yang ditawarkan

Tak sedikit juga diantara plugin semacam ini yang nyatanya memberikan penawaran uji coba secara gratis dan sejenisnya.

Tentunya sangat menarik apalagi bagi Anda yang belum tahu kualitas layanan mereka. Apakah memang bagus ataukah tidak, maka sebelum memutuskan berlangganan bisa mencoba program uji coba terlebih dahulu.

5. Syarat serta ketentuan yang berlaku

Selanjutnya Anda juga dapat mempertimbangkan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh developer tersebut.

Apalagi memang antara yang satu dengan yang lain akan memberlakukan syarat serta ketentuan yang berbeda. Apakah hal tersebut sudah sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak.

Jadi baca baik-baik syarat serta ketentuannya sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan mereka.

Wajib hukumnya bagi Anda yang memiliki toko online untuk setidaknya punya salah satu plugin ongkos kirim di atas. Karena sebenarnya ini juga termasuk investasi bagi toko online yang Anda miliki tersebut.

Karena menjadi salah satu daya tarik bagi pelanggan untuk belanja di toko online Anda, mengingat mempertimbangkan biaya pengiriman sebelumnya.

Gambar Gravatar
Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.